Honda Keluarkan Tipe Tertinggi CBR 250RR PS-QS, Seberapa Banyak Pengaruhnya ?

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa baroaktuh
Semoga Allah senatiasa menyelamatkan kita semua dari segala wabah penyakit dan dari segala mara bahaya di mana pun kita berada.

Sebagai lanjutan artikel sebelumnya, bahwa di bulan juli ini honda melakukan  minimal 2 gebrakan untuk meningatkan image dan daya saing salah satu motor flag ship nya yaitu cbe 250rr. Pada artikel sebelumnya honda dan semua main dealernya termasuk mpm, mengebrak pasar dengan memberikan cash back besar-besaran hingga 8 jutaan, yang tentu saja sangat besar pengaruhnya terhadap nuansa persaingan dengan rival baru yang cukup berat dari kompetitor.

Gebrakan berikutnya adalah di-release-nya varian ter tinggi dari cbr 250 rr yaitu cbr 250 rr sp-qs. Akhiran sp disematkan pada cbr 250rr karena engine-nya spesial, menghasilkan power yang lebih tinggi dibandingkan varian sebelumnya (std), dari 28,5 kW (38,22 ps) naik menjadi 30 kW (40.79 ps atau dibulatkan menadi 41 ps). Selain itu pada bagian transmisinya juga disematkan sistem assist-slipper clutch, dan akhiran qs menandakan sudah diaplikasikannya quick-shifter pada sistem pemindahan gigi persnelengnya.

Jadi ada 3 upgrade pada varian tertinggi dari honda cbr 250rr jika dibandingkan dengan varian standard nya. Sekarang mari kita bahas sejauh mana ubahan yang dilakukan dibalik 3 ubahan di atas…

UpGrade Performa

Peningkatan power honda cbr 250 rr dari 28,5 kW menjadi 30 kW, tidaklah menuntut ubahan yang radikal. Cukup ubahan kecil saja jika hanya untuk meningkatkan power sekitar 1,5 kW (atau 2,01 hp). Sekarang mari kita selidiki dari mana asalnya kenaikan power tersebut…

Jika diperhatikan tabel perbandingan varibel power dan torsi dari honda cbr 250 rr standard dan sp, maka diketahi bahwa honda telah melakukan sedikit upgrade, minimal pada 2 bagian, yaitu :

  1. Power puncak digeser ke putaran engine yang lebih tinggi naik 500 rpm (dari 12500 ke 1300 rpm).
  2. Sedangkan posisi torsi maksimumnya tetap yaitu 11000 rpm, akan tetapi torsinya naik 2,7 N.m (naik dari 23,3 ke 25 N.m).

Jika digambarkan dalam bentuk kurva (mengacu pada hasil pengukuran otomotif) kira-kira begini gambarnya

Lalu kira-kira apa saja yang dilakukan pihak honda untuk meng up-grade power honda cbr 250rr dari 28,5 kW menjadi 30 kW ? Simak tabel berikut

Dari tabel di atas terlihat bahwa honda hanya melakukan ubahan sederhana sekali (minim) pada engine-nya (mirip modifikasi street performance tingkat bawah). Yaitu dengan menggeser posisi power puncaknya ke rpm yang lebih tinggi (dari 12500 rpm menjadi 13000 rpm). Dengan catatan torsi diputaran bawah-menengah-atas  bukan hanya dijaga tetap, akan tetapi ditingkatkan. Artinya honda cbr 250 rr sp-qs, selain semakin powerful di putaran atas, akselerasi di putaran rendah-menengah pun semakin ganas.

Merujuk pada  komparasi honda “cbr 250 std” dengan rival 250 cc dengan engine 4-inline (hasil pengujian produsen knalpot akrapovic), hasil pengukuran dyno-nya terlihat di gambar berikut

Jadi jika yang dikomparasikan adalah honda cbr 250 rr sp-qs vs rivalnya, maka akan terlihat bahwa torsi honda cbr 250 rr sp-qs akan lebih besar lagi selisihnya dibandingkan gambar di atas. Begitu pula dengan powernya, akan sedikit naik, meskipun masih kalah dibandingkan rivalnya. Intinya untuk putaran 0-12000 rpm honda cbr 250rr akan masih lebih kencang dibandingkan rival yang 4-inline. Apalagi ditunjang dengan selisih bobotnya yang lebih ringan sampai 15 kg, jelas akan semakin memberikan tambahan keunggulan yang lumayan signifikan.

 

Aplikasi Assist-Slipper Clutch

Aplikasi assist dan slipper clutch sangat berguna jika motor digunakan untuk balapan. Sedangkan jika digunakan untuk harian, tida terlalu signifikan perbedaannya. Pada penggunaan balap, assist akan memberikan tambahan kekuatan daya cengkram kampas kopling pada plat kopling tanpa harus menggunakan per/pegas kopling yang sangat keras. Sehingga meningkatkan kenyamanan pada tangan kiri rider yang difungsikan sebagai penekan handle kopling (clutch lever). Sedangkan slipper clutch akan memberikan feeling engine-brake yang lebih ringan bagi rider, sehingga rider tidak cepat lelah saat hard-braking.

Jadi rumah kopling harus diganti, dari tipe biasa menjadi tipe assist-slipper clutch. Kira-kira berapa uang yang harus dikeluarkan oleh rider jika ingin mengubah koplingnya dari tipe bisa menjadi assist-slipper clutch ? Lumayan juga sih, untuk tipe sport 150 cc saja harganya berkisar antara 700 ribu sampai 1,3 juta. Ditambah onkos pasangnya bisa mencapai 900 ribu-1,5 juta. Untuk motor sport 250 cc pastinya lebih mahal (kemungkinan besar lebih dari 3 jutaan), karena powernya lebih besar, otomatis material dan konstruksi harus lebih kuat.

 

Aplikasi QuickShifter

Idealnya seorang rider akan membutuhkan waktu antara 0,3 – 0,5 detik untuk mengoper gigi (shifting gear), rata-rata 0.4 detik. Tapi jika menggunakan quickshifter pengoperan gigi bisa jauh lebih cepat, bahkan sangat cepat jika dibandingkan tanpa quickshifter yaitu 0,08-0,1 detik. Bayangkan jika dalam even balapan berapa kali rider harus pindah gigi naik maupun turun, tinggal kalikan saja dengan selisih waktunya.

Nah honda cbr 250 rr sp-qs sudah dilingkapi quickshifter, sesuai dengan embel-embel qs di belakang namanya. Sehingga kombinasi 2 upgrade di atas (penambahan power dan aplikasi assist-slipper clutch) sangat pas jika dikombinasikan dengan quickshifter ini. Sehingga honda cbr 250 rr benar-benar ready to race.

Aplikasi part ini tidak terlalu ribet, apalagi jika ECU nya memang dari awalnya sudah ada port untuk quickshifter. Pada intinya pada bagian pemindah gigi bagian bawah ditempatkan sensor yang mengindikasikan pergerakan pedal perseneleng (naik-turun). Saat aktif maka snsor akan memberikan sinyal kepada ECU untuk memutus (meng-cut) sinyal pengapian dan injektor, sehingga sesaat engine kehilangan tenaga. Saat itulah gir dengan mudah dipindahkan, mirip dengan pencet handle kopling (clutch lever).

Berapa uang yang harus dikeluarkan rider cbr 250 rr untuk mengaplikasikan quickshifter ? Lumayan mahal, sekitar 5 jutaan untuk barangnya saja, dan memang sudah banyak pengguna cbr 250rr yang menggunakan quickshiffter ini, buktinyanya barang ini banyak dijajakan di online shop. Ongkos pasangnya jelas tambah 100-200 ribu. Jadi jika jika ditotal biaya untuk upgrade 3 fitur tadi (power, assist-slipper clutch dan quickshifter) bisa lebih dari 10 jutaan.

Jadi jika harga honda CBR250RR – ABS Bravery Mat dibandrol Rp. 72.700.000 dan untuk CBR250RR – SP QS Bravery Red Black dibandrol hanya Rp. 76.700.000, ya sangat murah. Karena untuk mendapatkan 3 upgrade-an tadi hanya menambah sekitar 4 juta-an, apalagi ini merupakan bawaan pabrik tentunya sangat menguntungkan bagi konsumen, diajmin orisinil dan presisi. BTW jika juga berlaku potongan 7-8 jutaan untuk pembelian cbr 250 rr bulan juli ini tentunya sangat menarik.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

One response to “Honda Keluarkan Tipe Tertinggi CBR 250RR PS-QS, Seberapa Banyak Pengaruhnya ?

  1. Erik Sianipar

    Lah wong kompresinya naik dari 11.5 jadi 12.1 , kok ga di bahas? Itu di excel cr statisnya kok 11.5? Naikin power 2ps dengan naik kompresi? Bengkel biasa juga bisa atuh. .
    Padahal di 11.5 aja banyak kasus overheat. .apalagi 12.1 wkwkwk

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan