AWD Motocross, Modifikasi Fungsional yang Layak Ditiru

awd Christini 2[sumber]

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Seperti halnya kendaraan off road jenis mobil, kemampuan semua roda bisa bekerja (AWD/all whee drive) sangatlah membantu. Ketika ban belakang sudah tidak mampu mendorong karena ambles ditelan lumpur atau sebab lainnya, maka gantian ban depan bisa digunakan untuk menarik, sehingga kendaraan bisa tetap bergerak maju. Begitu pula dengan sepeda motor off road (motocross), jika diterapkan sistem ini akan sangat bermanfaat. Coba lihat video ini

Sesungguhnya ane sudah lama mengenal modifikasi jenis ini lewat tabloid otomotif. Tapi saat itu model awd yang disajikan masih menggunakan kabel seling, mirip dengan kabel selingnya pemotong rumput. Seperti yang tampak pada motor iniĀ 

awd ktm0

Nah yang sekarang ingin diceritakan di artikel ini adalah awd model gardan, seperti yang diterapka oleh christini. Yang mana sistem awd yang diterpakan menggunakan cukup rumit karena tersusun dari banyak komponen. Meskipun demikian, kehandalannya tidak perlu diragukan. Sekarang mari kita lihat sistemnya secara keseluruhan terlebih dahulu.

awd Christini system 0

Nah sekarang mari kita lihat detilnya

Untuk menyalurkan tenaga mesin ke ban depan, maka harus ada gir tambahan yang ditempelkan secara kuat dengan gir aslinya. Kemudian gir tersebut dihubingakn dengan rantai ke gir girboks yang terletak di main frame bagian atas.

awd Christini gear ratio3

Gi boks pada main frame

awd Christini gear box on frame

Bentuk drive shaft dan girboks-nya seperti ini

awd Christini gear box n shaft

Kemudian ujung drive shaft terhubung ke gear tube (tabung tempat as stang).

awd Christini tube-gears1

Selanjutnya dari gir tengah dihubungkan dengan rantai ke 2 buah gir (dalam triple clamp bawah) sliding drive shaft untuk ban depan.

awd Christini triple clamp2

Kemudian sliding drive shaft mentransfer tenaga ke ban depan melalui gir boks pada tromol ban depan kanan dan kiri.

awd Christinifront wheel gearbox

Meskipun ban depan naik turun secara ekstrim, akan tetapi sliding drive masih tetap terhubung, karena bisa bergerak naik turun. Dan jika ban depan di rem, maka shaft tidak akan terbebani, karena girbboks pada tromol dihungkan ke roda melalui bos satu arah putar (one way). Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di video ini.

Mumpung honda mengadakan kontes modifikasi, bisa ditiru nih. Memang agak rumit, tapi dengan bantuan tukang bubut yang ahli, sistem ini tidak sulit untuk diwujudkan.

Lebih kurangnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wR wB.

6 Komentar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan