[MotoGP] Kans Para Kandidat Juara Memenangkan Race Sachsenring 2016

sachsenring 2016 candidate

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kualifikasi telah selesai, dengan menenpatkan marc marquez sebagai pole position, hector barbera ke-2 dan valentino rossi ke-3. Sementara jandidat juara selain marquez dan rossi, yaitu lorenzo terpuruk di urutan ke-11. Jika melihat urutan ini, terlihat bahwa marquez memiliki kans paling besar untuk menang di race sanhsenring, jerman.

Apalagi sirkuit sachsenring ini yang disukai oleh marquez, seperti halnya sirkuit di argentina dan texas. Berikut ini hasil kualifikasi kemarin …

sachsenring 2016 classification

Terlihat beberapa rekor terahir ditorehkan marquez di sirkuit ini. Akan tetapi ternyata keberhasilan marquez meraih pole position tidak selalu diahiri dengan kemenangan. Perhatikan raihan posisi kualifikasi dan hasil race marquez pada beberapa race sebelumnya.

sachsenring 2016 mm93 pole n win

Jadi meskipun marquez punya kans paling besar unutk menjuarai race di sachsenring, tapi masih ada kemungkinan gagal memenangkan race tersebut, kemungkinan menangnya sekitar 5/8 (62.5 %), jika dilihat dari pole dan win nya.

Valentino rossi meskipun hasil latihan bebas sampai kualifikasi selalu berada di bawah marquez. Ia mampu mencatatkan lap time yang terus membaik dan memiliki performa motor yang lebih kencang. Perhatikan catatan hasil latihan bebas sampai kualifikasi dari 3 kandidat juara.

sachsenring 2016 laptime n topspeed

Jadi ketika rossi mampu lebih kencang di tikungan-tikungan sachsenring, maka kemungkinan besar ia bisa juara. Karena m1 sedikit lebih kencang dibandingkan rc213v milik marquez.

Yang paling apes adalah jorge lorenzo. Selain mengalami beberapa kali crash saat latihan bebas, sepertinya sirkuit sachsering kurang cocok dengan lorenzo. Terlihat dari tabel di atas bahwa laptime lorenzo cukup jelak, jaraknya dengan marquez hampir 1 detik. Catatan ini tidak lazim untuk seorang kandidat juara dunia (tidak normal). Meskipun demikian lorenzo masih punya sedikit kans untuk jawara di sachsenring, karena lorenzo adalah pembalap yang kuat dan disiplin. Ia akan mampu melibas beberapa pembalap di atasnya den mendekati barisan terdepan, apalagi ia memiliki motor yang paling kencang dibandingkan rossi dan marquez.

Lebih dan kurangnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

 

 

 

 

 

 

Advertisements

$where = 0;

8 responses to “[MotoGP] Kans Para Kandidat Juara Memenangkan Race Sachsenring 2016

  1. Kemungkinan besar marquez yang menang di sachsenring. Rossi di sirkuit ini perlu extra effort meskipun lumayan di sektor 4, sukur2 gak apes lagi..

  2. paling markiwes… rossi keliatan kemrungsung banget…

    Perjalanan seru Denpasar – Ketapang: http://wp.me/p1eQhG-1RE

  3. wah prediksi anda benar 🙂

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan