[Belajar Sepeda Motor] Pendahuluan

Diposting pada

motorcycle cutaway

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Semakin ke sini, semakin banyak motor berjejal di jalanan. Seiring dengan meningkatnya jumlah sepeda motor yang beredar, semakin meningkat pula jumlah motor yang masuk bengkel. Dan seringkali kita jengkel, hanya karena kita tidak mampu mengatasi sendiri (urusan remeh) akhirnya harus antri di bengkel resmi.

Kejengkelan hati bertambah bukan hanya biaya besar yang harus kita keluarkan, tetapi juga waktu yang banyak terbuang saat menunggu motor kita kelar ditangani. Belum lagi hambatan transportasi karena hanya motor itu satu-satunya sarana kita beraktifitas. Dan yang paling nyesek adalah, saat dikibulin oknum mekanik, sudah keluar uang banyak tapi masalah tidak kunjung selesai.

bengkel

Tentulah sangat menyenangkan, jika mampu mengatasi masalah-masalah/trouble yang terjadi pada motor kita. Terkadang bisa diselesaikan masalah-masalah tersebut sendiri (DIY) di rumah saat malam hari, dan saat pagi motor sudah bisa digunakan lagi. Apalagi kalau jika saat meng-elus-elus (merawat, menservis dan mereparasi) motor kesayangan, dapat menjadi sarana refreshing bagi kita, sehingga nggak perlu jauh-jauh cari tenpat rekreasi. Cukup siapkan waktu, alat dan bongkar, hati menjadi senang.

04 turunkan mesin

Panduan yang paling mudah untuk memahami sebuah sepeda motor adalah buku manual service yang disediakan oleh pabrikan untuk pegangan mekanik. Berdasarkan buku itulah kita akan mempelajari motor kita. Selanjutnya tinggal masalah banyaknya praktek dan latihan yang akan menentukan handal tidaknya pemahaman dan penanganan kita terhadap permasalahan motor.

Umumnya sepeda motor sebagai sebuah sistem transportasi, memiliki beberapa komponen inti dan komponen tambahan. Komponen inti adalah komponen yang wajib adanya (jika tidak maka motor akan tidak berfungsi). Sedangkan komponen tambahan adalah komponen yang jika tidak ada motor akan tetap bisa jalan/digunakan. Dan seperti inilah pembagian tahapan-tahapan dalam mempelajari sepeda motor beserta komponen-komponen nya.

00 belajar motor 000[sumber : manual service vixion]

Menurut ane (kira-kira), seorang rider dalam memahami sepeda motornya memilki beberapa tingkatan, yaitu :

  1. Rider awam, yaitu rider yang paling tidak mengetahui di motornya ada apa saja dan spesifikasinya bagaimana (informasi umum). Jangan sampai ketika rider motor 4tak ditanya; “Oli sampingnya ditaruh di mana ya mas ?”, kemudian dijawab “Wah saya nggak tahu mas letak wadah oli sampingnya”. Mengenai hal ini seorang rider bisa melihat di buku owner manual, atau buku “Pedoman Pemilik”.
  2. Rider mandiri, yaitu rider yang menguasai bagian 1 dan 2 (secara lebih detil) serta 3 dan 4. Sehingga jika ada masalah yang terkait dengan menurunnya performa akibat pemakaian standard, bisa menanganinya sendiri. Seperti menservis mesin, mengganti kampas rem, menyetel rantai, mengganti ban, mengganti lampu dan lain-lain.
  3. Rider yang memiliki kemampuan mekanik, adalah rider yang memahami secara detil semua bagian motor dari 1 sampai 9.

Pada artikel selanjutnya kita akan coba berdiskusi dan sharing mengenai bagian-motor, fungsinya dan masalah-masalah yang terjadi jika bagian tersebut rusak/aus. Paling tidak kita akan mengikuti urutan yang ada di buku manual servis ditambah dengan gampar dari part catalogue-nya.

Contohnya, ketika sedang membicarakan mengenai kopling

16 rumah kopling2

Maka akan kita juga lihat bagian-bagiannya dalam part catalogue nya

00 belajar motor 001 right crankcase

Gimana bro, seru kan ? Setuju nggak kalau kita sering-sering bahas artikel yang kayak gini ?

Btw, enaknya mulai dari mana ya ?

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB,

 

35 thoughts on “[Belajar Sepeda Motor] Pendahuluan

  1. seru banget bro

    itulah salah satu penyebab ane nggan melepaskan si macan
    di tengah gempuran motor motor baru.
    1-Kondisi masih mulus tahun 2008 tapi kilo meter baru 60ribuan
    2-kalau ada sedikit masalah ane sudah paham dan bisa mengatasinya sendiri
    3-performanya juga gak jauh beda sama motor baru yang sekelasnya apa lagi kalau kita tau cara upgradenya tinggal pakai piston gl neotec ,porting polic bubut noken as sedikit aplikasi sproket pakai gir depan 14 balakang 42 seting main jet jadi 128,
    pada 10000rpm top spednya tembus 154km/jam

    MANTABS

  2. pak dosen mau tanya udah hampir 1 bulan ini supra 125 ijeksi gak ane pakai, nah pas ane mau pakai ane nyalain stater kok bensinya netes lumayan ya ? disekitar area knalpot itu kenapa ya pak? oya throtole body supra 2008 kalau diperbaiki bisa gak? motor uda 135ribu km apakah wajib ganti kalau ganti mahal soalnya jadi kalau di akalin caranya gmna?

    1. Setau ane sih yg kluar dr knalpot itu air embun/uap gt.
      Ayah ane yg pernah bilang, jd itu bukan masalah, kata ayah ane yg sukanya mretelin mobil sih 😀

      1. sebelum ane anggurin motor 1 bulan. ane pernah servis di ahass gejalannya nembak2 kalau di rpm rendah dan suka mati kalau gas rendah atau rpmnya rendah setelah di cek ternayata tbnya rusak harus ganti kata mekanik ahass.saya cek ke lain ahass juga gt tbnya. solusinya pak dosen? motornya ini masih bisa jalan sebenarnya pak tapi yaitu nembak2 kalau gas di turunin atau rpm rendah.

        1. coba ijectornya diservis dulu
          caranya adalah dicopot dulu injectornya,pasang injector cleaner di ujung bensin masuk, trus kabel-kabel listriknya diberi tegangan aki Untuk membuka nozzle-nya) saat itu semprtokan dengan keras, sambil lihat bentuk sebaran bensin yang tersemprot ke luar
          [cari di google ada]

    2. tb jaranf rusak om, kcuali ada pecah. Biasanya gejala nembak injektor kotor, coba dibawa bengkel mobil yg bisa injector cleaning atau punya kenalan mekanik yamaha slipin aja kesana hehehe
      Utk tb supra 2008 ada sensor iacv gak? Kalau ada brarti bisa jadi sensor itu yg bikin rpm rendah gejalanya pas digas full trus lepas, nanti rpm lgs drop. Aslinya pas dkr rpm 1500 hrsnya ketahan dikit br turun normal. masalahnya iacv, map dan tp biasanya honda jadi 1 tempat dlm satu sensor. Mgkn itu yg dibilang tb rusak. IMHO

      1. suwun mas bro solusinya motornya gak pernah saya pakai soallnya sudah ada pengganti tapi gmna pun ya mau saya perbaiki maklum sudah lama saya pakai kemana kemana jadi penuh kenangan.

  3. Ulas yg fast moving aja dulu macam kampas rem & komponennya. Terutama perawatan kaliper & cara pengisian minyak rem. *Usul lho Om

  4. Ya mungkin ane sebagai rider awam yg cuma bisa otak atik bagian filter, IM, TB dkk butuh keterangan lebih lanjut aja, intinya klo mulai dari mana sih, kita sebagai pembaca hanya bisa mengikuti dan memberi saran aja, tp hampir keseluruhan yg akang publis k para pembaca semuanya enak dan mudah d pahami.
    Sekali lgi, intinya d mulai dr mana, akang yg lebih paham 😀
    Suwun banget udh mau sharing hal sepele yg padahal penting. Anda keren (y)

  5. Paling pengen tapi paling takut bongkar karbu sama setel gas wkwkwk

    Udah belajar sedikit dari liat mekanik beres tentang ganti kampas rem dan setel rantai.. Tapi keburu ke perantauan gada motor ahaha

    1. Bongkar karbu gampang bro, masangnya yg cukup repot. :v

      Jd inget awal2 bongkar karbu Supra pelampung kebalik, ngegas mulu. Ciakakkakaa…

      1. supra 2002 ku awet rajet pada 26/02/2016 pukul 16:55

        Kalo dari fitur ya joss FXR lah. Cuma kl adu kencang rasa2nya masih jauh dibawah CBR. Raider 125 aja ampe terkencing2 naik CC ngadepin sonic wkt itu.

        Ya wajar sih bro,,bongkar karbu aja gk bisa,,wong bedain 20hp ama 18hp aja gk bisa…
        Kyanya emang tuh otak gk ada isinya.

        Sory pak dosen OOT,,greget ama komentator ini,,bahlul tingkat dewa.

  6. Mulai dari yg paling dasar om… biar kita, para rider awam bisa meningkatkan pengetahuan dan pemahaman ttg tunggangan kita. Matur nuwun

  7. mau tanya nih, supra 125 karbu kalau pagi di panasin bentar, masuk gigi 1 buat jalan kok brebet ya, jadinya harus manasin lebih lama kalau gak ya engkol dulu beberapa kali dalam kunci kontak keadaan mati, baru bisa lancar. beda sama revo 100 langsung jalan lancar gak brebet. dan juga waktu kecepatan 90 keatas suara udara yang masuk ke filter terdengar kayak tersendat gitu deh.

    Yang paling kesel sih, supra 125 ane sejak beli baru saat mesin panas (terutama boncengan) dipake di 100 km/h di gigi 4 selalu bunyi seperti air mendidih da kepatannya jadi turun sekitar 90 km/h, harus oper gigi ke 3 kemudian ke 4 lagi biar hilang. lalu beberapa menit bunyi lagi. masalah ini baru ketahuan waktu dipake jarak jauh (mulai sekitar 40km). waktu reyen cuma dipake jarak dekat jadi gak tahu.

    1. coba bersihin filter udaranya dulu…
      trus karbu, selang bensin, filter bensin diganti, cek kabel busi, busi… kalo masih brebet baru deh bawa kebengkel untuk atur celah klep dan timing pengapian…

  8. saran ane mulai dari yg paling bawah dulu posisinya om…

    ane sih udah sedikit ngerti motor…
    pengalaman dulu bongkar karbu yg paling bikin jengkel, karbu dibersihin pas dipasang motor ga mau nyala.. hehehe…
    ternyata lapisan skepnya udah lenyap setengah….

    lebih baik tahu sedikit tentang banyak hal, dibanding tahu banyak tentang satu hal.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan