[MotoGP] Paket Rider+Motor Tim Repsol Honda Semakin Baik, Ancaman Bagi Yamaha ???

in corner

 

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Tidak bisa dipungkiri bahwa semenjak Marc Marquez menggunakan sasis versi 2014, penampilannya semakin baik. Penampilan di race sebelumnya mulai dari Qatar sampai Catalunya cukup kacau, kalau tidak bisa dibilang berantakan. Bagus di kualifikasi akan tetapi turun posisi saat balapan, bahkan 3 kali DNF. Tetapi semenjak menggunakan sasis lama MM berhasil naik posisinya pada saat race dibandingkan kualifikasi, bahkan mampu mencetak fastest lap saat race. Berikut ini catatan kecil kondisi MM saat kualifikasi dan race.

marquez performance motogp 2015

 

Dari tabel ini (separuh musim) terlihat bahwa dalam masalah menciptaan fastest lap, MM masih juaranya. Akan tetapi karena masalah diri MM (emosi) dan juga sasis yang kurang cocok, menjadikan performa MM berantakan. Dan setelah menggunakan sasis 2014 mulai dari race di Assen, justru performa MM semakin baik. Selain mampu meningkatkan posisi juga mampu menciptakan pemecahan rekor fastest lap. Jika MM dan tim repsol honda mampu menjaga kondisi ini terus di race paruh musim berikutnya, dengan posisi Marc Marquez-1 dan Dani Pedrosa -2, maka tidak mustahil juara dunia bisa dipertahankan.

Apakah kondisi ini merupakan ancaman serius bagi tim pabrikan yamaha (VR dan JL) dalam merebut gelar juara dunia tahun 2015 ini ?

Jawabannya tergantung, bisa iya bisa tidak. Kalau mereka (tim repsol honda) tidak menerapkan team order, tentunya pekerjaan tim pabrikan yamaha lebih mudah. Karena MM harus bekerja keras sendiri tanpa bantuan DP, jika ingin mempertahankan titel juara dunianya. Jadi baik VR, DP maupun JL menjadi musih bersama bagi MM. Sehingga dengan adanya DP justru akan lebih mudah menahan gempuran MM.

Akan tetapi jika DP menerima tawaran team order, maka DP akan berusaha menghalangi VR maupun JL untuk mendekati MM. Sementara MM kabur untuk membagun gap yang cukup besar, Jika gap dirasa sudah mencukupi dan DP sudah kewalahan, barulah JL dan VR dilepas.

Jadi meskipun performa Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo sedang bagus-bagusnya, kombinasi MM-DP juga perlu dipertimbangkan. Jika mereka lengah, saling menjatuhkan (bersaing keras), atau bahkan jatuh (DNF) maka peluang mereka untuk merebut gelar juara dunia semakin berat. Tapi justru hal ini akan semakin mengasyikkan bagi penikmat motogp, karena akan terjadi persaingan sampai ahir race di Valencia.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

32 Komentar

  1. Jk VR atau JL tdk jurdun sprtnya mustahil, gap poin MM dg kduanya yg sangat jauh dan race trsisa 9x,,jk trnyata MM bisa jurdun pastinya ada kesalahan baik VR maupun JL,,stdknya ada yg aneh krn mereka punya skill dewa kok trkejar, gk mngkin bisa trkejar poinnya oleh MM..

    • Logis bgt, jk VR n JL gk juara dunia dg poin gap sgt jauh dan skill dewa, ada yg salah disini yg saya tangkap kesalahan brarti pada motornya, klu ksalahan krn cuaca itu diluar kuasa kita. Selama motornya gk lemot lemot amat bisa podium terus meski gk no 1. Cukup konsisten no 2 rossi jurdun dg catatan lorenzo dibelakang rossi..

      • eit jangan lupa,
        kliru milih ban juga mengakibatkan MM dan fans MM skaligus FBH berhak ngucap salam ktinggalan 3,xx detik ke Rossi dan FBY sejagad raya
        ngoa ha ha ha

  2. Dg chasis 2014 berhasil mengatasi problem yg dihadapi marquez pada seri2 sebelumnya. Yaitu torsi dari engine braking yg terlalu besar. membuat ban belakang sering slide tdk terkontrol sewaktu mengerem kuat utk masuk tikungan. Selain membuat motor melebar ke sisi luar (overshoot) di tikungan, jga memberi efek pd tumpuan ban depan yg berlebihan yg akhir nya cepat menipis.

    Karena ada aturan engine freeze. mesin gak boleh di utak-atik/ modifikasi selama musim balapan. cara lain dg merubah setting komputer, tpi ternyata belum hilang sepenuhnya. Kemudian penggantian chasis lama yg lebih flexible dri chasis 2015. dan akhirnya bisa memberi efek yg cukup siknifikan. marquez kembali ke performa balapnya.

  3. Dengan kembali ke top level, marquez berpeluang jdi juara dunia. walaupun rossi berpeluang lebih bnyk dg basis angka yg diperoleh skrng. Dg rossi me maintain di posisi 2 sampai akhir seri sdh cukup. tpi memang gak mudah. karena lorenzo pun akan fight dg rossi to the end.

    Jga pedrosa yg udh pulih lgi tangan kanannya, bisa menjegal rossi dg menekan di posisi 2 di tiap balapan.

    Semua punya kesempatan. tapi kembali ke balapan yg gak bisa di pastikan. Kadang berubah dari rencana karena problem yg muncul.

    • mbok kalau mau perdalam topik spesifik itu sesekali buka rfrensi artikel asing, crash.net misalnya,
      jangan yg skedar asal brtelur komentar smbarangan bgini,
      kliatan utek ente ga jauh2 isinya dgn pantat yam yg ngluarin telur. :v
      itu chassis yg dipake 2015 adalah bagian dari langkah pngembangan utk mnyambut musim 2016,
      Honda prepares for that earlier, kaitan lebih advance lagi utk mix and match dgn rncana pnyeragaman prangkat Electronics.
      nah perkara jika belum match sama rider, it has nothing to do dgn apakah si engineer kerja apa engga, mreka dibayar utk melakukan tugas, ada jobdesc. nya.
      satu hal yg pasti,
      engineer2 honda itu sekian kali lipat jauh lebih cerdas dari ente,

  4. ane sedikit pesimis sama vr jurdun tahun ini….
    jl ngotot om…. udah jelas jelas jl mulai keteteran ngejar mm, malah ngalangin vr ngejar mm….
    padahal kalo jl mau “membantu” vr sangat mudah buat jurdun…
    mungkin krn vr italiano, sedangkan mm, jl, dp spaniard….
    ane ngarep yamaha ganti jl dgn dovi atau italiano deh biar seru balapannya…
    hrc kalo ga team order kecil kemungkinan mm bisa jurdun berturut turut….

    • masalahnya peluang jl dan vr bisa dibilang sama bro, jd g mnkin peluang yg ada di lepas bgtu ja sma jl dan ini mnjdi sebuah dilema di tim ymh, bda dgn tim honda, jrk poin antarA mm sma dp lumayan jauh, jd g da untungnya buat dp merusak peluang mm dan tim ntk mncapai target maksimal taun ni

  5. tuh dah kong kalikong dorna biar seru… sebenerx honda hanya uji coba untuk musim depan. mungkin saja rangka uji coba ini tambah power lebih besar tambah ban michelin handlingnya lebih pas. coz selama ini semua pembalap banyak yang ndlosor pake ban michelin. umur MM masih muda, HRC masih punya waktu panjang untuk memanfaatkannya. contoh setingan rossi (dulu) n stoner yang masih dipercaya dan dikembangkan.

    • kliatan nya yahaha pinter,
      eh Shuhei lebih cerdik,
      posisi kedua rider Y , canggung.
      bener tuh VR ambisi kejar yg ke 10 JL jg ga mau lepas gitu aja
      beda cerita jika VR JL slisih hinggan 25 point
      Team order mungkin akan bikin mata mereka & tim mudah silau :v
      IMho

    • saya kira siapa ceras siapa cerdik segera memudar,
      seiring dgn mulai mengerucutnya kandidat siapa yg akan jadi jurdun brdasarkan point dan progress
      -konsistensi baiknya performa- di setiap race

  6. Ngebantu fbh dikit ah.
    Ngoahahaha teknologi yamaha taun ini kalah ma teknologi honda taun kemaren.

    Fby jgn marah2, ingat puasa. Ngoahahahaha.

  7. om gokil. di artikel om taufik ada cara kerja dohc rra untuk new cb sama sonic. tolong di perjelas dong om. bener gak kinerja mesinnya kayak yg ada di artikel tersebut

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan