Skuter Italjet Dragster, Referensi Modifikasi Skutik Balap/Adventure yang Kokoh

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Semmoga Allah menganugrahi kita semua keselamatan dan kesejahteraan dalam perjalanan hidup ini sampai ke tujuan yang sesungguhnya di akhirat kelak.

Kecenderungan (trend) pasar motor skutik (skuter matik) di tanah air yang terus meningkat. Hal ini terkait dengan kepraktisan penggunaannya sebagai alat mobilisasi sehari-hari. Apalagi jalan yang semakin macet, menjadikan motor matik semakin menunjukkan kelebihannya, karena jauh lebih nyaman, kaki tidak perlu malakukan pemindahan gigi (versneleng), juga tangan kiri tidak perlu pegal karena menarik handle kopling.

Akan tetapi untuk keperluan lain, yang lebih ekstrim, skutik reguler/biasa harus dimodifikasi agar memedai untuk keperluan tersebut. Misaalnya untuk offroad, balap, angkut beban berat dan lain-lain, untuk keperluan ini bagian yang peru untuk dimodifikasi selain engine adalah kerangkanya/sasis.

Nah kebetulan di motor show eicma kemarin ditampilkan skutik italjet dragster dengan frame yang terlihat sangar. Framenya bagus style–nya dan konstruksinya terlihat kokoh. Tentu saja dirancang untuk mendapatkan kekuatan prima. Mari kita lihat dari dekat konstruksi frame italjet ini…

Rangka bagian tengah ini menjadi bagian utama. Dan rangka ini dihubungkan dengan alumunium bilet hacil cnc pada bagian dena dan belakang. Pada bagian depan terhubung dengan konstir yang secara style keren banget.

Pada bagian belakang aluminium bilet cnc menjadi tumpuan bagi tempat duduk (jog) dan pangkon sok belakang. Sedangkan bagian lain di bagian bawah menjadi pivot bagi engine yang sekaligus bertindak sebagai swingarm bagian kiri.

Sasis bagian depan modular juga terlihat unik dan keren, berbahan cnc aluminium bilet juga.

Sok (suspensi) belakang yang mendatar terpasang dengan rapih antara engine yang juga bertindank lengan ayun (swing arm) dengan frame bagian tengah.

Dan yang paling susah untuk ditiru adalah swing arm depan dikombinasikan dengan suspensi mendatar di bagian tengah frame. Bagus, unik tapi akan sangat susah untuk mengaplikasikannya di motor modifikasi.

Pokoknya skuter ini keren banget dan tampak kokoh. Kalau ada modifikator yang mampu menconteknya, iwf acungi dua jempol. Ngak perlu sampai roda depan dengan kesulitan yang tinggi, tapi cukup modifikasi mulai dari frame depan sampai belakang. Kalau sudah jadi frame yang kokoh ini, baru dah engine-nya bisa dicekoki dengan halfcut honda cbr150 atau suzuki gsx r150.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan