[HBD 2017] Fun Riding 100 KM Bersama All New CBR150R Facelift di Gunung Kidul


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjaanan sampai ke tujuan


Hari kedua di acara “Fun Riding Blogger Goes to Honda Bikers Day 2017” diisi kegiatan yang benar-benar sesuai dengan judulnya. Yaitu fun riding, naik motor sambil bersenang-senang menikmati suasana jalan dan lingkungan sekitarnya. Kebetulan banget honda (ahm) menyediakan all new cbr150r facelift sebagai tunggangan semua blogger (padahal ane ngarep nunggangin cbr250rr) ya udah dibuat fun aja.

Dan memang acara inilah yang menjadi salah satu acara favorit blogger. Jelaslah, blogger motor ya hobinya naik motor, bukan naik mobil. Karena acara untuk bersenang-senang, yang nggak bisa kebut-kebutan. Selain memang suasananya sangat pas untuk dinikmati, road captain (rc) juga sangat ketat membatasi kecepatan rombongan.

Fun riding dibagi menjadi 2 etape, yaitu dari hotel (di kabupaten magelang) ke keraton jogja, kemudian dilanjutkan dari keraton ke lokasi hbd di lapangan udara gading di gunung kidul. Etape pertama melewati jalan yang sempit tapi mulus dan tidak lengang. Jalan yang membelah dusun dan desa yang alami dan permai, dengan udara yang sangat segar. Sayangnya rc mematok kecepatan cukup rendah, sekitar 40-50 kpj, woooaaahmmm jadi ngantuk ane.

Sampai keraton motor harus dituntun masuk, tidak boleh dikendarai, mulai dari gerbang sampai tempat parkir. Kemudian para blogger diajak mampir istirahat dan makan siang di “Bale Raos”, restoran samping keraton. Bagi yang mau keliling keraton disediakan guide untuk menjelaskan apa-apa saja yang menarik dan yang ditanyakan para blogger.

Setelah istirahat, makan dan sholat, perjalana fun riding dilanjutkan untuk menempuh etape-2. Katanya menarik dan tidak membuat ngantuk, karena akan melewati daerah perbukitan dengan trek yang berliku-liku naik dan turun. Sepertinya etape ini akan benar-benar akan dinikmati oleh para blogger dalam mempraktekkan ilmu cornering-nya.

Dan benar saja mas bro, trek yang dilewati cukup menantang. Naik dan turun dengan kemiringan yang cukup curam. Bahkan kadang disertai dengan berbelok cukup tajam, pokoknya trek ini sangat menyenangkan. Ketika telah menempuh  setengah jalan (di daerah pebukitan), mampir sebentar untuk istirahat dan minum.

Selanjutnya fun riding diteruskan dengan trek yang lebih gokil lagi. Tanjakan dan turunan semakin curam, disertai beberapa trek lurus. Lumayan, ane bisa tarik gas sampai 90-an kpj, obat penasaran terhadap performa dan kaselerasi cbr150r.

Dan ketika sampai di lokasi hbd 2017 di lapangan udara gading, ternyata sudah ramai pengunjung. Rupanya banyak dari mereka yang berangkat beberapa hari yang lalu, karena panjangnya rute ke lokasi yang harus mereka tempuh. Ada beberapa blogger yang bergeletekan di arena untuk melepaskan lelah dengan tidur beberapa saat.

Sebelumnya motogokil pernya test ride all new cbr150r ini, tapi dulu banget saat awal kemunculannya di stadion kanjuruhan kepanjen. Tapi sayang, selain sebentar juga treknya pendek banget, nggak puas. Apalagi motor sudah dipakai test rider berkali dengan karakter rider yang beraneka ragam, sehingga tidak bisa merasakan performa aslinya.

Nah dalam fun riding ini, motogokil baru bisa (cukup) terpuaskan dengan trek yang cukup panjang, lebih dari 100 km. Impresi nya adalah sebagai berikut :

  • Meskipun sport full fairing, akan tetapi ternyata ergonominya cukup nyaman. Sama sekali tidak capai ataupun pegal-pegal setelah menyelesaikan semua etape.
  • Torsinya ternyata mampu membawa motogokil dengan bb 75 kg, naik tanjakan yang cukup curam. Bahkan asalkan bisa bermain di rpm agak tinggi, dengan gigi-3 pun sanggup melibas sebahagian besar tanjakan tersebut.
  • Karakter kurva powernya mirip dengan all new cb150r yang ada di rumah, hanya saja lebih enak diajak lari di kecepatan tinggi.
  • Engine lebih halus dari cb150r ane di rumah (apa karena memang masih gress and fresh ?

Dan all new cbr150r ini memang cocok banget buat acara fun riding. Bahkan jika ditambahkan sedikit drag racing sebenarnya juga tidak masalah asalkan kondisinya memungkinkan. Sekedar buat obat bagi rider yang sudah mulai bosan dengan yang “fun” saja.

Sampai di sini dulu kisah motogokil ikut acara hbd 2017 hari ke-2 kemarin. Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

6 responses to “[HBD 2017] Fun Riding 100 KM Bersama All New CBR150R Facelift di Gunung Kidul

  1. Mas dosen kok kurang lengkap penjabarannya kurang panjang mas,,power bandnya enak nggak sihhh

  2. Lebih halus banyak faktor, selain yg disebutkan diatas, bisa jg pola pergantian oli yg lbh rutin dari yg direkomendasikan (blm wktunya ganti udah ganti duluan) atau baru ganti oli jg lbh halus, apalagi barunya pake oli sesattt #eehhh

  3. yang pernah naik R15 juga? Coba di share dimari. Enakan mana ma CBR?

  4. Lebih halus itu sepertinya ada pengaruh dari rantai juga
    Setelah 6 bulan terasa kasar, sama rantai gemericik
    Lalu ganti pake sss entah kenapa mesin jadi lebih halus
    Bahkan gaspol ga kerasa kalo udah mentok limiter

    Apa mungkin karena gear bawaan ncb terlalu ringan (ringan banget kalo dibanding sss)? Sehingga kurang menyerap hentakan mesin?
    Entahlah

  5. masih gress, klo perawatan pake oli std pabrik dijamin klotok2, tuh tetangga ane komplain pake ANCB oli std, sekarang pake full sintetis gak klotok2 lagi dan dikasih mimi pertamax, klo pertalite ya begitu lah…

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting