Pantaskah Honda CB250 (Twister) Menjadi Pengganti Tiger ???

Assalamu’alaikum wwa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dua tahun yang lalu motogokil pernah membuatkan sebuah artikel mengenai twister cb250, yang kelihatannya cocok sebagai kandidat pengganti honda tiger. Kemudian, kemarin bang topik (tmc) menginformasikan bahwa sesungguhnya honda sudah mem-patent kan  disain sebuah motor sport baru (mungkin untuk pasar Indonesia), sejak 11 bulan yang lalu, jadi dah lama [artikel]. Dan jika dilihat style-nya, maka disain tersebut bisa dikatakan sama persis dengan twister 250 di-launching di brazil awal tahun 2017 lalu [artikel].

Meliihat perkembangan motor sport di tanah air, tentunya kehadiran tiger reborn bisa menyulut pro dan kontra. Karena saat ini motor dengan kubikasi 250 cc telah berkembang pesat performanya. Untuk motor sport 250 cc full fairing power terendahnya 32 ps, sedangkan versi nakednya paling rendah 28 ps.

Apalagi motor sport 150 cc juga sudah mengalami perkembangan, sehingga power bisa tembus di atas 19 ps. Jadi memang tiger yang powernya hanya 17ps harus didiskontinyu, karena sudah tidak masuk dalam perhitungan konsumen. Sementara Twister 250 powernya cuma 22 ps, lalu bagaimana positioning performa dan model serta harga untuk calon tiger ini akan ditempatkan ??? Mari kita diskusikan…

Sekarang mari kita rinci, motor sport apa saja yang ada di Indonesia

Sedang performa, model dan style calon tiger (twister 250) adalah sebagai berikut

[sumber]

Ternyata spesifikasi mesin/engine-nya memang tidak jauh dari klan tiger, versa atau nmp. Yaitu masih sohc, rasio kompresi 9.6:1 dan pendingin udara + oli. Jadi harap maklum jika powernya hanya 22.4 bhp, dengan kubikasi 250 cc.

Jika dilihat dari performanya, jelas sekali bahwa calon tiger 250 ini bukan tandingan dari motor-motor sport 250 cc yang telah eksis, baik naked maupun full fairing. Barangkali disinilah akan menjadi point yang disorot sebagai kekurangan dari motor ini. Akan tetapi jika ahm (seandainya benar menjadikan twister 250 sebagai tiger 250/cb250) mampu memberikan penjelasan dan sosialisasi yang baik tentunya, hasilnya akan berbeda, justru malah banyak di dapat kelebihannya.

Menurut motogokil, honda harus bisa memunculkan poin-poin positif terutama di bagian ini :

  • Torsi yang dihasilkan cukup besar yaitu 22 N.m, sedikit lebik kecil dibandingkan kelas sport premium 250 cc full fairing. Akan tetapi torsi sebesar ini diraih di putaran engine yang sangat rendah, yaitu 6000 rpm. Apalagi bobotnya hanya 135 kg, setara dengan motor sport full fairing 150cc. Dari konfigurasi di atas maka akselerasi yang sangat kuat sudah mulai terasa putran rendah. Menjadikan tiger 250 cukup lincah dan juga irit.
  • Powernya kecil untuk kelas 250 cc (hanya 22.4 bhp), akan tetapi tetap lebih besar dibandingkan motor 150cc yang memiliki performa terbaik sekalipun (19.2 bhp). Dengan bobot yang hampir sama, dipastikan tiger 250 masih tetap lebih kencang dibandingkan sport full fairing 150 cc, untuk akselerasi pada jarak tertentu. Sehingga memungkinkan meletakkan harga di atas sport full fairing 150 cc.
  • Rasio kompresinya rendah, yaitu 9.6:1, artinya pembakaran lebih efisien dibandingkan verza dan suhu mesin lebih rendah dibandingkan cb150r. Sehingga untuk kebutuhan bahan bakarnya cukup pertalit saja dengan ron 90. Murah dan irit serta pasti ada di spbu pelosok kampung.
  • Kapasitas tangkinya (16.5 liter) jauh lebih besar dibandingkan sport 150 cc dan sedikit lebih kecil dibandingkan sport 250cc yang memiliki kapasitas tangki terbesar (17 liter). Sehingga cukup praktis dalam penggunaan harian, tidak perlu sering-sering ke spbu.

Jika melihat dari siluetnya, memang twister 250 sangat cocok dijadikan pengganti tiger. Bentuknya mirip-mirip all new cb150r, yang juga sport naked touring. Komposisi performa, style dan fitur memang cocok sebagaimana tiger di masa lalu. Akan tetapi dengan berbasis twister 250, tiger reborn akan semakin powerful dan semakin racy.

Kesimpulannya (menurut motogokil) kalau mau melahirkan tiger reborn maka twinter 250 paling pas. Karena konfigurasi engine-nya sesuai dengan klan GL atau CB. Dan dengan basis tersbut tiger reborn masih akan mengusung sifat-bawaaanya yaitu : kompresi rendah, pendingin udara, bbm oktan rendah dan torsi besar di rpm rendah.  Sebuah motor cruiser yang nyaman untuk menjelajah daerah sampai pelosok.

Dengan posisinya yang sedemikina rupa, maka (menurut motogokil) harga yang paling pas adalah di atas rata-rata harga motor sport 150 cc full fairing, dan di bawah rata-rata harga sport 250 naked. Atau berada di kisaran 32 juta sampai dengan 48 juta. Kalau mau laku harus dibuat 2 versi, versi low mepet sekitar 34 juta dan versi high 40 juta.

Kalau kurang sreg dengan twister 250 sebagai basisnya karena kurang kencang, maka berharaplah ahm mengeluarkan sport naked berbasis cbr250r. Konsekuensinya maka yang lahir bukan lagi tiger reborn, akan tetapi cb250r. Dan motor ini tidak akan memiliki sifat sebagaimana genre gl,cb dan tiger tetapi lebih menyerupai motor sport 250cc naked lainnya seperti z250 dan duke 250.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

10 Komentar

  1. Dessin nya mirip megapro,bos..bukan cb150…megapro jualanya seret…mending model baru,dg mesin cbr250 1 silinder..maknyus..harga 38jt..

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan