All New R15 Mengaplikasikan Slipper Clutch, Apa Nggak Mubadzir ???

ganti-oli-bloger

all-new-r15-black

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Tersiar berita bahwa all new r15 dibekali dengan slipper clutch pada bagian transmisinya. Jika berita ini benar, maka yamaha menjadi pabrikan pertama di Indonesia yang mengaplikasikannya pada motor sport cc kecil. Keren lah, karena yamaha memelopori aplikasi teknologi yang lebih canggih pada motornya, sebelumnya vva, sekarang slipper clutch.

Kalau dilihat fungsinya, memang awalnya slipper clutch diaplikasikan pada motor yang berorientasi balap. Gunanya untuk mengurangi efek engine brake saat deselerasi. Hal ini sangat berguna bagi pembalap, karena dapat meningkatkan kenyamanan, menambah fokus dan mengurangi kelelahan. Seperti definisinya secara umum dalam wikipedia sebagai berikut :

slipper-clutch-def

Bagaimana bentuknya ? Inilah cut away dari slipper clutch punya kawasaki

kawasaki_zx_6r_slipper_clutch

Mekanisme kerjanya sangat sederhana, yaitu clutch pad dan clutch plate akan merenggang saat deselerasi. Akibatnya rider tidak akan merasakan engine brake yang keras, yang bisa membuatnya lelah. Seperti inilah proses merenggangnya, mirip dengan kondisi setengah kopling

slipper-clutch-mechanism

Yang menjadikan merenggang adalah, saat torsi engine berkurang (deselerasi) sedangkan roda memberikan torsi balik yang lebih besar, maka bagian kuning dari clutch assist akan terdorong ke luar, sehingga plat dan kampas kopling merenggang. Lebih jelasnya lihat pergerakan clutch assist nya di gambar ini

slipper-clutch-mechanism2

Atau saksikan video ini

Jadi aplikasi slipper clutch adalah kemajuan teknologi permotoran di Indonesia. Tapi apakah memang diperlukan untuk motor cc kecil seperti r15 ini ? Apakah tidak mubadzir, karena performa motor dan kondisi jalanan di Indonesia, nggak cocok ?

Opini ini muncul, karena para rider di tanah air, justri sering memanfaatkan engine brake untuk membantu pengereman. Karena lalu lintas di kebanyakan jalan di Indonesia seringkali menghadirkan kejutan-kejutan, entah itu pejalan kaki, angkot berhenti mendadak, ibu-ibu kasih sein ke kiri belok ke kanan dan lain-lain. Nah saat itu kadang rem belakang dan depan tidak mampu mengatasi, sehingga engine brake cukup bisa membantu menghentikan motor.

Melihat situasi tersebut, maka aplikasi slipper clutch pada motor sport, akan menghadirkan engine brake yang mirip dengan skutik. Jadi pengereman benar-benar menjadi sangat penting tanpa kehadiran engine brake. Tidak masalah bagi rider yang sudah terbiasa, tapi cukup mengagetkan bagi rider yang biasa menggunakan engine brake untuk membantu pengereman.

Sementara itu dulu yang bisa motogokil sampaikan, monggo kalau ada opini lain.

Mohon maaf atas salah dan kurangnya, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

24 responses to “All New R15 Mengaplikasikan Slipper Clutch, Apa Nggak Mubadzir ???

  1. Pingback: Slipper Clutch di Yamaha R15 bisa mencegah newbie celaka dan tidak mengganggu fungsi engine brake | Mengupas soal motor

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan