Aplikasi Valve Spring (Per Klep) Ganda, Apa Mampu Meningkatkan Performa ??

double valve spring

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Beberapa hari yang lalu, IWB sempat membocorkan per klep (valve spring) untuk cs1 reborn, yang terdiri dari sepasang per (kecil dan besar) untuk tiap-tiap klep nya.

K56A_valvespring

Jadi total seluruh per klep nya ada 8 buah. Tentunya menjadi pertanyaan, apa untungnya menggunakan per klep ganda ini, dibandingkan dengan per kelp tunggal untuk setiap klep ??? Ternyata nggak semua orang tahu, apa pengaruh penggunaan per klep ganda terhadap performance.

Yang pasti ada untungnya, terkait dengan sifat alami per baja yang digunakan. Kalau tidak ada keuntungannya, ngapain pasang per klep lebih banyak, cuma menambah cost produksi saja ?? Lalu apa dong keuntungannya ??? Mari kita diskusikan…

Kita semua tahu bahwa per klep digunakan untuk pengembalikan posisi payung klep agar kembali rapat, setelah sebelumnya terbuka terdorong oleh camshaft (bisa dengan perantara rocker arm atau tidak). Untuk menjaga agar rapat sempurna dan mampu bekerja pada putaran tinggi, maka per klep harus cukup keras. Akan tetapi konstanta pegas yang besar yang digunakan menimbulkan getaran pada per dan klep, akibat frekuensi alamiah yang dimilikinya. Selain itu juga terdapat beberapa getaran kecil akibat frekuensi harmoniknya, sehingga saat payung klep menyentuh seating klep, per klep beserta payung klep bergetar sesaat, kemudian baru klep tertutup sempurna. Akibatnya klep floating sedikit-sebentar dan terjadi kebocoran kompresi, selanjutnya performa turun.

Agar getaran tersebut “segera” mengecil dan klep berada pada posisi mantap, diam pada tempatnya, menutup lubang port dengan rapat, maka diberilah sebuah damper. Damper adalah suatu yang bekerja/memberi gaya yang berlawanan dengan arah getaran klep. Dan pada klep ganda ini, damper dikerjakan oleh per klep yang kecil. Per klep kecil juga bergetar, akan tetapi dirancang untuk mergetar melawan getaran klep utama (besar)

wave of valve springs

Sekarang mari perhatikan gerakan per klep dan klep pada mesin yang sedang bekerja

Terlihat bahwa klep dan perklep bergetar. Dan getaran klep besar/luar dan yang kecil/dalam tidak seirama. Hal ini akan mempercepat redaman getara klep tersebut, sehingga kompresi bocor semakin kecil dan performa akan meningkat.

Sesungguhnya penggunaan per klep ganda bukan barang baru, karena sudah dipakai di honda grand dan juga cs1. Kalau dilihat dari karakter engine-nya, kedua motor ini memang limiternya sangat tinggi. Selain itu keduanya menggunakan rocker arm. Jangan-jangan penggunaan per klep ganda ini khusus buat engine yang memiliki limiter tinggi dan masih menggunakan rocker arm, karena penggunaan per klep ganda tidak dijumpai di mesin generasi karisma, yang limiter nya lebih rendah.

Sementara sekian dulu, lebih dan kurang mohon maaf. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

37 Komentar

  1. ooo… jadi bukan cuma shogun yg pake pegas dobel… ternyata grand dan old cs1 juga…. hmmm….
    kalo mesin hi-rpm, kok dibilang limitnya 9500rpm ya om?

    thanx artikelnya om, nambah ilmu nih….

  2. lah mx gue aja dah pake triple spring valve… namanya jg motor dewa… hahaha . . . dewa mimpi..!!!

  3. Om iwan maaf nih keluar dari kontek, aane mau konsul, CB ane 1 minggu dah dipaanasi, pas td ane panasi idup bentar abis itu metong gk mau iduup. Distarter gak mau, diengkol ngeloss gitu kayak gk ada komrresi. Kira2 apanya ya…? Soalnyaa mau didorong ke bengkel lumayan jauh nih. Makasih sebelumna..

    • wah perlu dicek lagi
      – coba copot busi,
      – terus tutup lubang busi menggunakan jari telunjuk
      – diengkol sambil dirasakan, jika hisapan dan dorongan udara lemah 9dibandingkan cb lain), berarti memang kompresi bocor
      Kasus seperti ini biasanya klep macet atau bengkok. Kalau memang ini yang terjadi ya terpaksa harus turun mesin untuk ngelepas head nya

  4. Sbnrnya ane dh tahu Pak fungsi pegas dobel itu dr smasa kursus d HMTC Jaktim oleh gandoz tepepa ngoahahaha tp siplah buat pencerahan para fansboy n sales yg ga tau..
    Btw C70 ane thn ’76 udah pke dobel kq Pak,standar ting ting lho,grand prima revo dh pke smua,kbetulan dh prnah bongkar smua ngoahahahaha
    #ngakak gaya fansboy

  5. kira kira kalo diaplikasikan ke motor lain bisa ga ya om?
    misalnya ke vixion…. kali aja putaran atasnya lebih nendang….

    • Bang aku punya mtor mio 200cc ko limit di bagian atas nya ya . .? Iyah kira kira limit 150meter. Kesana nya mesin bunyi deng deng. Kaya pengapin yang udah ga sanggup lagi ngasih listrik. . Padahal kan cdi udah pake unlimit. Trus juga koil pake kawahara. Tolong yah bang kasih tau kendala nya di mana ..

  6. kalo untuk limiter tinggi kenapa CBR 250 juga pake part ini? kita tau sendiri cbr 250 itu limiter nya cuma 10.
    500an CIIMW
    kalo di liat dari konfigurasi nya yg pake rocker arm aapa enjine cs1 ini versi bore down dari engine cbr250? soal nya lumayan banyak beda nya loh dari enginge cbr150 series

  7. rocker arm tu bobotnya berat, energi kelembamannya akan menyulitkan pegas mengembalikan katup ke dudukannya. oleh karena itu digunakan per klep yang lebih keras. berbeda dengan valve lifter yang lebih ringan. energi kelembamannya tidak sebesar rocker arm, sehingga bisa digunakan pegas yang tidak terlalu keras. pegas yang tidak terlalu keras, getaran harmoniknya juga tidak sebesar pegas yang keras. makanya lebih efisien pakai 1 pegas. cbr 250 memakai rocker arm. cukup berat. ditambah bearing lagi (roller follower), tambah berat lagi. makanya perlu pegas yang lebih keras. untuk mengatasi getaran harmoniknya, dipakai dobel per supaya kompresi tidak bocor.
    per ganda juga meningkatkan jarak aman per ketika ditekan. misalkan pada panjang dan kekerasan yang sama, per tunggal memiliki jarak 20 mm ketika ditekan sampai mentok. sedangkan per ganda, karena lebih kecil diameternya, memiliki jarak 25 mm ketika ditekan sampai mentok. keuntungannya, per ganda lebih bagus/tahan terhadap lift yang tinggi. dipakai berjam-jam pada suhu yang tinggi dan kecepatan tinggi, per ganda tidak mudah melemah dibandingkan per tunggal.

  8. Bang aku punya mtor mio 200cc ko limit di bagian atas nya ya . .? Iyah kira kira limit 150meter. Kesana nya mesin bunyi deng deng. Kaya pengapin yang udah ga sanggup lagi ngasih listrik. . Padahal kan cdi udah pake unlimit. Trus juga koil pake kawahara. Tolong yah bang kasih tau kendala nya di mana ..

  9. mlm..
    mo nanya nih bang,, kalo mau aplikasi per klep kecil grand di mio apa aja y yang di ganti?? dudukan ama sil klep perlu di ganti g bang?? trus apa aja yang di rubah??

  10. lah, mesin minarelli dari tahun jebot pake 4 valve, rocker arm, sohc pula cuma pake single spring, limiter di 10500 rpm. belum yg terbaru pake vva + limiter 11500 rpm. apa mesin ini lebih balanced ya, sehingga tanpa per ganda pun tidak ada floating.

    buktinya lagi, yg versi balap udah bisa 30an PS + limiter 13000 rpm kalo gak salah. kalo ada floating sedikit apa pun, dijamin klepnya udah nonjok piston, 30ps dari 150 cc single cylinder sudah sangat2 ekstrim.

  11. Klo per klep honda grand diaplikasikan di mio 125 cc yg mesinnya masih standart,apakah bisa, soalnya rata2 mio 125 per klepnya lemah banget

    • “klo klep dan kepala piston menggerak”
      apa maksudnya berkerak karbon ?
      Kalau bisa dibersihkan nggak berlu diganti
      hanya saja perlu diselidiki dan ditelusuri penyebab kerak tersebut

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan