Fenomena Bloger Ternak dan Semakin Minimnya Pencerahan bagi Pembaca


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Ternak blog dan bloger ternak, adalah istilah baru yang mirip (tapi tidak sama) dan memiliki tujuan yang hampir sama. Mungkin ada juga yang ingin menambahkan satu lagi yaitu bloger berternak, yang satu ini jelas artinya beda banget, meskipun tujuannya juga hampir sama. Mari kita coba terjemahkan tiga istilah yang melibatkan bloger tersebut :

  • Blogger berternak adalah seseorang yang memiliki kegiatan nge-blog sekaligus beternak misalnya ayam, bebek, ulet hongkong atau ikan lele. Pekerjaan utamanya bisa salah satu atau bahkan keduanya.
  • Ternak blog, adalah kegiatan mencari uang dari iklan dengan membuat dan memelihara blog dalam jumlah yang banyak (lebih dari satu). Semakin banyak blog yang ia ternakkan, semakin banyak pula uang yang masuk ke pundi-pundinya.

Kalau bloger ternak apa ?

  • Bloger ternak…nah ini dia, suatu istilah yang diperkenalkan oleh ayumi di blog nya mas tmc di tahun 2010 dan booming hingga beberapa tahun berikutnya. Yaitu seorang bloger yang artikel dalam blog-nya disetir (di-drive) oleh atpm otomotif tertentu. Otomatis ia dan blog-nya menjadi media atpm yang hanya berani menampilkan nilai positif atpm dan produknya, sebaliknya terkesan takut untuk menjelaskan cacat dan kekurangannya.

Dan ternyata (menurut iwf) fenomena bloger ternak ini masih belum hilang bahkan ditiru dan  dikembangkan oleh tim kampanye di masa pilpres kemarin. Tentu saja dengan istilah yang berbeda yaitu buzzer, perbedaannya adalah produk seorang buzzer didominasi oleh komentar atau status di media sosial. Kegiatan keduanya hampir sama yaitu :

  1. Menampilkan sisi baik (strength) dari juragannya dalm bentuk atpm atau tim pemenangan.
  2. Menyembunyikan sisi buruk (weakness) sang juragan
  3. Menghadang bahkan kalau bisa menyerang balik, jika ada fihak yang menyerang/mengancam (treat) juragannya dengan info negatif.
  4. Menyerang fihak lain yang menjadi rival/kompetitornya

Karenanya aktifitas menulis bloger ternak seperti ini didominasi oleh permintaan atpm untuk menampilkan yang baik-baik saja. Kalau  pun ada yang agak menyerempet pada kejelekan produk, hanya ditulis sekilas dalam kalimat pendek. Sehingga para pengunjung blog seperti ini akan melewati minimal dua fase yaitu :

  1. Fase menurunya kualitas informasi yang mampu mencerahkan dirinya. Karena pembaca tidak mendapatkan informasi yang lengkap tentang produk tersebut, sehingga bisa menghasilkan persepsi yang tidak tepat.
  2. Fase pembodohan otomotif, yaitu ketika sang bloger sengaja menutupi kejelekan atau cacat dari produk atpm (juragannya), sementara si pembaca tidak merasakan bahwa ia telah dipengaruhi oleh opini tersebut.

Lalu apa yang akibat yang mungkin terjadi pada pembaca ? Jika mendatangi dan membaca dari blog yang seperti itu maka akibat yang akan ia terima adalah sesuai dengan fase tersebut di atas, yaitu :

  1. (ringan) Terbentuk persepsi positif tentang atpm dan produknya, ia tidak dirugikan sedikitpun. Bahkan mungkin ia mendapatkan manfaat berupa pengetahun mengenai beberapa fitur yang ada (diperkenalkan).
  2. (sedang) Ia tidak membeli, akan tetapi mempengaruhi orang lain untuk membeli produk tersebut, meskipun dengan persepsi yang tidak lengkap, ia tidak rugi sedikitpun
  3. (berat) Ketika kemudian ia membeli produk tersebut, dan ternyata ia mendapatkan kelemahan bahkan cacat. Tentu saja ia (konsumen) merasa kecewa dan rugi, dan ini terjadi karena ia tidak mendapatkan informasi yang lengkap tentang kelemahan dan cacat dari blog yang ia kunjungi.

Apakah bloger ternak seperti ini ada ? Kemungkinan besar ada, atau bahkan motogokil.com juga termasuk. Dan jika dilihat dari tingkat interaksi bloger-atpm, maka keterikatan bloger dengan atpm barangkali bisa dikelompokkan dalam 3 model :

  1. Model burung kenari, terlihat jelas diternakkan, dan hanya memberikan sesuatu yang menarik bagi yang melihatnya, berupa suara yang sangat bagus dan enak didengar. Bloger seperti ini artikelnya didominasi oleh informasi atpm (bisa satu atpm atau lebih), tentu saja yang baik-baik. Tidak terdapat info negatif sedikitpun bagi atpm .
  2. Model buaya, bersifat menyerang semua siapa saja yang membahayakan/mengancam. Bloger seperti ini artikelnya didominasi oleh info dan opini yang bersifat menyerang semua hal tentang atpm dan produk kompetitor.
  3. Model kucing anggora lepasan, sepertinya dipelihara terlihat dari badannya yang gemuk dan bulunya yang bagus serta bersih. Ia tidak dikungkung di rumah akan tetapi ia dilepas bebas oleh tuannya berjalan/berlari di jalan-jalan. Dan tentu saja setiap waktu makan ia masuk ke rumah juragan untuk menerima jatah makan. Bloger model ini adalah bloger yang smart, artikelnya didominasi oleh artikel yang mampu menghibur baik atpm maupun pembaca dengan keindahan dan “buaian” kata-katanya. Ia tidak pernah menyerang atpm manapun dengan pemberitaan kelemahan atau cacat produk. Serta masih disisipi beberapa artikel umum yang memberikan sedikit pencerahan bagi pembacanya.

Mengapa fenomena ini terjadi ? Menurut iwf ada beberapa hal yang menyebakan hal ini terjadi, yaitu :

  1. Bloger butuh nama/pamor, artikel dan juga butuh pemasukan uang, dan kesemuanya bisa disediakan oleh atpm (otomotif).
  2. Atpm membutuhkan media, penggiring opini dan tempat iklan, dan kesemuanya bisa diberikan oleh bloger (otomotif)
  3. Menulis artikel yang berisi ilmu dan mampu mencerahkan pembaca tidaklah mudah bahkan sulit, sehingga dibutuhkan waktu berjam-jam untuk mendalaminya sebelum ditulis dan di-publish di blog.
  4. Menulis berita yang bersumber dari atpm sangatlah mudah, tinggal copy, kemudian paste, edit sedikit dan publish.

Nah dari gambaran di atas, terlihat sudah bagaimana fenomena tersebut terjadi dan apa akibatnya bagi pembaca. Pertanyaan iwf bagi para pengunjung yang kebetulan mampir dan membaca artikel ini adalah :

  • (buat bloger) mau dijadikan model apa blog ente ? apakah mau seperti 3 model di atas mau bentuk yang bebas mandiri dengan otoritas penuh ?
  • (bagi pembaca) apakah membaca artikel yang ditulis bloger ternak memberikan manfaat bagi anda ? kalau ada, seberapa pencerahan yang anda dapatkan ?

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

5 responses to “Fenomena Bloger Ternak dan Semakin Minimnya Pencerahan bagi Pembaca

  1. hmm sepertinya aku kenal bloger-bloger tipikal begitu hehe,
    tapi jelas memang arahnya nyari udang sih buat pekerjaan utama. Walhasil yg komen di blognya kan pada nyampah

  2. Rider Kalem99

    Sy sdh insyaf n tdk lg buka blog kondang yg jelas kelihatan sbg trnak atpm terbesar di ngeri ini. Blog i** tsb skr hnya tmpilkan info2 bgs dr atpm tsb, n tdk prnah britakan kekurangan produknya, tp klo ada atpm lain yg ada kekurangan terus diberitakan.
    Blog tsb skr sprtinya skr sdh beda dg dlu, klo blog pak dosen sy prcaya msh lumyn independen, aplgi ulasan teknisnya yg sy suka

  3. Sayangnya mang enoanderson takedown blognya . Padahal konten nya soal history dan review nya paling pedes dan ngehek banget

    Om motogokil , kupas2 lagi dong perihal teknik2 mekanikal enginering lagi macam penerapan efisiensi thermal , efisiensi chemical , mekanis dll

    Butuh inspirasi nih , dulu klo butuh info engine mampirnya k motogokil (skrg mulai jarang bahas teknis mesin) , arenasepedamotor (blognya gak updste setahunan) , palingan ke ratmotorsport

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan