[MotoGP] Drama Race GP Ceko, Bukan Hanya Strategi, Tapi Lebih pada Nyali dan Keberuntungan


Motogp 2016 GP Rep├║blica Tcheca brno crtchlow win

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Banyak yang berkomentar kemenangan Cal Crutchlow karena strategi penggunaan ban tipe hard-hard wet (depan belakang). Ada benarnya, tapi (menurut motogokil) tidak sepenuhnya benar. Karena menurut crutchlow sendiri, sebelumnya merasa tidak percaya diri dengan keputusannya karena posisinya jauh tertinggal dari barisan terdepan. Begitu pula dengan Valentino Rossi, yang juga menggunakan ban tipe hard pada bagian belakang. Pada dasarnya rider pengguna ban tipe hard mengharap keberuntungan akan perubahan kondisi lintasan, yang saat akhir race kebetulan berpihak pada mereka.

Keberuntungan tersebut adalah, cuaca berubah tapi tidak ekstrim. Lintasan mulai menghangat, tapi kondisi tetap basah. Pada saat itu keberuntungan berpihak pada rider dengat ban type hard (rossi, lorenzo dan crutchlow) dan menjauh dari rider dengan ban type soft. Dan ketidak beruntungan itulah yang terjadi pada iannone dan marquez. Ban mereka berdua semakin menurun performanya sering dengan kenaikan suhu ban+suhu lintasan, meskipun masih banyak lintasan yang basah.

Jika disimpukan faktor strategi-keberuntungan-nyali, maka pembalap-pembalap berikut ini memiliki dengan porsi berbeda :

  • Cal Crutchlow memiliki keberuntungan dan nyali yang jauh lebih besar dibandingkan faktor lainnya. Strategi memang digunakan, tapi masih sangat bergantung pada keberuntungan perubahan cuaca yang akan terjadi.
  • Valentino Rossi memiliki keberuntungan dan strategi yang lebih besar dibandingkan faktor lain. Strategi sudah hampir sempurna, sesuai dengan prediksi perubahan cuaca. Akan tetapi nyali di awal lomba sangat rendah, padahal dengan komposisi tersebut seharusnya ia bisa lebih cepat dari crutchlow.
  • Marc Marquez lumayan kacau, tidak beruntung alias apes. Trategi awal yang berharap lintasan cepat mengering tidak terjadi, alias gagal flag-to-flag. Keberaniannya juga drop, sesuai dengan posisi rossi dan lorenzo yang masih di belakang (cari poin aman). Strategi lebih mendominasi pada marquez, karena ia terlanjur pakai ban soft-soft wet, jadi harus balapan sampai akhir. Harus bertahan dan dapat podium, dengan segala kelemahan ban di lap-lap akhir.
  • Andrea Iannone paling kacau. Mengandalkan nyali balap yang luar biasa, ia melahap lap-demi lap dengan strategi… kalau bisa kabur sejauh mungkin. Akhirnya ia tahu bahwa ia telah memforsir bannya (soft-soft) sejak awal dan terus berusaha di depan sementara lintasan mulai berubah hangat. Dan bannya hancur (terutama ban depan) dan mengakibatkan ia kehilangan podium.

Dan berikut ini hasil balapan kemarin

Motogp 2016 GP brno race result

Dan klasemen pembalap, konstruktor dan tim

Motogp 2016 GP brno rider class

Motogp 2016 GP brno constructor n team class

Ternyata kalau para kandidat juara sudah berusaha main aman, balapan jadi nggak seru. Jika mereka merasa strategi kurang tepat, keberuntungan kurang berpihak, maka mereka akan membalap dengan “penuh perhitungan” dan sangat hati-hati. Mereka akan membiarkan pembalap lain (yang bukan siangannya) untuk juara, asalkan poin dirinya konsisten. Wal hasil balapan yang dihasilkan jadi kurang greget, karena lakon yang diharapkan penampilannya justru melempem.

Lebih kurang mohon maaf. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Advertisements

$where = 0;

10 responses to “[MotoGP] Drama Race GP Ceko, Bukan Hanya Strategi, Tapi Lebih pada Nyali dan Keberuntungan

  1. Gak seru di tonton seperti turing gak ada gregetnya blas

  2. Masih seru moto 2

  3. kelas para raja bro, skill beda dikit hasilnya sangat kelihatan gap nya, ya wajar kurang seru ky moto3 yg ridernya msh labil. balapan bukan hanya nyali seru2an, mereka pd bawa nama pabrikan jd ya penuh perhitungan. hihi

  4. Seru-seru aja sih kalo menurut gue. Jadi keliatan pengaruh dari perubahan supplier ban + aturan unified software..

  5. over lap
    wwkwkk,.
    lorenjo
    wkwkwk..
    overlap
    wkwkkwk..
    ngunu terus, nganti kEmEng

  6. Lorenzo kook gak d sebut pak….hehehehheeh

  7. gak da duel ewww …marc marquez terlalu kslem mbalap ew
    https://www.tokopedia.com/eiscell/action-camera-xiaomi-yi-16mp

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan