Part Variasi NMax Bisa Membahayakan Rider, Apa Itu ?

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Yamaha nmax adalah salah skuter matic yang venomenal di tanah air. Begitu hadir langsung manrik perhatian para rider. Terutama rider yang berumur, karena nmax menawarkan kenyamanan dengan penyaluran power yang sangat baik juga dengan style yang elegan.

Nmax hadir dengan harga paling mahal di kelasnya saat itu. Beberapa juta di atas vario 150, meskipun demikian, peminatnya sangat banyak. Tandanya banyak rider yang tergolong mampu (cukup tajir) lebih memilih nmax dengan berbagai alasannya. Hal ini tidak disia-siakan oleh produsen variasi, dan dalam waktu relatif sebentar saja part variasi nmax sudah membanjiri pasar. Dan pastinya disambut gembira oleh owner/rider nmax untuk memperbaiki penampilan dan aspek lainnya.

Akan tetapi ada beberapa kejadian yang tidak menyenangkan terkait dengan efek pemasangan variasi pada nmax, salah satunya adalah plat nomor. Plat nomor variasi ini dipasang dengan memanfaatkan 2 baut pada bottom sok depan kiri kanan nmax. Berikut penampakan beberapa part variasi nmax yang ada di pasaran dalam kondisi terpasang.

Ada kalanya sepasang baut (atas/bawah) di kiri-kanan bottom sok patah, karena sebab tertentu. Bisa karena las-lasan tidak kuat atau plat yang patah karena tidak kuat menahan goncangan.  Bisa juga karena posisinya mirip bemper, maka sering terkena tumbukan baik saat parkir atau bersenggolan di jalan, yang membuat las-lasan/plat retak.

Dan jika sampai sepasang baut atau las-lasan atau plat patah (panah kuning), maka bracket akan berputar ke bawah (panah merah). Akibatnya bracket plat nomor ini akan mengunci ban depan, layaknya rem yang sangat pakem. Jika bagian dari bracket yang tersisa cukup kuat, maka akan menimbulkan efek stopie. Dan jika dalam kondisi kecepatan tinggi bisa sangat berbahaya, rider akan kaget dan njungkel.

Berikut kondisi kecelakaan yang diakibatkan bracket plat nomor yang patah tersebut.

Oleh karena itu jika ada bro nmax rider memang menginginkan memasang variasi plat nomor ini, maka carilah yang terjamin, mahal sedikit tidak masalah. Atau ditempatkan bukan pada posisi tersebut seperti gambar variasi platnom nomor-4, yaitu menyatu dengan body protektor. Atau membuat sendiri seperti variasi platnom nomor-1, yang kekuatannya terjamin.

Patahnya bagian tersebut juga bisa diakibatkan oleh karat. Kejadian bermula pada saat terjadi tabrakan kecil yang mengenai varia plat nom tersebut, yang mengakibatkan keretakan. Karena tidak disadari oleh owner akhirnya keretakkan tersebut dimasuki air dan berkarat, sehingga kekuatan jauh menurun dan patah. Jadi jika terjadi tumbukan pada variasi plat nomor tersebut, segera periksa jangan-jangan terjadi kerusakan meskipun kecil, dan harus segera diatasi.

Sementara itu dulu mas bro, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

One response to “Part Variasi NMax Bisa Membahayakan Rider, Apa Itu ?

  1. Simpel aja sebenarnya : nambah aksesoris = nambah resiko.
    Pabrikan sudah merancang motor seaman mungkin dengan kondisi standar. Kecuali genuine accessories ya, yg juga sudah dirancang pabrikan supaya aman.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan