Kelebihan RRA Bushing Dibandingkan Bearing

Diposting pada

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Salah satu kekurangan rra tipe bearing adalah ketika mendapatkan pukulan yang cukup keras. Pukulan tersebut akan mengakibatkan cekungan mikro antara bearing dengan dudukannya. Dan cekungan ini pada suatu kecepatan tinggi akan mengakibatkan kemacetan, dan mengakibatkan roller berhenti berputar. Dan ketika roller berhenti berputar maka akan terjadi keausan yang berlebihan pada permukaan roller yang menerima gesekan dengan noken as.

Dan kerusakan akan terus berlanjut ketika roller dipaksa berputar. Maka bearing di dalam roller akan bergerak sambil terus-menerus melalui jalur dalam roller yang sudah cacat. Dan akibat yang cukup parah akan terjadi, di mana ukuran roller akan berubah dan akan loncat keluar dari rumahnya , alias ambrol.

Dan pasti kita tahu yang bahwa bearing terbuat dari baja yang sangat keras. Dan jika bearing ini terlepas dan masuk ke dalam mesin dan menyusup ke celah-celah antara komponen yang bergerak, pasti akan mengakibatkan kerusakan parah.

Dan yang paling parah adalah jika (needle) bearing yang kecil dan keras ini terselip di antara piston dan silinder, bisa dibayangkan kerusakan yang bakal terjadi. Ambrolnya rra bearing mengakibatkan ambrolnya mesin. Needle bearing yang terselip diantara piston dan silinder akan membuat piston macet, dan kerusakan parah selanjutnya akan terjadi secara berurutan, yaitu :

  • Piston berhenti bergerak, sementara bandul masih bergerak akibatkan piston pecah (dudukan pen piston), stang piston (connecting rod) akan lepas dari piston dan bergerak liar.
  • ¬†Karena bergerak liar, maka bagian small end stang piston akan menghantam segala macam di sekitarnya termasuk dinding crancase.
  • Dan karena stang piston jauh lebih kuat (terbuat dari baja) dibandingkan dengan dinding crankcase (terbuat dari aluminium), maka stang piston akan dengan mudah menjebol crankcase. Hancurlah mesin.

Dan yang seperti ini tidak akan terjadi pada rra jenis bushing. Karena hantaman yang keras seperti yang mengenai roller akan disebarkan secara merata ke permukaan bushing. Dan bushing akan terjaga dari kerusakan seperti yang terjadi pada rra bearing. Dan dengan demikian akan menghindarkan mesin dari kerusakan-kerusakan selanjutnya yang akan menyertainya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

 

One thought on “Kelebihan RRA Bushing Dibandingkan Bearing

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan