Salah Satu Part yang Menyebabkan Motor Eksotis Sangat Mahal Harganya


 

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Motor eksotis tentu saja semua partnya serba special, tidak pasaran. Untuk motor eksotis dalam aspek performa, tentu saja ada motor prototipe yang berlaga di motogp sebagai jagoannya. Segala aspek yang mendukung kecepatan akan menjadi perhatian utama.

Untuk mendapatkan kecepatan maksimum dan menjadi yang tercepat, untuk sebuah motor balap seperti motogp, bukan hal mudah. Karena mereka bersaing pada level yang kritis dan sangat tinggi, bahkan sulit dibayangkan oleh ahli mesin sekalipun. Karenanya peningkatan sekecil apapun akan sangat dihargai.

Salah satu faktor yang memberikan kontribusi besar terhadap kecepatan sebuah motor balap motogp adalah power (engine) motor yang besar dan akselerasi yang sangat kuat. Beberapa part yang menentukan power seperti klep (valve) dan akselerasi seperti crankshaft dan part lain disekitarnya, membutuhkan part yang kuat akan tetapi ringan. Baja adalah logam yang kuat tapi berat menghambat akselerasi. Sebaliknya alumunium logam ringan tapi kurang kuat, membatasi perolehan power yang sangat terkait dengan ketahan komponen terhadap panas/suhu yang tinggi.

Di antara baja dan aluminum ada logam yang dikenal sebagai titanium. Logam ini dapat sekeras baja akan tetapi bobotnya lebih ringan dari baja. Jadi aplikasi logam titanium ini sangat cocok untuk beberapa part di engine motor yang memprioritaskan power dan akselerasi. Akan tetapi logam ini tergolong sangat mahal,  berikut ini perbandingan harga baja, alumunium dan titanium :

  • Baja paling mahal 10 ribu per kg, atau Rp. 10 ,- per gram
  • Alumunium Rp 27,7 juta per ton, atau Rp. 27.7 ,- per gram
  • Titanium Rp 200 ribu per gram

Jadi bayangkan harga baut titanum 1 biji aja, bisa ratusan ribu bahkan jutaan

Lalu berapa harga knalpot dan klep titanium ??? Yang mana pembuatannya membutuhkan teknologi yang sangat tinggi.

Makanya jangan heran kalau harga rumah kopling honda rc213v setara dengan rumah mewah atau sekitar 4 milyar.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan