Haruskah Seorang Blogger Otomotif Takut Mengungkapkan Kekurangan Sebuah Motor, Meskipun Ia Mengetahuinya ???

Diposting pada

produk rusak

 

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejehtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dalam penulisan artikel di blog-blog otomotif, ternyata dijumpai banyak model. Ada yang sekedar info mengenai suatu produk terkait dengan spesifikasi, harga dan fitur yang dibawanya. Ada juga yang menyajikan keunggulan dari produk tersebut dan komparasinya dengan produk lain. Ada lagi yang menyajikan review hasil testride diiringi dengan berbagai pernik-perniknya, dan lain sebagainya. Dari model-model penulisan artikel otomotif ini kemudian menjadi ciri khas blog tersebut, yang kemudian menjadi acuan pembaca setianya.

Ada blogger yang selalu menampilkan kekurangan suatu produk/motor, dan ada juga yang sebaliknya, yaitu selalu menampilkan keunggulan suatu produk tanpa mau menyebutkan kekurangannya. Dan penulisan artikel seperti ini sesungguhnya tidaklah salah, karena ditulis berdasarkan fakta dilapangan. Dan jika ada “sedikit” keberpihakan seorang blogger pada satu sisi masih bisa dianggap wajar, blogger juga masnusia, masih punya sifat subyektifitas. Akan tetapi akan tidak elok jika keberpihakannya keterlaluan, karena dapat menjadikan pertimbangan pembaca yang mungkin calon konsumen yang sedang mencari referensi tidak mendapatkan gambaran produk yang komprehensif/menyeluruh. Akibatnya jika ternyata ditemukan kejelekan sesudah produk tersebut dibeli, yang tertinggal adalah kekecewaan di hati konsumen.

Blogger yang juga fansboy suatu merek akan selalu memuja merek tersebut, tanpa mau menampilkan keburukannya. Ia juga akan selalu mencari-cari kejelekan merek lain, tanpa mau menampilkan keunggulannya. Ini jika ditinjau dari hubungan antara blogger dengan merek motor, dan akan semakin panas jika merek tersebut sedang berada dalam persaingan dengan rivalnya.

blogger position

Dalam kaitan blogger dengan pabrikan, sama seperti blogger dengan merek motor. Blogger yang cenderung membela pabrikan akan selalu menampilkan kebaikan produk tersebut (apapun mereknya), tanpa mau menyebutkan kekurangannya. Bagi konsumen mengetahui keunggulan adalah hal yang memang menjadi pertimbangan, akan tetapi mengetahui kekurangan juga sangat penting, apalagi yang terkait dengan keselamatan.

Kalau menurut pandangan ane, sebaiknya posisi blogger berada di tengah-tengah, baik diantara merek yang sedang bersaing, atau diantara fihak-fihak yang berkepentinga. Misalnya :

  1. Review pada suatu merek ditampilkan keunggulan dan kelemahannya, sesuai dengan fakta baik yang tampak maupun yang tidak tampak oleh konsumen. Dan perbandingannya terhadap parameter yang sama terhadap merek lainnya juga dijelaskan, supaya konsumen mudah menentukan pilihannya.
  2. Membela pabrikan boleh-boleh saja, karena pabrikann juga banyak manfaatnya pada kita, menghidupi karyawan dan memicu perkembangan otomotif di Indonesia. Akan tetapi membela konsumen adalah lebih penting, karena konsumen jumlahnya besar pada posisi yang lemah jika dibandingkan dengan pabrikan. Jadi jika produk tersebut akan merugikan dan membahayakan konsumen, sebaiknya disampaikan secara jelas, agar konsumen mendapatkan produk yang pantas dengan apa yang dibayarnya.

Akan lebih bermanfaat, jika kejelekan suatu produk tersebut, dijelaskan oleh blogger secara lengkap kronologi penyebabnya. Apakah karena bawaan pabrik, kualitas material yang turun, penggunaan yang tidak sesuai peruntukannya atau yang lainnya. Sehingga kita tahu siapa yang harus bertanggung jawab terhadap kejelekan/cacat produk tersebut. Tidak kalah pentingnya, sebaiknya blogger tidak hanya “nyacat” produk tersebut, akan tetapi memberikan cara,  tip/trik bagaimana mengatasi akibat dari cacat produk tersebut, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Mungkin saja ane sendiri masih belum bisa menjadi blogger ideal seperti dua poin di atas, akan tetapi ane akan mencoba menyajikan artikel-artikel yang berimbang, banyak manfaat dan cukup lengkap. Meskipun banyak dari fansboy yang tidak menyukainya.

Akhir kata, ane berharap tulisan-tulisan kita (semua blogger), bisa menjadi ilmu yang bermanfaat, yang tak lekang ditimpa waktu, sehingga menghasilkan pahala yang terus mengalir, bahkan sampai kita mati.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

64 thoughts on “Haruskah Seorang Blogger Otomotif Takut Mengungkapkan Kekurangan Sebuah Motor, Meskipun Ia Mengetahuinya ???

    1. sama kang genre vixi (mx,vixi,nvl,r15) jg cpet molor berisik, motor skrg cuma mnang model ok, kncang lumayan tp untuk durability kalah ma motor2 jadul

  1. Takut=Pembodohan
    tanggung jawab orang tahu adalah memberi tahu. Tidak semua kebaikan diterima dengan baik. Yang terpenting niat sudah baik. Pembaca mau mengosongkan gelas ato tidak itu hak mereka, yang penting kita jangan menjadi botol berisi yang tertutup.

  2. Kalo pabrikan masih kasih spek inferior harga overpret, tipu2 spek & performa. siap2 ane kritik……Xixixixixixixi

  3. Tapi juga harus hati2 mengungkap kekurangan suatu produk. jangan baru ada 1 ato 2 kasus langsung dibikin heboh seolah olah produk tersebut semua jelek. kumpulkan cukup bukti dulu. dulu waktu kerja di pabrik barang cacat itu memang ada. bisa tersaring oleh pengecekan terakir juga bisa lolos.

  4. Kalo bloger kondang kebanyakan buat mata pencaharian. Sah-sah aja mau bikin artikel yg baik2 aja sesuai pesenan sponsor.
    cuma kebangetan kalo udah pake jaring “moderasi” padahal sopan.
    Giliran fb komen ‘beruk’ sama ‘kambing’ lancar aja…….Xixixixixixixi

    1. tak kopiin koment HRS, setidaknya kalo punya hati masih bisa sopan kayak manusia yo mbah ..

      tak ada gading yg tk retak, jgn takut salah jika kt ingin lbh hebat, plg mudah mnilai org lain drpd koreksi diri. lbh mudah BC drpd bikin artikel,,,lbh mudah mncari dosa drpd cari pahala…jk kt mrasa lbh hebat atau lbh super dr yg lain disitulah kbodohan dan klemahan kt yg akn lalai dan mnjatuhkan diri kt sendiri,,lbh baik diam drpd bicara tiada manfaat (diam itu emas),,lbh baik bicara drpd diam, jk bicara kt bs brmanfaat bagi sesama (bicara itu berlian)..sulit tuk brbuat benar itu nyata

  5. “ane berharap tulisan-tulisan kita
    (semua blogger), bisa menjadi ilmu yang
    bermanfaat, yang tak lekang ditimpa waktu,
    sehingga menghasilkan pahala yang terus
    mengalir, bahkan sampai kita mati.”
    ini nih yang dua jempol… kalo buat karyo kambing aka berukkk darmo homo mungkin kalimat diatas cukup ditulis

    “ane berharap tulisan-tulisan
    (berukkk cs), menjadi ilmu yang tidak
    bermanfaat, yang tak lekang ditimpa waktu,
    sehingga menghasilkan dosa yang terus
    mengalir, bahkan sampai berrruukkk darmo mati…”

  6. gimana mau adil beritax kalo blogx udah dijejali berbagai macam iklan sponsor, dibelakang iklan ada duit, kalo udah begini jangan harap mau dpt berita yg akurat soal plus minus motor

    1. Hadeeuuuhhh…ni justru artikel mengajak intropeksi sama2… termasuk adminnya… niatnya dh bagus…semoga realnya nanti memang demikian adanya…

      1. Mana realnya??? Mana artikel kekurangan cbr sama cs1?
        Honda sempurna ora iso dilawan coyyyyyyyy
        Efbehahahahaha
        *kompor mode:on

  7. tak ada gading yg tk retak, jgn takut salah jika kt ingin lbh hebat, plg mudah mnilai org lain drpd koreksi diri. lbh mudah BC drpd bikin artikel,,,lbh mudah mncari dosa drpd cari pahala…jk kt mrasa lbh hebat atau lbh super dr yg lain disitulah kbodohan dan klemahan kt yg akn lalai dan mnjatuhkan diri kt sendiri,,lbh baik diam drpd bicara tiada manfaat (diam itu emas),,lbh baik bicara drpd diam, jk bicara kt bs brmanfaat bagi sesama (bicara itu berlian)..sulit tuk brbuat benar itu nyata

  8. biarin ja gan berukkk dan embekha pada ayan…. tulis apa adanya plus minusnya sebuah produk… ane suka setiap minusnya produk diblow up saja.. biar konsumen sebagai user lebih waspada …. dan berukkk sama embekha biar makin berbusa… hahaha

  9. Tp satu hal yg penting om… jangan sampai salah persepsi atas kekurangan suatu produk… banyak yg mengungkap kekurangan suatu produk tp sebenrnya hal itu bersifat subjektif atw selera… seperti contoh desain… saya rasa blogger gak perlu menjelaskan produk ini desainnya gak wah, gak sporty karena setiap mata yg melihat pasti akan berbeda2 persepsi… yang paling penting mengungkapkan kekurangan itu berupa jenis atw bahan material part suatu produk yg gak sesuai peruntukannya atw seharusnya… sehingga jadi masukan ke pabrikan untuk membenahinya…imho…

    1. sangat setuju dengan ente…
      dan setau ane diwarung ini belum pernah nyinggung hal itu…

      sponsor adalah belenggu yg terorganisir dan mengubur kebenaran…
      gak dimana-mana…

      nothing is free…

  10. kita smua tau..pak cakil condongnya ke honda…tp mbok ya jgn kbangetan to pak…. anda itu orang akademis…jgn kek farhat abbas gitu donk pak… slalu bikin sensasi

  11. Menepuk air didulang ketimpuk muka sendiri….

    numpang lewat…sambil bilang ” aku mimpi dulu”…..

  12. Aamiiin…

    Itulah mengapa ane jarang buka blog trkenal karena dah tau isinya. Males. Jarang banget nulis kelemahan produk, klopun ada dgn cara yg sangat halus yg org awam g akan ngeh klo itu adalah suatu masalah.

  13. jangan bangga dapet sponsor,
    tujuan mereka cuma membelenggu supaya boroknya tidak dikorek…

    🙂

    kadang disitu saya merasa sedih…

  14. jangan pandang bulu bro gokil…
    mau honda, yamaha, suzuki ato kawasaki klo emang ada kekurangannya disampaikan saza yg penting tidak berbohong alias punya bukti…

    biar konsumen pada pintar…

  15. setuju bro goil..cca H, Y K ato S..gelar aja..tapi tentunya ga asal gelar dan jangan ngaku blogger multi brand tapi artikel kebalikannya …suwun

  16. siip itu yg saya harapkan! dibedah kekurangannya diberi solusi cara mengatasinya! mustahil di ksh msk an beli merk yg lain! spt artikel vario 150 jd double shock.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan