Test Ride Tipis-Tipis, KTM Duke 250 Punya Tetangga

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Alhamdulillah punya tetangga yang juga hobi motor, beliau adalah Pak Nur Salam. Di rumahnya terparkir, honda cb150r street fire (old), kawasaki ninja 250fi dan yang terakhir ktm duke 250. Nah yang terakhir ini sore kemarin sempat test ride tipis-tipis mengitari blok sekitar rumah.

Secara penampakan duke 250 ini terlihat kekar, keren dan gagah. Posturnya memang tinggi, style nya memaksa ridernya duduk tegak sehingga terlihat gagah. Penampakan rangka truss frame nya ikut memberikan kontribusi tampil beda diantara kebanyakan motor jepang lainnya.

 

Dengan beraninya ktm memperlihat kerangkanya, tentunya punya maksud tertentu. Salahsatunya adalah ktm ingin menunjukkan bahwa las-lasan kerangka truss (trelis) nya rapih. Strukturnya kokoh, dan memberikan penampakan yang tangguh.

Impresi awal duke 250 hanya bisa motogokil pada putaran mesin yang cukup rendah, maklum cuma muter perumahan. Karena engine-nya tipe satu silinder dengan bore x stroke = 72 mm x 61.1 mm, berasa banget getaran tenaganya di rpm rendah. Stangnya paling lebar dari semua motor yang pernah motogokil coba, pas banget nih motor dengan style naked agak ke street fighter.

Keren dan gagah, akan tetapi bagi rider Indonesia mungkin harus sedikit disesuaikan. Menurut motogokil, akan lebih nyaman jika sedikit mundur. Bisa dimundurkan dengan menekuk ke belakang, atau atmbah raiser. Lebarnya stang duke 250 selain merupakan kelebihan juga sekaligus menjadi kekurangan, yaitu menjadi penghalang dalam bermanuver di padatnya kendaraan saat macet.

Bobotnya lumayan berat saat dituntun, maklum bobot isinya sampai 161 kg. Tapi langsung berasa ringan setelah motor melaju, jelas saja lha wong powernya menyentuh 30 hp di putaran engine 9000 rpm, jelas enteng. Lha wong mesin saja memiliki bobot 37.2 kg, pantas saja tampak garang, perkasa dan mantab.

Untuk sementara itu dulu kesan pertama test ride ringkat ktm duke 250, sekaligus kesan pada penampakannya yang spesial dibandingkan motor jepang. Penampakan fitur-fitur lainnya akan motogokil tuliskan di artikel laninya (in sya Allah). Selanjutnya, kapan-kapan kalau diizinkan mungkin motogokil, akan pinjam lagi untuk eksplorasi performanya.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

4 Komentar

  1. diadu ama CBR150RR K45G coba om. kan penjualan nya melesat bagaikan roket. Katanya ngepbeha penjualan itu udh mengikuti performa, kualitas dan riding quality yg OK

  2. Sebelum penta jaya masukin nih motor, beuuhhh pemilik ktm duke (dan RC tentunya), feel nya udah kek punya “moge” mewah. Lah iya sih krn rare bgt dan hrganya yg gak worth it dibandingkan merk lain (lha iya cbu gan). Tp makin kesini ktm makin “mudah” terbeli.. mantap PT penta jaya nih..

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan