ganti-oli-bloger

Durasi Injector CBR150 Lebih Pendek dari Vario125, Artinya ???

Diposting pada

07 injector2

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Memang tahun ini sudah menjadi tahunnya motor injeksi. Hampir semua motor baru menyetandarkan kualifikasinya dengan pengaplikasian sistem pengabutan injeksi. Sayangnya sistem ini belum tersosialisasikan dengan baik, banyak yang belum faham, baik mekanik apalagi orang awam. Hal ini dikarenakan teknologi sistem injeksi cukup tinggi dan membutuhkan perhatian ekstra untuk memahaminya.

Terkait dengan seluk-beluk sistem injeksi, ane sidikit mau share, kebetulan sempat mengukur durasi injektor dari 2 motor kelas yang berbeda, matik 125cc dan sport 150cc. Untuk durasi injektor motor matik, pernah ane ulas secara singkat di artikel yang lalu, sedangkan motor sportnya baru kemarin. Dan inilah perbedaannya…Motor Sport 150cc

durasi injector cbr150 11500rpm

Dan yang matic 125cc

durasi injector vario125 9675rpm

Perbedaannya sangat signifikan, dan yang terpenting adalah durasi injektor cbr150 justru lebih pendek dibandingkan matic. Padahal tekanannya sama yaitu 294 kPa, berarti debit injector cbr150 jauh lebih besar dibandingkan injector  vario125. Dan hal ini memang menjadi keharusan bagi engine yang mempu berkitir di rpm yang sangat tinggi, injeksi harus berlangsung sangat cepat menyesuaikan dengan pendeknya periode/waktu langkah intake. Jadi bagi rider yang mau bore-up vario125, sampai 150cc-200cc mungkin bisa mengadopsi injector cbr150, tinggal mengatur durasinya saja agar AFR-nya pas.

Kebetulan ane baru mendapatkan cara bagaimana memperkirakan durasi injector, bagi motor yang diketahui grafik hasil dyno-nya, kapasitas/debit maximum injector-nya, dan parameter2 lainnya. Nanti saja dibahas di artikel berikutnya, rada panjang dan fully mathematic.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.