[TSND] Honda Sengaja "Membunuh" Mesin 2Tak. Mengapa ???

2stroke vs 4stroke

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Seperti halnya info umum yang kita ketahui bersama bahwa di “mati”kan-nya mesin 2tak dikerenakan beberapa kelamahan yaitu boros dan emisi gas buang tinggi. Dengan alasan inilah maka mesin 2tak dimatikan dan mesin 4tak dikembangkan. Karena menurut pabrikan mesin 4tak justru memberikan kelebihan yang merupakan kebalikan mesin 2tak, yaitu irit dan emisi gas buangnya rendah.

Akan tetapi mengapa dengan kelemahannya ini mesin 2tak tetap hidup dan diminati, serta terus dikembangkan di eropa ??? Sementara pabrikan jepang yang diprakarsai honda malah mematikan mesin 2tak dan gencar mengembangkan mesin 4tak. Padahal justru di eropa memiliki standar emisi yang sangat ketat, ada apa ini ??

Sesuai dengan apa yang telah ane ulas di artikel ini,  beberapa pabrikan di eropa berani menunjukkan bahwa mesin 2tak dapat menghasilkan tenaga lebih besar sekaligus lebih ramah lingkungan dibandingkan mesin 4tak. Dan ternyata masih sangat banyak rider yang menyukai mesin 2tak ini, karena beberapa karakter utamanya yaitu powerfull, ringan dan handal. Apalagi setelah ditemukan teknologi Controlled Auto Ignition (CAI) yang salah satunya adalah Radical Activated Combustion (RAC), maka mereka lebih cinta lagi terhadap mesin 2tak.

Akan ane tampilkan beberapa kelebihan mesin 2tak ARC dalam bentuk grafik dan perbandingan dengan mesin 4tak [1].

Power efektiv mesin 2tak DI lebih besar dibandingkan mesin 4tak (perhatikan luasan daerah yang berwarna biru)

effective power 4tak

effective power 2tak

Dari perbedaan power efektif ini maka menghasilkan beberapa turunan peningkatan performa mesin 2tak dibandingkan mesin 4tak, yaitu dengan volume silinder yang sama mesin 2tak DI lebih irit

fuel cosumtion 50cc

Dengan berat kendaraan yang sama (910 kg) mesin 2tak DI juga lebih irit

fuel cosumtion 1300cc

Dan untuk mengeluarkan power yang sama besar (20 kW), mesin 2tak 250cc DI 68% lebih irit dari mesin 4tak 385cc. Dan 23% lebih irit dibandingkan mesin 4tak dengan cc yang sama yaitu 250cc, padahal mesin 4tak 250cc cuma menghasilkan power 13 kW.

fuel cosumtion same power

Dari 3 grafik di atas sangat jelas menunjukkan bahwa mesin 2tak DI lebih irit dibandingkan mesin 4tak yang setara dengannya. Dan sepertinya ini sesuai dengan torsi maksimum yang dimiliki mesin 2tak DI yang jauh lebih besar, apalagi torsi tersebut diperoleh pada putaran mesin yang lebih rendah.

maximum torque 1300cc

Lalu bagaimana dengan gas emisinya ? Sesuai dengan artikel sebelumnya, maka gas emisi mesin 2tak DI (ARC) juga lebih kecil dibandingkan dengan mesin 4tak. Perhatikan grafik ini

Emisi gas CO dari mesin 2tak DI ini sangat rendah, jauh di bawah mesin 4tak

CO emision

Begitu pula dengan total emisi HC dan NOx nya, mesin 2tak juga lebih rendah dibandingkan mesin 4tak.

HCNOx emision

Selain performa yang superior dan rendahnya emisi gas buang, mesin 2tak memiliki banyak keunggulan lainnya, yaitu :

  1. Ringan, segingga meningkatkan pwr dan twr, topspeed dan akselerasi bisa lebih tinggi
  2. Pembuatannya mudah, sehingga ongkos produksi menjadi lebih murah
  3. Pemelihraannya mudah dan murah, sehingga lebih menguntungkan konsumen. Dan lain-lain.

Dengan semua keunggulan mesin 2tak dibandingkan mesin 4tak, lalu mengapa honda buru-buru mematikannya dan berusaha keras untuk membangun dan memprovokasi dunia bahwa mesin masa depan yang irit dan rendah emisi adalah mesin 4tak ?

Kira-kira jawabannya adalah sebagai berikut :

  1. Pada tahun 1995, Mick Doohan ditanya tentang seberapa besar power yang dihasilkan mesin 2tak NSR500 -nya, kemudian ia berkata : “I can’t tell you that, but I can tell you that if Honda produced a one-liter motor it would make upwards of 400 horsepower.” Kalau tahun 1995 saja, mesin 2tak 1000cc bisa menghasilkan power sampai 400 hp, bagaimana jika terus dikembangkan sampai tahun 2015 ini ?. Bisa jadi motor sport honda akan menjadi pembunuh nomor satu di jalanan. Mungkin ini yang dihindari honda.
  2. Kemungkinan ke-2 ini bukan bersifat teknis, akan tetapi lebih bersifat bisnis, alias cari untung yang sebesar-besarnya. Jadi jika mesin 2tak dikembangkan, maka mesin 4tak bisa dipastikan akan mati. Jika mesin 4tak mati, maka berapa triliun kerugian yang akan diderita oleh honda, juga pabrik-pabrik motor lainnya. Kok bisa rugi ?  Mari kita lihat perbandingan banyaknya part pada mesin 2tak dan 4tak

2stroke vs 4stroke 2

Komponen di mesin 2tak yang tidak ada di mesin 4tak :

  1. Reed valve
  2. Jika pada sistem RAC ada exhaust valve

Komponen di mesin 4tak yang tidak ada di mesin 2tak :

  1. Material yang digunakan untuk membuat head lebih banyak
  2. Payung klep (Poppet Valve in dan ex )
  3. Per klep
  4. Camshaft
  5. Rocker arm
  6. Timing chain (kamprat)
  7. Timing sprocket (kecil dan besar)
  8. Seating klep
  9. Seal oli klep
  10. Tensioner rantai timing
  11. Karet tensioner
  12. Dan lain-lain. Semakin banyak camshaft dan klep nya, komponen pendukungnya semakin banyak

Nah sekarang jika pabrik ingin memberikan mesin yang efisien kepada konsumen, tentunya mesin 2tak akan dipilih dengan berbagai keunggulannya. Akan tetapi jika ingin untung banyak, maka mesin 2tak harus dimatikan dan mesin 4tak dipromosikan.

Bisa dibayangkan selisih dari harga komponen-komponen di atas. Misalnya rata-rata selisihnya 500 ribu, dengan jumlah motor sampai 7.908 941 buah  (AISI 2014), maka keuntungan yang hilang adalah 3,954,470,500,000 (mendekati 4 triliun). Nilai ini hanya untuk di Indonesia dan hanya untuk motor, belum mobil dan motor boat. Lalu bagaimana untuk seluruh kendaraan baru dan juga pemeliharaannya di seluruh dunia ? Sangat sulit untuk dibayangkan, besar sekali. Oleh karena itu prakarsa honda untuk mematikan mesin 2tak disambut baik oleh kebanyakan pabrikan besar lainnya seperti yamaha, suzuki, kawasaki, ducati, ktm dan lain-lain.

Dan disinilah perbedaan antara ilmuan/engineer dan pedagang/salesman. Seorang ilmuan akan berusaha menghasilkan produk yang paling efisien, sedangkan pedagang selalu berusaha untuk mendapatkan keuntungan yang sabanyak-banyaknya. Dan kedua hal ini saling bertolak belakang, kalau mau efisien maka akan sedikit (untungnya), dan jika mau untung banyak jadikan sesuatu itu tidak efisien.

Mohon maaf jika ada kurang dan salahnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Sumber :

[1] Pierre DURET, “The New Generation of Gasoline DI 2-Stroke Engines: a Powertrain for Innovative Ultra Low Cost Passenger Cars ?” IFP School, France

82 Komentar

  1. Ane jg bingung nih Mas gokil, NSR ane bandel bener ya.. Sampe bingung mau diajak ngebut dimana nih.. hahahaha

  2. Alasan pembunuh ga masuk akal
    Kenyataannya motor 2 tak cukup sampai 500cc

    Mesin 2 tak, dalam maintenance cukup ganti piston set, kampas dan per kopling, lalu reed valve kalo ada
    almost no maintenance!!
    Dengan manajemen oli yang baik, mesin 2 tak bisa dipakai 10 bahkan 15 tahun cukup dengan ganti part itu
    Plus, karena oli tidak kena ruang bakar,, oli lebih bersih dan lebih awet, komponen mesin seperti gear transmisi, bearing juga lebih awet
    bahkan, jika pakai kopling kering, misal di matic, oli mesin ga ada bedanya ma oli transmisi, yang cukup ganti 20rb km sekali

    Sangat minim maintenance

    • TSS 1100cc dengan torsi 3x ZX1000 dan power setara GP Bike 280hp an.

      sekali gas langsung melayang. tapi kata Mike Doohan emang bener. tahun 1993 an aja RGV 500 tembus 195bhp. on wheel kira2 180hp an. gak mustahil kalo tahun 2000 an NSR 500 tembus 210hp an. soale kata mekanik Yamaha beda nya cuma 5-10hp an. tahun segitu 1000cc dikisaran 220hp an.

  3. coba sajjaaa regulasi di Indonesia max cc 2tak 150cc…mungkin motor yg merakyat skrg hanya 50-100cc 2tak dg teknologi tercanggih….

    btw ECE R40 itu gimana sihh cara pengukurannya sebenarnya????

    • Mf kalo ga salah ninja masih ckd, masih dari thailand hanya dirakit diindonesia. Konsumen ga punya pilihan 2t lain makanya seenaknya kawasaki naroh harga.

  4. ini baru beda, baca blog indo kug terkesan copy paste semua,,, kaya portal mainstrem, jos tingkatkan pak dosen

  5. Maka dari itu belilah motor 2 tak. kenapa masih aja yg membencinya? Pdhl belum pernah merasakan sensasi 2 tak yang ajib banget.

  6. Inget pas awal belajar motor pake suzuki a-100, hingga di beliin F1zr. .saking powerful’y mtor 2 tak, berkali” kcelakaan. . :3

  7. Masalah bisnis aja bro, pinternya kawasaki jualan performa. Mana ada motor 4t sekelasnya sekarang bisa ngalahin 2t secara standart. Sampeyan dulu klu tau harga nsr rr, nsr sp, tzm. Lebih mahal dari ninja 2t pada jamannya. Krn performa ninja 2t masih inferior dibawah honda dan yamaha secara standart pabrik.

  8. walaupun secra teori mesin 2 tak injeksi lebih rendah dari mesin 4 tak pak dosen tetapi mesin 2 tak tetap mengeluarkan asap dri kenalpotnya.beda sma 4 tak sekrang mau kita bayangkan di depan kta ad 1000 mtor 2 tak injeksi .kta di belakngnya apakah gk megap 2 napas kita menghirup asap mesin 2 di depan kita .walaupun secra penelitian gas buang mesing 2 tak injeksi lebih rendah dr 4 tak.tetapi asap kenalpot mesin 2 tak tetap akan kluar pak dosen .it karakternya mesi 2 tak walapun bgaimana pun mesin 2 tak tetap kurang epesien .segi endurasi dll

    • yang diuji adalah gas yang keluar dari kanlpot, kan sudah lolos uji euro-2
      makanya dibuat teknik RAC (baca artikel sebelumnya) sehingga mesin 2tak menjadi lebih efisien dari mesin 4tak

      • jgn lupakan kebiasaan “modif” mgkin utk kondisi stndart dgn teknologi2 trbru bz lolos uji, tp kalau part2 stndart d lepas, knalpot yg d lgkapi cat-conv d ganti dgn alasan mnambah power, bla bla bla,,, ,
        apa masih mungkin lolos uji?
        ,,,, maaf masih newbie,,,

    • kalo udah lulus uji euro 2 apa beda nya ama 4 tak euro 2? ato euro 2 4 tak vs euro 5 2 tak?

      lha wong gas buangnya lebih ramah kok. ato menurut ente dibelakang tiger lawas itu lebih baik dari pada di belakang Ninja 150 standar?

      o_O

  9. Oke ane openmind, bagaimana caranya 2tak tanpa oli samping?
    Ane udah bilang pendinginan mesin 2tak itu penting, jgn bandingkan mesin salju 2tak yg suhu kerjanya -10 deg y…Xixixixixixixi
    2tak Rendah emisi? Coba artikelnya jgn sepotong2 bro gokil.
    kalo lulus euro 3 dgn catalis converter yg semakin rapet dan sekat2 di knalpot udah ngak aneh power jgn tanya, biasanya sama usernya sering dicopot diganti dgn yg tp Catalis. Nah loh…Xixixixixixixi

  10. Assalamu’alaikum

    Salam kenal Pak Iwan,

    Sudah lama jd Silent reader di Blog Motogokil, asyik juga artikelnya tentang 2Tak he..he..

    Padahal 2tak punya potensi besar, sampai2 Bill Gates aja jadi Investor EcoMotors.

    Mohon di ulas lagi pak tentang Mesin OPOC 2tak dari ecomotors.com ada juga yang mesin 4tak.

    [IMG]http://www.ecomotors.com/sites/default/files/twostroke-loop.gif[/IMG]

    Mudah2an Pabrikan jepang produksi 2tak lagi… 😀

  11. klo ane punya pandangan lain kenapa Honda matikan 2 tak sesuai yg ane baca baca ( mudah”an ga salah baca) :p

    Sejatinya Soiciro Honda benci dgn 2 tak.
    pertama x buat motor,honda sudah mempunyai padangan “race today sell tomorrow” . maka ia membawa motor karyanya (4 tak) ke isle of man TT. honda terheran heran dgn peforma 2 tak yg sangat superior di banding motornya.
    4 tahun kemudian Honda kembali ke IOM TT membawa motor 2 tak dan juara IOM TT 4 tahun berturut turut ( cmiww). jadilah 2 tak motor promosi (balapan) sementara jualan honda tetep 4 tak. tentu saja di buat replika rc series,nsr series sebagai motor impian biker.
    disaat Honda sudah mengusai balapan dan pasar,disitu lah honda punya peran untuk mendikte “HARUS 4 TAK” dgn asalan emisi bla bla bla serta pengembangan 2 tak berjalan lambat sedangkan masih banyak yg bisa di gali dali 4 tak.

  12. Waw… Luar biasa pak dosen.
    Terjawab sudah kegalauan ane selama ini.
    Dengan power yg lebih besar dan berat lebih ringan sudah seharusnya 2tak lebih unggul, masalah polusi pastinya org2 jenius tsb bisa mengatasinya.

    Brarti teknologi yg kita tau skrg ini mungkin tertinggal 10 tahun dr teknologi yg mereka ketahui dan disembunyikan.

  13. ditunggu riset nya terhadap 2tak DI,semoga ntar klo udah jadi bisa diwujudkan jadi motor indonesia
    amin

  14. ane masih bingung om ama pelumasannya… gimana caranya gas buangnya tetep bersih dari oli…

    tau kan ronax 500, Motocross 125cc 2tak, itu di videonya masih ngebul…

    kalo bisa buat artikel terpisah tentang pelumasan 2tak dan gimana membuat pembakaran oli bersih dengan catcon yang sedikit…

  15. 2 tak lbh irit.ramah lingkungan.dan murah perawatan.jdkn konsumen untung jgn dirugikan dg bnyk blanja parts.jdikan 2 tak motor rmh lingkungan masa depan. Terusslah teliti tuk kemajuan mesin 2 tak

  16. Bukn hanya d dunia motor klo masalah “konspirasi global” mah utk menguasai pasaran d dunia….saya dukung Bill Gates biar investasi d mesin 2 tak nya bsa menggulung 4 tak hasil konspirasi Jepang ini d masa akn datang….paling 10 thn lgi d Indonesia akn datang era 2 tak lebih advance segalanya dri 4 tak…go go go!….coba klo pemerintahan d negara ini ad rencana strategis utk memajukan teknologi sprt ini shg bsa lebh berbicara bnyk d global…enginer2 Indo tuh gak kalah jenius ma Jepang ato Barat aslinya…cma masalah dukungan modal researh dri Pemerintah ato swasta yg gak mau jdi pioner tpi suka jdi follower negara barat/Jepun…ingat krn revolusi Industri lah negara barat jdi “Pengusa dunia” hingga skrg dn hal itu d tiru ma Jepang saat akhir era Edo…trus jd Industrialisasi…kapn negara ini para Pimpinan nya pnya visi gak jd “kacung” mulu !!!

  17. gue mau motor sport Honda NSR 150-250 dihidupkan lagi.. kangen bnget sm tenaganya dan kebringasannya yg bisa menciutkan nyali rider motor sport 2tak lainnya.. di injeksikan trus disesuaikan modelnya dgn abad 21..

    joozzz

  18. motor 2tak sangat awet bnget.. paman ane prnh beli rx-king 20 tahun yg lalu smpe skrg masi awet dan tenaganya masi jos gandos… sekali hentak gas langsung ngacir.. bilangnya paman ane.. motor 2tak bahkan gk butuh perawatan.. asal msi ada oli sampingnya aja.. dgn gtu isi dompet jadi awet (gak kluar duit trus..)

  19. Kalo TZR,NSR,RGV dihidupkan lagi dg kondisi jalan kian padat, aku mau bisnis klinik UGD 24 jam. pasti UGD ku laris manis.. pemilik apotek,dokter bedah meraup untung banyak.

  20. Sampah emang mesin 4T. Terus mesin 2T modern yang dipakein di motor udah ada belum mas? Terus harganya mahal yang mana kenyataan di lapangan antara 2T modern sama 4T modern?

  21. Memang beanar kata pak dosen, tapi saat mesin 2tak jatuh ke konsumen mereka pada lepas Standar EUROnya entah ganti knalpot racing, oprek mesin karena lebih mudah dibanding 4 tak, yang akhirnya asap Racun 2 Tak lebih bahaya dari 4 tak yang diperlakukan dengan sama.. Gmn perasaan Pak dosen kalau berada tepat dibelakang motor 2 tak dan asapanya kena Mata Pak Dosen atau anak Pak Dosen

    • ya itulah manusia jika selalu merasa tidak puas, demi kepuasan mereka melanggar hak orang lain
      mengenai racun emisi, ketika mesin 4tak dioprek, maka kadar racun juga akan naik, sama saja
      regulasi harus ditata dan dijalankan dengan kensekuen, jika tidak semuanya akan kacau

  22. part mesin lebih banyak pastinya kerja mesin lebih berat.
    otomatis lebih banyak gaya gesek yg terbuang percuma.

    saya rasa seandainya ada teknologi mesin 2tak setara komputerisasi ECM.

    efisiensi power dan konsumsi bbm motor 2 tak lebih bisa di tekan.

  23. part mesin lebih banyak pastinya kerja mesin lebih berat.
    otomatis lebih banyak gaya gesek yg terbuang percuma.

    saya rasa seandainya ada teknologi untuk mesin 2tak setara ECM.

    efisiensi power dan konsumsi bbm motor 2 tak lebih bisa di tekan.

  24. Wah,mnarik bgt nih bos.mungkin kalau pabrikan selain honda bikin motor 2T 150cc kebawah dgn teknologi DI bakalan rame kayaknyua.eeeaaaah…#ngarep.

  25. 2tak komponen lebih sedikit, namun kualitas komponen/part diperhatikan.
    4 tak komponen lebih banyak, namun kualitas komponen/part diturunkan.

    modifikasi 2tak lebih simple, ketimbang modifikasi 4tak.
    “masuk akal juga”, ternyata ini Bisnis. hmmm….

    coba menghirup asap 2tak modifikasi vs asap 4tak modifikasi. ternyata asapnya lebih pedih yg 4tak meski tak berwarna.

    ternyata kita hanya melihat dari yg tampak saja, kepulan asap 2tak memang mengganggu mata, namun “belum tentu” lebih mengganggu kesehatan.

    tapi asap diesel lain ceritanya.

  26. ana ada aprilia rs250 gan , itu motor bekas om ane.. hadiah ultah dulu pas jaman masi seragam abu, ane dah benci aja kenapa harus dikasih motor 2 tak(dulu gatau kalo 2 tak ternyata more powerful than everything) pas akhirnya nyalain mesin terus ketemu lurusan deket rumah, saya baru tau gan… hp nya bisa 2 kali lebih besar ternyata dari motor yang setara cc nya namun beda sistem stroke, misal ninja.. dan ane sayang bgt gan ana motor ini btw gapernah ngebul ane rawat bgt gan.. pemakaiannya sehari hari udah kaya pacar aja gan tiap hari barengan dan konsumsi bensinnya yang anehnya irit.. proud deh jadi 2 tak rider

  27. sy punya motor trail mesinx 2tak (hasil kawinan RX Spesial & King) umurx sudah tua tp masih selalu bisa mngasapi mesin 4tak 150cc kebawah. perawatanx sgt murah, sgt irit dibanding mtr Mxxxc. FORZA Mesin 2tak.

  28. Hmm, update nih. Pdhl stau sya untuk mc 2t polusi lbh tinggi dngan logika bhn bkr dcmpur oli samping, dengan 2t pmbkrn tdk smpurna, msh ad cmpurn udra dan bb yng ikut terbuang brsma gas buang, sstm plumasan jg kurng baik shngga tngkt keausan kmpnen lbh tnggi. Hmm. . Bagi link bang buat baca2. .

1 Trackback / Pingback

  1. Setitik Harapan Lahirnya Motor Nasional | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan