[MotoGP] Sepang Clash : Bukti VS Demokrasi

Diposting pada

sepang clash

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sudah 3 hari sejak peristiwa sepang clash, media masa dan sosial media masih saja ramai membicarakannya. Pendukung rossi bahkan masih ramai memberikan dukungan dengan petisi yang mencapai lebih dari 10.000.000 orang, wow fantastis. Semuanya masih menyatakan bahwa rossi tidak bersalah (apalagi menendang), tidak pantas dihukum dan meminta RD untuk mencabut hukuman pinalti 3 poin yang diberikannya ke rossi.

Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah nantinya dengan semakin membengkaknya penandatangan petisi ini akan mempengaruhi keputusan RD ? Di sinilah nanti akan terjadi benturan antara keputusan RD yang berbasis bukti dengan dukungan banyak orang yang hanya berbasis fanatik buta. Mungkin jika hanya opini dan petisi, RD masih akan bertahan. Akan tetapi jika banyaknya pendukung ini mempengaruhi nuansa “bisnis” di motogp, maka bisa jadi keputusan akan berubah. Yakin ???

Kebenaran suatu bukti vs demokrasi (yang berbasis bisnis dan uang), mana yang akan menang ? Kebanyakan yang terjadi, bisnis yang akan ย menang, karena tidak mungkin demokrasi dimunculkan jika tidak ada faktor uang di dalamnya. Silahkan lihat contoh kongkrit, (bisa dipastikan sebahagian bro yang membaca motogokil.com) punya bukti hubungan antara demokrasi dan uang, mulai dari pilkades, pilbup, pilgub dan pilpres. Bukan hanya uang, akan tetapi perjudian.

Oleh karena artikel ini tidak membicarakan demokrasi, maka isi artikel ini difokuskan ke “bukti”. Jika masih ada yang menyangkal adanya “tendangan” pada sepang clash, maka bisa melihat analisis dari video via helikopter ini.

Rossi melakukan kesengajaan melebar, untuk mendorong marquez keluar telah terbukti dan sudah mendapat hukuman oleh rd. Lalu bagaimana dengan tendangan kaki kirinya ?

Banyak sekali pengamat (mungkin fbr) yang mengatakan bahwa gerakan kaki kiri tersebut bukan tendangan, akan tetapi reflek karena tersentuh marquez. Maka ane akan mencoba sedikit menambahkan bahwaย yang namanya reflek itu karena “kaget”, tidak tahu/tidak menyangka tiba2 disentuh. Tapi rossi jelas tidak kaget, karena rossi sengaja memepet marquez, sehingga terjadinya benturan tersebut sudah dalam perhitungan rossi.

Jika video tersebut masih kurang cukup membuktikannya, mari kita lihat posisi kaki kiri rossi selama terjadinya clash tersebut.

sepang clash01

Posisi kaki rossi yang normal (berada di atas footstep) saat ingin menikung ke kanan

 

sepang clash1

marquez tetap di jalurnya (nggak mau ngalah), rossi mendorongnya ke luar dengan kaki yang mulai sedikit terbuka

 

sepang clash2

Kaki rossi terbuka lebih lebar lagi, dengan telapak kaki sangat dekat dengan stang marquez

 

sepang clash3

Gerakan menendang ke belakang, terlihat karena kaki rossi lebih belakang dari footstepnya

 

sepang clash4

Kaki kiri masih menggantung, sisa gerakan tendangan, dengan bodi agak goyang ke kanan sebagai efek dari momentum tendangan

 

sepang clash5

Mulai kembali ke footstep

 

sepang clash6

Dan kembali stabil

Kita bukan semata-mata sedang membicarakan marquez dan rossi, akan tetapi gerakan tendangan tersebut. Apakah masih tidak terlihat ??? Kalau masih tidak terlihat, mari kita simak video tersebut frame by frame

Jika ada bro yang sudah merasa pasti bahwa ini adalah gerakan tendangan kaki kiri, sekarang pertanyaannya adalah apakah RD tidak melihat ??? Atau RD sudah melihat, tetapi demi pertimbangan bisnis motogp maka hal ini tidak dimasukkan ke dalam poin hukuman. Atau begitu besarnya pengaruh fans berat rossi (fbr) termasuk yang ada di RD sehingga ini dianggap bukan bukti ?

Atau….? Entahlah…Terserah juga dengan mereka, fbr dan lain-lainnya. Artikel ini cuma mencoba memperlihatkan lebih detil dari bukti video tersebut.

Semoga bermanfaat, menginspirasi pagi ini, wassalamu’alaikum wR wB.

 

180 thoughts on “[MotoGP] Sepang Clash : Bukti VS Demokrasi

  1. Sama seperti kasus Kopassus menghabisi polisi preman di lapas Cebongan 2013 silam.. Sebagian warga Jogja justru respek dan menuntut mereka dibebaskan..

    1. Maap bro fifauzi. Ane numpang mbonceng ya.

      Sekarang gini aje, logikanya kenapa nggak ada petisi tandingan yang mendukung keputusan RD? Kenapa nggak ada yang inisiatip bikin.
      Ane yakin FB RD, FB MM, dan FBH kalo digabung jumlahnya bisa jadi tandingan petisi untuk rossi. Bisa jadi FB DP26 juga bisa ikutan bantu2.

      Pak dosen mau inisiatip bikin mungkin?

      Ini bukan masalah siapa yang benar / salah ya. Komen ane lebih ke soal petisi. Kenapa kok nggak ada petisi tandingan?

      Ada perwakilan dari FB RD / FB MM / FBH yang bisa jawab komen ane?

      Kalo ada yg jawab buat ape bikin petisi tandingan toh keputusan RD udah bulet. Ane jawab : emangnye petisi buat rossi bisa merubah keputusan RD. Ya jelas kagak lagh. Ngoahahahahaha.

      Any kuesyen?

        1. Lha yang bilang rossi bener siape? Kan jelas die salah. Jelas die dapet hukuman.
          Ente aje yang kurang puas dan masih sibuk rempong beropini.
          Any kuesyen? Hihihihi…

          1. he he he
            kita dilahirkan dan dibesarkan di Indonesia yang mencoba demokrasi sejak berdirinya dan gagal
            anti demokrasi ane rasa nggak masalah, justru itu yang bagus,
            karena kebenaran bukan dari suara terbanyak, tapi dari hujjah yang nyata dan kuat
            sekarang coba sebutkan organisasi apa yang paling bagus di dunia ?….
            kalau nggak tahu, ane kasih tahu nih…yaitu militer
            apa ada demikrasi di militer ?
            [monggo dibayangkan, jika militer mengganti azas komando dengan demokrasi]

      1. ndak ada petisi tandingan?

        buat apa?

        RD khan punya kekuasaan mutlak ,

        ndak perlu petisi buat keluarken aturan

        cmiw

        1. Nah kan bener, perkiraan jawaban di komen ane jadi kenyataan wkwkwkwk.
          Kan ane udah tulis dikomen ane tuh. Coba deh dibaca lagi om bdt.

          Begini ye. Rossi memang salah. Ane aje akui. Dia melebar ditikungan. Tidak hanya itu haters dan pembenci rossi juga buanyak. Terlepas die salah /dibenci disatu sisi, tapi disisi lainnya ada petisi untuk mendukung die dan udah tembus puluhan juta klik.

          Nah pertanyaan ane kok nggak ada yang bikin petisi tandingan buat MM? Katanye die superstar. Katanye die nggak salah. Katanya baby alien. Katanye pendukungnya buanyak. Kok nggak ade?

          Any kuesyen?

        2. yg om maksud petisi tandingan buat dukung RD

          apa mm om? ente nulisnya:

          Sekarang gini aje, logikanya kenapa nggak ada petisi tandingan yang mendukung keputusan RD? Kenapa nggak ada yang inisiatip bikin.

          kalu petisi buat dukung MM , buat apa coba?

          MM tdk kena hukuman

          tdk pula menambah point buat MM,

          MM tetap tdk jurdun

          MM msh banyak waktu dibanding VR,

          1. Petisi kan bisa universal pak bdt. Apalagi terkait kejadian sepang kemarin.
            Bisa aja tho ada petisi tandingan untuk mendukung RD? Tapi nggak ada tuh.
            Petisi untuk dukung MM? Ya bisa banget. Setau ane semenjak kejadian itu pendukungnya pada histeris minta hukuman untuk rossi diperberat.
            Minta didiskualifikasi.
            Minta di black flag
            Minta diusir dari motogp selama2nya.
            Gimana caranya agar ‘didengar’? Ya pake petisi lah. Lha wong petisi itu bisa siapa aja yg buat. Ente juga bisa buat dan jadi pionir. Gitu lho.
            * nggak usah pakek any kuesyen deh hihihi
            * ane nggak men-cap ente fbm lho hihihi.

          2. Marq cuma ingin mengajak rossi duel dan gak jadi juara toh itu sudah cukup bagi marq jadi jelas fans nya tidak perlu petisi untuk mendukung RD

        3. heh @biker_akamsi : udah jelas2 dikasih jawabannya ama @bdt masih aja ga mudeng ? pendukung MM JL DP dll berarti pinter2, buat apa bikin petisi yang udah jelas2 itu ga akan ngerubah keputusan Dorna .. ane jamin tuh !!!
          ga ada gunanye bro .. ga ada gunanye .. buang2 waktu aja hahahaha sedih ane ama pemikiran @biker_akamsi yang dangkal .. hiks

  2. Katakan yang benar itu benar dan yang salah itu salah. Lebih baik mengatakan, “Ayo rossi! Tunjukkan kemampuanmu!”. Tp sy yakin dorna punya strategi bisnis yang lain. Kemungkinan 1. Rossi tetep juara dunia. 2 Rossi gagal juara dan pindah ke WSBK

    Point kedua menguntungkan. Di motoGP punya marq di WSBK punya rossi. Jika kedua balap tsb dlam satu naungan, betapa menggiurkannya lahan bisnisnya.

    1. Sebenernya hukuman Rossi itu ringan, 3 poin penalty itu tdk berarti apa2, mnjadi sesuatu karena Rossi udah pernah dapat 1 poin penalty di Missano,,,pemain bola klo sdh dpt 1kali kartu kuning pasti lbh berhati-hati lagi, jgn smp jadi kartu merah yg merugikan tim dan dirinya.Untung Rossi tdk di hukum spt Simoncelli di LeMans 2011.

      Nyambung komen bro @koplak, 4poin penalty ini bakal di bawa rossi d thn depan, umpama tahun depan dpt 3poin penalty lagi maka totalnya 7, hukumannya Start dari pit lane (bikin petisi lagi???)…. jadi lebih baik ke Rossi ke WSBK sajalah, mengingat perseteruan Rossi-Marquez sulit di damaikan selama mereka masih 1 arena. KLo situasinya terus bgni poin penalty akan terus mengiringi perseteruan mereka

  3. masih aja….ada yg kepikiran ga sih kl ini settingan dorna,untuk naikin ratting seri terakhir,dan menjadikan 46 jurdun dgn cara dramatis.so,image living legend akan makin kuat ditangan 46..kl mo fair harusny 46 dpt drive trought penalty kmrn…let’s see ..

  4. dah jls bro motogokil…
    wis ga usah2 cr2 lg videony!!
    jls2 rossi curang!!
    n dah dhukum penalty!!
    bosen tau!!

  5. Menurut om Mateo gerakan kaki rossi adalah efek dari sentuhan helm mark ke lutut rossi. jadi gerakan terjadi setelah adanya benturan. bukan sebelum ato tepat saat terjadi benturan. disini sy bukan bermaksud mencari pembenaran atas tindakan rossi. tindakan rossi yg tiba2 melambat n melebar pun saya sangat tidak setuju. tapi masalah tendangan saya punya pendapat lain. itu bukan tendangan tapi cuma efek akibat benturan. pro kontra silakan asal tak saling caci maki.

    1. kalau menurut ane yang namanya reflek itu karena kaget tiba2 disentuh
      tapi rossi jelas tidak kaget, karena rossi sengaja mepet marquez, jadi terjadinya benturan tersebut sudah dalam perhitungan rossi
      dan lagi jika cuma benturan, tidak perlu kaki rosi melakukan gerakan tersebut, cukup kembali ke footstep

      1. Makanya sy bilang beda pendapat boleh. jika tak menerima pendapat orang laen itu hak anda. begitu pula orang laen yg tidak setuju/tidak menerima pendapat anda itu jg hak mereka. selain liat video kita jg bisa mendengar pendapat dari yg ahli, om Matteo misal. ato yg sudah terbiasa bw moge di sirkuit macam om Leo. mereka jg menganalisa kejadian itu. monggo unduh video penjelasan om Matteo n maen2 ke blog om Leo sekedar nambah referensi.

        1. Ahahaha yg ane tunggu2 keluar juga.
          Percumah beda pendapat/bersebrangan diblog ini. Otomatis pasti langsung dituduh fbr/fby. Intinya dilarang beda pendapat wkwkwkwkw.
          Dari awal bro dele regane komen ane tahan dulu biarin berbalas pantun. Ujung-ujungnye? Terbukti kan? Wkwkwkwkwk
          Ane aje yang fbv (fensboy vinales) dituduh begono wkwkwkwk.

      2. menurutq itu reflek krna kesundul marques lbih dlu, istilahx saat itu kan rossi lagi jengkel bnget. Sma kyak kita klo lg emosi ma sesorang trus dia mau dorong ato megang kita trus kita reflek tangkis hehe.. Yg mau goblokin sya di persilahkan

        1. Kagak bakalan ade yg goblokkin ente masbroh selama ada kebebasan berpendapat.
          Nah dimari? Setiap kali sedikiiiiittt aje bersebrangan/berpendapat aje langsung di counter attack. Apalagi banyak. Diladeni debat juga percuma, ujung-ujungnye dituduh fby/fbr wkwkwkkww.

          1. he he he
            bisa aja ente, kan malah enak toh di counter,
            berarti diperhatikan dan dihargai, timbang dicuekin ?
            lagian jadi fbr dan fby juga nggak salah kan ?

          2. Jadi fbr/fby emang nggak salah. Ane nggak pernah bilang salah.
            Yang salah itu kalo nggak merasa jadi fby/fbr tapi dituduh setiap kali bersebrangan dimarih.
            Dilihat dari jawaban ente diatas berarti kan fix bro dele regane, bro mateo, bro Leo itu (menurut ente) fbr.
            Padahal bro mateo semenjak keluar jadi komentator ditrans7 disanjung habis-habisan oleh fbh.
            Any kuesyen?

          3. Ooo jadi gitu cara ente menilai orang? Wkwkwkwkwk.
            Sudah kuduga…
            Hmmmm…
            Wkwkwkwkwkwk…
            Hadeeeehhhh…
            Nyerah aja lah ane klo begini mah hahahaha.

          4. Masa gak sependapat ama ente di bilang gak bisa terima pendapat ente juga
            ..hahha aneh juha kau, sok any kuesen crot lah

          5. @ortega
            Nggak sependapat sama ane? Silahken aje. Bebas2 aje. Sah2 aje.
            Yg ane Bahas kan soal tuduh-menuduh ente/dia/kamu/dll sebagai apa/siapa/golongan/kaum apa. Mending kalo tuduhannye bener, kalo kagak?
            Silahken dicek. Selama ane komen diblog ajaib ini mana pernah ane bilang pak dosen itu fbh/fbm/fdp dll? Paling ane pernah bilang gini : nggodain pak dosen ahhh wkwkwkwk.
            Any kuesyen?
            Crot..crot hahahahaha

          6. dah sih ia ia aja sama orang tua
            orang tua selalu benar
            g mau salah

            titik. (jelas2 yang pernah bawa moge bilang mngkn nendang dalam kecepatan tinggi, yang ada sama2 jatoh, buktiin di sentul)

      3. Menurut ane kira2 kalau lagi kesal atau benci ma seseorang terus disentuh ngelak gak? sangat sederhana sekali dalam memahami perilaku rossi,ane jg gak setuju rossi melebar dan menahan marq tapi sangat gak setuju kalau rossi dibilang nendang…

    2. Setuju bro. Rossi dihukum penalty krn pergerakannya menyebabkan marc melebar bkn krn tendangan dan race direction jg gk pernah sebut rossi menendang

      1. Nah ini masih masuk akal.
        Biar bagaimanapun rossi tetap salah karena sengaja melebar. Mau dihukum silahken. Yang rugi kan rossi bukan ane. Emangnye ane bokapnya rossi wkwkwkkw.
        Tapi untuk menendang? RD aje nggak bilang begono.
        Tapi menurut pak dosen? Tetep nendaaaaanngg cyiiiinnn. Situ nyangkal die? Siap-siap dituduh fbr/fby.
        Any kuesyen?

        1. ia aja udah sama orang tua
          kualat lu ntar
          wkwkwkk
          (jelas2 yang pernah bawa moge bilang g mngkn nendang dalam kecepatan tinggi, yang ada sama2 jatoh, buktiin di sentul)

    1. Lha justru itu bro,, klo cam kedua rider di publish.. bru ketauan konspirasi partai Spanyol.
      ..
      Coba pikir :
      klo memang di video cam rider terbukti rossi nendang, its simple.. toh kabar yang menyebar jg begitu.. so publish saja habis”an…
      lha tp klo…
      ternyata di video cam rider rossi emg gak nendang??!
      BERANI PUBLISH??
      ..
      hahahaaaaa,,, masa masi blm tau konspirasi nya ๐Ÿ˜€

      1. ngiahaha, katanya nendang, tp g ada ancang2, g ada kaki ngangkat dulu buat mmperoleh kkuatan… dikira motor motogp kayak kerupuk kali…

      2. Hasil keputusan RD juga ga bilang Rossi nendang bro,,, tidak ada bukti yg menunjukkan Rossi nendang Marquez,,, Rossi terbukti potong Racing Line Marquez dan Rossi mengakuinya, yg berakibat Marquez terjatuh. Klo rossi terbukti nendang pasti RD sudah memberikan Black Flag bukan 3 poin penalty

  6. begitu jg jika kita mendengar pendapat dari fbm akut jg akan seperti yg anda katakan. pasti bumbu untuk menyalahkan rossi akan dipermanis. dan bumbu untuk mencari pembenaran mark akan dipergurih.

    1. g usah ngotot komen bro, disini blogernya udah miring, elu pake data pun psti akan mentah bro, maklum dosen batu, ngiahahaha

    2. makanya silahkan beropini dan berpendapat
      toh videonya sudah tersedia, tinggal berlogika, apakah gerakan kaki tersebut gerkan kaget (refleks) atau gerakan nendang (sengaja)
      lain kepala – lain pemikirannya …nggak masalah

      1. halah, situ aja yg hater, lha udah dinyatakan g ada tendangan kok, portal detik yg situs nasional aja yg semula bilang tendang, d berita slanjutnya merevisi kok, situ yg cm individu kok sok-sok an membentuk opini… sudah dikasih bnyak video kok ttep aja mbangkong

      2. Silahkan beropini dan berpendapat. Tapi dilarang bersebrangan. Karena pasti ane counter. Dan jika nekat debat siap-siap dicap fbr/fby ngahahahaha.

        Any kuesyen?

          1. kalo elu anti komen seberangan, n mencap yg seberangan sama elu, ngiahaha, gpp tong, biar rame blog pnggiringan elu…

  7. Yang jelas save rossi, save marq, save motogp dari kepentingan. Dalam olah raga, sportifitas itu ambigu jika banyak kepentingan.

    1. save pala lu aja tong, udah jelas2 g ada tendangan kok, ngotot ajha lu bisanya, tu rossi udah d penalti 3, seneng lu mstinya tong…

    1. gak ngaruh bro, disini mah udah bangkong, itu 2 motor udah sama2 miring k kanan waktu marc dlosor, juga dblg tegak… ngiahahaha

  8. Udah kubilang rd pasti punya rekaman resolusi tinggi dari sisi yg bisa melihat jelas insiden tsb. Tp spt biasa pasti disembunyikan utk kpentingan bisnislah. Klo pun ada sempat, wartawan, amatiran yg menshoot peristiwa tsb dg jelas, tinggal bilang k dorna atau rd…gw punyi bukti..mau bayar berapa? Klo ga disebar nih… Dugaan ya…hehe

    1. Lha justru itu bro,, klo video hi-res di publish.. bru ketauan konspirasi partai Spanyol.
      ..
      Coba pikir :
      klo memang di video hi-res terbukti rossi nendang, its simple.. toh kabar yang menyebar jg begitu.. so publish saja habisโ€anโ€ฆ
      lha tp kloโ€ฆ
      ternyata di video hi-res rossi emg gak nendang??!
      BERANI PUBLISH??
      ..
      hahahaaaaa,,, masa masi blm tau konspirasi nya ๐Ÿ˜€

  9. miris jg liat akun sosmed nya si marc..dihujat habis2an..fans berubah jd haters.bhkn lbh sadis.yg ane heran,bukankah utk mnjadi juara dunia tuh harus mampu menghadapi tekanan & mengalahkan rival2nya ? kenapa mengharap yg laen diluar persaingan jurdun harus minggir ?

    1. stelah stoner juara 2007, apa prnah juara lg d ducati bro?? yg ada malah ducati yg diberakin, smpe stoner muntah2 n mngidap pnyakit misteriasu, ngiahaha

  10. analisis dia atas kurang satu frame!
    ..
    FRAME YG MENUNJUKKAN MARQUEZ GAK TERIMA JALANNYA KETUTUP LALU NABRAKIN MOTOR & BADANNYA KE ARAH ROSSI yg dari sini lah menyebabkan pergerakan kaki..
    ..
    hahaaaaaa lupa ato gmn itu?! ๐Ÿ˜€

  11. Alasan kenegaraan itu logis, Jika ada pembalap Indonesia yang tampil di even internasional dan punya peluang, pasti juga akan saling bantu walaupun beda tim. Bagaimana jika ada yang tidak membantu atau malah mempersulit? Yakin mereka pulang ke Indonesia di cap sebagai penghianat.

  12. Kalo ga salah di siaran langsung tv sempat ditayangkan angle kamera dari cam rider rossi, waktu itu yg ane lihat rossi emang nendang / ndengkulin, dan gara-gara angle cam yg itu si komentatornya diem aga lama,.. sayang hanya sekali ditayangkan abis itu ga ditayangkan lagi. Mungkin ada yg punya rekaman lengkapnya?

    1. ada disini bos, y seolah emg gitu, tp lu liat lg di video slow motion yg bnyak edar, gerakan kaki itu mulanya karena dsenggol markuez…

  13. udahlah om gokil memang kaum maho penyuka sesama jenis semakin banyak. tanda tanda akhir zaman ini… gak idolanya gak fansnya emang kebanyakan maho

  14. Ru liat d berita olahraga JTV..berita terbarunx mm lebih dlu nenempelkn ndase k dengkul vr…alhasil jatuh dch…gtu kt britanx

  15. dari kemarin kan ane minta tuh rumus2 om dosen dikeluarin..seandainya ada 2 benda dengan lintasan di tikungan dengan kecepatan tertentu menerima gaya masing2…jika terjadi perubahan gaya “sebut saja tendangan” pada kecepatan tinggi apakah efeknya untuk kedua benda tersebut? sekelas dosen ane yakin pasti mengerti kecuali jika tidak ingin menjawab

    1. he he he
      sekarang sebelum di analisis coba ente sediain data mengenai rossi dan marquez saat itu
      kecepatan, kemiringan, akselerasi, bobot total, kurvatur dll
      bisa ???

      1. pak dosen cuman ngeliat dari foto frame per frame aja bisa bikin sudut dan perkiraan “nendang” dari kemaren2 dan beda dengan RD yang bilang ga nendang. kenapa sekarang justru ga bisa?? pake jurus perkiraan dong kayak memperkirakan power 32HP colek sana sini dll aja bisa masak sekarang kayak ga niat. ane mah cuman orang biasa makanya nanya sama akademisi macem pak dosen yang udah pasti selalu mempunyai data dan fakta sebelum berbicara. ayo pak dosen anda pasti bisa, jangan malu2 lah.

        atau paling ga bisa menggunakan 2 benda yang sama dengan perkiraan tertentu kemudian melihat efeknya. ga harus dengan perbandingan motor atau rossi – marquez.

        bukannya bisa menggunakan contoh2 lain tanpa harus spesifik motor ataupun rossi – marquez
        ane hanya ingin melihat hitung2an pak dosen saja kok

        1. Masa harus mengarang?
          Ya sdh, anggap saja ane nggak mampu, beres kan?
          Nah sekarang coba ente ajukan permintaan ini ke ahli fisika se dunia, siapkan juga uang untuk membayar mereka, ha ha ha
          Minta kok nggak mikir…

          1. Wah padahal berbagi ilmu itu pahalanya besar lo pak dosen…

            Oke, ane minta contoh kasus deh ya..
            1. Benda A dan B
            2. Tikungan 180 derajat kemiringan 2%
            3. Benda A speed 120, benda B 110
            4. Benda A sisi luar, benda B sisi dalam
            5. Berat benda A 90, benda B 100
            Nah jika benda B memberi gaya tertentu kepada benda A apakah yang terpengaruh hanya benda A sedangkan benda B tidak apa2 di kecepatan tersebut.

            Ane yakin pak dosen mengerti maksud ane. Sekarang tinggal pak dosen mau berbagi ilmu atau pelit ilmu.

            Jika ada yang kurang boleh dilengkapi.

            Terima kasih

          2. Oke, titik perubahan pada objek B di area agak belakang sebut saja dekat kaki (karena ane sendiri tdk menyebut motor tapi benda) sementara titik A agak ke depan
            Nah apakah pemberian gaya di kecepatan tersebut hanya berpengaruh ke benda A saja ataukah benda B juga akan terpengaruh oleh benda A?

            Masih perlu nilai apa lagi untuk memperpanjang ngelesnya?

          3. Ente sdh baca artikelnya?
            Kan sdh ditulis, rossi agak goyang ke kanan, karena karena gayanya sebahagian besar disalurkan ke motor marquez. Bedanya rossi goyang body nya, sedangkan marquez goyang di bagian stangnya.
            Sekarang kalau mau bukti, silahkan ente dan teman, jejer-nikung, dan lakukan gerakan persis seperti yg rossi lakukan, siapa yg akan ndlosor? Kalau yg nendang yg ndlosor, ane akan mengaku salah analisis.

          4. Perbandingan udah dikasi…
            Diminta orat oret perhitungannya malah ga dikasi….
            Malah disuru ngetes sendiri…
            Percuma dong anda dikenal dengan coretan kertas buram yang walau kemarin meleset parah di IRS tapi masih anda pertahankan dengan mengatakan banyak variabel yang mesti dipenuhi
            Sekarang ada kenyataan dan dicoba ditanyakan coretan teoritisnya bagaimana anda malah menjawab “test aja sendiri”

            Oke..cukup sampai sinilah ngeles anda pak dosen… Toh kalo ditanyain lagi bakalan diputer2 dengan ujung2nya “test aja sendiri”

          5. enak aja ente mendikte ane untuk mengerjakan sesuatu, yang sangat berat
            knapa nggak ente sendiri yang ngerjakan? bukannya ente ingin menunjukkan kepinteran ente ?
            sepertinya ente orang pinter, mungkin lebih pinter dari dosen

            tapi sebelum ente kerjakan perhitungan tsb, coba dulu buat yg jauh lebih sederhana “perhitungan tetesan 1 tetes air”
            coba buat perhitungan bagaimana air menetes, berapa mili air baru bisa menetes, dan apakah suhu mempengaruhinya, dll

            itu baru dua gaya, yaitu gaya adhesi dan grafitasi. kalau ente kesulitan apalagi permintaan ente yang melibatkan banyak gaya ?

          6. Kalau anda saja ditanya tidak bersedia menjawab sekarang apa yang mengharuskan saya menjawab hal baru yang anda tanyakan ๐Ÿ˜€

  16. Camera masing masing motor di publis
    Ya jelas ketauan Bobroknya chicken46yellow..makanya demi kepentingan bisnis kagak bakal muncul tuh video..pembalap level dewa kok pencak silat ..lahir pula petisi buat org yg salah .hadeeeuuhhh dunia memang dah ketutup sm nabi yellow46chicken…

  17. Yg komen pada jago jago(ayam kate)
    Yg mnta rmus mlah ga disertain data”(bodong)
    Ttp smangat pak dosen
    Beda pndapat WOLES aja
    kpan” bkinin artikel (kertas buram)performa mesin honda sonic 150/ new cb dong pak dosen ..klo mau di upgrade

  18. Pembalap level dewa lhaah kok meweq sm bocah ingusan DNA celeng …..kemakan omongan nya sendri tuh ..”Ini balap ” —–“balap itu harus bertarung dan bertarung” giliran diajak tarung bocah kemarin sore meweq meweq bakal sabotase race valencia ..mental apaan itu?
    Kepala temen senegaranya aja dilindes ,apa lagi ini orang negara lain yg notbene kastanya lbh tinggi dr kasta orga itali….

    1. Anda tahu kasus kecelakaan simoncelli yg melibatkan edward n rossi kan? kalo belum paham silakan liat di youtube dan amati lg. kalo anda yg berada diposisi edward n rossi kira2 apa yg akan anda lakukan? bisakah kira2 anda menghindar? ato ngerem sekuat tenaga? omong memang gampang bro tapi dalam prakteknya tak semudah itu. kalo masih belum paham apa yg terjadi setelah liat rekaman ulang silakan beli wortel 1 kwintal untuk dibuat juz trus liat lg. kalo g paham jg silakan beli wortel sampe anda paham.

  19. Yg komen pada jago jago(ayam kate)
    Yg mnta rmus mlah ga disertain data”(bodong)
    Ttp smangat pak dosen
    Beda pndapat WOLES aja
    kpan” bkinin artikel (kertas buram)performa mesin honda sonic 150/ new cb dong pak dosen ..klo mau di upgrade

  20. Inget 2011 smonceli vs dani pedrosa???lgsg pinalty karena sengaja membahayakan pembalap lain catat “sengaja”
    inget 2013 aragon markes vs pedrosa kabel TC pedrosa putus gara2 di senggol markes ..”Gak sengaja” : 1point
    Ini sepangclash2015 khasusnya sm “sengaja” knp msh dikartu kuning ..
    Inget zidane vs materazii ..zidane lgsg di kartu merah dan gak bertanding di liga berikutnya …begitukah kelakuan org itali dlm memprovokasi lawan (materazzi vs zidane)

  21. wooiiii
    pendukung marq otaknya masih normal coii
    ngapain bikin petisi tandingan
    fbr udah pada tengkurep iq nya
    udah jelas2 nendang
    masih dibelain

    kira2 kalo kepala rossi gue yg tendang
    ente mau bikin petisi ngak
    buat bela anhe ???

  22. Dalam dunia olah raga yang berbau bisnis dan menyangkut sponsor, sportifitas itu semu. Yang perlu kita lakukan adalah save rossi, marq, n motoGP. Kita hanya korban konspirasi bisnis.

    #komentarorangkoplak

  23. hasil investigasi petisi buat rossiyem setelah saya cek nama-nama responden kayak gini nih pak dosen. . . si bety asline beni, cindy alias supandi, jeni alias jono, stefi alias stefen, sophia alias suparno, julia alias jumino, novi aslinya narji wis cocok banget. .

  24. Buat fbr bosok matane picek.mana ada maling ngaku law ad bkal penuh penjra.sdah di kasih vidio Dr berbgai anggel.ms ad FBR pekok matane picek ngomong kaki Rossi gerakan reflek kna Helem markes.sehingga markues jatuh.Rossi bosok tdak ubah nya pencopet toleh Khan toleh kiri menungg markes mendekat untuk menlacarkan tendangan kaki iblis.cari posisi yg tepat setang knan motor markes MNA ad law orang niat blapanya bersih lihat lwan toleh tolah tk ubahnya sperti maling. Law mau blapan pandangan Horus pkus ke depan dsar pemblp tua main ktor

  25. muehehehehe…… pak dosen masih memaksakan opininya…

    padahal yang terlihat adalah marques benturin motornya ke motor/kaki rossi, stang atau tuas rem kena kaki rossi, kemudian kaki rossi bergerak…, itu saja….

    so pertanyaannya kenapa marques memaksa sampai membenturkan motornya ke rossi dengan resiko jatuh seperti itu..??
    karena rossi menggiringnya keluar..?? karena rossi menghalangi jalurnya atau karena apa..??

    ayolah pak dosen….

  26. Salken Pak Dosen,
    seru nih @sepangClash, tapi bosen juga sih,..
    what we got here is..
    1. Ilmu baru buat pecinta cornering yaitu nikung kanan, sambil angkat kaki kiri, (mudah mudahan tidak ditiru pembalap yang lain)
    2. Cara jatuhkan motor seberat 157KG, dengan sentuhan kecil dibagian kemudi (Stir/Stang)
    3. 46 punya penggemar fanatik, sampe ada yang nyuruh coba nendang motor di sirkuit, (coba tendang stangnya ya, jangan tangkinya, apalagi mesinya – tapi jangan deh, bahaya)

    terlepas 46 nendang atau gak, yang jelas dia sudah berniat membuat pembalap lain melebar (setidaknya keluar lintasan)
    sampai dibela belain nengok nengok

    sayangnya sentuhan maut kaki kirinya mengena di kemudi, dan… gubrak.

    btw.. jangan ditiru senggol senggol stang yah,

  27. VR gak mungkin kaget, soalnya dia kan udah sengaja melebar untuk mendekati MM dan VR pasti tau dengan racing linenya yg melebar MM akan sangat dekat dengan dirinya, VR juga sudah beberapa kali melihat ke belakang untuk memamastikan MM dekat dengannya. Dengan begini akan sangat mudah bagi VR buat nendang MM, lalu VR menyangkal tendangannya dengan gerakan reflek karena Marquez duluan yg menyenggolnya, itu pendapat saya Pak Dosen. Kalo ada yg gak setuju ya terserah. Maaf Pak kalo kepanjangan ๐Ÿ™‚

  28. Ada apa sih rame banget.
    Motogp kok diributin ngak ada menariknya selama spec mesinnya diumpetin.
    Balapan penuh konspirasi, trik & intrik kaya nonton drama/sinetron.
    Apa sih untungnya debat kusir masalah beginian…. Xixixixixixixi

    1. Setau saya dalam dunia balap hanya ada dua macam balap.
      – balapan kendaraan prototype (bisa roda 2/4/dst). Contoh F1 / Motogp / Lemans Du Heures 24H protoype/ dll. Mau sampai kapan pun disini spek kendaraan nggak akan diumbar.
      – balapan kendaraan (basis produksi) massal. Contoh : wsbk, touring car, nascar, arrc, dll. Disini spek kendaraan bisa diterawang jelas. Kan basisnya dari Produksi massal.

      Intinya adalah komen anda tidak relevan dengan rules balap dilapangan.

      Sekedar opini ya pak.

    2. Sepertinya debut moto3 antara nsf250 stroke 52,2mm dan ktm rc250 yg stroke 48,5mm termasuk produk prototype. Sedangkan ktm rc250 yg dijual bebas adalah stroke 61,1mm

      Ini akan lbh menarik jika ktm rc250 stroke 48,5mm dgn spec “kasta rendahan” bisa lbh kompetitive atau menguasai balapan moto3 dibandingkan nsf250 stroke 52,2mm. Jika demikian jelas faktor pembalap, teknologi yg digunakan, team yg developnya “T.O.P”

      Tp kenyataan kan beda, kasta tertinggi stroke 52,2mm nsf250 diatas angin. Menguasai hampir seluruh musim balap moto3 tahun ini…. Xixixixixixixi

    3. Revisi nsf250 stroke 52,2mm dan ktm rc250 stroke 48,5mm udah dijual tp dgn harga fantastis setara superbike 1000cc. Mungkin diposisikan sbg produk flagship or limited edition.

      Dari contoh mesin 250cc single silinder harusnya kita bisa menyimpulkan bahwa spek mesin sangat menentukan menang/kalah dlm balapan yg semua dituntut kompetitive.

      So Masih menganggap remeh spec mesin? Masih menganggap wajar motogp yg speknya diumpetin?
      Takut dicontek pabrikan lain yg punya blue print semua spec mesin Hasil riset bertahun2?
      Pernah dengar Rivalitas abadi honda, yamaha, suzuki, kawasaki dll
      Kalo tujuannya untuk menang tinggal keluarin kasta tertinggi stroke 53,6mm sd 54,5mm @150-250cc persilinder.

      1. Balasan komen anda malah melebar kemana-mana pak alias OOT.
        Seperti yang saya bilang mau sampai kapan pun yang namanya balapan prototype spek kendaraan nggak akan diumbar. Dan yang namanya spek kendaraan tidak melulu bore stroke – bore stroke – bore stroke. Spek kendaraan secara keseluruhan meliputi sasis, elektronik, mesin dan aerodinamika.
        Anda punya teori bore stroke dewa / kasta rendahan / dll.
        Anda bilang tinggal pake aja hitungan bore stroke sekian pasti yang lain tewas. Segampang itukah? Jujur saya ngakak pak. Jika nggak didukung oleh sasis / elektronik / aerodinamika/ dll ya memble juga.
        Anda paham balap formula 1? Silahkan dicari-cari bore strokenya. Jikalau ketemu dan anda menjelaskan teori anda sampe berbusa pun semua insinyur F1 sepakat sasis nomor 1 sebagai kunci juara, komposisinya 65%. Baru deh sisanya dibagi-bagi antara mesin dan elektronik sebesar 35%.
        Ohya pak, kapan ya saya bilang meremehkan spek mesin? Apalagi menganggap wajar spek motorgp yang diumpetin?
        Wajar nggak wajar kan memang balapan prototype passionnya seperti itu. Spek total nggak diumbar. Dan sekali lagi saya jelaskan ya pak, spek total itu bukan cuman bore stroke whatsoever. Tapi meliputi sasis, elektronik, mesin, aerodinamika.

        Sekedar opini ya pak.
        Sudah ah, saya cape bapak sepertinya nggak nyambung dengan komen saya hehehe.

      2. Ada bnyk golongan orang yg antusias thd spec mesin & hasil balapan.

        Pabrikan, tujuan mereka mengembangkan spec mesin prototype.
        jika menggunakan spec paling rendah yaitu max Bore 81mm artinya menggunakan stroke 48,5mm.
        Mereka tunning sampai memiliki power dan torsi tertentu agar kompetitive melawan spec mesin diatasnya. itu yg menjadi parameter keberhasilan pabrikan.

        2.Konsumen jika mereka mengetahui spec mesin maka mereka akan bisa memprediksi sudah sampai mana pengembangan teknologi sebuah pabrikan.
        Contoh cbr250rr calon konsumen sangat antusias akan performanya.

        Contoh honda sudah mampu mengembangkan mesin yg irit dan kencang. Cbr150 sebuah prestasi tersendiri krn bisa memaksimalkan torsi 13nm dgn stroke 47,2mm dibandingkan rivalnya satria fu harus puas dgn torsi cuma 12,5nm padahal mengunakan stroke 48,8mm.

        3.pembalap dan team mereka semua profesional. Mereka akan mengukur batas2 kemampuan mereka mendevelop dan menjinakan sebuah mesin.

        Tp ente ngak faham itu, mungkin menonton balapan cuma sebagai hiburan saja.
        Sekedar dugaan ane saja loh pak. Xixixixixixixi

        1. Wkwkwkk
          @mobiltua.
          Ente udeh bener. Yg waras ngalah. Ente tau nggak siapa yang ente hadapi? Bro pengamat itu praktisi ahli mesin handal dengan titel sarjana teknik mesin jurusan bore and stroke wkwkkwkwkwkw.
          Asli komennya oot ngelantur pulak. Dari motogp motor prototype, lari ke cbr250, lari lagi ke cbr150, lama-lama disambungin ke honda mbit wkwkwkwkwkw.
          Udah lah om mobiltua. Di iyain aje. Dia bilang ente nonton balapan sebagai hiburan, mungkin die nonton motogp sambil ngunyah busi bekas wkwkwkwkwkwk.

          1. Itu org komennya bore stroke, bore stroke, bore stroke, bore stroke, bore stroke , bore stroke…waladdollin…..

  29. katro ni motogokil ane penggemar rossi dan marquez, rossi jelas salah karna melebar tp yg lebih parah kenapa si marquez nancep gas yang bikin benturan, coba kao ente ditabrak dari samping? ente reflek ga ? klo mau nendang dengan posisi marquez yang ada di belakang rossi dengan posisi kaki nekuk gitu susah ga menurut ente? coba aja praktekin, padahal dorna sudah memberi penjelasan bahwa tidak ada indikasi penendangan tp gara-gara rossi melebar itu permasalahannya

    masih aja ngebahas tendangan,, KATRO tenan

    1. ente jalan di jalur yang bener, kemudian dihadang, kalau sipenghadang ditabrak siapa yang salah ?
      trus ente kira ngerem di tikungan gampang ?
      silahkan dicoba di sirkuit, cornering dgn kecepatan 120 kpj, trus ngerem pas di apex
      sekarang coba ente kumpulin saat 2 rider duel di tikungan, kaki sudah sangat deket dengan stang, kalau kaki turun dari footstep kemudian sedikit ngerem, kemungkinan besar kaki akan menghantam rider sebelah, nggak perlu nendang. Apalagi jika sengaja nendang pasti kena stang, kepala atau ban depan.
      sekarang siapa yang katro ?
      atau jangan2 bro tapir nggak bisa bawa motor, cuma bisa bawa mobil ?

      1. Bhuahahaha. ….
        trus yang salah siapa pak dosen…? rossi yang menghadang atau marques yang nabrak..??
        hahaha…..
        kalau rossi balap di line yang benar, terus di halangi sama marques yang nutup line dan sengaja melambat.., apa rossi boleh nabrak marques dan marques yang dianggap salah…?

        ayolah pak dosen… !!

  30. Min coba lihat video2 dari angle lain dan video di awal2 mereka saling overtake, perhatikan setiap rossi belok. Kaki doski sering terlepas dari stepnya seperti mw jatuh. Jangan lihat hanya pas hanya di momen dimana marc dan rossi bersenggolan…
    Nanti bisa kasih kesimpulan lain.
    aksi = reaksi.
    Kira2 kalau kaki rossi bisa bikin mm jatuh. Berapa gaya yg diperlukan jatoh? Pasti badan rossi ikutan goyang. Minimal pantat bergeser. Terlebih dalam posisi miring begitu

    1. ok ane juga sudah lihat
      tapi coba lihat kecepatan dan kemiringan nya, kemudian bandingkan
      apa iya dengan kondisi di tikungan 14 tersebut, rossi semiring dan sekencang itu ?
      tentu tidak, karena justru rossi melambat dan melebar untuk menghadang marquez, dan itu diakui sendiri oleh rossi
      dan sudah umum , jika sedikit melambat di tikungan maka akan sedikit tegak, maka kemungkinan kaki terlepas dari footstep sangat kecil, kecuali memamng niat nendang

      1. Pak Dosen, itu terlihat jelas sebenarnya mark saat dihadang rossi sudah berhasil mengurangi kecepatan motornya. tapi tiba2 mark menambah kecepatan dan terjadi benturan dengan rossi. seandainya mark tetap pada kecepatan tersebut niscaya tak akan terjadi benturan. bisa minta penjelasan tentang hal tersebut? sekali lg sy tidak berusaha mencari pembenaran buat rossi. cm beda pendapat tentang tendangan itu. karena saat rossi menghadang mark saya jg sangat tidak setuju karena berbahaya.

        1. sebenarnya kata menghadang kurang tepat
          yang lebih tepat adalah mendorong marquez untuk melebar
          karena gerakan antara rossi dan marquez tidak sejajar, maka terjadilah benturan tersebut
          dan kita jangan meremehkan kecerdasan rossi, untuk hal seperti ini sudah dalam perhitungannya, makanya ia diberi gelar “The Doctor”

          1. Ok sy sependapat dengan anda dengan kata2 mendorong untuk melebar bukan menghadang. tapi poin yg ingin sy tanyakan adalah mengapa mark tiba2 menambah kecepatan motor yg menyebabkan terjadinya benturan. padahal sebelumnya sudah berhasil memperlambat laju motor dan motor sedikit tegak. kalo bertahan pada kecepatan itu niscaya tak akan terjadi benturan. apa mungkin mark jg punya niat lain sehingga dia nekat menambah laju motor dan membenturkan dengan rossi?

  31. hebatya kaki rosi punya mata!!!!

    lihat posisi kepala saat terjadi benturan.

    jgn liat kakinya doang

    Plis deh rossi ga sepicik itu

  32. gini om

    ente pernah ke dokter ortopedi gak?

    waktu kecil ente dengkul ente pernah di ketuk dikit kan pke kyak martil kecil

    kalo dengkul ente reflek pas kena benturan berarti ente normal

    reflek itu ga harus kaget pak

    please deh harusnya hal sekecil itu ente tau

    bukan ngasal penggiringan opini

    ckckckckck

    1. nggak mungkin dengkul rossi kena helm marquez, karena marquez posisinya di belakang
      kecuai tabrakan lawan arah, baru tuh dengkul bisa kena
      apa ente belum pernah senggolan dengkul saat naik motor dengan rider dari arah berlawanan ? Kalu belum silahkan dicoba
      lagian dengkul rider motogp kan ada pelindungnya, kuat lagi
      kalau ente analogikan dengkul orang yang diperiksa di dokter ortopedi dengan dengkul rossi saat itu, ya jauh banget bro bedanya
      sekarang siapa yang ngasal, hayoo ?

  33. pendapat ane tentang clash.

    usaha rossi sengaja melebar dan melambat agar marc out wide menurut ane itu bukan cara menutup racing line lawan tetapi memotong racing line. tujuannya jelas agar marc tidak bisa masuk ke racing line nya sendiri.
    perbedaan dgn kasus dani & alc dimana dani sudah buka gas kemudian sic masuk memotong,disitu dani tidak bisa berbuat apa apa bahkan ngerem pun tidak sempat.
    sedangkan kasus marc & rossi, keduanya dalam keadaan melambatkan motor ketika masuk dan akan keluar tikungan, nah disini yg ane amati…marc sudah 2x ingin keluar tp diurungkan karena ,masih tertutup oleh rossi. kemudian marc melihat gelagat rossi ingin keluar tikungan (motor rossi sedikit miring kekanan) seketika marc membelokan motornya dgn tajam demi mengikuti alur rossi, disinilah terjadi clash tersebut marc masuk ternyata rossi mengurungkan niatnya untuk keluar tikungan disertai gerakan dengkul karna tersentuh helm atau stang.
    menariknya ini adalah kasus yg hampir mirip dgn biagi vs rossi…biagi meyikut rossi ketikan rossi menyentuh lengan biagi.

    kesimpulannya…menurut ane gerakan itu sudah direncakan dgn kondisi bila marc menyentuh rossi.

  34. ga mungkin gmn pak, kn udah jlas helm markes nyenggol bgian smping dengkul rossi

    dengkul akan reflek wlopun itu dr samping. n ane udah pernah test ky gtu waktu ane kecil

    test aja dengkul bpak boong klo ga reflek mah ๐Ÿ˜›

  35. disebut nendang sih g jg, tp dengkulnya rossi sengaja ndorong helm mm setelah helm mm nyundul sih pasti. itu aja sih klo yg ane liat di vidio

  36. fans itu utama,,olhrga tnpa fans,redup,,,ini tntang bisnis,,repsol milh tim pbrikan bukan satelit,juga bisnis,,nama besar dan bnyak pngikut sangat berpengaruh,,

    rossifumi bukan protes atas kslahanya,tp atas hukuman pemberian point yg dasarnya kurang jelas,knpa hrus dpat 3?
    dan intrik” yg di rasa dibelakangnya,,,

    salam anti demokrasi,,hahaha

  37. ada yah orang di atas rempoong banget
    udah senggol sana sini, keakehan cuangkem intine ming sauprit,
    megalomania, disinyalir udah sepuh, tapi ga tau diri, mirip kasus lansia seolah banyak diemnya, sekali ketemu sarana buat nyrocos, yg diungkapin puanjang, isinya muter2 bolak balik itu itu lagi.
    ujung nya
    any kuesyen,,,
    mamer do n go
    wkwkwk

    1. nggak juga
      sekarang, bayangkan seandainya apa-apa yang dilakukan rossi terhadap marquez (3 kasus) ditiru oleh banyak pembalap muda yang mengidolakannya, maka balapan akan semakin berbahaya.
      makanya perlu ditegaskan mana motogp mana gladiator-gp

  38. sekarang kenapa pedrosa bisa kencang?
    karena motornya kencang dan dia balapan tanpa beban, begitu juga marquez kalah menang tetap juara tiga, kecuali dia masih memperebutkan posisi tiga…
    lain halnya dengan lorenzo dan rossi yang masih rebutan posisi 1 dan 2

  39. ternyata yg punya blog baca komen gw yak … hehehe
    refleks dan kaget itu sesuatu yg sangat berbeda tapi berhubungan … hubungannya di mana ? ada kaitannya dengan neural ato saraf, trus bedanya di mana dong ? yah bedanya adalah reseptor ato sensornya doank broh .. pengen lebih jelas tanya ahli bedah saraf ato praktisi bedah lain yg berkaitan dengan hal itu … ato bisa cari di google juga kok penjelasannya walopun gak sedetil ke praktisi ahlinya sih … hehehe … jaman internet gini kan semua bisa jadi “ahli” mendadak dengan segala statement “gw liat di internet kok” … hehehe
    lah, orang buka mata aja bisa jadi dia sedang tidur bahkan lagi mimpi kok …. jadi intinya kaget itu gak berhungan langsung sama yg namanya refleks … mohon jeli dalam berartikel …

  40. Dua minggu ini rating motoGP dalam pemberitaan saja udah bejibun. Inilah bisnis olahraga, ceritanya kayak WWF dan sejenisnya, yang dulu dikira beneran, eh ternyata hanya drama. SPORT REALITY SHOW

  41. hahahaha… rossi jelas membuka paha menjauh dr tanki…
    anyway..
    kalo anti demokrasi mah gausah pake kolom komen.. hehehe
    #ehh

    1. kolom komen bukan buat demokrasi, tapi buat tukar fikiran
      demokrasi identik dengan voting, kebenaran ditentukan oleh suara terbanyak, bukan dari esensinya, itulah demokrasi
      makanya ane anti demokrasi, karena 1000 orang bodoh dapat merubah kebenaran yang hanya didukung oleh 1 orang pintar

        1. ente keliru, bukan komunis, tapi Islami. Coba perhatikan firman Allah SWT berikut :
          โ€œDan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah).โ€

          [QS.al-An’am/6: 116]
          Kalau ente muslim, tentunya mudah memahami petunjuk Allah SWT ini, atau memang sengaja ingin melawan Allah ???

  42. bos, punya video yang resolusinya lebih baik. sukur2 full HD dan bit frame juga minimal 30 frame /detik. rossi ngotot kl pingin lihat dia tidak bersalah lihat lah video yang dari atas heli

  43. saya punya pertanyaan pak
    apa bapak masih menganggap rossi menendang marquez??
    sedang kata rd sendiri tidak ada bukti tendangan ??
    apa bukti video yang bapak punya lebih banyak dan lebih valid dari punya rd??
    trims

      1. menurut saya kok kaki rossi itu disundul.marquez ya pak?? stlh itu entah sengaja atau tidak kakinya terlepas dr footstep
        wong tergelincir aja kaki bs lepas kok dr footstep mangga liat sblum insiden clash rossi dan marc

  44. gini coeg
    sekarang yang diributin apaan sih ?
    gw kasih kesimpulan aja ye.
    soal kongkalingkong antara rider spanyol, itu omong kosong yang keluar dari pikiran orang2 yang dangkal otaknya, itu murni coeg ambisi si marquez yang mau ngejar rekor rossi, buktinya elo2 pade cari sendiri deh.
    soal tendangan, disini gw berbeda pendapat ama postingan ini, gw yakin rossi ga ada niat nendang marquez, gw yakin gerakan kaki rossi hanya menghindar, itu efek dari kontak fisik antara helm marquez dan kakinya dia.
    nah, soal pala marquez yang duluan nyentuh kaki rossi, itu jawabannya sepele aje.
    jawabannya itu akibat Rossi memperlambat motor dan nutup racing line marquez, otomatis marquez ga ada jalan lagi toh, kecuali dia bodoh lempengin motor ke gravel yang resiko baiknya kehilangan waktu resiko buruknya jatoh, dan ane tahu itu bukan tipenya marquez.
    menutup racing line jelas2 dilarang, kalo soal marquez mempermainkan rossi gw rasa itu ga salah ga ada larangan, lagian menurut gw overtake2nya marquez sah2 aja masih kelihatan wajar. yang ga wajar itu tuh PUNCAK emosi rossi yang kelewatan, ga pantas lah kalo menurut gw mengingat dia kan bisa dikatakan “dewa” (kata rossifumi) :v
    jadi dalam insiden kemaren, jelas banget rossi itu parah coeg kesalahannya.
    sekarang yang elo2 ributin kayaknya sudah kelar, Dorna udah kasih hukuman, Dorna udah adil menurut gw. keputusan Dorna ga akan bisa dirubah kecuali dengan banding dari pihak Yamaha/terkait.
    jadi, loe jangan nyari2 ribut lagi dah, apalagi ributin masalah petisi lah, petasan lah peti mati lah .. hadeuh masalah baru tuh yang memperkeruh suasana
    malu coeg .. malu

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan