Marc Marquez Juara Dunia Lebih Awal. Apakah Empat Race MotoGP Selanjutnya Jadi Anyep ???

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Siang tadi marc marquez pembalap dari tim repsol honda dengan honda rc213v berhasil menjuarai balapan di sirkuit internasional chang thailand. Otomatis ia juara dunia, karena poin nya dikumpulkannya sudah pasti tidak akan mampu dekejar oleh siapapun. Karena jarak poinnya dengan pembalap posisi kedua menjadi 110 poin, sementara balapan yang tersisa tinggal 4 race saja. Artinya seandainya marc marquez absen dalam ke empat balapan sekalipun, poin yang dimilikinya akan tetap terkejar alias pasti juara dunia.

Balapan berlangsung monoton, alias kurang menarik, karena minim aksi overtake. Motor-motor 4-inline seperti yamaha dan suzuki serasa dimanjakan, karena memiliki roling speed dan kestabilan di tikungan cepat yang tinggi. Motor-motor v4 seperti honda, ducati, ktm dan aprilia harus berjuang keras agar mampu tampil optimal, agar tidak jauh tertinggal.

Dan dari balapan ini terlihat bahwa marc marquez memang spesial, dengan honda rc213v, dengan konfigurasi engine v4 mampu mengalahkan motor-motor 4-line. Khususnya yang sedang berjaya, fabio quartararo dengan yamaha m1-nya. Bahkan ada pengamat yang menyatakan bahwa marc marquez berada di kelas yang berbeda dibandingkan semua pembalap yang ada.

Bahkan jika melihat balapan yang dilakukan, trik yang diterapkan marquez sama persis seperti yang ia lakukan menghadapi quartararo di misano beberapa minggu yang lalu. Dan cara inilah yang (menurut iwf) dipilih marquez untuk mengalahkan quartararo khususnya, atau umumnya ketika para rider motor 4-inline performanya maksimal di sirkuit yang cocok dengannya, Perhatikan dan bandingkan lap chart race di misano italia dan di buriram thailand, posisi marc marquez vs fabio quartararo bisa dikatakan identik.

Dari gambar lap chart ini jelaslah, bahwa marc maruez memang sengaja selalu berada dibelakang sampai satu lap sebelum lap terakhir. Setelah itu baru ia overtake tepat di lap terakhir. Dan yang bikin quartararo mangkel banget adalah ia di-overtake di tikungan terakhir lap terakhir yang jaraknya sudah dekat banget dengan garis finish (bayangkan memimpin sejak awal, tapi menjelang garis finish malah kalah).

Berikut ini hasil balapan tadi siang

Dengan kemanangan ini semakin mengokohkan dominasi marc marquez pada musim 2019 ini. Karena marc selalu podium 1 atau 2 kecuali ketikan terjatuh di cota. Itu pun saat ia berada pada perfroma maksimalnya, karena saat itu ia sudah berada 16 detik didepan para pembalap lainnya. Berikut ini klasemen sementara dan juga terakhir bagi marquez, yang secara de facto telah dinobatkan sebagai juara dunia musim 2019 ini

Nah sekarang masih ada 4 balapan lagi, yaitu di jepang, australia, malaysia dan spanyol. Karena mm93 sudah pasti juara dunia, tentunya greget dari balapan motogp di 4 race berikutnya turun. Terutama bagi para pendukung rival-rimal marquez karena tidak akan mungkin lagi mengalahkan mm93. Akan tetapi tidak bagi pendukung marc marquez. Karena mereka masih mengharapkan mm93 terus memecahkan rekor demi rekor balapan motogp, diantaranya adalah poin tertinggi (harapan iwf bisa tembus di atas 400 poin).

Klasemen lain seperti tim dan konstruktor juga bisa menjadi suatu motivasi bagi marquez. Meskipun ia hanya berjuang sendirian, akan tetapi jika ia mampu selalu no-1, ada kemungkinan ia bisa mewujudkan triple winner bagi timnya. Pasalnya untuk konstruktor honda sudah unggul, sedangkan untuk tim masih kalah sedikit yaitu 19 poin.

Harapan pemirsa motogp tentu saja balapan yang tersisa bisa tetap menarik untuk ditonton. Hal ini bisa terjadi jika marc marquez tetap ngotot untuk selalu menang di setiap balapan. Dan tentu saja itu bisa terjadi jika marquez menganggap memecahkan rekor adalah hal yang cukup penting dalam karirnya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan