TVS Apache RR 310 Akan Sulit Bersaing di Indoensia, Berikut Beberapa Poin Penyebabnya

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kemarin, 6 desember 2017, pabrikan motor asli india tvs, merilis motor sport terbarunya. Secara penampakan benar-benar keren, style nya sangat racy tidak kalah dengan style dari cbr250rr. Apalgi ketika dibuka bajunya dan ditunjukkan frame-nya benar-benar menunjukkan motor yang kokoh, kuat dan tahan banting, ciri khas motor india.

Akan tetapi ketika melihat spesifikasinya, motogokil cukup kaget, ternyatakurang greget (menurut motogokil). Mengingat rider di tanah air sudah diperkenalkan dengan motor-motor yang lebih powerfull sebelumnya. Mari kita simak beberapa poin spesifikasi yang kurang greget tersebut

  1. Engine-nya hanya satu silinder. Seperti halnya motor-motor 1 silinder yang lain, pamornya kurang menggigit untuk kelas sport 250 cc, seperti cbr250r, ninja 250sl dan lain-lain.
  2. Kubikasinya lebih dari 250 cc, dan akan teranggap sebagai barang mewah, sehingga pajaknya mahal. Yang pada akhirnya harga di konsumen juga mahal. Sehingga jika ingin masuk ke Indonesia dan hargnay bisa bersaing, tvs akan menurunkan kubikasinya menjadi 250 cc. Konsekuensinya power akan turun, dengan 310 cc powernya 34 ps, maka jika kubikasinya diturunkan menjadi 250 cc powernya menjadi sekitar 27.5 ps. Mirip power cbr250r generasi-1.
  3. Power maksimum dicapai pada putaran mesin yang relatif rendah untuk motor sport full fairing. Karakter ini lebih cocok untuk motor sport bergenre naked touring.
  4. Rasio kompresinya yang cukup rendah, mungkin inilah yang menyebabkan powernya cukup kecil untuk kubikasi 310 cc. Rasio kompresi sebesar ini jauh di bawah motor sport 250 cc di Indonesia yang sudah di atas 11.
  5. Bobotnya cukup berat, apalagi jika kubikasi diturunkan dan menyebabkan powernya juga turun drastis. Maka pwr nya akan jauh berkurang, dari 0.2 ps/kg menjadi sekitar 0.167 ps/kg. Akibatnya akselerasinya juga turun
  6. Topspeednya cukup rendah untuk keras sport full fairing 310 cc. Apalagi jika kubikasinya dipangkas menjadi 250 cc, bisa-bisa kalah kencang dibandingkan gsx r150.

Jadi jika tvs ingin memasukkan apache rr 310 ini, sebaiknya perlu dilakukan beberapa perubahan cukup singnifikan. Ubahan apa saja yang perlu dilakukan ? Nanti motogokil bahas di artikel selanjutnya. Intinya tvs harus meng-upgrade 6 poin yang motogokil tuliskan di atas.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

2 responses to “TVS Apache RR 310 Akan Sulit Bersaing di Indoensia, Berikut Beberapa Poin Penyebabnya

  1. Turunin bobot, naekin kompresi, perbaiki sisi lain yg intinya buat naekin pwr dan tampilan yg bikin orang lain pingin liat tiap ni motor lewat. Duh beratnyaaa.. laku bisa, laris blm tentu..

  2. Sama aja research lagi, ksyak bikin baru

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan