Pinternya Pabrikan Jepang Memikat Konsumen di Indonesia

vario 150 vs nmax 150

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai tujuan

Orang jepang emang pinter, walaupun memang nggak ngejajah secara fisik, akan tetapi karena menguntungkan mereka akan tetap menjajah kita lewat cara lainnya. Caranya adalah menanamkan sesuatu yang sangat superior bagi produk-produk mereka yang seakan-akan tiada lawan. Dengan demikian mindset kita jadi terjajah, bahwa motor jepang hebat, paling cocok buat kita.

Selain itu mereka benar-benar pintar mengatur persaingan. Perhatikan bahwa volume engine (cc) dari motor-motor pabrikan besar jepang yang ada di Indonesia hampir tidak pernah head to head. Kalaupun mirip cc-nya yang masing-masing dibedakan karakternya, silindernya dan lain-lain. Sehingga bagi orang awam (kebanyakan konsumen) hanya akan mampu melihat keunggulan masing-masing dari mereka, dan tertutupilah kekurangannya.

Seperti yang baru-baru ini, iklan yang sangat bombastis dari pasar motor terbesar yaitu matic, yang sangat tidak mungkin dapat dicapai dalam pemakaian biasa/reguler. Iklannya adalah

  1. Konsumsi vario 150 pada lomba irit mencapai 111 km / liter
  2. Topspeed nmax 150 di sentul mencapai 155 km/jam

Bener-bener iklan yang gokil, vario 125 pgmfi aja untuk harian nggak sampai 50 km/liter, apalagi 150 cc. Sedangkan untuk nmax 150, topspeednya di mesin dyno, tanpa melawan angin cuma dapet 121 km/jam, mana bisa  di jalanan mencapai 155 km/jam. Untuk kondisi nmax 150 standar adalah mustahil mencapai topspeed tersebut, walau di sentul sekalipun. Dan ternyata sudah diklarifikasi bahwa angka tersebut 155 km/jam adalah salah ketik, yang benar 115 km/jam, nah kalau ini baru masuk akal.

Mungkin ini yang mengarahkan anggapan bahwa mereka sebenernya telah bekerja sama dalam menguasai pola pikir rakyat indonesia dalam menilai sepeda motor. Bahkan sepertinya anggapan bahwa mereka juga melakukan monopoli mendekati kebenaran. Yang mana pasar mereka terus berkembang dan saingan-saingan mereka dimatikan. Harga motor mereka pun sanga overprice jika dibandingkan harga motor non-jepang. Teringat ujar-ujar tentang bajaj pulsar.

Konsumen : “Lho bajaj pulsar 180 ug4 kok cuma 16.5 juta ? Apa materialnya nggak murahan ?

Sales bajaj : ” Harga motor sport nya memang segitu, motor jepang aja yang kemahalan”

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

29 Komentar

  1. Syukur deh kalo udah pd sadar dibodohi jepang.
    Mereka menilai produk berdasarkan spek performa.
    Semakin kita aware spek mesin harga langsung dinaikan mulai dari produk entry level.
    saran saya bantu & dukung produk non mopang berkembang di indonesia. Secara tidak langsung akan menciptakan persaingan yg sehat.

    • Iya sih klo dibanding jpn.. Lha coba banding minerva,, secara penjualan jg lbh tinggi bajaj, klubnya itu lho ws ada dmn”..
      tp nyatanya minerva jg msh eksis,, ngeluarin produk baru, ttp ngisi perdebatan motor indo
      ..
      so, ya dasar nya bajaj aja gak mau struggle,, gak menghargai konsumen, indo cm buat riset pasar, dianggep kurang bagus.. Cabut!
      gw liat bajaj pertama masuk indo smpe berhasil menelorkan bbrp klub fanatik itu prospek besar lho, jarang ada merk non jpn bisa gitu, liat aja ktm yg namanya udh melejit di luar,, ttp gk berkutik (ini apa gak nangis sales ny)

  2. Inget ngak sejak louncig scorpio tahun 2001 sampai sekarang 2015 yamaha selalu konsisten menggunakan spek stroke 58,7mm dgn berbagai varian. Herannya tetep laris….
    ini orang kita pada ngak ngerti spec apa ngak ada yg sharing ilmu.
    Celakalah orang yg berilmu kecuali yg mengamalkannya, dan lebih celaka lg orang yg mengamalkan tp tidak ikhlas.

  3. Mulai sekarang cobalah abaikan produk yang mahal cari yang lebih masuk akal kalau ada produk lokal,hargai produk sendiri dari sekarang jangan terlena fungsi juga sama mau apalagi

  4. Sales bajaj : ” Harga motor sport nya memang segitu, motor jepang aja yang kemahalan”

    Konsumen : “Kalo gitu kenapa bajaj kabur lepas tanggung jawab?”

    😀 😀

  5. its too late..puluhan ribu orang menggantungkan nasib sama pabrikan2 jepang
    mulai dari buruh pabrik sampe sales sebagai garda terdepan penjualan. pabrikan jepang udah berjuang puluhan tahun agar bisa seperti ini. jadi jangan heran kalau mereka bisa mengontrol mindset orang indonesia.

    buat pabrikan non japan ayooo jualan nya di benerin dulu kasih 3S yang bagus ..konsep motor yang realistis dengan sudut pandang/selera orang indonesia.
    intinya ya totalitas.

    kalo mau bersaing di marih
    tanpa totalitas lalu,
    mau ngalahin pabrikan jepang?
    NGIMPIIII

  6. Sekedar mekuruskan. Bukannya bajaj kalah sidang di PN jakpus 2011 perihal paten penggunaan 2 busi yg sebelumnya ditolak dirjen haji th 2009 dan juga di komisi banding paten tahun 2010. yang dianggap sudah dipatenkan honda disini th 2006 tp sempet dibantah oleh fihak bajaj krn yg satu mesin vtwin yang satu lg singel silinder. Ngak jelas detailnya mana yg benar.
    padahal bajaj sudah mematenkannya di india.
    Perseteruan berlanjut sampai ada iklan provokatif HSX125 vs 135ls & ug180 kalo ngak salah.
    setelah kekalahannya di PN jakpus mau ngak mau bajaj auto indonesia harus menarik semua mesin 2 businya dari sini, kondisi terburuk ini menyebabkan bajaj harus hengkang dari indonesia.
    Tp denger2 mau fight lagi setelah sukses penjualan triple spark 200NS Dan menyimpan amunisi lainnya 200ss, 200AS, 400cs.

  7. Kalo tvs itu perusahaan vendor spare part ternama di india, setelah merger dgn suzuki, tvs mengembangkan perusahaan otomotive disana, tahun 2007 tvs bangun pabrik dikarawang. Dilihat dari spek mesin, body dan desain cukup baik untuk produk entry level yg penting murah dulu. Kalo produk konsep sih joss bgt. Tinggal mau apa enggak launching produknya disini.

  8. ane setuju tuh ama para bro” yg laen, semakin hari produk otomotif jepang semakin nyekik harganya…
    dari mobil ampe motor semua harganya gak wajar, ane yakin ada kongkalikong antara pemerintah dan produsen jepang…

    perlu diingat pejabat negeri ini banyak yg mata duitan dan rakus otaknya ditaro didengkul…

    bikin pesawat aja bisa, masa iya bikin motor gak becus… klo membunuh itu bukan kejahatan mungkin udah ane gorok-gorokin tuh pajabat-pejabat korup bajingan…

  9. produk nasional cuma jadi bahan olok-olokan rakyatnya sendiri karena memang dibuat seadanya tanpa dukungan pemerintah demi menjaga kepentingan busuk mereka meraup untung dari hasil kongkalikong dengan pihak asing dan aseng…

    🙂

    alangkah bejatnya…

  10. biarlah tetep seperti ini dulu untuk sementara waktu. perbanyak kandungan lokal nya harus yang diutamakan (untuk saat ini). nanti lambat laun, tirulah china hahahhaha

    jangan buat produk merk lokal untuk melawan merk jepang (saat ini) setidaknya hingga 5 tahun ke depan

  11. motor nasional gk akan tumbuh dn jadi tuan rumah d negeri sendiri sebelum otak korup pemerintah terkait d cuci bersih, klo pemerintahan ogah” an dukung produk lokal kita bakal ttep d jajah. honda yamaha suzuki banyak yg produk ya udh mengandung hampir 90% part lokal, brrti harus nya indonesia bisa bikin sendiri..

  12. Numpang.
    Bajaj, kabur tanpa ba bi bu.. Padahal ane dah sukarela promo tu produk ke konsumen2. Ane promo jg bkn demi keuntungan semata tp jg tau kualitasnya, drpd konsumen beli produk nasional yg kualitasnya parah, mendingan nambah dikit dpt kualitas bagus.

    Produk (maksud ane merk) nasional apa yg mau di banggain. Jgn mau dibodohi atas nama nasionalisme. Klo kualitas parah ngapain dibanggain, mo dijajah bangsa sendiri???? Ane bahkan g bisa nulis kualitasnya biasa, krn mmg kualitasnya dibawah biasa.

    Beli barang 8jt cm mampu dipake setaun, klo apes dpt yg seminggu langsung turun mesin apa yg 15jt tp bs dipake 10 thn, bisa jg lebih???

    Kita konsumen bela kepentingan konsumen aja g perlu bawa ini itu dan mengalah krn hal tsb. Mau dr mulut harimau jatuh ke mulut buaya??

    India ada bagusnya.. Pelajari bagaimana cara pabrikan india jadi kebanggaan bangsa india..

  13. ane malah prnh ketemu iklan Yamaha NVL di brosur…

    tenaganya 21hp
    top speednya 145kmh

    bilang SPGnya bisa tembus sgtu pdhl kenyataannya tidak :v

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan