Bagaimana Kalau Suzuki GSX R250 Pakai Turbo ? Yang Lain Bisa Jauh Tertinggal


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Pada artikel yang lalu, iwf menampilkan beberapa gambar patent suzuki dengan turbocharge. Engine dalam patent tersebut juga diperbincangkan di blog-blog otomotif papan atas di tanah air, yang disinyalir calon engine suzuki gsx r250. Tapi menurut iwf bisa iya bisa juga tidak, karena patent engine tersebut ternyata sangat mirip dengan XE7 yang dipamerkan pada tokyo motor show tahun 2015, yang dengan melihat dimensinya, diperkirakan kubikasinya lebih dari 500 cc.

Jika pun iya, engine tersebut adalah engine untuk gsx r250, tidak ada kesulitan bagi pabrikan sebesar suzuki untuk mewujudkannya. Sudah menjadi kebiasaan, bahwa suzuki selalu memberikan motor yang paling powerful di kelasnya. Dan mari kita berandai-andai bagaimana kiranya jika suzuki memberikan pilihan kepada konsumen gsx r250 dengan dan tanpa turbo, seperti halnya kawasaki merilis h2 dan h2r ?

Mari dilihat perbandingan performa kawasaki h2 dan h2r. Meskipun keduanya sudah dibekali engine dengan supercharger, akan tetapi performa keduanya jauh berbeda. Kawasaki h2r memiliki spesifikasi yang lebih tinggi baik tekanan supercharger-nya (h2=5 psi vs h2r=10 psi) maupun mappingnya serta beberapa perangkat pendukung lainnya.  Akibatnya harga kawasaki h2r hampir 2 kali lipat h2.

Nah jika suzuki gsx r250 mengaplikasikan turbocharge, tentu saja power dan torsinya naik, jauh lebih tinggi dibandingkan tanpa turbo. Jika gsx r250 dirilis dalam dua versi dengan dan tanpa turbo, kemungkinan besar yang tanpa turbo akan memiliki performa tidak jauh dari honda cbr250rr ataupun kawasaki new ninja 250fi, sekitar 39 hp sampai dengan 40 hp .

Sedangkan yang mengaplikasikan turbo powernya bisa naik 50% menjadi sekitar 58-60 hp. Itu kalau bocoran dari blog otomotif papan atas tanah air benar, engine (dengan turbo) pada patent B menjadi opsi yang dipilih oleh suzuki untuk gsx r250 versi turbo (enaknya dinamakan gsx r250t).

Tapi harganya jelas nggak mungkin 70 juta-an mas bro. Karena konsekuensi pakai turbo adalah penggantian beberapa part lain mulai dari per klep, injector sampai ecu. Mungkin harga yang pas untuk suzuki gsx r2500t (turbo) sekitar 90-100 juta.

Itulah terawangan iwf jika suzuki gsx r250, sangat mengejutkan, mematikan dan juga mahal. Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

2 responses to “Bagaimana Kalau Suzuki GSX R250 Pakai Turbo ? Yang Lain Bisa Jauh Tertinggal

  1. Kalo diperhatiin… Cuma blog sampean loh bung iwf yang Keukeh mesin ini bukan mesin next GSX R250… Tapi penjabaran bung dipenuhi dengan logika yang masuk akal..
    Mantap lah bung iwf ini… Penjabaran dan gaya bahasa yang sederhana bisa memberikan pengetahuan yang cukup mendalam bagi pembaca

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan