Bisa Jadi Basis Honda New Tiger, Ini Salah Satunya yang Terbaru CB350 H’ness

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantiasa menjaga kita semua dari paparan wabah penyakit dan segala mara bahaya, aamiin.

Banyak rider gaek yang sempat merasakan kenyaman honda tiger, mengharapkan motor dengan style sport touring ini lahir kembali. Maklum yang dulu sempat merasakan masa kejayaan honda tiger sebahagian besar umurnya sudah lebih dari 40 tahun, bahkan mungkin ada yang sudah tembus 50 tahun. Istilahnya “balung tuo”, rider seusia ini sudah tidak memikirkan speed, akan tetapi lebih pada kenyamanan saat diajak touring jarak jauh.

Kemarin pabrikan honda india telah melaunching motor yang sepertinya untuk rider balung tuo ini. Seperti tampak pada gambar di atas, motor dengan ergonomi santai, style retro-klasik dan simple (sederhana), benar-benar cocok untuk rider tuo. Dialah honda h’ness cb 350 yang cukup banyak memikat mata pengamat otomotif (motor) di india bahkan samapi di tanah air.

Dan melihat dari kesederhanaan penampilannya, layaklah ia dijadikan calon pengganti honda tiger. Karena basis engine yang berpendingin udara (air cooler) dengan torsi badak di putaran yang sangat rendah, sungguh akan banyak memanjakan rider gaek generasi kejayaan tiger. Berikut spesifikasinya :

Dari spesifikasi ini (khususnya posisi power puncak dan juga rasio kompresi) jelas sudah engine ini performanya dibuat rendah (standar harian). Kalau ingin dijadikan basis new tiger, misalnya dengan kubikasi 250 cc, maka yang paling tidak ukuran bore x stroke nya menjadi 67.5 mm x 70 mm. Sehingga power puncaknya bisa dinaikkan sedikit ke puataran yang lebih tinggi dengan tetap menjaga torsi besar di putaran yang cukup rendah.

This slideshow requires JavaScript.

Sesungguhnya honda punya beberapa basis lain yang bisa dijadikan new tiger (kalau mau) yaitu cb300 dan juga cb150 verza. Yang cb300 diturunkan kapasitasnya, sebalinya cb150 verza dinaikkan.

Jadi masalah honda new tiger yang nggak reborn-reborn bukan karena honda nggak bisa. Akan tetapi “mungkin” hanya masalah trik marketing saja. Jika dirasa bakalan laku dan menguntungkan, pasti akan digarap honda.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

2 responses to “Bisa Jadi Basis Honda New Tiger, Ini Salah Satunya yang Terbaru CB350 H’ness

  1. Sepertinya verza deh kayaknya yg kedapatan jatah untuk dijadiin klasik ala ala cb350 ini

  2. Semoga AHM cepat tanggap, sebenarnya konsumen sangat ingin motor lokal klasik modern,kenapa AHM tidak cepat tanggap dengan keadaan

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan