Mendulang Rupiah dari Bisnis Modifikasi Motor. Apa Saja Jenisnya ???


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Memasuki pasar global setiap indifidu dituntut kreatif dalam melihat peluang bisnis. Apalagi di tengah kelesuan ekonomi saat ini, modal yang harus dikeluarkan dalam memulai bisnis harus benar-benar harus akurat. Sehingga tidak menjadi sesuatu yang sia-sia, memulai bisnis akan tetapi tidak beberapa lama bisnis berakhir tragis.

Nah bagi yang bekecimpung di dunia motor, ada beberapa bisnis yang cukup menjanjikan. Kalau bukan saat ini, bisa jadi dalam beberapa saat mendatang (setelah ekonomi membaik) akan memberikan penghasilan yang lumayan fantastis. Yaitu bisnis modifikasi motor, yaitu bisnis mengutak-atik motor untuk berbagai keperluan.

Mengacu pada beberapa aspek “tujuan” modifikasi motor, maka bisnis modifikasi motor dapat dibagi menjadi beberapa kelompok besar, yaitu :

  1. Modifikasi untuk meningkatkan fungsi penggunaan harian.
  2. Modifikasi untuk kebutuhan khusus seperti balapan, drag, touring dan trabas (trail)
  3. Modifikasi untuk kontes
  4. Modifikasi untuk pengguna difabel
  5. Modifikasi untuk keperluan lainnya seperti untuk mewujudkan ide kreatif, meningkatkan pamor bengkel dan lain-lain

Jadi banyak sekali tujuan modifikasi yang bisa dijadikan rujukan calon para modifikator. Dan untuk mewujudkannya butuh skill, usaha dan biaya yang tidak sedikit. Para calon modifikator yang ingin menekuni bidang modifikasi yang terbagi menurut tujuan/keperluannya ini bisa disebut medifikator kawakan (besar). Karena ia harus mampu memberikan kepuasan modifikasi pada konsumennya (kalau bisa) di semua aspek dan bagian sepeda motor.

Jika tidak mampu mewujudkan keinginan menjadi modifikator kawakan di atas, maka bisa menjadi modifikator yang lebih spesifik. Modifikator jenis ini bisa bekerja sama dengan modifikator kawakan di atas untuk satu aspek saja. Meskipun demikian memodifikasi bagian/aspek tersebut juga memerlukan skill yang tinggi untuk menghasilkan modifikasi yang berkelas. Modifikasi yang bisa dilakukan adalah :

  1. Modifikasi body motor fiberglass
  2. Modifikasi kaki-kaki limbah moge
  3. Modifikasi cat airbrush
  4. Modifikasi striping sticker
  5. Modifikasi mesin balap, nan lain-lain

[sumber : modifikasimotor2013]

[sumber : drag-bike.com][sumber : motoblast]

[sumber : mesinbalap.com]

 

Artikel ini sebagai pembukan cerita beberapa bisnis modifikasi motor yang bisa dilakukan oleh para modifikator kreatif. In sya Allah di kesempatan lain akan motogokil bahas lebih rinci mengenai modifikasi-modifikasi di atas. Di mana pada setiap jenis modifikasi di atas terdapat keasyikan tersendiri bagi yang menggelutinya. Dan akan sangat menyenangkan jika sesuatu yang mengasyikan ini bisa memberikan penghasilan bagi pelakunya.

Mungkin masih ada yang terlewat mas bro, modifikasi apa lagi yang belum motogokil sebutkan ?

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting