MT-15 Usaha Membuka "Blue Ocean" di Kelas Sport 150CC

Diposting pada

m slazz 3

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Gambar keseluruhan dari calon MT-15 sudah sangat jelas kita lihat di berbagai blog kondang. Gambar tersebut melengkapi spyshot sebelumnya yang masih berkesan tanggung. Dari gambar tersebut terlihat bahwa calon mt-15 ini merupakan motor berkarakter binaraga, berotot dan sangar. Jika diumpamakan dengan apa yang sering diinginkan oleh sebahagian rider motor sport di Tanah Air, modelnya sealiran dengan street fighter style (SF)

Perhatikan salah satu hasil modifikasi aliran sf, berikut ini 

vixion street fighter

Mirip kan dengan calon MT-15 ?? Mulai USD, ban lebar, headlamp sangar, jok bonceger yang tinggi dan tampilan berotot. Dan jika di-search di google, gambar hasil modifikasi vixion menjadi model street fighter banyak sekali. Artinya banyak pengguna vixion yang tidak puas dengan penampilan standarnya dan beralih ke SF style.

Jadi seolah-oleh yamaha ingin membuka market share baru dalam rangka diversifikasi kelas sport 150cc. Dengan model street fighter ber-engine high performance, fi dan berpendingin liquid. Dan nyatanya memang dengan spek yang ditawarkan pada mt-15, motor ini bisa dikatakan tidak ada lawannya, sehingga kemungkinan besar akan cukup banyak peminatnya. Khususnya rider yang ingin tampil beda, yang sudah bosan dengan tampilan motor sport standar.

Sayangnya menurut motogokil, mt-15 ini akan kurang greget jika tetap mengandalkan engine vixion. Masalah performa, mungkin bisa dianggap ada peningkatan jika dibandingkan model sejenis (byson) yang hanya dibekali power 13-14 ps. Akan tetapi bentuk engine mt-15 berbasis engine vixion ini terlihat relatif kecil jika dibandingkan bodinya yang kekar. Dari sisi tampilan engien justru engine byson masih lebih enak dilihat, karena terlihat lebih besar dan cukup proporsional.

Oleh karena itu, banyak rider/owner yang memodifikasi vixion-nya menjadi street fighter, menutupi engine. Sehingga engine yang relatif kecil dibandingkan body-nya tidak terlalu tampak, tidak mengganggu penampilannya. Akan tetapi, menurut motogokil, seharusnya karakter engine ini juga harus ditampilkan sebagai wujud performa yang garang dan liar.

Itu saja mungkin kesan pertama melihat tampilan mt-15. Selebihnya mantab dan berkelas, seperti speedometer, usd dan banana swingarm, keren lah. Semoga saja bisa meningkatkan market share yamaha di kelas sport, bukan hanya sekedar menggeser market vixion ke mt-15.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

40 thoughts on “MT-15 Usaha Membuka "Blue Ocean" di Kelas Sport 150CC

    1. g ada Industri yg absolutly permanent.. thus, perlu menciptakan barrier to entry.. spy bener-bener blue..

      seandainya MT15 memiliki keunikan sebaiknya keunikan tsb diPatentkan segera & di daftarkan di Indonesia ..agar tidak dianggap sebagai fatamorgana..”masih nyemplung di laut merah ternyata .. :D”

  1. Blue ocean yg sangat sangat sempit ceruk-nya (market size-nya dibawah 5rb unit sebulan)..

    Penyebabnya ya soal harga yg diposisikan di antara naked mainstream dan fairing..

    konsumen yg smart ya mending tambah 3 juta dapet New CBR150R yg kualitas engine-nya diatas MT-15..

      1. Sotoy nih muka decker…namanya juga menciptakan segmen tersendiri. Pabrikan juga sadar cung..penjualan tidak selaris vixion. Siapa tau mujur seperti nmax lagi. Dimana value yg di dapat lebih dari harga yg ditawarkan..perkara design memang tidak begitu bagus. Tapi lihat dari sisi orang2 mencari sesuatu yg unique…pasti dibeli demi kepuasan diri.
        Kalau ikut pola pikir ente sih ya hidup datar2 ajah…gak menarik..

    1. baru kali ini saya lihat blogger(f) yg lancang menghitung takdir org , klo mau nyales, nyales aja yg elegan lh ,, tp gk usah menjelek2an produk org lain,, stlh lihat komen ini silakan ngaca ya mas,

  2. kok fotonya nggak ada watermarknya (pic 1 paling atas)? lantas bloger kondang itu fotonya pake watermark atas dasar apa yah?

  3. warna motornya yang di foto-foto yang beredar tidak menarik, kalau masalah engine, tenang saja, banyak part pendongkrak performa after market koq, keluar duit 4 jutaan bisa nampol banget ini motor, paling tidak mengurangi cost untuk pembelian usd dan banana arm, karena bawaanya sudah menunjang, dan tentunya tidak dipakai untuk race purpose..yang sudah bawaanya kenceng ajah masih dioprek biar tambah kenceng lagi koq

  4. Kabarnya Honda sudah menyiapkan peluru untuk menembak MT15, kita lihat nanti apakahi bisa pas sasaran atau meleset, apakah nasibnya seperti NVA atau tidak.
    Dan sepertinya saya mengakui ke unggulan Honda ._.Kalo modelnya MT15 kaya gini, aagak kurang sreg kayanya. Tapi kembali lagi, seni itu tergantung siapa yang memandang.

  5. Tinggal tunggu mesinya aja, tetep pake NVA, atau kalaupun tetep ditambahi VVA biar ada bedanya sm vixion. N max Indonesia sudah dapat acungan jempol dengan valuenya yang lebih daripada harganya (contoh:155cc, abs, dll), semoga dicontoh sm generasi Mslaz. Oia bloggrr yang awalan F diatas tu walaupun FBH mbok yo jangan suka njelekkan produk lain, jangan2 bloger tu sales H ya kesehariannya, masa nambah 3 juta dapet cbr? Emang cbr lokal yakin bagus? Lawong kejurnas aja ndak turun

  6. Kalau Yamaha berani mengaplikasikan VVA dan Fans Boy Yamaha membanggakannya, ingatlah bahwa Honda punya VTEC, teknologi tersebut sudah lama ditemukan dan digunakan, jadi nothing spesial, ABS? abs juga sudah lama ditemukan dan di aplikasikan di mobil, TCS,EBD,ESP,Direct Injection, DiAsil /Silitec, DLL. Jadi gak ada yang spesial, kalo semua pabrikan berlomba lomba mendpatkan konsumen terbanyak apa kabar dengan kualitas?

    1. Aduh…ni lagi..vtecnya mobil diomongin pada ruang lingkup pembahasan motor roda 2..kenapa ga sekalian dual vvt-i nya atoyot aja…plis deh…yang dibahas apa…yang di opiniin apa?

      1. asli nya

        yg tukang mimpi itu fbh

        VTec di motor aja baru 1 biji, itu juga motor harga selangit

        mesin V di mobil honda aja cuma ada di balapan ga pernah masspro :v

        terakhir liat tuh RCV213-S versi masspro, body doang motogp mesin n elektronik sama kyak superbike umum

        inget honda tuh PELIT !

        fansboy nye aje o’on dibego2in mau :v

  7. Maaf bro Asal Tembak, VTEC sudah digunakan di roda 2 sejak lama 🙂 contohnya CB400 Super Four, kalau dilihat dari cara kerja VVA yang menggunakan dua profil cam yang satu low rang yang satu high range dan menggunakan Selenoid untuk mengaktifkan high range nya, mending situ baca gimana VTEC bekerja? hampir sama, dan VTEC jauh ditemukan lebih dulu sebelum VVA atau mungkin VVA itu mengikuti VTEC? who knows? Kalo dilihat Yamaha = Toyota maka kenapa gak pake VVTI aja? toh Yamaha punya Toyota. maka dari itu saya bilang gak ada yang spesial, kecuali digunakannya teknologi Auto Brake kaya di mobil yang kalo ada pohon tumbang/mobil lewat mendadak bisa ngerem sendiri. Atau mungkin lebih baik aplikasikan euro yang lebih tinggi untuk menekan angka polutan, dan efisiensi yang lebih baik ketimbang mengejar power dan racing racingan.

    1. 1 pertanyaan

      Si Honda berani ga nerapin sistem VTEC/ VTI/ atau apalah namanya ke motor cc kecil?

      gue apreasi disini sama yamaha yg ga pelit Teknologi cmiiw

      1. yaamama mau gak nerapin dohc di cc kecil. Gue apresiasi honda yang gak pelit teknologi.

        VVA gak guna. Tetep aaja boros dan dikampleng sama hon hon.

        Ekeke. Jlub

  8. Absen. Motor khusus anak muda saja.. Dan yg bikin ilfill.. headlamp! Knapa ya? Yamaha selalu Aneh kl bikin headlamp! Coba bayangno motor Iku dipake sm anak SMA trus bonceng kakek opo neneknya.. Opo ibuk’e! Ngoahahahaha.. r15 jilid 2!

  9. udah kebiasaan motor yamaha jelek kalo difoto, entar liat aslinya aja, ane yang gak demen bodi samping bagian belakang , jelek bos

  10. MT15 mesin vixion series? Jelas sudah Yimm ngak meladeni next spec engine NCB secara head to head, tp membuat new blue ocean product.
    Buat yg masih merasa wah, teknologi mivec, vvti, vtec, vva or dual vvti. Sok dicompare efisiensi dan performanya.
    Ingat memperlebar LSA rpm bawah lemot, boros bbm, tp nafas atas panjang.
    sedangkan mempersempit LSA rpm bawah responsif, torsi memuncak, irit bbm tp rpm atas mesin cepat teriak. Tp itu dulu, sekarang era sohc/dohc 4valve, high kompresi, dgn klep besar (in 70%d dan out 60%d), inj dgn throtle besar. Jika pasokan udara masuk dan gas buang disilincer lancar paket teknologi ini mampu memperbaiki performa putaran atas.
    Nah Itu kira2 penjelasannya simple, irit namun bertenaga.

  11. Pak dosen mau tanya, emang buat dohc single cylinder itu rumit /susah ya, yg overbore/”near square”/overstroke dibanding sohc. saya fby yg nunggu dohc 150cc krn kemampuan financial blm sampai yg 250cc termasuk perawatannya.

    1. yang ada tambahan 1 noken as dibandingkan sohc, kalau dikatakan rumit bg yg sudah biasa bogkar pasang, sama saja tidak rumit
      tapi kalau baru pertama kali buka head cylinder, dohc kelihatan lebih rumit dibandingkan sohc

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan