Atur Tegangan Rantai Honda CB150R dengan Kunci Pas Tekiro, Lengkap dan Mudah

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Mengatur tegangan (kekencangan) rantai adalah salah satu pekerjaan yang tidak boleh terlalaikan. Karena efeknya bisa sangat mengganggu dalam perjalanan, bahkan jika sampai parah rantai bisa putus atau bahkan crankcase jebol. Karenanya seorang biker seharusnya bisa melakukannya sendiri, tanpa harus ke bengkel, karena memang pekerjaan ini mudah untuk dilakukan.

Sesuai dengan buku panduan jarak gerak bebas rantai sekitar 30 mm (3 cm). Dan akan selalu dilakukan pengecekan dan penyetelan oleh mekanik saat servis. Akan tetapi kadangkala rantai sudah kendor sebelum waktunya servis, sehingga sebaiknya kita sendiri yang menyetelnya tanpa harus buang waktu ke bengkel. Nah berikut ini salah satu pengalaman motogokil melakukan penyetelan/pegaturan tegangan rantai bermodalkan kunci ring-pas set tekiro 11 kombinasi (WR-SE0296)…

Khusus untuk sepeda motor honda cb150r kunci yang dibutuhkan hanya 22 (mur kanan), 17 (kepal baut/as ban belakang), 12 (pengatur tegangan rantai) dan 10 (pengunci). Berikut ini penampakan kunci pas-ring tekiro nya

Langkahnya-langkahnya sangat sederhana, yaitu

Bersihkan tanda (marking) pada as roda belakang, sehingga garis-garis tanda terlihat jelas

Kemudian kendurkan (putar ke kiri/berlawanan arah jarum jam) mur sebelah kanan dengan kunci ring 22, bersamaan dengan menahan kepala baut as roda dengan kunci 17.

Selanjutnya putar ke kanan mur pengatur kerenggangan rantai di kedua ujung swing arm, dengan menggunakan kunci 12. Kalau terkunci oleh mur kecil diatasnya, tahan mur tersebut dengan kunci 10.

Atur kedua mur 12 tersebut (kanan-kiri) sampai mendapatkan jarak gerak bebas rantai 3 cm. Selanjutnya lihat tanda garis-garis di dekat as, jika sudah sama jaraknya ke bagian pinggir lubang swing-arm, dan gigi gir tepat masuk ke tengah lubah rantai, berarti penyetelan sudah pas (center).

Selanjutnya tahan ban dengan kaki (dengkul) dan kencangkan mur as roda dengan kunci ring 22. Jika as roda ikut berputar, tahan kepala baut as roda dengan kunci 17. Selanjutnya kencangkan mur 12 pengatur tegangan rantai, dan kunci dengan mur 10. Cara menguncinya adalah, tahan mur 12 dengan kunci pas 12, dan putar mur 10 dengan kunci ring 10 ke kanan. Dan selesai, mudah kan ???

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

 

 

6 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Tekiro Tools Tetap Dipercaya Masyarakat, Raih Penghargaan Top Brand Ke-7 - MOTOGOKIL

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan