Head To Head SupraX150 dan MX King, Membawa Aura Masing-Masing

mxking vs suprax150

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan

Calon suprax150 sudah rilis di vietnam dengan nama winner 150. Dan tampangnya masih mirip-mirip suprax 125 tapi kelihatan lebih berotot dan sporty. Melihat dari penampakannya sepertinya honda ingin benar-benar membenturkan suprax150 dengan mxking baik secara style maupun performa.

Secara style yang sangat jelas bisa dibandingkan adalah :

  1. Ukuran ban
  2. Bentuk kanlpot
  3. Tampilan depan (headlamp dan bagian sayap)
  4. Tampilan samping (pamer mesin)
  5. Tampilan belakang (stoplam dan spakbor)
  6. Tampilan speedoemeter
  7. Dan lain-lain

Berikut ini gambar-gambar bagian calon suprax150 tersebut…

00 cover front winker 00 headlamp 00 rear full 00 right engine expose 00 right full 00 silencer 00 speedometer 00 wheel front 00 wheel rear

Secara sekilas, style antara calon suprax150 ini jika dibandingkan dengan mx king, sama mantab, sporti danberkesan kekar. Masing membawa jiwa sendiri-sendiri, mempertahankan aura pendahulunya. Perbedaannya, mxking terkesan agak gemuk seperti atlit binaraga dan suprax150 mirip sedikit lebih langsing seperti aktor film yang kekar.

mxking vs suprax150 style

Kira-kira seperti itulan pandangan motogokil terhadap perawakan suprax150 dan mxking. Sedangkan spesifikasi dan performanya, ternyata juga mirip.

mxking vs suprax150 specification

Terlihat tenaga suprax150 lebih besar, akan tetapi karena bobotnya juga lebih besar walhasil baik pwr dan twr nya kalah dari mxking. Otomatis akselerasinya akan sedikit lebih lemot dibandingkan mxking (tapi masih dipengaruhi rasio dan kurva torsi/power). Tabel menunjukkan bahwa torsi maksimum suprax 150 diraih di rpm yang lebih rendah sedangkan power maksimumnya di rpm yang lebih tinggi, data ini menggambarkan bahawa power band suprax 150 lebih lebar dari mx king. Menurut perkiraan motogokil kalau adu drag suprax150 akan unggul sedikit dibandingkan mx king, apalagi transmisi suprax150 6-speed sehingga rasionya bisa lebih close.

Bobot yang lebih berat dan profil ban depan yang lebih lebar memberikan suprax150 kestabilan saat melaju di kecapatan tinggi. Tapi mxking juga dibekali dengan wheel base yang lebih panjang sehingga pada sisi ini seimbang. Pengendalian saat macet juga seimbang karena lebarnya ban depan suprax150 dikompensasi dengan wheel base yang lebih pendek. Keunggulannya ada di penampilan, ban depan tampak lebih macho, karena unggul 2 step dibandingkan mxking.

Masalah penggunaan bbm, sepertinya mxking akan unggul. Karena mxking masih bisa mengkonsumsi premium sedangkan suprax150 minimal pertamax. Akan tetapi jika pemerintah menghapus keberadaan premium diganti pertalite, maka keunggulan mxking menjadi sedikit berkurang pada sisi ini.

Meskipun seat height sama tingginya, akan tetapi ground clearence suprax 150 lebih tinggi. Hal ini akan sedikit memberikan keamanan sisi bawah mesin dari hantaman polisi tidur. Termasuk juga sedikit terhindar terhadap tumbukan aspal, saat ban depan terperosok di lubang aspal yang agak dalam.

Mungkin itu saja ulasan ringkas yang bisa motogokil sampaikan, jika memang benar winner 150 ini akan menjadi suprax150. Jika berubah ya jelas ulasan ini menjadi tidak sesuai lagi. Mohon maaf jika ada kurang dan kelirunya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wb

 

55 Komentar

  1. Lebih prefer spek supra pak walaupun bagian bodi depan bagusan mxking sedikit. Gc sama bannya lebih meyakinkan supra apalagi sama badan bongsor, toh bebek imho tariktarikan beda tipis gabakal heboh banget kali ya

  2. Lawan sepadan mx king..tp bakal susah lawan si king nih calon supra..
    Terlepas dr isu mesin yg sama dgn cb,cbr,serta sonic yg klothok2..mau dilepas dgn harga berapa agar tidak makan sodaranya sendiri si sonic..
    Nothing “special” jika dilihat dr body yg cenderung kaku untuk melawan mx king yg lebih stylish..
    #IMHO

  3. DOHC rasa SOHC, jadi buat apa perlu DOHC di 150cc kalau cuma Gimmick…buat balapan?? what balapan pun dibabt SOHC piye jal.

    Tongkrongan Design masih menang MX KING 2 tingkat

    buat didaerah2 terpencil bisa premium ready kompresi SOHC lebih rendah tenaga sama

    Value for money MX KING

  4. Fby pada kojel2. Hekekeke. Vario 125 ane dari taun jebot beli tuh isi premium juga fine2 aje. yang penting oli bagus. Padahal kompresinya kan 11 jee. Hekekekeke.

    • Disini gak pernah ada yg nanya kompresi motor deh. Gak bakal jadi isu harus isi pertamax ato gak, tetep aja pada ngisi premium. Dan gak ada yg mampir ke bengkel ngeluh motor rusak krn ngisi premium.

  5. Tetep susah lawan mx king..
    Oke di Jakarta atau kota besar BBM bnyak tersedia
    Indonesia luas bnyak daerah yg SPBU nya ga nyetok prtmax.. Soalnya org beli mtr juga pertimbangan kompresi msinya

  6. Wooowww.. Ini dia benek supra150R jooosss gondos mas bro…

    Ngomongin moror 150cc wae kok geger nahh..!
    By iwangabeneran
    Ckckck

  7. mau sport ful piring,,ono all new cbr 150 , 32 juta
    mau nekend bike , ada all new cb 150 r,,26 juta
    mau ayago , ada sonic 150r,,22 jt
    mau bebek sport ada supra x 150 ,,20 juta

    kayanya pas dah

  8. Jujur…motor ini nothing special bagi yang fanatik merk “Y”, namun disisi lain sangat special buat yang fanatik merk “H”….

    • Betul juga. Tp mmg terasa gak ada yg spesial, krn mx king keluar duluan. Semuanya sudah ada di mx king (kecuali cacat roda depan yg kekecilan).
      Desainnya jg sepertinya gak ada efek wow.

      Tp klo supra 150 ada bagasi sepertinya bakal jadi keunggulan yg lumayan.

  9. pak dosen, kok suzuki ngadu saefufi gak sama 250cc sepabrikan yakk ?
    kasian kali owners R25 pada panas

    • G cm r25 X
      Ninin – menang ninin
      R25 – menang r25 tapi beti
      Cbr250 – kalah sama sfufi (201m)

      Jadi orang jangan fekok2 amat
      N cb telusuri lagi cm r25 yg msh dlam keadaan standar (max cm ganti knalpot)
      Jlub

  10. Kl saya sih berpendapat kekurangan Supra 150 salah satunya Olinya yg 1.1. Kedengerannya ga praktis bgt gitu.

  11. Next ahm keluarin matic pake ini mesin juga kayaknya.. Next motor trail.. Next genset.. Klo perlu mobil sama truk juga..

  12. safi= one push starter. master bybre.. speedometer lengkap.. velg enkei.. radiator gede.. power 18ps.. ada bagasinya.. footstep lipat.. kliper tokico.. bobot 109 kg

    supra150= ban gede… ??? ……..

    • mungkin selain ban yang lebih gedhe dibanding Safi 150, bagi sebagian masyarakat & fbh Supra X150 itu produk dari brand no 1 Dan market leader di Indonesia sedang Safi tidak tahu brand keberapa…maaf kalo salah om mohon dikoreksi

  13. Kykny klo dari kacamata saya pribadi.
    Honda global sudah kehilangan ke originalan designny, saya mikirny cuman AHM yg susah berinovasi, ternyata di negara sebelah juga gitu. Hadeh
    Masih unggul mx king scra value, design out of box.

  14. yang ngebedain dg versi Indonesia pasti bagian depan ad dudukan plat nomor.. eh kira2 dmna ya dusukan plat nomor??

    pribadi sih masih menang MX KING soal tampilan…

1 Trackback / Pingback

  1. Honda Winner X dan Yamaha MX King, Dah Kayak Adek Kakak | MOTOGOKIL

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan