[MotoGP] Lorenzo ke Ducati, Semua Akan Semakin Baik

lorenzo n ducati

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Akhirnya jorge lorenzo memastikan pindah dari yamaha ke ducati, dengan tanda tangan kontrak untuk musim 2017-2018. Ketika semuanya menjadi jelas, maka semua yang terimbas dengan perpindahan lorenzo ini segera merancang program pengembangan berikutnya. Tentunya jika yamaha mengharap lorenzo tetap di yamaha dan ternyata lorenzo pindah ke ducati, maka akan banyak yang harus disetting ulang.

Menurut motogokil, perpindahan lorenzo ini memberikan banyak kebaikan bagi banyak fihak. Baik bagi lorenzo secara khusus, dan juga beberapa aspek yang terkait dengannya.  Harapannya dengan kebaikan-kebaikan ini motogp akan semakin semarak dan semakin menarik untuk ditonton. Mari kita rinci beberapa kebaikan tersebut : 

Bagi Lorenzo

Jelas sekali secara kasat mata bahwa akibat persaingan perebutan juara dunia tahun 2015, suasana di paddock yamaha semakin tidak kondusif bagi lorenzo. Gesekan kecil yang kadang kemudian membesar dengan fihak rossi, sangat merugikannya karena membuatnya tidak fokus terhadap balapan. Dan tentunya balapan motogp dengan kondisi yang sangat ekstrim, seorang tidak boleh “khilaf” sedikit pun, karena begitu khilaf langsung down, alias crash.

Penggunaan rossi sebagai duta produk-produk yamaha, menjadikan titel juara dunia yang diraih lorenzo tidak berarti baginya. Disini jelas terlihat bahwa yamaha lebih “senang” jika rossi yang menjadi juaranya, sehingga prestasi-pamor-sponsor bersatu pada diri rossi, dan tentunya hal ini sangat menguntungkan yamaha. Dan fihak yamaha juga tidak berusaha mempertahankan lorenzo ketika ducati mendekatinya, sehinnga dipastikan yamaha tidak terlalu memerlukan lorenzo sebagai pembalap uatamanya.

Dan bersama ducati lorenzo merasa lebih dihargai, dengan nilai kontrak yang jauh lebih besar. Menjadi pembalap utama ducati adalah sebuah kepastian, sehingga lorenzo pasti mendapatkan prioritas. Apalagi susana di ducati menjanjikan atmosfer yang lebih baik dibandingkan di yamaha saat ini. Dengan bermodal tekad menghadapai tantangan baru, suasana yang lebih kondusif, motor yang lebih kencang, lorenzo memiliki motivasi yang lebih untuk lebih kompetitif.

Bagi Ducati

Bagi ducati tentu sangat jelas, berani menarik lorenzo dari yamaha, tentunya ducati sudah memastikan kebaikan yang akan diperolehnya. Ducati seperti mendapat gairah baru untuk mematahkan dominasi honda dan yamaha. Karena lorenzo tidaklah sama dengan dovizoso dan iannonne. Lorenzo memiliki kelas di atas kedua pembalapnya sekarang, lorenzo dalam hal ini bisa disetarakan dengan stoner dan rossi. Dengan hadirnya lorenzo sebagai rider, dan stoner sebagai test rider, harapan ducati kembali membesar untuk kejuaraan 2017 dan 2018.

Bagi Rossi

Tentunya rossi sangat senang dengan perginya lorenzo. Karena meskipun lorenzo adalah team-mate nya, tapi lorenzo juga rival terberatnya. Lorenzo ibarat duri dalam daging rossi, ada dan rasanya sakit, tapi sulit untuk dicabut. Dengan perginya lorenzo, rossi bisa lebih fokus baik dalam riset maupun dalam balapan, tentunya semakin fokus, semakin mendekati kualitas tertinggi. Semakin mudah untuk menjadi kompetitif di barisan terdepan.

Bagi Yamaha

Yamaha juga tidak terlalu risau dengan kepergian lorenzo, karena (barangkali) peran rossi sudah mampu menggantikan semua peran lorenzo, termasuk sebagai rider utama. Dari hasil tahun kemarin dan juga tahun ini terlihat performa rossi tidak kalah dibandingkan lorenzo. Sehingga kepergian lorenzo ditanggapi biasa-biasa saja.

Justru dengan perginya lorenzo, suasana internal yamaha semakin baik. Karena hanya rossi yang menjadi perhatian utama, tidak ada lagi silang sengketa antara “dua singa jantan dalam kandang yang sama”. Yamaha juga tidak perlu lagi merasa malukan tindakan yang sifatnya dualisme, seperti saat ini. Sehingga semua fihak dalam lingkup internal yamaha akan semakin “plong” dalam bekerja, mengejar prestasi yang lebih baik lagi.

Bagi Motogp

Bagi motogp, semkain menarik suasana balapan, semakin tinggi rating maka semakin besar pemasukan. Dengan masuknya lorenzo ke ducati, harapannya ducati akan semakin kompetitif, bisa podium-1, agar podium semakin berwarna ada merahnya tidak hanya biru dan oranye.

Jadi motogokil sangat setuju dengan pindahnya loranzo dari yamaha ke ducati. Dari anilisis di atas terlihat bahwa balapan akan semakin baik. Suasana juga akan semakin baik tentunya akan menghasilkan tontonan yang lebih baik.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

10 Komentar

  1. Kebaikan bagi motogp tetap masih ada embel2 vale. Org jadi penasaran mampukah jorge mengalahkan vale dgn motor laen.
    Tanpa vale, kepindahan jorge bukanlah hal yg luarbiasa. Org menganggap itu hal biasa.
    Ternyata bagaimanapun motogp masih tergantung dengan vale.

  2. akan semakin rame jika musim ini Lorenzo g mampu mempertahankan juara dunia… dan rossi yang juara..

    dengan mendistribusi part yang lebih kompetitif pada kubu rossi sehingga membuat lorenzo kojel kojel..

  3. Bayangkan serunya jika Mm jg msk team Ducati thn depan! akan sgt ditunggu penampilan kedua pembalap tsb dibanding Rossi di Yamaha!

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan