Pelajaran Penting dari Crash-nya Marc Marquez di FP-1 ThailandGP

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Setelah beberapa kali selamat dari crash (ndlosor) dan hanya crash ringan, akhiranya pada latihan bebas 1 (free practice / fp-1) marc maruez (mm93) mengalamai crash yang sangat mengerikan. Melihat dari dampaknya pada sepeda motor honda rc213v, dan juga video peristiwa crash-nya mm93, kita langsung bisa merasakan betapa hebatnya crash yang terjadi tersebut. Apalagi terlihat mm93 tidak langsung bangkit, yang mengindikasikan ia merasakan kesakitan yang cukup berat.

Banyak sekali komentator motogp yang memperhatikan dan mengomentari peristiwa tersebut. Karena menyaksikan bahwa mm93 harus masuk rumah sakit untuk diperiksa kondisi tubuhnya paska kecelakaan, dan kemudian ia dinyatakan fit selanjutnya keluar untuk mengikuti fp2. Dan mm93 masih tetap kompetitif sampai babak qualifikasi, luar biasa.

Beberapa pelajaran penting yang bisa dipetik oleh penikmat tontonan motogp pada peristiwa crash-nya mm93 ini adalah :

Motogp adalah olahraga yang sangat berbahaya, kesalahan kecil saja bisa berakibat fatal. Karena semua aspek dipaksa berada pada kondisi maksimum, alias kritis. Dan jika kondisi tersebut terlewati sedikit saja, maka akibatnya adalah mis alias gagal. Motor bisa hancur, pembalap bisa cidera bahkan bisa tewas.

Semua aspek yang meliputi rider (kebugaran, konsentrasi, skill dll), motor (engine, rem/brake, electronic, ban/tire, dll) serta setting-an (pemilihan ban, ecu map, suspensi dll) harus dalam kondisi fit, untuk hanya sekedar finish. Sedang untuk bersaing di garis depan maka kondisi aspek-aspek di atas harus mendekati 100% dari kemampuan maksimumnya. Jika salah satu saja tidak maksimal, maka kegagalan bahkan kehancuran bisa terjadi. Misalnya setting dan performa motor optimal, akan tetapi rider/pembalap tidak fokus, maka ia bisa crash dengan dahsyat seperti yang terjadi pada mm93 di fp-1 di sirkuit chang buriram thailand kemarin.

MotoGP adalah olahraga yang sangat mahal biayanya, dalam kondisi normal untuk membangun motor yang kompetitif dan mendapatkan rider yang handal, dibuthkan dana ratusan milyar rupiah. Apalagi jika terjadi kecelakaan yang mengakibatkan motor rusak parah, tim harus keluar biaya tambahan. Untuk kecelakaan yang dialami mm93, kerusakan yang ditanggung oleh tim sudah masuk dalam rentang beberapa milyar kerugiannya.

Terlihat dari swingarb carbon yang patah, velg yang rusak parah dan tentu saja bagian-bagian lain di sekitar ban belakang seperti rantai, sub-frame, monoshock dan lain-lain. Belum lagi bagian lain seperti handle rem/kopling, fairing dll. Sekali jatuh sudah bisa diperhitungkan berapa ratus juta sampai berapa milyar, dana yang hilang.

Honda RC213V bukan kendaraan yang mudah untuk ditaklukkan. Sungguh suatu yang agak janggal, ketika mm93 masih harus jungkir balik mengalami crash yang megitu dahsyat saat menunggangi honda rc213v di fp1. Karena mm93 sudah ratusan bahkan ribuan lap berada di atasnya, tetap saja ia masih belum benar-benar mampu mengendalikannya secara penuh sesuai dengan keinginnnya. Ini menunjukkan bahwa rider sekelas marc marquez saja harus berjuang keras menaklukkan honda rc213v, bagaimana dengan carl cruthclow dan jorge lorenzo ?

Marc Marquez memiliki semangat juang yang tangguh. Dari upaya yang dilakukan saat fp1 dan seterusnya, menunjukkan bahwa ia tetap serius untuk memberikan yang terbaik. Meskipun ia sudah unggul sangat banyak dan hampir tidak bisa dikejar oleh rival-rivalnya. Ia masih memiliki semangat untuk memecahkan rekor-rekor selanjutnya di dunia balapa motor premium ini.

Seorang atlit motogp harus memiliki tubuh yang prima. Otot dan tulang yang kuat, serta skill saat jatuh yang terlatih. Sehingga saat jatuh ia mampu bermanuver untuk mendapatkan kondisi se”aman” mungkin. Dan dengan otot dan tulang yang kuat, seorang rider tidak mudah mengalami kerusakan otot yang parah serta patah tulang, yang bisa menghambat bahkan menghentikan karirnya di motogp.

Marc marquez memang harus berjuang dengan sungguh-sungguh mempertahankan dominasinya di ajang motogp ini. Karena ia merasakan ada rival yang sangat tangguh yang akan menghadangnya di tahun 2020 nanti. Yaitu Fabio quartararo (fq20) pembalap petronas yamaha. Hal ini terlihat dari hasil kualifikasi, meskipun ia sudah jungkir balik menyelesaikan sesi pra-race, akan tetapi justru quartararo yang tampil sebagai pole siter sekaligus memecahkan rekor.

Berikut ini hasil kualifikasi kemarin

Performa quartararo sedemikian dahsyat, padahal hanya menggunakan motor satelit. Karena itu marquez harus mempersiapkan motornya dengan sebaik mungkin, ia harus mempersiapkan data untuk kondisi yang sangat ekstrim, yaitu kondisi yang benar-benar mendekati kondisi maksimum untuk semua aspek. Tentu saja hal ini hanya bisa dicapai dengan memaksa motor pada kondisi yang mirip race dengan semaksimal mungkin, meskipun harus terjatuh.

Jika balapan tahun lalu di buriram ini, marquez berhasil juara mempecundangi dovizioso di akhir lap, maka balapan nanti siang akan memberikan nuansa lain. Karena ada tiga pembalap yamaha yang sangat kuat membayanginya. Bahkan ketiganya bisa lebih berbahaya ketimbang dovizioso sendiri.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

 

 

 

 

Advertisements

$where = 0;

One response to “Pelajaran Penting dari Crash-nya Marc Marquez di FP-1 ThailandGP

  1. Pingback: Jurus Marc Marques Selamat dari Cidera Parah Saat Crash di Sepang | MOTOGOKIL

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan