Crankcase Yamaha NMax Patah, Wajar Saja. Inilah Penyebabnya…


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Baru saja kejadian langka yang menimpa sebuah motor yamaha nmax. Yaitu crankcase bagian kiri patah “del” sehingga yang menghubungkan puli depan dan belakang hanyalah belt nya. Motogokil sebagai mantan rider nmax, juga tidak menyangka hal seperti ini bisa terjadi pada nmax yang terlihat sangat kokoh.

Dan kejadian ini menurut mogokil luar biasa, karena nmax motogokil pun pernah mengalami insiden sampai cover cvt pecah karena menabrak pembatas jalan. Tapi tidak terjadi apapun dengan crankcase-nya, aman-aman saja, dan digunakan terus tanpa kendala.

Jika melihat kronologinya, pantas saja crankcase tersebut patah, lha wong ditabrak mobil dari samping [sumber]. Mobil beratnya lebih dari 1000 kg/ 1 ton, menghantam bagian nmax yang relatif kecil dibandingkan mobil tersebut. Belum lagi kecepatan mobilnya tidak diketahui, ya mesti saja patah.

Karena memang melihat konstruksinya crankcase kiri bagian cvt dari nmax memang didisain untuk menahan gaya kejut dari bawah, berupa lubang atau gundukan (polisi tidur). Itupun dipermudah/diperlancar dengan adanya sendi pada poros swingarm (engine ganger) dan juga dua shockbreaker kiri kanan. Jadi bagian tersebut bukan difokuskan untuk menahan beban dari samping, seperti tumbukan dari bemper mobil. Mari dilihat konstruksinya

Ini gambaran pada datasheet nya

Jika as roda belakang dihantam dengan bobot lebih dari 1 ton dengan kecepatan 40 kpj saja, sudah pasti bagian yang diberi kotak merah tidak akan mampu menahannya. Karena bagian inilah salah satu bagian terkuat yang menahan gaya benturan dari samping. Sedangkan swing-arm hanya akan menerima benturan setelah crankcase patah, dan velg/roda menghantamnya dari samping kiri.

Lain halnya jika terjadi jatuh/crash, bagian ini hanya menahan bobot bagian belakang saja, yang jauh lebih ringan. Makannya pada kejadian nmax milik motogokil yang crash, cuma cover cvt saja yang pecah, sementara crankcase tetap aman. Dan masih normal untuk selanjutnya digunakan sebagai sarana transportasi harian.

Kalau ditabrak mobil dari samping, semua cvt skutik juga bakalan ambrol, apapun mereknya. Meskipun sudah dalam katagori “big” yang material dan disainnya top. Apalagi crankcase cvt kelas menengah ke bawah yang mana material dan desain lebih rendah lagi levelnya dibandingkan skutik premium.

Saran motogokil, yang masih penasaran jangan dicoba ya dirumah, nabrakin mobil ke ban belakang skutik. Susah bro mereparasinya, musti ngelas diral segala, juga belum tentu presisi. Kalau mau gantinya juga lama karena disitu ada nomor mesinnya, harus inden lama ke bengkel resmi.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

17 responses to “Crankcase Yamaha NMax Patah, Wajar Saja. Inilah Penyebabnya…

  1. Kaleng krupuk,,,,

    Ane pernah nabrak beat, dari samping, pas cover cvt,
    Shock depan vario ane patah di tabung bawah, as shock melengkung, cakram bengkok, beat terlempar 5 meter padahal boncengan,
    Speed ane sekitar 80 kpj

    Cvt nya baik2 saja,, gak retak, lecet pun tidak

  2. Jangankan nmax, xmax aja baru dari dealer dan kecelakaan juga crank case ambrol kalo gak salah dulu rame dan ada di kobayogas dan blog laen.

  3. Di dunia ini tidak ada yang abadi, semua akan rusak pada waktunya.

  4. kalo ditabrak tapi mental, hoki2nya nggak sampe crankcase pecah, soalnya gaya tumbuk terdistribusi rata…
    kalo ditabrak tapi mental, baru deh bisa pecah…
    ibaratnya kayak nonjok kertas yg melayang sama nonjok kertas yg dipegangin…
    yg melayang itu ibarat ditabrak tapi mental, gak ada traksi ban yg hambat dan bobot motor enteng…
    sementara yg dipegang ibarat ditabrak tapi gak mental, traksi ban masih ada dan motor cukup berat buat hadepin gaya tumbuk…
    sekian analisa sotoy ane :v

    • Klo motornya Honda itu aman diapain jg, klo motornya Yamaha udh pasti ancur…

      klo bawa berita Honda rusak karena tabrakan itu namanya BC, klo bawa motor Yamaha/suzuki/kawasaki ancur karena tabrakan itu namanya FAKTA KUALITAS BUOSOK

      • hidup lu di dunia nyata keqnya gabut banget roy, sengaja gw komen keq gini biar ada tukar ilmu tapi jawabannya malah ginian

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan