Ada FBH di Rumah Ku

Diposting pada

hondamu apa

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Dua hari yang lalu nganter orang rumah untuk survei motor matik terbaru. Beliau baru saja melihat matik terbaru milik temannya, yaitu vario150 black matte. Karena hanya sekilas sehingga kurang puas, maka diputuskan untuk coba ngelihat ke diler. Sebelumnya ane tawarkan alternatif matik lain merek yang lebih keren dengan ciri-ciri :

  1. Ban lebih gambot
  2. Sok belakang dobel
  3. Ngisi bensin nggak usah turun drai jog, dan lain-lain

Metik ini tiada lain adalah yamaha nmax150

yamaha nmax150

Dilihat cuma sekilas, langsung dia bilang “Jelek”. Ane tanya apanya yang jelek ? Jawabnya : “Depannya, terutama bagian tudungnya”.

Menurut ane jawaban tersebut bukan berarti “jelek”, tapi cuma masalah selera. Salahnya..ane tanya ke fbh totok di rumah, yah sudah pasti jawbannya kayak gitu.

Dan memang di keluarga ane, yang fbh hampir 95%. Karena sejak lahir (mungkin) yang mereka tahu, kalau sepeda motor itu namanya honda. Merek boleh beda tapi sepeda motor adalah honda. Jadi sangat wajar jika ada pertanyaan : “Honda mu mereknya apa? “. Mungkin jawabannya bisa honda, yamaha, suzuki atau kawasaki atau merek lainnya. Dan ketika terjadi pembandingan antara honda dan merek yang lain, tentunya mereka akan piliih honda, karena kata-kata itulah yang paling sering di gunakan ketika membicarakan sepeda motor.

Dan pada ahirnya yang berkuasa adalah yang memegang “uang”. Dan ketika yang memegang uang FBH maka yang dipilih adalah ini

the choice vario 150

Sepertinya pabrikan selain honda agak sulit menerobos kenyataan ini. Begitu sulit merubah istilah bahwa sepeda motor bukan cuma honda, akan tetapi ada yamaha, suzuki, kawasaki, tvs, pulsar dan yang lainnya.

Bagaimana dengan fbh di rumah ente bro ? Apa masih ada yang kayak gini ?

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

68 thoughts on “Ada FBH di Rumah Ku

  1. Nmax emang jelek… biarpun dijidatnya dikasih plat 28jt tetep ja dibilang jelek…. tanya ja ma anak sd, smp, sma pasti kompakan bilang jeleeekkkkk..

  2. Semakin orang menjadi dewasa dan mapan, akan dengan sendirinya akan menjadi fbh. ane dulu msh remaja labil jg suka ganti2 merek, tp skarang klo mau beli motor, pilihan utama pasti honda. kakak saya yg wktu sma sukanya rx spesial eh sekarang klo beli ya honda juga. dan banyak fenlmena terjadi di masyarakat yang kayak gt. makanya 80% pembeli honda adalah konsumen setia. sebaliknya 80% konsumen yamaha adalah anak muda yg masih labil dan gampang goyah bila ada produk kompetitor yg lebih menggoda.
    fenomena hondaholik bukan hanya terjadi di indonesia. contoh tailand honda mengoasai 70%, pilipina jg 70%,malaysia hampir segitu jg, brazil malah80%.dan di india yamaha dari dulu cuma berkutat di 3%, sedang honda 30% dan trus memperoleh tren positif tiap tahun. dan apabila ditambah dengan hero yg mesinnya jg pake honda akan menjadi 60% lebih.
    fanatisme ini yang sulit di peroleh oleh kpmpetitor.
    bukan hanya di motor, di mobil pun merk honda begitu di minati. mobilio yg terakhir munculnya langsung bisa menggusur ertiga dan avanza. HRV yg baru rilis langsung laris manis. kalo saja honda mau buat kendaran niaga, ane yakin colt diesel, elf, L300 langsung akan turun penjualannya.
    jadi nama HONDA memang mudah masuk di hati.

    1. kata siapa?

      bokap gue muda nya ganti2 merk, dr bmw jadul, suzuki, vespa, honda n terakhir yamaha

      waktu gue tanya motor yg paling ngeselin bokap gue bilang honda, sering mogok katanya (honda cb) n pengganti nya yamaha rx-king

      beli honda lg taun 2007 HSX 125 n nyesel lg skrg ngebul mulu tuh motor, siap2 dijual taun ini

      akhir kata bokap gue skrg anti honda

    2. bener juga, kenyataan begitu, di rumah, ortu juga pilih motor sampai mobil pun honda. masalah suka honda sampai pernah ketemu sales Toyota nanya ke bokap, mobil bapak apa ? tanya si sales, Pun Bokap ane bilang honda civic 2011, Dan Si Sales pun bilang, hadu maaf saya susah menggoyahkan hati bapak. Itu kenyataan dari perkataan sales senior Toyota. Yang bisa menggoyahkan fanatik honda ya cuma Mobil dan motor merk Eropa.

      1. kalo mobil honda kondisinya beda sama motor honda..orang fanatikan mobil honda biasanya pecinta handling, mesih high rev walaupun suspensi kayak gerobak…istilahnya orang yang di masa mudanya demen quick car (bukan fast car) yang sangat beda dengan karakter motor honda yang halus

  3. Emang bener mas tapi soal awet juga kelihatnlah motor honda c serIes contohnya dari c70 masih banyak berseliweran mas mana motor sebelah paling jadi rongsok itu bukti yang kelihatan dan banyak bukti yang lain tanya ke tukang ojeg aja pasti pada tahu

  4. Keluargaku anti honda, tak ada fbh dirumahku. adanya fbk,fby,fbs. dulu kakak minta motor honda grand tapi ortu g mau katanya jelek. maunya ortu yg motoe yg nungging. taun 1997 ada 2 pilihan force1 ama crypton. akirnya pilih force1.

  5. Sama om,klo ga honda ga sreg..
    Pdhal beat ada n mio j ada..
    Dan nyata2 kondisinya baik yg mio j d rumah,tp kok teteeeep aja “jek enak honda” jare ortu..
    Honda bkn hanya merk motor tp bagian dr hidup kluarga ane cie cie cieeeee..

  6. Bpk saya sejak dulu seorang fby tp anaknya fbh semua,tadinya anak2nya suka gontaganti motor tp klo dipikir2 memang yg paling pas ya honda

  7. Motor is just motor, ada uang, model cocok ya di beli gak penting apa merknya. Motor ini cepet motor itu awet itu hanya perasaan saja, tergantung pemakaian dan perawatan aja.
    Dirumah saya ada semua merk motor (untuk sekarang hanya merk Jepang) dan sekeluarga sepakat nggak ada yang lebih istimewa atau jelek, tergantung kebutuhan dan selera…

  8. Hehe.. Keluargaku yg dulunya banyak tergoda sm casing, akhirnya kembali ke jalan yg benar. Kembali tersadar bahwa beli motor ya beli mesin yg oke, bukan sekedar casing. Dan itu sdh teruji. Tp Semoga yg anti Honda tidak punah jg ya, biar tetap mewarnai.

    So pasti, yg anti honda tetap berusaha menyebar doktrin juga. Selamat berjuang coy. Hahahaaa!

  9. hanya bermaksud share (no sara), tapi klo di sulawesi selatan atau sulawesi utara, paham seperti itu gak berlaku… tapi harus diakui, di banyak daerah motor ya honda

  10. kata bapak ku, merk selain honda adalah produk korea dan boros wkwkw, dari honda 700 sampai skr pke supra 125

  11. Hanya mau share tentang tungganganku:

    Lebih dari 6x saya beli motor baru
    dan yg 6 itu semua merk YAMAHA
    1 X beli motor honda
    akhirnya si honda cuman bertahan 1 th di garasi

  12. Mestinya sebelum dikasih liat gambar nmax, logo merk Y di edit dulu jadi sayap.
    Disinyalir si fbh langsung bilang : ngguanteeenggg, jozzzz, macho, canggeeeeehhh ngoahahahaha.

    Tapi teteup begitu dikasih tau harganya 28 jt langsung bilang gini : nggak jadi deh. Beli vario aja deh. Sing penting hondaaaaa geto loooohhhh.
    ngoahahahahaha.

  13. pengguna yamaha rata2 ababil yg baru ngerti bentuk motor dan belum ngerti motor yg berkwalktas. mereka gampang di boxohi dengan chasing pastik.
    klo konsumen honda rata2 orang cerdas dan menvgunakan akal dlm memilih motor. honda semakin dekat xi hati

  14. fbh rata2 cerdas, mapan dan smart. contohnya pak dosen gokil, mbah dukun satar, muhsin bonsai, dan saya sendiri .
    klo fby rata2 ababil yg ssring bolos sekolah ,masih nodong duit nyokap dan pasukan garda depan macam darmo, ndas becak, sohc inferior, jaos, peyek, dll

    1. oo jadi om motogokil fbh toh jadi gk salah donk saya kemaren bilang dia fbh. pantesan artikelnya condong ke honda is the best wajarla 95 % pulanya. tapi ya sudah cukup tau aja
      ngoahahahah

  15. Jusup kalla yg dr sulawesi aja bilang “motor hondamu apa?” sebutan untk sebuah merek motor.
    Honda memang buandel, irit, canggih. Makanya maindset orang indonesia kalo motor ya honda.
    Seiring perkembangan zaman dan tingkat pengetahuan orang indo akan sebuah produk maka motor honda adalah pilihan utama.
    * Fby trus nyoba honda: gile ini motor lincah, irit dan canggih (lgsung murtad pindah ke honda)

    Fbh trus nyoba ymha: gile ini motor lemot, ngeden, plastik smua, gak ada canggihnya dan buoros (kapok gak akan nyoba ymh lg)

  16. di rumahku ga ada fbh.
    bukan orang2 kuno nan kolot soalnya.
    tapi juga bukan fby fbk fbs dll.
    pokoknya motor bagus, punya uang, butuh, ya beli.

  17. honda memang pilihan smart people terlebih yang mapan

    tetapi yamaha adalah pilihan yang smart dan mapan sampai kapanpun oleh siapapun

  18. gak tahu kenapa, ane lebih sreg ama produk yamaha, tapi gak smua produk, cuman RX series, Vixi series n Jupiter series,
    mmg honda jg enak, tp kok feel-nya lebih berasa produk garputala, produk honda terkesan gak ada “soul”nya…
    opini masing2 org beda loh….

  19. Disini yamaha no 1. Tp, ane lebih suka suzuki. Honda? Yg klasik2nya aja deh. Yamaha? Trakhir beli yamaha agak kecewa sih. Tp, kualitas motor jepang skrg ya mmg cm segitu dan layanan baik itu hanya klo kasus g berat dan g bikin mereka rugi, selain itu ya bakal sulit claim, pasti ini itu lah.

  20. saya pernah tinggal dikalimantan tengah tepatnya daerah pangkalan bun. lebih tepat lagi daerah mendawai. orang2 sana kalo panggil sepeda motor ya honda, padahal merk nya bukan honda hehehehe

  21. bokap gue fbh akut dirumahnya semua motor mereknya honda sejak gue kecil sampe gue berumahtangga hingga punya anak dua motor pujaannya tetap merek honda untung mobilnya gak merek ondah (mahal kalee) 🙂 klo maen kerumah gue jenguk cucunya tak tawarin pake motor gue yg bukan cap sayap gak akan mau pake beneran meskipun terpaksa!

  22. 2011 pernah ambil sport 250 CC…bokap nanya “mau ambil apa?” ane jawab “Ninja”, dia cuma jawab “oo..” pas ane bilang “ga jadi deh, ambil Honda CBR 250 aja” dia langsung ngomong “ya udah, bayar dpnya 20juta, cicilan papa yang nanggung” alhasil ambil CBR250 :), tahun kemaren baru dijual. Bokap FBH bgt…

      1. Hahaha…tahun 2011 ane udah kerja gan. Ane beli cbr sesuai keinginan juga kok, pas bokap nawarin bayar cicilan kenapa enggak…hahahahaha.

  23. bokap ane lebih suka mesin yamaha dan body yamaha yang gk berisik pas lewat jalan rusak tapi, vixion series selalu di jelek-jelekan padahal vixion juga yamaha.

  24. Dlu fbh..tp kapok setelah mreteli buat dagang keliling..akhirnya menemukan belahan jiwa,,sijuki yg bandel..semenjak itulah jd fbs,,so skrng yg trlintas d kepala ane tentang honda adalah “ringkih”., menang nama doang produk masalnya.

  25. Belum pernah punya motor pribadi merk honda. Dirumah cuma babeh ajah yg suka..gak ada korelasi yg jelas antara smart,mapan sama pilihan merk motor…

  26. Pengguna yamaha ya anak2 masih minta2 ortu dan para alayer.
    Pengguna honda adalah para pekerja keras, yg sadar akan kualitas dan anak2/pemuda berpengetahuan luas

  27. alhamdulillah hsx 125 ane dr 2005, dari mulai alm bokap buat kerja, turun ke ane buat kuliah lalu kerja, skrg turun ke adek ane buat kuliah.. masalahnya cm 1 >> spakbor depan, cover batok udah ganti krn retak, sama cat yg udah mulai pudar.. mesin aman, kelistrikan aman (10 thn baru ganti aki 1x) wlpn kata juragan lampu grounding motor honda jelek, irit tetep (pdhl knalpot racing).. sisanya penggantian part fast moving yg wajar..
    ga percaya? tuh lg ngejogrok di ruang tengah..

  28. Soal desain honda emg mainstream. Lha jelas lah namanya mainstream ya mesti bnyk yg demen..
    yamaha pny ciri khas “agak nyeleneh” (yg paling nyeleneh kawasaki) dr jaman dahulu kala.. Soal ini akhirnya ya hny org” out of box yg demen,
    sy ada motor dari 3 pabrikan besar jpn, masing” pny karakter..
    soal mesin bandel (sy maniak rpm) yamaha jawabannya, bkn krn kenceng, justru yamaha plng lemot dr semua pabrikan jpn yg sy pnya. Tp part tersedia dimana”, lengkap, komplit, mau beli part motor yg plng laku smpe yg gak laku ada semua, kualitas body melampaui harapan, bandel banget, dihajar redline tiap saat gak ngefek ke performa, klo yg lain dijamin seminggu aja bkal berubah performa mesin nya (gk ush adu argumen mslh ini, cz sy pnya semua & sy perlakukan sama). Tp yg lain emg kenceng sih.. Hahaaaaa.. Serius!

  29. Iya betul ! Klo di Malang, orang tanya motor, pasti begini tanyanya : Hondamu opo, ker ?

    1. sama kayak air kemasan pasti bilangnya AQUA, itu hebatnya astra bikin BRAND IMAGE yg tertanam dimasyarakat. kalo motor Honda, kalau air minuman Aqua, macam Vit di bilang Aqua VIT, Aqua PRIMA.. 😀 CMIIW

  30. Kluarga ane rata2 suka produk “Y” sm “K”.. ane sndiri aja yg suka produk “H”
    dirumh ane aja 3 motor merknya “H” semua :v

  31. Mertuaku gak mau bayr cicilan motor adek ipar karena nekat beli vixion. Hahhha…lucu juga dengernya, tapi mau gmna lagi. Adek ipar terpaksa nyari duit sendiri bayar cicilan motor.

  32. kata siape body semua mtor yamaha. it bgus tahan getar .sya punya pega r tahun 2004 bodynya mirip fize r.mtor mtor paling ngeselin buat gua pernah aku pakai 5 tahun dari baru .problem pertama baru di pakai 2 tahun cdi ori bawaannyo jebol.mau beli baru harganya sleangit gue ganti cdi kw buat vega larinya mentok cma 75 kpj.gk sampai di situ permasalahanya msuk usia 3 tahun klep isap minyak bengkok tampa sebab padahal oli rutin ganti yamalup tiap 1500 km.stelah bongkar dan sya perhatiin memang btang klep vega lebih kecil diameternya klep 2 kepunyaan rata 2 mtor honda da suzuki sdah it per klep cman 1 gk doble sperti rata2 klep mtor honda .saking keselny yamaha pega ane jual beli revo lancip tahun 2008 body rapet batok syap sampai.sekarang gk ad kendala blum perna bongkar mesin.untuk sang revo istri minta beliin gue tanya tak sodorin metik yamaha istri gue kok mla milih vario 150.langsung ja gue inden skrang vario 150 sdah nongkrong .kesimpulanya gua kapok pkai produk 2 yamaha.bokap gue .bibi gua semua pkai appalagi metiknya semua pkai honda bukan masalah panatik memang metik 2 terknal bandel 2 aplagi beat karbu generasi pertma honda slalu di hati buat gua …

  33. ngutip coment atas ane
    “ide yang cerdas tapi pemikiran yang buruk sesungguhnya penjajahan jepang masih terjadi”

    *coment pake hp jepang jg sih

  34. Motor bapak gue dulu yamaha 75, trus ganti honda astrea prima, kakak gue vespa, gue honda buanget, adik gue suzuki buanget.

  35. Motor pertama gw shogun 110, bandel tapi spare part mahal, trus ganti jupiter mx 135, oke bahkan di bore up 150cc, bosen dijual ganti vario techno karbu cukup tangguh cuma boros trus ganti supra 125 helm in lemayan lah irit cuma bodi getar dan rante sering kendor, trus punya nvl ampe sekarang gk masalah, gw gk fanatik ama merek mau honda, yamaha, suzuki, dll semua punya kelebihan dan kekurangan

  36. bapak ane dari dulu fby dan sekarang virus fby menjangkit ke ane hehehe…tahun 2005 saat jupiter mx pertama kali dirilis langsung dibeli terus tahun 2010 saat xeon karburator dirilis langsung dibeli juga…sampai sekarang nih 2 motor masih sehat mesin masih jos + kenceng

  37. Yang jelas
    – Vega 98 ku masih ada.
    Sudah pernah turun mesin. Ya jelaslah 200.000km lebih.
    – Mio smile 2009= 75.000km masih baik.
    intinya perawatan dan cara pakai.
    – Verza 2013, sudah bongkar mesin di km 12.000

    Klo kejadian seperi itu,kira2 saya klo mo beli lagi pilih yang man?

    Klo sudah ngrasain baru komentar.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan