[MotoGP] Mata Rantai Penyebab Clash and Crash di Sepang


rossi n marquez clash

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Terjadinya sentuhan antara Valentino Rossi dan Marc Marquez, yang menyebabkan marquez crash, menjadikan suasana MotoGP 2015 ini antiklimaks. Karena setelah kejadian tersebut balapan menjadi tidak enak ditonton. Marquez tidak minat lagi melanjutkan balapan, sementara jarak rossi dan lorenzo sudah terlalu jauh. Begitu pula dengan lorenzo yang sudah merasa aman sehingga tidak perlu mengejar pedrosa yang kebetulan sangat kuat di sepang.

Persaingan antara rossi dan marquez sesungguh sudah mulai mamanas semenjak clash pertama di rio hondo argentina. Dimana saat itu terjadi benturan antara ban belakang m1-rossi dan ban depan rc21v-marquez yang menyebabkan marquez crash. Sampai pada terjadinya clash di sepang membentuk mata rantai yang tidak bisa dipungkiri benang merahnya. Baiklah sekarang mari kita hubungkan mata-rantai tersebut sehingga menjadi sebuah alasan yang sangat jelas tentang terjadinya clash di sepang.

Matarantai ke-1

Kejadian di argentina dan belanda merupakan awal konfrontasi antara marquez dan rossi. Dan hal tersebut sepertinya di amini oleh rossi. Kemudian konfrontasi sedikit mencair, seiring dengan performa marquez yang naik-turun. Perhatikan komentar rossi berikut

“… He is angry at me for a personal matter. Although he never said it, he thinks that in Argentina I made him crash; and then at Assen he is still thinking about the last chicane, in his head he feels he should have won that race. Since then he has been angry…”

Karena yang berbicara adalah rossi sebagai pembalap profisional dan sangat berpengalaman, maka opini yang diberikan terhadap “penyebab” perilaku marquez adalah kemarahan, menjadi sangat beralasan. Artinya hal tersebut normal bagi seorang pembalap, yang mungkin juga terjada pada rossi, makanya ia bisa berpendapat demikian.

Kalaulah marquez tidak menyimpan dendam dan mampu meredam amarah darah mudanya, kemungkina besar kejadian clash di sepang tidak terjadi.

Matarantai ke-2

Performa marquez membaik dan sering melampaui performa rossi. Akan tetapi rossi posisinya sebagai kandidat juara dunia karena konsisten podium, sedangkan marquez sudah tidak memiliki kans untuk juara dunia karena sering crash. Hubungan antara performa dan kesempatan menjadi juara dunia yang timpang inilah yang kemungkinan membangkitkan keinginan marquez untuk revenge

Kalaulah performa rc213v+marquez inferior, tentunya marquez akan merasa wajar jika ia tidak punya kesempatan lagi untuk juara dunia. Sehingga ia akan pasrah menempati posisinya yang mungkin jauh dari rossi saat race.

Matarantai ke-3

Performa rossi yang tidak lebih baik dari marquez, menjadikannya mudah dipermainkan. Bagaimana tidak, marquez bisa saja berada di belakang rossi, kemudian meng-overtake dan melambat lagi. Dan begitu seterusnya seolah-oleh mengajak rosssi bermain sambil memberi hiburan motogp kepada penonton.

Kalaulah rossi+m1 nya lebih powerfull dibandingkan marquez, tentunya ia akan mudah meninggalkan marquez. Sehingga kemungkinan clash akan semakin kecil

Matarantai ke-4

Rossi merasa dipermainkan, tidak cukup disitu, rossi merasa marquez menghambatnya, membuat gap antara ia dan lorenzo semakin jauh. Dan yang lebih menjengkelkan lagi, rossi merasa marquez meletakkan pembalap lain antara ia dan lorenzo, sehingga gap poin antara ia dan lorenzo semkain jauh.

Kalaulah rossi kembali kepada perkataannya dulu :

Valentino selalu bilang, ‘Inilah balapan dan seharusnya seperti inilah balapan, kita harus bertarung

tentunya rossi menyadari bahwa marquez memberinya sinyal untuk bertarung dengannya. Dan layak untuk ia layani sampai garis finish.

Matarantai ke-5

Rossi merasa peringatan (untuk tidak mengganggunya) yang diberikan kepada marquez  tidak diindahkan. Bahkan terlihat marquez seakan-akan semakin ganas bermain-main dengan nya. Pada ahirnya kesabaran rossi habis, ahirnya terjadilah clash di sepang kemarin.

Seandainya rossi mau bersabar melayani permainan marquez, tentunya balapan akan lebih menarik. Seperti yang ia lakukan dulu saat masih jaya.

Matarantai ke-6

Rossi sengaja melebar (keluar dari racing line miliknya) untuk mendorong marquez lebih lebar lagi. Manuver rossi ini sangat mebahayakan, dan pada akhirnya terjadilah clash antara ia dan marquez. Seperti yang dinyatakan sendiri oleh rossi

“…saya mencoba sedikit melebar di tikungan tersebut..”, atau pernyataan ini

When I go wide, wide, wide, I slow down, we almost stop and I look at him to say, “F**K, what the f**k are you doing?”

Seandainya rossi tetap pada racing-line nya niscaya clash tidak akan terjadi

Matarantai ke-7

Gerakan kaki rossi mengenai stang dan handle rem motor marquez. Rossi menyatakan tidak menendang, dan hanya sebagai reflek karena merquez menyentuh kakinya.

After we touch and he touched with his handlebar on the right on my leg, and I lose the foot from the foot peg, but if you look at the image from the helicopter it is clear that when I lose the foot from the footrest Marquez had already crashed.  So I don’t want to kick him.

Marquez mengatakan bahwa kaki rossi menekan  handle rem depan dan ban depan, sehingga rem depan mengunci, sehingga ia crash.

Then he was there with a straight bike and what I didn’t expect was him to throw the leg and catch my handlebars and front brake. Then I locked the front. 

Seandainya tidak ada pergerakan kaki rossi (menendang/refleks/ dll) kemungkinan besar marquez tidak crash. Karena hal seperti itu (sedikit sentuhan) sudah sering dialami baik oleh marquez maupun rossi tanpa terjadinya crash.

Kenyataannya crash telah terjadi, opini yang berkembang menyatakan bahwa marquez melakukan perbuatan tidak sportif namun legal. Yaitu mengajak rossi “bermain”, sementara rossi menganggapnya sebagai penghambat. Sedangkan rossi dianggap telah melakukan tindakan ilegal, karena dengan sengaja berusaha membuat pembalap lain melebar. Mengenai sinyalemen kaki rossi menendang marquez, tidak masuk perhitungan rd (???).

Dan untuk mengahiri kontroversi pada kasus ini, perhatikan pernyataan Lin Jarvis berikut :

” So whilst, if you analyse the race in details today and you study every move that Marc did, there was nothing illegal about any single move, but I think you have to see the bigger picture and you have to question the motivation of the style of race and the way and the attempt of Marc to clearly disturb Valentino to the maximum. Finally that resulted in an overflow of frustration by Valentino and that boiled over and he made a move that was an incorrect move by taking Marc out to the side of the track. Then unfortunately Marc deicide to turn in hit the leg, that caused an incident and Marc fell off.

I am very sad that the incident resulted in the crash of another rider. I think that Valentino was found, shall we say, the one in the race that did a manoeuvre that was not legal. This was finally the result and that’s why he was penalised.”

Terjemahan versi google translate

Jadi sementara ini, jika Anda menganalisis balapan pada rincian hari ini dan Anda belajar setiap langkah yang Marc lakukan, tidak ada satu langkah apapun yang ilegal, tapi saya pikir Anda harus melihat gambaran yang lebih besar dan Anda harus mempertanyakan motivasi dari gaya balap dan cara dan upaya untuk Marc jelas sangat mengganggu Valentino. Akhirnya yang mengakibatkan Valentino frustrasi memuncak  dan mendidih dan ia membuat langkah ini adalah langkah yang salah dengan mendorong Marc keluar ke sisi lintasan. Kemudian sayangnya Marc memutuskan untuk memasuki tikungan sehingga menyentuh kaki (Rossi), yang menyebabkan insiden dan Marc jatuh.

Saya sangat sedih bahwa insiden tersebut mengakibatkan kecelakaan pengendara lain. Saya berpikir bahwa Valentino terlihat, akan kita katakan,  telah melakukan manuver yang ilegal dalam perlombaan. Ini akhirnya karena itulah sebabnya dia dihukum “.

Kemudian perhatikan pernyataan MotoGP Race Director Mike Webb

Despite what Marquez said we think he was deliberately trying to affect the pace of Valentino. However he didn’t actually break any rules. Whatever we think about the spirit of the championship, according to the rule book he didn’t make contact. His passes were clean. He rode within the rules.

“Valentino reacted to what he saw as provocation from Marquez and unfortunately his reaction was a manoeuvre that was against the rules. It’s irresponsible riding, causing a crash. So he’s been penalised for that. We believe the contact was deliberate. He says he did not want Marquez to crash, but he did want to run him wide.”

Terjemahan versi google translate

Meskipun Marquez mengatakan yang kami pikir dia sengaja mencoba untuk mempengaruhi laju Valentino. Namun ia tidak benar-benar melanggar aturan apapun. Apa pun yang kita pikirkan semangat kejuaraan, menurut buku peraturan dia tidak melakukan kontak. Melewati nya dengan bersih. Dia berkendara masih berada dalam aturan.

“Valentino bereaksi terhadap apa yang dilihatnya sebagai provokasi dari Marquez dan sayangnya reaksinya adalah manuver yang melanggar aturan. Ini cara berkendara yang tidak bertanggung jawab, menyebabkan kecelakaan. Jadi dia telah dihukum untuk itu. Kami percaya kontak disengaja. Dia mengatakan dia tidak ingin Marquez crash, tapi ia (rossi) menginginkan dia (marquez) melebar”

 

Harusnya kasus sudah clear meskipun fbm tidak puas dengan hukuman yang ringan tersebut. Begitu pula dengan fbr yang merasa hukuman tersebut tidak pantas diberikan rd kepada rossi, karena penyebab utama kejadian tersebut adalah marquez.

Perbedaannya marquez menginginkan cknflik ini selesai sampai disini, begitu pula fbm nyantai saja, karena memang tidak akan berpengaruh. Sebaliknya pendukung rossi masih tidak terima dengan keputusan rd. Karena keputusan ini seperti mengubur impian rossi dan juga fbr untuk rossi meraih gelar juara dunia.

marc vs rossi

Seperti yang juga dikatakan rossi :

Sekarang, peluang kami dalam persaingan juara di Valencia dengan Jorge Lorenzo akan sangat sulit,”

Pendukung rossi (tidak semua) ngotot untuk membatalkan keputusan rd, seakan-akan ingin mengatakan rd tidak adil, atau rd ngawur dalam memberikan pinalti kepada rossi. Sampai-sampai muncul petisi ini

petisi dukungan buat membatalkan pinalti rossi

Sekarang kita sudah tahu, mana dari fbr dan fbm yang tidak menerima keputusan rd.

Itulah yang bisa ane sampaikan mengenai sebab-musabab terjadinya clash dan crash di sepang kemarin, beserta implikasinya. Lebih kurangnya mohon maaf, yang mau nambahin silahkan.

Semoga bermanfaat dan membawa kedamaian antara fans rider motogp di tanah air. Wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

Advertisements

$where = 0;

71 responses to “[MotoGP] Mata Rantai Penyebab Clash and Crash di Sepang

  1. sudah , ndak perlu berandai-andai lagi,

    jika dst, dst

  2. dan org-org yg berkepantingan telah berbicara,

    moto gp tetep akan hidup walu tanpa vr, mm dst,

    selalu ada regenerasi

    f1 juga tetap hidup tanpa schumi

  3. padahal banyak kamera yg dipasang di motor (depan/ dashboard/belakang/dllst) , harusnya ada lah yg memperlihatkan posisi angle handle bar mm atw kaki vr, tanya kenapa?

    • ente benar. Coba camera di dash board dinyalain ….. atau di belakang buntut motor rossi dan Mm. Jangaan ngandalin camera heli atau darat sajaaaa.

      Kayake kagak bakal berani tuh.. ekekeke.

  4. entah apa isi kepala
    org2 yg mendukung petisi tsb
    org salah kok dibela
    otak org indonesia sebagian
    udah dicuci abis dan di isi
    oleh rasa fanatisme berlebihan
    sehingga yg hitampun bisa
    nampak putih dimata mereka
    rossi seolah2 tdk pernah salah
    dimata mereka

    rossi sering ‘mempermainkan’ lawan
    ketika hal yg sama diperagakan marq
    dia malah protes
    munafiqun itu namanya

    org2 yg mendukung petisi ini
    seandainya rossi cuci kaki
    yakin dan percaya air cucian kaki tsb
    pasti akan diminumnya

    • ini mahluk fanatik honda sok ikut nimbrung

      ini lagi perebutan juara DUNIA 2 pembalap YAMAHA

      engga marq engga fbh sama2 RUSUH

      :v

    • Warga Indonesia di Kalimantan Barat

      Kepalak kau peang, komentar tak senonoh, enyah kau dr muka planet ini.

      Saye bangse Indonesia. Ngape kau ngomong macam tu. Sinik kau ke Pontianak, makanlah kau ni paling hebat sedunia.

      Analisis di naskah yg panjang di atas dah netral, usah nak kau hinekan agek bangse Indonesia.

      Cobe kau tengok dugaan permainan di MotoGP, panitia bermarkas di Spanyol, anggota panitia banyak warga Spanyol, pembalap Spanyol juga banyak.

      Casey Stoner pon pernah protes, Ia nak harapkan pembalap di luar Spanyol dan Eropa pada umumnya, dapat perlakuan yg sama dlm peraturan. Mangkenye die tu pensiun lebih cepat di usia belum berkepalak tige.

      Wajar pendukung Rossi ataupun Marques marah. Bagi dunie berite itu baik pon, jadi banyak berita2 didedahkan, rating tv pon naik.

      Usah2 bawak2 Indonesia lor, fikir lok ape2 yg dah kau persembahkan ke negaramu. Hidup kau tak bahagie kew? Merajok dengan siape kau? Dgn seluruh warge Indonesia? Biadab kau nyalah2kan kamek yg warge Indonesia. Malas nak layan kau. Bom jak Pontianak klo kau tak suka, kamek warga Indonesia!

  5. Wih ternyata ada udah ada karungan komen diblog ini. Any kuesyeeeenn? Ngahahahahaaha

  6. mm dendam sama rossi…
    1. dicungkil ban depannya
    2. waktu di last lap rossi ambil jalan pintas
    3. record juara lima kali berurutan sudah musnah….

  7. Kalau pmbalap lain pasti udah diblackflag…

    Tragedi Rossi VS Marquez: http://wp.me/p1eQhG-1q8

  8. saya setuju om gokil dg analisa nya…..yg g setuju itu fanatisme berlebihan.biasa aja….nonton motogp itu hiburan.g ada rossi pun sbnr nya g mslh,wong rossi jg manusia biasa.yg suatu saat juga pensiun…..

  9. Mantap analisanya
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor manual di Google play Gan
    https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.application.servismotorkopling

  10. tendangan kick sikil

    dah jelas rossiyem salah….!!!
    titik!!!!!!!!
    dpt ganjaran penalty!!!!!!!!!!!!
    juosssszsz!!!!!

  11. Jl gak tau trimakasih ,kalau bukan karena vr mungkin yang berpeluang jurdun tahun mm

  12. Dari mata rantai itu sekarang jadi tau juga kenapa marquez seperti itu. Karena ulah rossi juga kan pada awalnya? IMHO

  13. intinya, ke 2 pembalap sama2 salah dan tidak sportif, tp bedanya tindakan marc legal, sedangkan rossi illegal.. dan memang kita nggk bisa nyalahin salah satunya.. marc berbuat seperti itu juga pasti ada alasannya.. entah karna dia dendam atas beberapa tragedi di motogp 2015 dg rossi, atau karna psy war yg diungkap rossi.. tp kalau tujuannya mau bantu lorenzo, kliatannya itu kagak.. soalnya, mlihat hubungan ke 2nya 2 tahun belakangan terlihat kagak akur juga sih.. jd mnurut ane klakuan marc kyk gitu antara marc dendam sm rossi atau kalau nggk ya marc bener2 dongkol sm psy war rossi.. sedangkan rossi tersulut emosinya.. dan membuat semua impiannya jd jurdun hampir sirna.. andaikan rossi melayani permainan marc smpai akhir.. masih ada harapan buat untuk rossi jadi jurdun.. karna dia bisa berjuang habis2an saat divalencia…
    semoga atas kejadian ini ke 2nya sama2 mndapat pelajaran.. untuk marc smoga lbh bisa menhan egonya dan untuk jangan membawa2 masalah pribadi pada saat race.. dan untuk rossi semoga kedepannya bisa lbh sabar dan bisa mengendalikan emosinya..
    dan yang paling penting dari semuanya adalah, semoga ke 2nya cepet akur..

  14. 1) “Seandainya rossi mau bersabar melayani permainan marquez, tentunya balapan akan lebih menarik. Seperti yang ia lakukan dulu saat masih jaya.”
    Sabar gimana orang Lorenzo udah ngacir di depan, masa mau ngeladenin Marquez? Kurang kerjaan apa fight sama pembalap yang ga masuk hitungan jurdun..?
    2) Setelah Qualifikasi hari Sabtu diadakan Press Conference dimana Rossi berharap semua membalap dengan balapannya sendiri. Dan itu didengar oleh Marquez.
    Tapi memang orang kalo sudah menyimpan dendam, dia akan melakukan apapun untuk menjegal orang yang sedang memimpin klasemen. Itulah Marq Marquez.
    IMHO.

    • itu Lin jarvis sadar MM ga melanggar apapun
      mike webb uda bilang dugaan terhadap MM hanya dugaan
      terakhir VR sendiri ngaku: iye itu gua yg lakuin
      nah elu kok khutbah telat begini
      kan jadi ktahuan lu mihak ke siapa, meski scara nick name nama elu seolah netral
      motogp_mania , moto gp mania nonsense

      • Secara teknis memang nonsense. Tapi secara psikologis/kejiwaan ada sesuatu yang ngga semua orang bisa mengerti itu. Itu menyangkut motivasi, yaitu tujuan dibalik tindakan seseorang. Rossi udah tahu duluan sejak di Australia. Cekidot lagi balapannya, Bro.

        • seharusnya rossi sadar sdh ngga kompetitif..
          klo memang dia sadar..tgs dia tahun ini/race 2015 jegal marc jangan sampe bikin hatrik jurdun gp ..jadi ngelebar kan .. tgs rossi berhasil tahun ini.. sambil nyelam minum air klo bisa jurdun kenapa ngga..?? di saat sdh ngga kompetitif + ambisi pribadi bisa bikin rekor baru..kenapa ngga..??
          soal data balap marc dr tahun lalu rossi sdh punya.. kenapa baru di publish saat race di philip island..??

    • Mewek mewek dah lo….cuciaaan ihik ihikzzz

  15. Dele regane larang

    Tuas rem tertekan kaki rossi dan ban depan ngunci. bukanya udah ada pengamanya, dari mana bisa tertekan. pengaman itu ada setelah kejadian yg menimpa gibernau dan capirex yg njungkel gara2 rem tertekan.

    • Nah ini… Ada penjelasannya?

    • ngak menyebaken ngunci,

      tapi motor jadi oleng,

      kita kalu lagi boncengin org, trus yg bonceng bergerak, betulin posisi duduk,

      motor agak goyangkan,

      si mm khan lebih cepet pada saat itu, dan kaki vr reflek kena mm, otomatis motor goyang dan jatuh

      cmiw

      • Dele regane larang

        lha ini bisa diterima penjelasanya. kalopun sampe tuas rem tertekan oleh kaki rossi pasti ada datanya yg direkam oleh brembo. dan seperti apa yg dikatakan oleh om Matteo kaki rossi bergerak setelah helm mark bersentuhan dengan lutut rossi baru kaki rossi membuka. jadi bukan bergerak sebelum bersentuhan atopun bergerak tepat pas terjadi sentuhan.

      • Gaya2 yang berlaku di saat posisi merrka menikung dan jika ada gaya tambahan yang mana yang lebih dirugikan? Minta penjelasan bapak dosen mungkin dia mengerti

        • gini om, pas bln puasa 2 thn lalu, pas algi hujan pula

          saya bonceng motor temen.

          motor kita berhenti pas ada angkot mau berhenti,

          kita ambil kanan tanpa liat spion lagi,

          pada ssat bersamaan dari belakang ada motor melaju kenceng, kena spion motor kita,

          tuh motor oleng trus jatuh, didepan kita

          untung dibelakang sepi,

          • ga bisa disamain lah om speed motor bebek/matic/sport lokal ama motoGP..
            ane menunggu penjelasan pak dosen aja, dia seharusnya ngerti kecepatan berapa, gaya yang terjadi apa saja dan bila ada perubahan gaya siap yang lebih keras menerima efeknya. ditunggu penjelasannya om dosen

          • akakakaka

            motor motogp disamain motor harian

            ukuran ban, kapasitas mesin aja beda

            n traksi pun pasti beda

            emang lu kira motor motogp oleng nya gampang apa?

            wktu di philip island aja iannone motor nya nabrak burung smpe fairing nya ancur ga jatoh

            padah pas nikung loh nabrakny

            #mikir

          • burung itu beratnya brp?

            trus motor brp?

            jelas motor ian ndak oleng, wong yg kena helm,

            in khan kakai rosi tdk sengaja kena motor mm yg lagi kenceng, dan berat motor sama-sama .

            kalu motor gp ngak gampang oleng,

            ngak mungkin banyak pembalap jatuh ,

          • motor harian vs motor harian, berat 11-12

            motor gp vs motor gp, berata11-12

            siapa yg menyamaken dgn moto gp?

            apa saya bilang motor kita yg ketabrak vs motor gp yg nabrak motor kita?

            coba dicek lagi

          • hah? helm?

            tuh burung langsung nabrak fairing depan sebelah kanan iannone lohh

            apaan yg helm

            ckckckck dr situ aja ente udah ngawur

            ya tapi ga samain sma motor harian juga keles

            sekarang emang sama traksi antara ban cacing dg ban battlax ?

            ckckckckc

        • nah si mm khan kondisinya lebih kenceng dari vr pada saat itu, yach yg mental si mm lah

    • saya tambahin lengkapnya..berarti marq??

      Marquez mengatakan bahwa kaki rossi menekan handle rem depan dan ban depan, sehingga rem depan mengunci, sehingga ia crash.

    • Rekaman video dr kamera di masing2 masing motor kagak ada(mungkin sudah duhapus darno) ..jadi gak bisa buat patokan mana yg bener mana yg salah ..tp intinya rossi membuat markes out wide ..itu ILEGAL ..

    • tuas pengan rem depan moto gp itu kecil banget..ngga full nutup seperti super moto..masih ada peluang tertekan dr arah depan..

  16. kalopun ga nendang,,tetap aja tindakan sengaja mendorong marc keluar racing line bhkan track tidak dibenarkan RD bro..ane ga mndkung tindakan provokasi marc..tp mgkn saja dy mau membuktikan,bahwa ini lho yang namanya menghambat.bukan sprti yg di phillip island itu,yg diutarakan rossi di hari kamis.kalo di sepang vr ttep duel dg marc,trus kalah(terhormat).dpt posisi 4.slisih poin ama JL jd 4 saja.tp msh bisa battle di valencia dg pluang jurdun lbh gde drpda start dr back of the grid.peace..

  17. atau jangan2 nggak ada fbm,yg ada adlh fbh 😀
    rosidin telah di nyatakan bersalah.tindakannya ilegal,tapi rossi adalah rossi..yg akan tetap mendapat banyak simpati publik justru marq yg saya bilang bunuh diri(jika kejadian tersebut memang benar2 alami bukan skenario yg di buat pihak tertentu).ingat rossi ingat zidane,ingat marq ingat materazzi 😀 silahkan cacatt

    • –ingat rossi ingat zidane,ingat marq ingat materazzi 😀 silahkan cacatt–

      ini komentar apaan? wkwkw
      analisa dangkal
      ga ada korelasi,
      hipotesis pating pcotot kok diupayakan untuk dianggap benar

      lu baca ulang tu artikel
      ga paham juga, ya ulangin lagi sampe lu paham
      sini gua bantuin lu biar ngerti.
      -Lin Jarvis yg jelas orang yamaha bilang MM ga nglakuin hal ilegal, malah FBY dan locicumi disuruh liat -gambar yg gedean- :p (secara komprehensif)
      – Mike webb yg jelas2 bicara berdasar buku panduan -ga kaya FBY-locicumi yg asal jeplak-juga bilang, dugaan hanyalah dugaan.
      -bahkan si VR 46 sndiri ngaku : iye itu gw pelakunya

      nah ini malah epilepsi,
      udah gitu ngajak orang lain biar bisa epilepsi secara kolektif segala. kan pathetic

      belum lagi petisi petisi,
      lu kata smua penyemplak yamaha suka rossi?
      hipotesis nol dan prematur kaya model komentar lu ini,
      -kebenaran nya masih relatif (referensi jg ga jelas)
      -namun asal njeplaknya itu sudah mutlak
      sangat berpotensi ditolak ini mah klw model bgini

      • hihihi kalo pinter ngapain ngatain orang?
        yg bilang tindakan rossi legal siapa?ada sya nulis gitu?ingat tendangan maut ingat sundulan maut..ingat penalti point ingat kartu merah..ingat gagal juara world cup ingat…?eh belum ding.salahnya dimana?ngilang dulu serem liat orang pintar 😀 clingg

    • yg fans moto gp banyak om,

      fbr juga banyak, terhdapa fbr mungkin bunuh diri,

      terhdap fans moto gp bisa tidak

    • 😀 kata om gokil yg panas yg ga terima kan cuman fbr,kalo fbm mah adem..lha ini langsung nyamber kaya kompor mbleduk 😀 ingat marq ingat materazzi kaborrrr 😀

      • fbh mah gitu

        padahal yg juara yamaha semua

        eh yg kepanasan mlah fbh

        :v

        • @Ghost
          Bro kalau mau nyales jangan disini ,iya memang Yamaha juaranya ..tp yg jadi bahasan bukan itu .makin keliatan Dungunya ente ..ente sering tereaak fbh dungu ,sales ,dll ..padahal klo ente ngaca itu udah yg di dlm kaca udah sm persis kaya sales pinggir jalan..

          • nyales ?

            emang gue lagi tebar keunggulan yamaha apa?

            faktanya kan gitu coeg

            sensian lu ah mentang2 hondut 2015 jadi AMPAS

            :v

          • sambel goreng

            Laahh lo bawa bawa yamaha buat apa ..
            Memangnya lagi bahas yamaha ?lyg dibahas clash GP sepang antara 46vs93 .knp ymh dibawa bawa ..itu namanya apa kalau bukan sales .

          • lah lo kira rossi sama lorenzo pembalap siapa? honda?

            perebutan juara dunia pembalapnya dari yamaha

            salah?

            ckckckckc

            sekarang jelas kan kenapa fbh gue sebut DUNGU

            :v

  18. MM mencoba membuka mata kita. Bahwa di era rossi, bukan entertain yang disajikan. Tapi mempermainkan pesaingnya. Karena menyadari skil dan kemampuan motornya. Maksudnya jelas agar persaingan perebutan juara 2 dan seterusnya merata sehingga secara perolehan poin bisa ngacir duluan. Hal itu legal dan itu dipelajari dengan baik oleh MM walaupun cara-caranya sesikit fulgar. Tp begitulah…. Guru kencing berdiri,murid kencing terbang. Apa yang dilakukan VR jelas banyak ditiru MM.

  19. Kupas dr komentator wak haji..
    fans motoGP on October 27, 2015 at 11:47 am
    sebagai penggemar motoGP, saya coba objektif:
    1. Dari Sisi Marcques
    kalau dilihat dari sisi marc, terlihat dia punya
    semacam”dendam” yang dipicu peristiwa di GP
    Argentina dan GP Belanda, sebetulnya itu bisa sedikit ia
    redam, tetapi tuduhan Vale terhadap Marc tentang
    balapan di GP Australia menyulut amarahnya, Di GP
    Malaysia kemarin Marc dengan sangat jelas
    mengganggu atau menahan pace balap Rossi dan saya
    tidak melihat marc melakukannya di GP Australia.
    Perilaku Marc sebagai bentuk kekecewaan yang sudah
    amat sangat, bahkan Marck sempat memberikan kata
    umapatan F***k pada Roosi dan apakah mungkin
    hanya untuk membela Lorenzo dia sampai berkata
    demikian pada idolanya tanpa di dasari sakit hati.
    2. Dari Sisi Valentino Rossi
    Valentino Rossi adalah pembalap yang selain memiliki
    skill yang hebat, dia juga memiliki kecerdasan dalam
    hal memanage balapan baik didalam atau diluar track
    (pantas ia disebut The Doctor). Salah satu yang menjadi
    senjata Vale adalah pernyataan-pernyataannya diluar
    lintasan yang sering ia manfaatkan untuk mengganggu
    konsentrasi dan emosi lawan, namun kali ini ia lupa
    yang dihadapi adalah Marc, pembalap muda dengan
    talenta yang mungkin tidak kalah dengannya yang telah
    menyimpan kekecawaan sebelumnya. Valentino Rossi
    pun hilang kesabaran. Ya itulah ada pepatah “Lidah
    Lebih Tajam dari Pedang” dan harusnya Vale lebih
    berhati hati. Jika pernyataan itu tidak terlontar darinya
    mungkin marc tidak semarah itu.
    Opini saja, ada yang mau menambahkan………
    Reply
    slamet on October 27, 2015 at 4:39 pm
    Naahh ane suka sm ini komen
    Trs yg soal JL marah2 ke RD dikarenakan dia lagi
    berebut jurdun sm VR makanya gak terima VR
    dihukum ringan..

  20. Rosi bukan malaikat,,mau sengaja,atau tidak sengaja setiap kesalahan pasti ad sanksinya,kalo tidak,,mending gk usah buat aturan…
    gk ad anak mas..

  21. sebenarnya smua ini terjadi karena kedua pembalap yamaha sama sama hebat….

  22. race valencia mendatang
    rossi aja dgn lorenso yg balapan
    rider lain cukup duduk dipinggir lintasan
    menikmati balapan sambil minum2 kopi
    itu kan mau rossi

    dan para fbr dirumah duduk santai
    menikmati segelas air cucian kaki rossi

    kirain cuma jokower yg bodoh
    ternyata fbr lebih parah
    iq nya udah pada minus

    any question ???
    nguehehehehehe

  23. Pingback: Mata Rantai Penyebab Terjadinya Crash Rossi VS Marquez di Sepang : Jejak Tinta

  24. pengaman rem itu kecil banget..tugasnya cuma safe saat motor jatuh.. pengaman rem ngga full nutup seperti di super moto..jangan di samain..
    masih ada celah..kurang lebih 15 cm …kaki rossi yg kurus masih bisa masuk tuh..!?

  25. Klau rossi nendang handel rem apa bs itu terjadi?bukannya handel rem kanan ada pelindungnya sebagai antisipasi bl antara pembalap berdekatan yg beresiko kena handel rem…
    Bgaimana menurut pak dosen?

  26. sbnere rosi gk nendang. Dia reflek ngangkang krna kesundul markes.

  27. “…Secara terbuka dia menyerang Marc dan menurut saya dari situlah rangkaian insiden Sepang. Semakain menjadi-jadi setelah isu sebelumnya di Argentina dan Assen. Saya tak tahu apa maksud Valentinoo mengumbar hal itu dan membuat ketegangan. Kalau menurut saya, sebaiknya ditunggu sampai seri Valencia berakhir untuk memasalahkan hal tersebut,….” Giacomo Agostini

    http://maniakmotor.com/index.php/moto-gp/10199-motogp-2015-pasca-sepang-jelang-valencia-agostini-minta-lorenzo-tak-ikut-bacot

    dedengkot motogp aja tau, siapa yang mulai menyulut perseteruan.. padahal yang dituduhkan oleh vale belum tentu benar adanya..

  28. bubur sudah menjadi nasi

  29. kita tunggu saja seri selanjutnya.

  30. Mata rantai blog mm. Ekekek

  31. motoGP 2015 anti klimak, JL juara gak ada pertarungan, rossi juara juga tercoreng kejadian sepang.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan