“Mini Cup” Roadrace Ala MotoAmerica

Ohvales minicup

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Semoga Allah senantiasa menyelamatkan dan mensejahterakan kita semua di manapun kita berada, aamiin.

MotoAmerica telah mengumumkan beberapa hari yang lalu, bahwa akan diadakan balapan mini cup. Balap ini bisa dibilang balapan kelas nyamuk, sesuai dengan level motornya. Kalau motogp adalah kelas premium dengan kaistas engine 1000 cc, maka mini cup balapan motor sport kelas moto0, dengan kapasitas 110 cc sampai dengan 190 cc.

Mirip dengan balapan road race di tanah air yang terbagi atas kelas bebek 110 cc sampai kelas sport 150 cc. Bedanya kalau road race di tanah air pembalapnya kadang sudah berumur, sedangkan mini cup motoamerica pembalapnya ditentukan umurnya mulai dari di bawah 14 sampai dengan di atas 15 tahun. Pastinya Pembalapnya kecil-kecil lihat gambar di atas, terlihat komposisi antara postur tubuh dan ukuran helm nya, yang kelihatan kegedean.

Bandingkan dengan roadrace di Indonesia lihat gambar ini

 

roadrace sport 4-tak.jpg

Kelihatan jelas bahwa ridernya sudah besar-besar.  Jadi road race ada di mana-mana tidak hanya di negara asia tenggara yang orangnya berpotur kecil, tapi juga di negara maju. Hanya saja kalau di sana tujuan utamanya adalah untuk pembibitan, sedangkan di sini lebih banyak penyaluran hobi ngebut.

Oke, kembali mini cup. Balapan road race ala amerika dibagi dalam empat kelas balap:

  1. 110cc (empat kecepatan)
  2. 160cc
  3. 190cc (pembalap berusia hingga 14 tahun)
  4. 190cc dewasa (pembalap berusia di atas 15)

Sepeda motor yang akan digunakan spesifikasi tidak jauh dari Ohvale GP-0. Dan motor balap jalanan ukuran mini ini sekarang sudah siap untuk pasar AS setelah terbukti sangat populer di Eropa.  Motornya kecil kayak gini mas bro, lucunya…

mini cup motorbike2

Mini cup motoamerica diadakan untuk mengisi kekosongan saat evet balapan, sembari menjembatani hadirnya para pembalap muda dengan usia di bawah 14 tahun. Dalam mini cup ini pembalap muda akan mendapatkan kesempatan untuk mempersiapkan diri dan meniti karir menuju kelas Piala MotoAmerica Liqui Moly Junior , dengan slogan

“Jalan Menuju MotoAmerica.”

Presiden MotoAmerica Wayne Rainey mengatakan :

“Kami melihat perlombaan Ohvales untuk pertama kalinya di PittRace pada 2019 dan kami sangat terkesan,”

“Motor ini pada dasarnya adalah pembalap GP miniatur dan berfungsi sebagai platform yang ideal untuk membuat anak-anak dan keluarga mereka berada di jalur dan balap. Kami melihat perlunya menyediakan sarana bagi anak-anak yang sangat muda untuk berlomba di Liqui Moly Junior Cup untuk memulai dan mengolah keterampilan mereka sebelum naik ke sepeda yang lebih besar. Kami senang tentang hal ini dan tidak sabar menunggu berlangsungnya balapan di Road America pada akhir Mei. “

Lance Bryson, Manajer Sponsorship Senior, menambahkan:

“Ini adalah waktu yang menyenangkan untuk road race di AS. Ada beberapa jalur yang dapat mengarahkan pembalap muda Amerika untuk memulai pelatihan untuk karir balap internasional secara penuh di AS atau internasional. MotoAmerica sekarang akan mempromosikan adanya sistem pencari bakat pemuda untuk memastikan bahwa akan ada lebih banyak pembalap muda yang dapat mengikuti jejak Kenny Roberts, Wayne Raineys dan Cameron Beaubiers di dunia. “

Brandon Cretu dari Rise Moto, the Ohvale Distributor GP-O untuk AS  dalam kesempatan lain mengatakan :

“Kami telah bekerja keras untuk membantu membawa platform yang kuat ke pasar AS untuk kaum muda, dan orang tua mereka, untuk terlibat dalam kegiatan balap dengan platform yang terjangkau dan mudah dipahami,”

“The Ohvale GP-0 menyediakan opsi mesin berjenjang untuk maju dengan keterampilan pembalap muda dan membantu mereka naik tingkatan hingga siap untuk motor yang lebih besar di trek yang besar pula.

Balapan kelas nyamuk mini cup AMA MotoAmerica 2020 akan diadakan dalam 3 seri yaitu :

  • 29-31 Mei – Road America, Elkhart Lake, Wisconsin
  • 26-28 Juni – Taman Olahraga Motor Ridge, Sheldon, Washington
  • 7-8 Agustus – Kompleks Balap Internasional Pittsburgh, Wampum, Pennsylvania

Ada pernyataan yang menarik dari Brandon Cretu, yaitu :

Ini juga menyediakan cara yang menarik dan terjangkau bagi pengendara yang lebih tua dan atlet profesional untuk mendapatkan akses ke waktu pelatihan yang tak ternilai dan waktu lintasan serta balap yang murah. Ini adalah waktu yang menyenangkan untuk olahraga kami dan Ohvale senang bisa bekerja dengan MotoAmerica.

Ternyata ada tujuan lainnya diadakan mini cup ini yaitu untuk meyalurkan hobi sekaligus bersenang-senang pagi pembalap tua atau pembalap profesional. Sekedar bersenang-senang, balapan pakai motor kecil. Jadi bukan untuk prestasi, tapi untuk seru-seruan saja kayaknya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatu.

Untuk informasi lebih lanjut tentang sepeda motor Ohvale, kunjungi risemoto.

Advertisements

$where = 0;

2 responses to ““Mini Cup” Roadrace Ala MotoAmerica

  1. Pake motor mahal Ohvale hehe

  2. Lenka minigp cup sebenarnya sudah ada, tinggal ada bantuan orang2 kuat di imi dan penggiat road race tanah air

    Snd mini gp pun proses developt dengan basis ATM amati tiru modifikasi dari ohvale

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan