Demon GPX 150GR Adalah Salah Satu Contoh Kemandirian Otomotif dari Thailand


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Dua hari yang lalu sempat dikagetkan dengan perilisan motor mirip ducati panigale tapi dalam bentuk mini. Baik size nya maupun kubikasi engine nya serba mini. Tapi penampilannya luar biasa mirip, dan sangat halus garapannya, seakan-akan memang ducati yang merilisnya untuk rider asia yang berpostur agak mini.

Dan ternyata bukan motor ducati, karena pabrik motor ini berbasis di negara tenagga kita, yaitu thailand. GPX namanya, dan sudah mulai berkiprah sejak tahun 2007. Dalam 10 tahun sudah banyak motor yang dirilisnya, dan keren-keren, termasuk yang baru saja dirilis yaitu demon 150gr. Berikut ini motor-motor tersebut …

Kalau mau lebih jelas bisa langsung ke web-nya gpx thailand. Berikut gambar lebih detil produk-produknya.

 

Nah yang berikutnya yang menjadi pertanyaan adalah

“Kok mereka bisa ya membangun dan mengembangkan produk sendiri ?”

Padahal di tengah-tengah mereka ada honda, yamaha, suzuki, kawasaki dan pabrikan besar lainnya yang berskala internasional.

“Bagaimana dengan negara kita, Indonesia ? “Yang mana terdapat banyak ahli, insinyur dan mekanik yang tidak kalah handal dibandingkan negara tetangga, mereka bisa kita juga pasti bisa.

Jika dilihat spesifikasi engine-nya bukan engine dengan teknologi terkini. Karena kompresinya rendah, pendingin udara dan masih banyak yang menggunakan sistem pengabutan karburator. Jika diadu performanya pasti produk gpx kalah dengan motor jepang yang juga berjaya di thailand. Jadi kalau mau kencang tentu mereka akan pilih r15, cbr, gsx atau yang lainnya.

Akan tetapi daya tarik yang ditawarkan oleh gpx adalah style dan disain (mungkin juga efisiensi dan kepraktisan), bukan performa. Sehingga jika mempertimbangkan desain dan style pilihannya adalah gpx. Jika mempertimbangkan efisiensi dan kemudahan perawatan/servis pilihannya juga gpx, karena mesinnya sederhana setara dengan c-series dan gl-series.

Dan (menurut motogokil) tentunya gpx bisa bertahan bahkan berkembang berkat dukungan masyarakat dan juga pemerintah pada produk lokalnya. Ayo pencinta motor NKRI, mari bikin motor lokal produk sendiri. Yang powerfull, bagus dan mudah perawatannya. Kita para rider tanah air pasti akan mendukung.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

4 responses to “Demon GPX 150GR Adalah Salah Satu Contoh Kemandirian Otomotif dari Thailand

  1. Viar kan bikinan lokal pak??

  2. Andai viar jg bikin kek gini, gpp deh

  3. gesit buatan ITS pun belum muncul sudah dihadang duo raksasa jepang

  4. demon gentleman sungguh macho pak

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting