Duo Ducati Larut Dalam Permainan Marquez

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera untuk kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kemenangan marc marquez di valencia berlangsung dramatis, karena banyaknya kejadian yang menyertainya. Bagi kebanyakan pemirsa motogp, balapan di valencia berlangsung normal, ada yang crash, yang kalah dan yang menang. Tapi bagi motogokil ada terjemahan lainnya yang tersirat dari race tersebut.

Hal ini sangat erat kaitannya dengan prestasi dovizioso yang “hampir” juara dunia. Yang lainnya adalah performa lorenzo yang sangat kuat di valencia, kebangsaannya, dan harga dirinya. Dan marc marquez yang berada di “atas angin”, dan sudah tercium “kecerdikannya” oleh valentino rossi  sejak dua tahun yang lalu.

Berikut terjemahan motogokil dari hal yang tersirat dari balapan di valencia minggu kemarin…

Berikut tokoh-tokoh cerita di sirkuit valencia

Johan Zarco

Pembalap tim satelit yamaha ini sering tampil impresif. Bahkan sering mempecundangi pembalap pabrikan (rossi dan vinales). Performanya yang terus naik, dan tampil tanpa beban menjadikannya ia sangat sulit didekati oleh kandidat juara dunia, termasuk juga marquez.

Jorge Lorenzo

Meskipun baru pindah dari yamaha ke ducati, akan tetapi prestasi lorenzo dalam menaklukkan ducati gp17 sangatlah baik. Bahkan kadang lebih baik dibandingkan dovizioso yang sudah lama mengendarainya, terutama race-race menjelang akhir musim balapan 2017. Apalagi di sirkuit valencia lorenzo terkenal sebagai pembalap jawara yang sulit di kalahkan.

Marc Marquez

Dengan posisi poin yang bisa dibilang aman, seharusnya marquez tidak perlu “ngoyo” mengejar kemenangan di sirkuit ini. Tapi sebagai pembalap spanyol, gengsi dong kalau sampai kalah di depan pendukung fanatiknya. Akan tetapi menjadi pemenang di sirkuit ini bukanlah hal mudah, karena ada lorenzo sang jawara dan juga zarco yang tampil tanpa beban.

Andrea Dovizioso

Tidak ada jurus lain bagi dovizioso selain menang di sirkuit valencia ini. Masalah dengan posisi marquez nantinya, itu urusan lain. Start di grid pertengahan menjadikannya cukup sulit untuk maju ke depan, sehingga harus berjuang keras untuk mendekati barisan terdepan.

Marquez langsung berusaha memimpin balapan setelah start. Akan tetapi zarco selalu menguntit dibelakangnya, (mungkin) hal ini membuat marquez tidak nyaman, sehingga membiarkan zarco meng-overtakenya. Selanjutnya zarco semakin menjauh, sementara lorenzo sang jawara mulai mendekat, sedangkan dovizioso tepat di belakangnya.

Sadar bahwa lorenzo orang spanyol dan juga jawara di valencia, tidak akan mungkin memberikan dovizioso jalan mudah untuk maju. Sementara zarco semakin jauh dan sulit dikejar (karena pakai ban soft). Jalan paling mungkin bagi marquez ada mengejar zarco dan meninggalkan pedrosa-lorenzo-dovizioso.

Tapi sayangnya marquez ban depannya sedikit kehilangan traksi sehingga hampir crash dan mundur ke belakang dovizioso (posisi-5). Entahlah sengaja atau tidak, pastinya marc marquez sudah sering hampir crash dalam posisi ini. Akibatnya ia mundur ke belakang (posisi-5 dibelakang dovi), dan ternyata memancing langkah dua pembalap ducati selanjutnya.

Melihat marquez mundur, lorenzo mengambil inisiatif mendukung dovizioso meraih kemenangan, setelah beberapa lap mengabaikan “pesan” dari tim. Tapi karena ia jawara di valencia (lebih kencang dari dovizioso) dan juga orang spanyol, malu dong kalau ia dengan sukarela meloloskan dovi. Akhirnya jatuhlah lorenzo, sepertinya wajar (apa iya ?), karena pembalap ahli sangat mudah dengan sengaja menjatuhkan dirinya di tikungan.

Melihat “jalan” sudah dibuka oleh lorenzo, maka naiklah motivasi dovizioso untuk juara di valencia. Tinggal mengejar pedrosa dan zarco, yang sudah lumayan jauh. Tapi sayang, pemaksaan performa ducati di luar batas kemampuannya menjadikan motor dovi ngeloyor (nggak bisa belok), dan akhirnya crash menyusul lorenzo di lap yang sama.

Akhirnya marquez dengan mudah menjadi juara dunia setelah dovi crash. Karena tanpa meneruskan balapan pun, marquez sudah menang 21 poin. Sengaja atau tidak, mundurnya marquez kebelakang bisa jadi menjadi pemicu jatuhnya lorenzo dan dovizoso, 2 pembalap ducati.

Itulah terjemahan motogokil dari yang tersirat di balapan kemarin. Silahkan pro atau kontra, namanya juga terjemahan, masing-masing orang bisa berbeda. Dianggap hiburan saja balapan kemarin.

Semoga terhibur, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.