Durasi Injector CBR150 Lebih Pendek dari Vario125, Artinya ???

07 injector2

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Memang tahun ini sudah menjadi tahunnya motor injeksi. Hampir semua motor baru menyetandarkan kualifikasinya dengan pengaplikasian sistem pengabutan injeksi. Sayangnya sistem ini belum tersosialisasikan dengan baik, banyak yang belum faham, baik mekanik apalagi orang awam. Hal ini dikarenakan teknologi sistem injeksi cukup tinggi dan membutuhkan perhatian ekstra untuk memahaminya.

Terkait dengan seluk-beluk sistem injeksi, ane sidikit mau share, kebetulan sempat mengukur durasi injektor dari 2 motor kelas yang berbeda, matik 125cc dan sport 150cc. Untuk durasi injektor motor matik, pernah ane ulas secara singkat di artikel yang lalu, sedangkan motor sportnya baru kemarin. Dan inilah perbedaannya…Motor Sport 150cc

durasi injector cbr150 11500rpm

Dan yang matic 125cc

durasi injector vario125 9675rpm

Perbedaannya sangat signifikan, dan yang terpenting adalah durasi injektor cbr150 justru lebih pendek dibandingkan matic. Padahal tekanannya sama yaitu 294 kPa, berarti debit injector cbr150 jauh lebih besar dibandingkan injector  vario125. Dan hal ini memang menjadi keharusan bagi engine yang mempu berkitir di rpm yang sangat tinggi, injeksi harus berlangsung sangat cepat menyesuaikan dengan pendeknya periode/waktu langkah intake. Jadi bagi rider yang mau bore-up vario125, sampai 150cc-200cc mungkin bisa mengadopsi injector cbr150, tinggal mengatur durasinya saja agar AFR-nya pas.

Kebetulan ane baru mendapatkan cara bagaimana memperkirakan durasi injector, bagi motor yang diketahui grafik hasil dyno-nya, kapasitas/debit maximum injector-nya, dan parameter2 lainnya. Nanti saja dibahas di artikel berikutnya, rada panjang dan fully mathematic.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

25 responses to “Durasi Injector CBR150 Lebih Pendek dari Vario125, Artinya ???

  1. “Perbedaannya sangat signifikan, dan yang terpenting adalah durasi injektor cbr150 justru lebih pendek dibandingkan matic. Padahal tekanannya sama yaitu 294 kPa, berarti debit injector cbr150 jauh lebih besar dibandingkan injector vario125.”

    apa tidak terbalik? krn kalau di mobil, saat nyetel spy bbm lebih irit, maka injector time disetel lebih singkat spy semprotan bbm tdk banyak. karena yg saya pahami injector time itu ibarat waktu buka-tutup pintu bendungan. jadi semakin pendek buka-tutup pintu bendungan, maka volume yg dialirkan juga sedikit … CMIIW ..

    • hmm.. kalo gak salah rumusnya Rasio Injeksi = Masa Injeksi : (Tekanan x Durasi Injeksi)
      So,, kalo timing buka tutup jarum injeknya lebih cepet, berati rasio bbm yg diinjekkan lbh banyak.
      (kasarane bolak balik nyemprot)
      eehh,,, iya kah ?? 😀 << nyoba nebak aja sih, hehee..

    • Benerrr bro.. wek ku ki boros e ngalahi fu ee..
      sepertinya data yg dikeluarin Otomotif itu bener, apalagi dikasi keterangan klo itu motor bener” baru,, beda ma r15 yg dipake compare di saat bersamaan. So iki podo plek karo wekku sing sek anyar kinyis kinyis mung boros e amit amit!! mimik pertamax+ ws entek atusan ewu ee 😀

  2. Bukannya injeksi tergantung ecu ya?

  3. ni yg ane suka dr mogogokil, teory otomotifnya. praktek tanpa teory akan siasia

  4. Hubungan durasi injector terhadap putaran kruk as, untuk penyesuaian semprotan gerakan naik turun piston, kalau lah terlalu awal campuran menjadi bagus akan tetapi berefek pada dinding cylinder yaitu menyapu oli cukup di takuti ktka mwnyetel pada keadaan itu memperpendek usia boring tapi campuran bensin sangan bagus tenaga makin sip, gimana tuh pa guru

  5. Walau CB berkarakter gasingan tinggi tp matic kn jg sering bergasing tinggi pak?? Harusnya kn sama saja??
    Mgkn lbh pd cc mesinnya Pak..
    Cc kecil perlu kabut lbh baik konsekuensinya lubang pengabut lbh kecil sehingga buat memenuhi kebutuhan mesin durasi dipakai panjang..
    Bisa jg sih dgn penambahan lubang pengabut lbh banyak macam m3 yg katanya 4 lubang,address 6 lubang shg durasi lbh pendek..
    Tp kn dgn pnambahan lubang pengabut cost produksi jd bertambah Pak?
    Imho

  6. Vario125 dah mayan kenceng standartnya pakdosen,nyaman lagi…cuman catnya cpt kusem…

  7. Itu perbedaannya.
    Persamaannya adalah: kalo malam kedua motor sangat identik.

  8. kalo malam lampu nya nyala dua2nya emangnya kenapa bro ? masalah buat lo ? mau fungsi ato estetika ? klo fungsi nyala dua2 nya lebih terang dripada nyala satu…emangnya mtor lu ngaku nya tegnologi motojipi tpi msih sohc operstruk trus dikamplengi sama vario sarungan smpe 10x. ngaku nya irit tpi ko mlah lbih irit vario sarungan. piue jal ????

  9. Saya kira kalau disesuaikan dg stroke dan durasi timming noken as jg, klu byk dikitnya mngkn disesuaikan dg debit udaranya maunya rasio berapa.

    • Nah kalo ini, ane sependapat dgn @HRS.

    • Nah ini sgt masuk akal dan teknis skali, ulasan singkat ttp dalam bgt,buat apa durasi semprot lbh lama jika durasi noken as yg singkat atau sbaliknya, noken as slalu disesuaikan dg strokenya, dan buat apa lobang dperbanyak spy bensin masuk byk ttp udara sdikit mlh pmbakaran gk sempuna dan sbaliknya, jd mesin kcau balau, ane sgt stuju gan, josss.

  10. ditunggu artikel selanjutnya yg full matemathic bacanya sambil garuk2 kepala.

  11. artikel yang mengitung durasi injector sudah keluar ya…..kalu sudah nama lamannya apa…..thanks
    artikelnya keren – keren….+ banyak ilmu

  12. durasi lebih pendek, tp debit lebih banyak ????
    berarti lobang injecktor gede gede ????
    berarti pengabutan jg kurang bagus ????

  13. kalau dalam praktek sih seperti itu< kalau debitnya injector cb150r lebih besar di banding motor lain, karena dalam pengaplikasian hasilnya seperti itu>. Injector cb mampu memenuhi durasi pendek, kalau di durasi IT di bikin lama jadinya bukan hanya boros tapi mesin malah gak jadi lari karena kebanyakan bbm, itu pengalaman dari pengaplikasian system FI di mesin HONDA TIGER, ecu saya memakai YAMAHA NVL RACING Dari BRT, Throtle Pakai CB150R.

  14. timingnya sih lebih pendek, tapi kan lubangya lebihh gede. wajar aja. tapi menurut ane sih cukupan segitu, emang rada boros juga kalo dibanding vario mah.