Yamaha Endurance di Sentul Akan Membawa Konsekuensi Positif


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Pada akhir pekan ini 29-30 september 2018, YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) secara resmi akan mengadakan balapan ketahanan 2 jam untuk motor sport R-series. Event ini bukan yang pertama, karena pernah dilakukan oleh suzuki saat mempromosikan motor-motornya. Bedanya jika suzuki dilakukan oleh pabrikan, nah untuk yamaha pabrikan menawarkan bagi komunitas, tentu saja akan menjadi sangat berbeda.

Dalam balapan endurance, biasanya yang menjadi parameter menang adalah dalam waktu yang ditentukan (misalnya 2 jam), masing–masing tim mampu melahap sirkuit sampai berapa lap (kilometer). Artinya selain motor+rider harus kencang, juga harus bisa memanage ban, mesin dan lainnya agar awet ketika terus-menerus digeber dalam kecepan tinggi (high rev). Jadi minimal 3 faktor yang pengaruhnya sangat signifikan dalam menentukan prestasi sebuat tim agar menang pada balapan ini, yaitu :

  • Skill pembalap yang bisa kencang sekaligus mampu menjaga ritme balapan agar semua komponen berada pada puncak performa, tidak kurang tidak lebih.
  • Performa motor secara keseluruhan yang meliputi power engine, handling dan lain-lain
  • Ketahanan dari engine

Nah jika yamaha endurance ini diadakan dengan kondisi motor standar, maka akan memberikan hasil yang sangat siginifikan bagi nama besar yamaha. Masalah skill pembalap bisa diatasi oleh para pembalap seeded yamaha. Dan masalah engine motor inilah yang sangat krusial harus diperhatikan. Karena musuh dari engine adalah putaran tinggi dan panas. Sedangkan balap ketahanan (endurance race) akan mengakibatkan engine berada pada kondisi panas dan putaran yang relatif selalu tinggi, jauh lebih tinggi dibandingkan penggunaan normal. Sehingga ada dua kemungkinan dari hasil balap ketahanan ini adalah :

” Jika sukses dapat memuntaskan balapan dengan laptime yang bagus (sesuai cc motor) dan motor tetap “sehat”, maka pamor yamaha sebagai penghasil motor tangguh akan segera bersinar.

Tapi jika gagal maka akan mendapat cemoohan dari khalayak pemerhati otomotif roda dua, terutama dari fihak rival.”

Karenanya menyambut event ini tentunya yamaha tidak akan mau kehilangan muka di depan umum. Pastinya akan memberikan yang terbaik, berupa motor yang tangguh. Sebagai pembuktiannya adalah mampu digeber terus-menerus di sirkuit sentul dengan kecepatan tinggi tanpa kendala selama 2 jam non-stop.

Akhirnya dampaknya konsumen setia yamaha yang akan diuntungan dengan event ini. Karena yimm telah membuka sistem pengujian ketahanan motornya di depan umum. Pastilah yimm akan menghadirkan motor-motor yang tangguh di lintasan sirkuit sentul dalam ajang tersebut. Dan demikina pulalah harapan untuk motor-motor lainnya yang didistribusikan ke masyarakat.

Kita tunggu saja event ini beberapa hari lagi, semoga sukses. Dengan demikian yamaha semakin di depan dalam masalah kecepatan dan ketahan mesin motor-motor nya. Dan menjadi kebanggan bagi pengguna dan fans boy nya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan