Yang Penting dari Konsep Teknologi "Blue Core" Yamaha

Blue-Core2

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sudah banyak blogger yang menulis tentang dirilisnya motor2 baru yamaha yang berbasiskan “blue core” engine. Tapi mungkin banyak yang diantara kita yang kurang peduli dengan “blue core” ini karena terlalu seringnya kita terbius dengan yang namanya “power”, “topspeed” dan “acceleration”. Padahal yang ditawarkan oleh yamaha lewat konsep blue core ini lebih dalam dari itu, perhatikan gambar ini :

Blue-Core

Yang dilakukan yamaha adalah :

  1. Mengoptimalkan pembakaran, sehingga semua bensin yang masuk ke ruang bakar habis terbakar tanpa sisa, tidak ada yang terbuang percuma.
  2. Mengurangi rugi-rugi yang terjadi, sehingga power yang dihasilkan semakin banyak yang sampai ke roda belakang. Terbuangnya power ke bagian2 yang lain (rugi) dikurangi, dengan mengurangi rugi2 akibat friksi/gesekan baik di silinder, rocker arm dan di bagian2 lainnya. Pengurangan rugi2 juga dilakukan pada rugi akibat pendinginan mesin, dengan pengaturan suhu yang optimal pada ruang bakar yang seimbang dengan proses pendinginannya.
  3. Perbaikan pengaturan komposisi bensin yang lebih presisi terhadap volume udara yang masuk, sehingga diperoleh campuran yang optimal sesuai untuk peruntukannya. Sehingga untuk kecepatan rendah tidak ada bensin yang terbuang percuma karena campuran terlalu kaya. Sebaliknya ketika diinginkan ngebut tidak akan kekurangan tenaga.
  4. Pengaturan ulang waktu pengapian yang lebih optimal, guna menghasilkan efisiensi pembakaran yang paling tinggi, tanpa harus memasuki daerah knocking (knocking region).

Empat perbaikan ini jika memang benar dilakukan bukanlah pekerjaan main-main, ini pekerjaan yang sangat banyak dan berat bagi para insinyur yamaha. Sekarang mari kita lihat salah satu contoh aplikasi teknologi blue core pada fz15 (byson).

bluecore

Jika dirinci, perbaikan yang terkait dengan optimasi pembangkitan tenaga dari engine fz15 di atas adalah :

  1. Sistem injeksi (FI) yang sudah close loop
  2. Perbaikan porting intake
  3. Perbaikan ruang bakar
  4. Perbaikan muffler

Ke-4 nya secara bersama2 membentuk pembakaran yang optimal dengan penggunaan bensin yang paling efisien (dalam kondisi yang seimbang/best balance). Karena sistem ini sudah bersifat close-loop,  yang mana semua sudah dihitung dengan presisi, mulai dari luasan filter udara, diameter tb, debit injektor, bukaan klep-in, sirkulasi di ruang bakar dan back pressure dari muffler, maka jika ada sesuatu yang dirubah, sudah pasti akan mempengaruhi kestabilan kinerja ECU. Jika dilakukan modifikasi yang cukup ekstrim pada engine dengan sistem blue core ini (misalnya mengganti filter udara racing, knalpot racing dan injector racing), dimana keadaannya sampai keluar dari range kinerja ECU, maka teknologi “blue core” akan runtuh, alias nggak “blue core” lagi.

Hasilnya kendaraan mungkin semakin responsif, semakin kencang, akan tetapi fc semakin boros dan polusi yang dihasilkan semakin besar. Dan pada saat itu apa yang dinamakan “best balance” akan hilang digantikan dengan optimum performance.

Mungkin saja semua pabrikan juga melakukan aplikasi teknologi yang serupa dengan blue core ini, akan tetapi menggunakan istilah yang berbeda. Atau bahkan ada juga yang menganggap bahwa efisiensi penggunaan bahan bakar dan pengoptimalan pembangkitan power adalah suatu keniscayaan pada masa ini, maka hal yang seperti itu tidak terlalu spesifik digunakan sebagai alat promosi karena sifatnya umum. Yang jelas para mekanik tanah air perlu juga mempertimbangkan konsep ini dalam memodifikasi engine sepeda motor, sehingga semuanya “dapet secara proporsional”. Iritnya dapet, kencengnya juga dapet tapi ya itu “best balance”, inilah yang terbaik untuk harian.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

$where = 0;

37 responses to “Yang Penting dari Konsep Teknologi "Blue Core" Yamaha

  1. yang belum dioptimalkan oleh pabrikan yaitu uap yg ada di dlm tangki bbm … selama ini cuma terbuang percuma …

  2. Konsep yg baik. Sepertinya di fu.e tuning segala sektor. Tertarik sama part tertentu di ringanin contoh piston dan pen, sapa tau bisa jadi bahan kanibalan hehe

  3. Antara eSP n Blue Core,perbedaan n persamaanya apa Pak secara teknis?

  4. Yang ane pahami soal blue core ini, sebetulnya cuma konsep/slogan saja ya. Kalo istilah ane, fake system/technology.
    Soalnya cari info soal blue core, dapatnya ga jauh dari perbaikan sesuatu, memperbaiki sesuatu, memperbarui sesuatu, dsb. Jadi bukan nama suatu teknologi atau sistem baru.
    Kalo cuma gitu (perbaikan pembakaran, perbaikan gas buang, dsb), pabrikan lain juga pasti ngelakuin. Cuma ga ngasih trade mark aja.
    Imho sih, yamaha ini lebay. Mungkin mirip esp honda dan skyactive mazda.
    Tapi, namanya marketing, kita harus maklum.
    Cmiiw

    • yup tul,
      nothing new, cuman proses perbaikan, terus menerus nyari cara agar engine lebih fuel efficient.
      terkait ini sih pabrikan sayap jauh bahkan sebelum yahomo crypton dipikirkan untuk dijual, si sayap udah uda punya sederetan mesin 4 tak yg jelas2 irit. gak haruan ga di Mo GP.
      FYI yah, crypton baru lahir, astrea 80 grand, star dan prima uda nyebar (bahkan sampe sekarang).
      nah siapa yg ngingkarin iritnya mesin2 kecil honda walaupun jadul jaman cub.

      masalahnya di video ttg bluecore, yahomo kalim ini teknologi temuan baru (itu lho ilmuwan botak dan rekannya yg satu lagi nggabungin isi pikiran)

      kalau shuhei nakamoto liat video itu, ga kbayang gmana lucunya si shuhei ngakak.
      wkwkkw insinyur botak lebay.
      MS kalah di GP juga kalah, eh masih ada aja yg dgn bloon nya nge fans wkwkwk

      • Nah itu dia, yang ane masih belum paham. Ane nangkepnya blue core itu cuma slogan, tapi dibuat kesan kalo blue core itu teknologi.
        Soal klaim-mengklaim, pembuktiannya silakan ke pengadilan.
        Soal fansboi2-an, menurut ane selera masing2. Yang penting jaga tingkah laku. Walaupun jadi fansboi ga guna, karena spare part tetep bayar. Lagipula, pada dasarnya semua motor itu sama, sama-sama harus di-maintenance.

      • Apa loe ngomongin gue? Gue cuma senyam senyum doank

      • errr…. gw jadi teringat pabrikan yang dalam setiap iklannya nulis “inovasi terbaru” padahal kalo mau diliat2 udah ada sebelumnya 😆

  5. Jualan slogan, mudah-mudahan ngefek

  6. Pembakaran maximal tanpa ada gas bakar yg terbuang percuma hanya bisa di capai dgn teknologi DIRECT INJECTION. Kalo masih indirect injection pasti tetap ada gas bakar yg terbuang saat overlap, walaupun sedikit. Googling dolo ahhh…

  7. yamaha itu terlalu lebay dlm marketing. efisiensi honda jauh sebelumnya . contoh penggunaan bearing di rockerarm, penggeseran offside setang piston, dekompresi system, bahkan tutup silinder head sekarang pada ngikut honda semua . makanya gw paling benci pd yamaha, teknology ngekor honda mulu tp belagak sok paling canggih. teknology apasih yg barudr yamahA. honda terus berinovasi misal acg stater, iss, penggunaan led, projektor dan biar pada tau aja, aplikasi injeksi pd motor pionirnya ya honda th 1980. baru menggunakan diasil silinder yamaha merasa sdh paling top, padahal kenyataannya yamaha paling cepat ngebul. honda dg melobdenum gak perlu koar2 tp terbukti lbh awet dr punya yamaha

    • penggunaan bearing,offset silinder dan tutup silinder tdk ada yg paten sehingga ini masalah waktu masalahnya honda lebih cepat rilis dan lebih cepat merata ke productnya seolah yg pertama kali…ane kira semua pabrikan dh mikiran itu nouvo dah pakai bearing sejak 2003…lagian umumnya sohc jga pakai rocker arm sejak zaman beheula …cmiwww
      injeksi yamaha dan honda hampir bareng pd tahun 80/81 an beda setahun namun teknologi injeksi honda paada saat itu gagal fail lalu thn 83 dihentikan sdangkan injeksi yamaha,lancar jaya
      yee siapa yg meragukan teknologi diasill cylinder …bandingkan deh sama yg konvensional…
      lha wong teknologi iss sama acg dah ada sebelum e…

  8. Bruaaaaaaaakkakakakakkk!
    Numpang ngakak aja deh… kali aja bang Shuhei jg lg terpingkal-pingkal skrg.. 😆

  9. ini slogan marketing sama seperti mercedes bluetec dan blueeficiency,ford ecoboost (turbo yang diberi nama lain biar lebih cool), nissan puredrive, honda earth dreams dll…fanboy boleh teriak2 ga guna, basi dll..tapi slogan marketing yang catchy adalah hal yang penting dalam penjualan

  10. Beda tifis dengan istilah : DUAL CORE , CORE 2 DUO , OCTA CORE,

    Daripada Blue Core mending ganti jadi :
    1. Blue Lagon
    2. Blue Core 2 Duo
    3. Blue Core Octa
    dll

    Emang nya mau main komputer dan HP di motor 😛

  11. CUMA HONDA YG BEST BALANCE….

    KARENA HONDA ADALAH KENYAMANAN

  12. teknologi KOR (telur kutu rambut/tumo)
    teknologi LINSO (anak tumo)
    teknologi TUMO (kutu rambut)

    teknologi yamaha selalu ketinggalan minimal 4thn dr honda.
    * Honda dah buat injeksi PGMFI dr 1980 yamha baru bisa skr ymjetfi.
    * Honda dah pake SSS sejak vario lahir 2004, ymh br taon 2013.
    * Honda dah teknologi ESP sjk matik PCX/VARIO125 4thn yg lalu ymh br ngikut blu kolor ijo
    * Honda dah buat CBS, ymh???
    * Honda dah buat ACG starter, ymh???
    * Honda dah buat ISS, ymh???
    * Honda dah LED, ymh???

    • thn 80 yamaha dah rilis injeksi bro
      ymjet fi formula khusus tema hanya buat injeksi matic yamaha jd jauh saat tepat rilis ymjet fi yamaha sudah punya basic injeksi …kalau pgm fi emang dr dulu namanya pgm fi namun pgm fi ada 1 2 3 4 dan itu tidak spesifik pada satu product

      • setau ane matic yamaha tahun segitu yamaha beluga yang belum mengadopsi injeksi deh. ente kelewat pinter atau sok tau? jadi fansboy kok sungguh terlalu. kalau emang ymjet fi udah dikenalkan dari tahun 80an, coba dong share artikelnya di sini. artikel dalam bahasa asing juga gpp yg penting ente punya bukti atas argumentasi ente.

      • sejak kapan core itu sejenis gen komputer? core itu artinya inti. komputer itu satu kesatuan yg terdiri dari inti dan part pendukungnya. dalam komputer dikenal dengan istilah single core dan multi core, tanpa core ini komputer ga akan pernah bisa jalan meskipun part pendukungnya ada. ane sebagai anak komputer jadi malu kalo ngeliat statemen ente bro.
        blue core dalam yamaha ini cuma filosofi yg mana mencakup keseluruhan yang dijalankan oleh satu inti sama halnya kaya ESP, contohnya tanpa ACG starter ISS sulit diaplikasikan. ane yg bukan FBY aja paham maksudnya dari blue core, lah ente yg ngebela habis2an ini teknologi seakan tau segalanya malah asal jeplak congornye. be smart people bro, atau ente sales yamaha? hanya TUHAN yg tahu.

  13. Jadi inget masa SMP, jamanya suzuki tornado gs “inovasi tiada henti” padahal kenalpot Suzuki RC DK di ganti KENALPOT TELO …. Honda tetap melenggang dengan Astrea Prima ajib…

  14. kalo di honda ini namanya esp (echanced smart power). mungkin cm beda istilah aja. hehe…..

  15. Wanine mung ng kene tok a? Taek

  16. core adalah sejenis gen computer yg didalamnya terdapat sensor2 dan teknologi yg menyertainya dan arahnya motor masa depan memang dijalankan lewat computeries
    blue adalah warna corp yamaha
    jd tema yg diusung adalah blue core teknologi masa depan
    dgn memberikan sentuhan2 dan ubahan dr insinyur yamaha di mesin blue core

  17. penggunaan bearing,offset silinder dan tutup silinder tdk ada yg paten sehingga ini masalah waktu masalahnya honda lebih cepat rilis dan lebih cepat merata ke productnya seolah yg pertama kali…ane kira semua pabrikan dh mikiran itu nouvo dah pakai bearing sejak 2003…lagian umumnya sohc jga pakai rocker arm sejak zaman beheula …cmiwww
    injeksi yamaha dan honda hampir bareng pd tahun 80/81 an beda setahun namun teknologi injeksi honda paada saat itu gagal fail lalu thn 83 dihentikan sdangkan injeksi yamaha,lancar jaya
    yee siapa yg meragukan teknologi diasill cylinder …bandingkan deh sama yg konvensional…
    lha wong teknologi iss sama acg dah ada sebelum e…

  18. “kami menghargai INVESTASI anda dengan INOVASI”

  19. nih rdy bener2 bacot asal bunyi kali yaaa.
    share dong disini teknologi injeksi yamalu sejak tahun 80an.
    kliatan bener kayak kebaker jenggot kl yamalu disenggol.
    Aaaaaakkkakakakakkk! :mrgreen:

    • masa depan dari mana yamaha mio blue core depe tampilang nda depe perubahan dan lapu masi mengunukan bolam kuno liat kalo honda sudah mengunakan led lebih hemat aki klo bolam boros aki

      core mo di injak stater kaki keras kalo honda lembut

      dan yang paling ane terdapat di behel belakang bentuknya kaya <3

      bertenaga gimana hele depe kecepatan cuman bisa sampai 100 kmh.

  20. Pingback: soal iklan BC Yamaha di iwanbanaran.com, ternyata tidak ada yang protes masalah blue core ya? | Mengupas berita soal rider dan motor

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan