Modifikasi Rem Belakang Cakram untuk Suzuki Skywave

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Dulu banget, sekitar tahun 2008-2009 suzuki skywave hadir sebagai penantang motor skuter matik kecil. Ia hadir dengan bodi bongsor, bagasi besar dan sokbreker belakang ganda. Untuk masa itu penampakannya sangat keren dibandingkan matik-matik lainnya, ia bersaing dengan skutik yang sekelas yaitu yamaha nouvo.

Sekarang skutik semakin jaya, menggusur motor bebek dan sport. Variannyanya pun beragam, mulai dari kelas kecil 110 cc sampai 160 cc. Dan hampir semua skutik berpenampilan gambot bagian rem belakangnya sudah dipersenjatai dengan rdb (rear disk brake) atau rem belakang cakram.

Nah suzuki skywave, meskipun sudah uzur dan cukup tua, tapi masih banyak yang suka, karena memiliki standar kualitas suzuki yang terjamin. Tentu saja para rider suzuki sakywave tidak ingin ketinggalan teknologi dengan ikut mengaplikasikan rdb pada motornya. Karena selain penampilannya lebih keren, proses penggantiannya kampas remnya lebih mudah, performnya pun lebih handal.

Sudah banyak yang mengaplikasikan rem belakang cakram pada suzuki skaywave. Nah iwf coba kumpulkan dan sarikan beberapa informasi yang terkait dengan modifikasi rem belakang cakram padan roda belakang suzuki skywave ini, mari disimak….

Beberapa tahapan yang harus diperhatikan adalah :

  • Melubangi dan membuat ulir/tap pada velg belakang suzuki skywave. Lubang harus sesuai dengan posisi lubang dari cakram yang akan digunakan, dan harus presisi dan senter. Untuk hal ini membutuhkan keahlian khusus. Velg suzuki skywave cukup kuat untuk menanggung beban pengereman, akan tetapi akan lebih baik jika bagian dalam diberi penguat mur atau ditambah plat bulat bekas gear belakang honda atau ditambah daging diral sebelum dibor dan dibuatkan ulir, layaknya dudukan baut pada tromol roda depan.
  • Setelah cakram terpasang, rencanakan posisi kaliper dengan beberapa pertimbangan yaitu :
    • Mudah saat ingin mengganti kampas rem
    • Tidak bersentuhan dengan velg maupun knalpot (silincer).
  • Setelah posisi kaliper ditentukan, barulah merancang bentuk bracket untuk kaliper, dengan beberapa pertimbangan pula :
    • Breket harus kuat, yaitu dengan menggunakan plat besi pakai plat 5mm
    • Polanya harus lebih dahulu dipastikan (dengan kertas karton), posisi baut kaliper dan posisi penempatan bracket pada swingarm
  • Kemudian swingarm dibor dan ditap (dibuatkan ulir) untuk kedudukan breket. Swingarm skywave pada dasarnya tidak diperuntukan untuk menahan beban rem belakang, oleh karena itu jika diperlukan perlu pula diperkuat dengan penambahan daging (las diral). Pada contoh ini, swingarm dilubangi pada bagian bawah dan bagian atas, masing-masing 1 lubang, sebagai dudukan bracket kaliper
  • Kemudian rangkai semuanya. Untuk beberapa kondisi harus ada penyesuaian.
  • Penempatan master rem pada setang.

Part-part yang dibutuhkan :

  1. Piringan cakram 65 rb
  2. Kaliper mc 100rb
  3. Selang rem nmax, harga 80 rb
  4. Master rem kiri nmax lokal, 120 rb
  5. Plat besi setebal 5 mm, 25rb
  6. Minyak rem preston besar 30rb
    Semoga bermanfaat yach… salam dari bogor barat

Ada beberapa catatan untuk beberapa kondisi, yaitu :

  • Jika menggunakan piringan (disk brake) dengan diameter 220 mm, kalipernya akan bersentuhan dengan velg. Dan jika menggunakan ukuran 260mm/300mm tidak bersentuhan dengan velg.
  • Jika tetap ingin menggunakan piringan datar dengan ukuran 220mm, maka gunakanlah tromol spin velg ruji.
  • Jika tetap ingin menggunakan velg original nya skywave, maka gunakan piringan yang agak melengkung seperti miliknya karisma. Maka akibatnya swingarm harus digeser keluar sejauh kurang lebih 1 cm, dengan mengganjalnya dengan bos yang sesuai.
  • Jika tidak ingin melubangi swingarm, maka bisa ditambah daging pada swingarm sebagai dudukan bracket kaliper. Ongkos penambahan daging diral sekitar 100 rb.
  • Alternatif part selain di atas adalah : cakram ninja R bagian depan (lebih tebal), kaliper Mio sporty lama,slang pake punya n-max, as roda spin (as besar 20 gigi).

Berikut ini beberapa penampakan hasil modifikasi rem cakram belakang pada motor matik suzuki skywave

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Sumber : fb

1 Trackback / Pingback

  1. Modifikasi Rem Belakang Cakram untuk Suzuki Skywave | Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan