[DIY] Ganti Sendiri Ban Dalam Motor Bebek di Rumah

00 ban bocor

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Pagi tadi ketika motor bebek suprax125 mau dipakai pergi, ternyata bannya kempes. Bocornya lumayan gede, karena ketika dipompa langsung terdengar udara keluar “ngeses”. Ketika ada inisiatif mau ditambal, ternyata sudah beberapa kali ditambal, ya sudah sekalian diganti ban dalam baru saja.

Ban bocor di jalan, tinggal dorong dengan harapan ada tukang tambal ban dalam jarak dekat. Tapi kalau bocornya di rumah, dan bocornya lumayan parah (harus ganti ban dalam), mau kemana ? Apa ada tukang tambal ban yang mau/bisa dipanggil ke rumah? …..Alhamdulillah (beruntung)  jika punya motor lain, ban bisa kita copot kita bawa ke tukang tambal ban.

Atau kita tangani sendiri di tumah, gampang kok, ikuti langkah2nya..

1. Beli dulu ban dalam (atau juga ban luar sekalian jika memang sudah waktunya ganti, atau ban tubeless kalau ada duit lebih)

2. Siapkan alat-alatnya, yaitu alat pencungkil ban 3 buah, dan kunci ring-pas 10-12-14-19

Jpeg Jpeg

3. Lepas pentil dengan alat khusus, juga lepas mur pengikat drat rumah pentil nya

Jpeg

4. Lepas as ban belakang dengan kunci 14 dan 19

Jpeg

Kalau tukang tambal ban, biasanya ban luar dicungkil terlebih dahulu, baru as roda dilepas. Tapi ane ingin mencongkel ban luar setelah roda dilepas, supaya lebih gampang.

5. Cungkil ban luar dengan menggunakan alat khusus (bisa dibeli di pasar loak, kira-kira 3 buah Rp. 10.000,-). Jarak pencungkilan sekitar 10cm, dan untuk menjaga agar velg tidak lecet perlu dilapisi kain atau kertas tebal.

Jpeg

6. Setelah salah satu sisi ban luar lepas dari bibir velg, keluarkan ban dalam lama yang bocor dan banyak tambalan

Jpeg

7. Kemudian ganti dengan ban dalam baru, dengan langkah sebaliknya. Perhatikan bahwa di rumah pentil ada dua mur, yang satu untuk mengeratkan rumah pentil dan ban dalam, satunya untuk men-fix-kan posisi rumah pentil di velg bagian luar. Setelah semua terpasang kembali, baru kemudian ban diisi angin. Jangan lupa perhatikan jarak garis melingkar di ban dan bibir velg harus diusahakan sama, agar ban bisa bulat sempurna, tidak “peang”.

Untuk penggantian ban luar, maka semuanya (ban dalam dan ban luar yang lama) harus dilepas terlebih dahulu. Baru kemudian memasang ban luar satu sisi (perhatikan arah putaran ban, jangan sampai keliru). Selanjutnya tinggal memasang ban dalam. Kemudian diteruskan dengan memasukkan sisi ban luar yang satunya.

Untuk Pemasangan ban tubeless, lebih simpel. Setelah semuanya lepas, pasang pentil ban tubeless, selanjutnya pasang ban tubeless. Ban tubeless memiliki karakter lebih kuat, sehingga pemasangannya lebih susah. Tapi bisa diakali dengan memberikan stempet pada sisi dalam/luar ban, sehingga lebih mudah masuk ke dalam velg.

NB : Velg CW Suprax125 bisa dipasangi ban tubeless depan belakang (pengalaman)

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

Advertisements

$where = 0;

16 responses to “[DIY] Ganti Sendiri Ban Dalam Motor Bebek di Rumah

  1. Info mantap dosen

  2. hati hati ban dlm kcukit

  3. Rumuse ngoprek ban piye pak dosen ? Bisa naek jd 40 hp to,,,

  4. Wah, jd inget dulu ane pernah nyungkil ban sendiri, alhasil ban dalem sobek 3 buah. 😛

  5. Lumayan gImana cara tambal ban sendirinya

  6. Wah tukang tambal ban bisa gak laku nih.

  7. Bloger bahas sisi positive product da gak bisa di hitung jumlahnya…bloger berani kupas tuntas sisi negative dalam hal apapun satu product apa adanya???….jadilah yg pertama yg beda,BERANIH?…salam kenal mas.

    #konsumen butuh keseimbangan
    #tantang nyali mu untu jadi yg semakin di depan.

  8. penggemar ninja

    dari baru pake cairan penambal ban itu, lumyan lama bocornya, jadi hemat waktu dan tenaga ke tukang tambal ban

    Piss

  9. Pak Dosen, tolong bahas mesin yang akan digunakan oleh CBR250RR donk, katanya pake basis mesin CBR 400…dulu pak dosen pernah bahas kemungkinan penggunaan mesin ini, tapi cuma memperkirakan tenaga 32hp sama seperti R25 dan ninja250. Kira2 jika tenaga 39hp (seperti gosip yang beredar), apakah memungkinkan dan apa yg akan disesuaikan oleh AHM, mengingat yg 400cc aja cuma 47hp? Terima kasih.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan