Qualifikasi BritishGP Marquez P1, Rossi P2. Akankah Terjadi Duel ?

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Pada race kali ini di negara inggris, pasukan yamaha mengalami peningkatan performa yang signifikan. Terlihat dari capaian pasukan yamaha yang mengisi 10 besar. Khususnya quartararo yang penguasai latihan bebas 1 ,2 dan 3.

Valentino rossi juga meningkat performanya secara signifikan. Terbukti kali ini, dalam babak kualifikasi ia berhasil mengalahkan pembalap yamaha lainnya yang jauh lebih muda. Rossi dengan yamaha m-1 nya berhasil menempati posisi-2 di belakang marquez. Meskipun demikian, lap time yang diperolehnya ( 1’58.596) jauh di atas rekor sebelumnya yang dibuat marquez (1’59.941).

Berikut hasil babak kualifikasi tadi malam 

Dari hasil latihan bebas (free practice/FP) sampai babak kualifikasi statistik prestasi rossi naik terus kecuali fp-4. Perhatikan kompilasi performa rossi sebelum balapan di silverstone tahun ini

Jadi, sepertinya rossi sedang on-fire kali ini, begitu pula dengan motornya. Lalu apakan ia akan mampu mengimbangi, berduel dan mengalahkan marc marquez ? Sangat banyak sekali faktor yang akan mempengaruhinya.

Sekarang mari kita lihat performa marquez selama babak latihan bebas sampai babak kualifikasi. Marquez  dengan honda rc213v-nya juga mengalami peningkatan mulai dari babak fp-1 sampai kualifikasi. Bahkan ia berhasil memecahkan rekornya sendiri di kisaran 1’58.168. Perhatikan peningkatan performa marquez dalam tabel berikut.

Jika dibandingkan performa antara rossi dan marquez, meskipin keduanya memberikan peningkatan performasi, akan tetapi peningkatan performa maruez dengan honda rc213v nya, tampak lebih pesat. Selain unggul di lap time sekitar 0.428 detik, topspeed marquez juga unggul hampir 10 kpj dibandingkan rossi.

Sehingga jika marquez tidak membuat kesalahan baik dalam balapan atau pemilihan ban, kemungkinan besar ia akan menang di sirkuit silverstone ini. Akan tetapi rossi bukan tidak memiliki kesempatan, namanya juga balapan hal-hal di luar dugaan kadang terjadi, dan jika rossi berhasil memanfaatkan momen tersebut, justru ia yang akan juara.

Bagaimana dengan dovizioso sebagai saingan terdekat marquez ?  Tampaknya ia harus berjuang keras untuk mendapatkan seting-an terbaiknya. Ia mengalami peningkatan performa selama latihan bebas. Dan performanya neingkat tajam ketika babak kualifikasi, perhatikan performa dovi sebelum balapan nanti sore

Tampaknya akan sulit membendung marc marquez pada race di sirkuit silverstone ini. Karena selain ia mampu menjadi yang tercepat di babak kualifikasi, motornya pun sedang dalam kondisi yang sangat powerful. Terlihat dari topspeed nya yang mampu mengalahkan ducati sekalipun.

Kita lihat saja nanti, apakah marquez juara atau justru ndlosor/crash. Dan apakah ada pembalap yang mampu mendekati, menyusul dan berduel dengannya di garis depan. Atau justru hujan deras seperti tahun kemarin, sehingga balapan tidak jadi diadakan, wallohu a’lam.

Bagaimana dengan lorenzo sebagai tandem marc marquez ? Sepertinya ia masih belum sembuh benar, ia masih merasakan sakit di sekitar cideranya.

Dan hal ini menyebabkan ia sedikit takut dalam latihan dan kualifikasi. Makanya hasilnya jauh dari yang diharapkan, alias jeblok. Sepertinya tim repsol akan sulit menyusul ketertinggalannya dari tin winnow ducati.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Sumber : motogp.com

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan