Upgrade YZF R15 Menghadapi Tantangan All New CBR150R, Nggak Cukup Cuma Ganti Part Racing


all new cbr150r vs yzf r15

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalana sampai ke tujuan


Hasil pengukuran dan komparasi yang dilakukan oleh motor plus menunjukkan sedikit keunggulan all new cbr150r atas yzf r15. Keunggulan dapat dilihat dari perbedaan power puncaknya maupun batas atas putaran mesinnya (limiter rpm-nya). Tentunya hal ini bagi owner r15, sedikit menurunkan kepercayaan diri saat di jalan raya, apalagi penampilan r15 lebih racy dibandingkan cbr150. Untuk meningkatkan kepercayaan diri owner r15 tersebut, banyaklah dirilis tip dan trik meningkatkan (upgrade) power dari engine r15 ini.

Semuanya memang terbukti mampu meningkatkan power engine r15, akan tetapi disertai dengan beberapa catatan yang menunjukkan diperlukan ubahan lainnya. Berikut tahapan dan ulasan singkat upgrade dari r15 (bisa juga diaplikasikan pada new vixion lightning/NVL)

Ganti Busi Platinum/Iridium

Cara paling gampang adalah meningkatkan kualitas pembakaran dengan menggunakan busi yang lebih baik. Pada busi yang lebih baik, bunga api lebih fokus, lebih panas dan lebih mudah-cepat meledakkan campuran bensin+udara di ruang bakar. Sehingga dengan waktu yang ada (sangat singkat), dapat “lebih” menuntaskan pembakaran. Efek ini akan memberikan tambahan power maksimum 1,4% jika dibandingan dengan busi standar. Banyak busi seperti ini dan bisa digunakan untuk harian, seperti busi jenis platinum dan iridium.

Filter Udara + Kanlpot Racing

Penggantian filter udara racing adalah untuk meningkatkan efisiensi volumetrik (volumetric efficiency/VE) udara yang masuk, sehingga ruang bakar akan mendapat asupan yang lebih banyak dibandingkan menggunakan filter udara standar. Sedangkan penggunaan knalpot racing akan menyempurnakan pembuangan gas hasil pembakaran, sehingga seimbang dengan peningkatan udara yang masuk (naiknya VE). Disain knalpot racing yang baik juga akan membantu peningkatan VE.

Akan tetapi peningkatan VE ini akan percuma, jika suplai bensin tetap standar, karena tenaga/power dihasilkan dari pembakaran bensin. Oleh karena itu asupan bensin juga harus ditambanh dengan menseting CO+ (naik) beberapa step. Kenaikan CO sebesar 1 step akan memberikan tambahan 0.005 ml bensin. Menurut review beberapa rider vixion, penggantian filter udara racing harus disempurnakan dengan seting CO+3 untuk meningkatkan power secara signifikan. Maka menurut ane penggantian filter dan knalpot racing menuntut kenaikan CO yang lebih besar lagi, prediksi ane di CO+7.

Kadangkala desain knalpot terlalu “plong”, sehingga campuran bensin+udara begitu cepat keluar. Bahkan karena efek dari overlap malah justru semakin memiskinkan AFR di ruang bakar. Sehingga kadang2 peningkatan CO+30 pun tidak mampu memberikan peningkatan daya yang signifikan. Oleh karena itu perlu disadari, bahwa upgrade yang dilakukan bukan buat balapan (full racing), maka desain knalpotnya juga jangan terlalu ekstrim jika dibandingkan dengan knalpot standar, karena efeknya justru lebih banyak merugikan. Power naiknya nggak seberapa, boros iya.

Alat untuk menaikkan nilai CO

yamaha FIDT

Selain itu, karena VE bertambah maka nilai rasio kompresi (compression ratio/CR) dinamik juga akan naik. Jika tidak diantisipasi maka akan merugikan mesin bahkan bisa merusak mesin. Berikut langkah antisipasinya :

  1. Karena CR dinamik meningkat, untuk menghindari knocking/detonasi dalam ruang bakar yang dapat merusak mesin, maka nilai oktan bahan bakar harus ditingkatkan. Kalu biasanya masih boleh pakai premium, maka setelah ubahan ini haram pakai premium, minimal pertamax.
  2. Agar peningkatan CR dan oktan bahan bakar tidak sia-sia, maka pengapian bisa dimajukan. Karena di ECU NVL (mungkin sama dengan R15) tidak ada fasilitas untuk mengubah peta pengapian, maka pemajuan titik pengapian dapat dilakukan dengan cara lain, yaitu mengakali pulser atau pick-up koil nya. Kalu mau gampang dan lebih presisi, bisa menggunakan ECU racing, tapi harus merogoh kocek lebih dalam lagi, mahal bro.
  3. Karena CR naik maka campuran udara+bensin menjadi lebih pekat, sehingga tegangan di busi sebaiknya ditingkatkan dengan menggunakan koil racing.

Jika 3 ubahan tambahan ini dilakukan maka peningkatan power akan sangat terasa/signifikan. Nafas akan terasa semakin pendek dan sudah waktunya memperberat gir belakang 1-2 mata. Dengan demikian akselerasi dapet, topspeed juga dapet.

Kesimpulannya untuk meng-upgrade power r15 secara signifikan tidak cukup hanya mengganti part standar dengan part racing, akan tetapi harus diikuti seting tertentu, minimal yang harus diseting adalah nilai CO disertai dengan penggunaan bbm dengan oktan yang lebih tinggi (minimal pertamax). Dan kemudian bisa disempurnakan dengan seting pengapian. Jika langkah2 ini dilakukan dengan benar maka jangan cbr150, ninja250 juga bisa dilibas dengan catatan treknya nggak lebih dari 700 meter.

Kalau nggak percaya silahkan dicoba, ganti busi, ganti filter+kanlpot, pakai pertamax/pertamax+, seting CO+7 di diler/bengkel (gampang kan) dan rasakan bedanya. Ada NVL di rumah, adakah yang mau meinjamkan busi iridium, filter ferrox, dan knalpot r9 ? Ane punya alat seting CO-nya, mungkin kita bisa coba dan review bersama.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

78 responses to “Upgrade YZF R15 Menghadapi Tantangan All New CBR150R, Nggak Cukup Cuma Ganti Part Racing

  1. jadi kalau mau naik performa dengan baik dan benar…. wajib hukumnya seluruh tahapan tadi dilakukan, kalau tidak malah jadi rugi…… seperti itu kan???

    http://jalanberkarisma.wordpress.com/2014/09/20/premium-bike-suzuki-siap-mengaspal-di-indonesia-layanan-purna-jual-dan-marketing-harus-terus-digenjot/

  2. durabilitas nya bgmn om?
    ntr mlh jd bahan BC an lg lho!!

    • kalo gak terlalu ekstrim sih gapapa

      tapi biasanya sih mesti sampe ganti2 knalpot

      dan aye sendiri paling males denger suara snalpot aftermarket yg amburadul.. gak imbang antara polusi suaranya yg mengganggu pengguna jalan lain dengan larinya yg gak seberapa bertambah

      kecuali kalo urusan di sirkuit boleh tuh

  3. Ayo fby… silahkan diupgrade R15 nya, kl perlu sampai protol2

    Aaaaakkkaakakakakkk! :mrgreen:

  4. itu berlaku juga buat old vixi gak om??
    minimal biar power setara NVL

  5. Ribet…uang lagi tentunya.

  6. bisa buat cbr nih. ganti filter ferrox aja dah nambah 1 hpan. ganti busi irridium nambah 0,5 hp. ganti knlapot tmbah 1hp. total 2.5 hp. tmbah hasil dyno 15.71 . lebih kurang 18 hp on wheel. wah. tmbah ngacir dong cbr nya…. ngaplo deh r15 ñya. wkwkwk

  7. bro, ane kan pengguna Cebong nih ya, kalo ane ganti knalpot RX8 gitu apa harus setting CO kek vixion?
    kalo di ngalam AHASS yang bisa dimana yah?
    daerah ane jarang ada yang punya alat begituan…
    Thx om…

  8. ganti DOHC biar setara..klo R15 pakai mesin DOHC maka CBR cuma jual nama doang… tapi judule ngimpi… 😆

    http://agoey.wordpress.com/2014/09/20/tergoda-oleh-nokia-lumia-625/

  9. udah ada tuh bro. m1 vs rcv . tetep honda sing menang.. cbr 600 vs r6 .tetep cbr yang oke. xixixi…

  10. katanya jalan raya bukan untuk kebut2 an…hahahah

    sebetulnya cuma ganti sproket gir yg lebih berat dan perhitungan tepat R15 udah ngacir modif murmer dgn mesin standar yg josss gandosssss
    bandingan dgn cbr yg “dipaksakan” buat ngimbangi yzf R15 .
    cbr dgn torsi rendah dibuat gir yg ringan maka effeknya gir akan cepat rompal apalagi gir buatan honda indonesia terkenal gak awet ….hhhehehe

    • sebetulnya cuma ganti sproket gir yg lebih berat dan perhitungan tepat R15 udah ngacir modif murmer dgn mesin standar


      aneh bro..dg gnti sproket lbh berat dg mesin std itu perhitungan salah..std aja itu sudah OK kq

    • rdy/rudy/muniv/nivvikoko lg ayan

      • masa nivikoko?
        gak percaya mas klo nivikoko tu fby klonengan

        aye seneng baca blognya meskipun doi fans yamaha.. tapi bukan berarti beliau fby akut yg suka bc maen klonengan

    • turunin gear pake mesin stdr . ngimpi om mau ngacir. gear 6 nya overdrve. Lagi cacingan ya om rdy nih. beli combantrin yuk……

    • pikiran sales yg gak tau ilmu teknik ya begini

      dgn rasio gear skrg aja gigi 5 r15 aja udah kerasa ngambang dan ketahan buat naikin top speed.. pada 10000rpm udah drop jauh tenaganya
      lalu gear 6 nya tambah parah… overdrive banget

      eh mau dikecilin lagi gearnya

      yg ada ntar bengek itu r15 9000rpm gak nyampe
      top speed turun tarikan makin ketinggalan dari cbr

      kasiaaan banget ya.. serba salah emang sohc kalo dipaksa untuk naikin top speed yg ada makin ngeden

    • dngerin tuh petuah om HRS,.
      mksud lo make nick rdy biar disangka research & development yahama gtuh,.
      wkwkw,.
      solusi kok cuma ganti gear ,..
      urusin tuh sohc stroke panjang lu
      ngakak sambil nepuk dengkul

    • Gir merek apa bro yang berat

  11. pusing tbh duwit lagi, jk pingin performa kyk cbr150r ya mnding beli cbr150r aja kan harganya pun sama, kecuali mmg r15 lover lbh ya biarin std aja lbh djamin durabilitinya. mmg nih spec engine brbeda shg karakter brbeda. yg pnting safety

  12. Bener kata om, cara ubahan ekstrim low budget di TPS mengubah nilai voltase di TPS (hrs tahu nilai volt ketika katup kupu2 menutup sampai membuka maksimum), kalau dulu di mobil injeksi jepang atau setelan CO utk thn 93 di geser titik pegangan TPS. Kalau dimotor pasang variabelpotensio (komponen elektronik kayak perbesar volume suara di radio) cuma resiko kegagalan kerusakan sistem injeksi. Harus tahu dan paham ke-elektronikan.

  13. di M+ yg edisi yg sama dengan test cbr vs r15 ada tuh ubahan buat naikin performa
    udah ganti knalpot ama filter udara ama apa gitu tetep aja di dyno cuma tembus 14. sekian hp
    tetep gak nembus 15hp

    sementara cbr standar udah 15hp lebih

    kalo cbr juga melakukan update dikit.. makin kwtinggalan lagi r15
    yg jelas potensi mesin cbr dengan ubahan yg mirip dgn r15 bisa lebih baik lagi daripada r15

    durabilitaa r15 jika dipakein piggyback untuk naikin limiter juga gak yakin deh

    dari dyno standar aja keliatan banget di 10500rpm grafiknya ngedrop jauh dari rpm yg sebelum 10000rpm

    keliatan banget yamaha sengaja ngecut rpmnya untuk durabilitas layaknya pembacaan grafik r25 yg sempat heboh sunat

  14. kok gak bahas hasil IRS 150 yg ke tiga om, diubek2 gak ada, apa yg disembunyiken? kan ada perbaikan fastest time lap 1m 54-55s pda 6 besar, tim h blm tembus segitu masih 1m 56s lebih http://m.maniakmotor.com/images/APRIL2014/MINGGU3/hasil%20irs%20seri-3%2014-12.jpg

  15. Pendekar Syair Berdarah

    tuh cara terapi untuk membangkitkan kejantanan si lele udah dibuatin bro gokil…

    😀

    sekarang untuk meningkatkan kepercayaan diri si lele ane kasih tips nya,
    kasih si lele obat gantengin secara rutin selama 6 bulan berturut-2, dan apa bila terlewat 1 hari maka harus diulang dari awal…

  16. r25 itu motor komuter bro, kata orang yg ngiri dn gk suka krna gak mungkin memilikinya he2…

  17. biasa yamha tarikan enak…durabilias diputaran atas ngedroop bawaan lahiR yAMOHA…dri pda ribet oprek R15 (rongsokan15) beli yg asli DOHC..GITU AJ KOK REPOOT..

  18. ada saran sedikit om gokil, stroke down dn bore up sekaligus buat naikin ambang batas speed piston, taruhlah modif kruk as dngn dikurangi strokenya 1 cm (10 mm), cuman hal ini agak sulit pengerjaannya klw buat bengkel jalanan, klw pabrikan tentu “mudah” klw niat, disamping itu juga pasti bikin noken as baru menyesuaikan (misal dipatok 10-10.5 rb rpm atw utk race tinggal naikin durasi derajatnya supaya di 11.5-12rb rpm), kalau sudah nemu caranya tinggal dicopy paste buat bikin kruk as stroke pendek dngn bore yg lebih besar supaya bisa diberi lubang klep yg besar mngkin bisa dibikin lebih besar dri lubang klep cbr dn fu, serta dngn dtambah diasil justru bisa lebih kuat dri cbr, tentu ya jga materi klep dan batang klep dibikin lebih bagus kuat misal setara materi h sonic, cuman ymaha gak tahu agak malas riset lagi atw gimana buat ini, harusnya bisa klw misal ymaha ogah bikin dohc 4v tpi bikin sohc 4 v overbore diasil bisa sja setara atw kebih besar tenaganya, krna speed piston lebih besar dn diasil

    • @the comment
      mau di hargai berapa om kalau mau di buat kyk gitu, apalagi material klep dll sebagus sonic, lha wong sekarang aja harganya udh ngalahin yg mesinnya DOHC, apalagi di buat seperti pendapat ente, mau di hargai berapa juta ?? lgian yamaha buat mesin long stroke memang di gunakan untuk keperluan harian yg mengandalkan akselerasi putaran bawah, serta untuk mendapatkan keefisienan..

    • yaa begitulah
      Yamaha tau apa yg dibutuhkan konsumen
      irit dan kencang itulah kelebihan mesin yamaha ini.butuh riset meracik motor yg irit namun juga kencang dan yamaha ane kira sudah memenuhi kriteria itu
      ane rasa kencangnya cbr gak signifikan dibanding R15 namun borosnya bisa jadi pol polan namun pintarnya honda ecu di set linier alias gak meledak ledak kaya R15 ini menyebabkan cbr “sedikit irit”.

      sekarang kalau R15 vs Cbr150 performa 11:12 maka pilihan dilihat dr aspek lain seperti fitur,design,kualitas motor itu sendiri, dll
      konon batang klep mesin cbr ini berbeda dgn klep milik cbr thailand karena basic motor ini basic downgrade dr mesin cb150 yg mana batang klepnya lebih tipis jadi rawan kualitas abal2 nya …hhehe

      petinggi honda aja pernah bilang intinya “ada harga ada kualitas” you know lah …hahahah

      • haaaahahaha. konon katanya. Yang ada penjelasannya tuh yang konyol. Pesen combantrin yuuk.. ane jualan nih. wkwkwwk

      • lagi2 bahasa sales

        kualitas downgrade dari thailand emange bener
        tapi tetep saja kualitaa downgrade begini masi berani dipacu lebih baik dari kualitas r15

        r15 katanya kualitas yamaha yg kuat dll.. diset pada performa optimal
        kok masi dikamplengi ama kualitas downgrade 😀

      • haha org ini mah mati urip yamaha no. 1
        gk da yg laen slaen ymaha, hrs ngibulin kyak gmn jga yg pnting ymaha laku!!!
        hadeeeehh

  19. kalo mau sama, ya tinggal beli aja motor yg sama ya om, 🙄

  20. Anak Cakep anti Alay

    cbrnya standart ting-ting yah musti dilawan ampe oprek begitu???
    dengan catatan kurang dari 700m???

    mungkin diatas 700m mesin udah tanggal satu per satu kelesss…. 😆 😆

  21. ada cara lain sih buat naikin speed piston tanpa stroke down, misal turunin sudut kruk as, dngn panjangin stang seher, tentu hal ini sbaiknya coak piston, dn tentu kompresi bisa tetep atw dinaikin sesuai keinginan

    • Turunin sudut kruk as (pakai conrod/setang seher yg lebih panjang) biasanya dipasang jika Langkah Pendek (overbore) om, Kalau Langkah Panjang (overstroke) malah di pendekin condrod/setang seher) contoh kasus, Honda SPX 125 pgmfi terbaru dia langkah panjang tp fisik conrod-nya lebih pendek 2-3mm dari supra 125 lama.
      Paling ada cara utk ngubah sudut kruk as lebih rendah dengan cara offset cuma ini geser blok silinder ke depan 2–5 mm, Tapi banyak ubahan yg mesti dibuat dan diperhitungkan dengan hati-hati. IMHO

  22. lubang klep r15 nvl dn njmx itu sama, semuanya imut2 19mm 17mm (gak diubah2 sma ymha dri dulu, parah) bndikngkan cbr sdh besar 24mm 21mm, gk heran asupan bensin ketahuan lebih deras mana, ini ngaruh jga sma tenaga yg dihasilkan

  23. kemampuan pabrikan bikin dohc itu sangat mudah, pda keblinger dikira suatu pabrikan gak bisa bikin dohc? satu kata, yg penting niat, tpi bisa saj semua terwujud utk yg 150 cc, klw misal nvl dn r15 kurang laku, baru jurus selanjutnya, misal desain r125 (klw ini sya kurang setuju klw cmn body ala r125 sja), lebih bagus lagi pkus ditambah upgrade mesin, tinggal rancang, bikin cetakan dohc yg sdh (basic r25) ada di mini kan dsb, jadi deh (klw yg ini kepepet klw jualan di sport dn fairing sport kalah)

  24. bisa kok r15 dibikin jd dohc, cukup tempel stiker “DOHC engine ” di pantat e, jd deh

  25. ngawur komen gokil di atas gw wkwkwkwk…. 🙂

  26. Ada si rdy lagi muncul dgn komen tololnya…
    maklum fby stres krn makin tau si lele kebanggaannya benar2 inferior.
    Aaaaaakkkakakakakakkk! :mrgreen:

  27. Performa std kedua motor ini setipis rambut. Dijalanan gak kerasa bedanya. Kecuali power keduanya selisih minimal 3hp baru berasa. Gak perlu diributin dan diribetin.
    Ane yakin banget rider cbr150 klo liat rider r15 sruntulan dijalan lebih ke males ngeladenin, karena potensi unggulnya 50:50. Kalah bete, menang belum tentu. Begitupun sebaliknya. Rider r15 klo liat rider cbr150 bleyer-bleyer juga masih mikir njabanin. Menang belum tentu, kalah kesal.
    Lucu aje buat ane ngeributin sesuatu yang menurut ane SAMA AJA. Intinya adalah megang motor itu setelan terbaiknya adalah setelan factory default. Percayalah jika dibandingkan motor sekelasnya jatuhnya itu SAMA AJA. PLEK. Lain urusan jika dibandingkan dengan motor lain yang nggak sekelas.

    Gitu aje kok refod.

  28. yakin sohc overstroke cuma oprek segitu bisa libas ninja250 pak?
    atau cuma libas dikertas buram?

      • Dibawah 700m? Terus diatas itu selisihnya berapa jauh? Bedanya paling sesendok. Faktor rider? Faktor nunduk?. 700m dijalanan perkotaan selain riding jam 1-4 pagi ada tempatnya gitu? Atau harus nunggu dapet trek yang minimal 700m baru mbejek gas? Ngoahahahahaha…
        Percayalah, kedua motor ini SAMA AJAH. Dibawah 700m, diatas 700m, SAMA AJAH.
        Klopun ada beda palingan sesendok.

        kecuali klaim fansboy yah. Pasti bedanya jauuuuuhhhhhhhh. Ngoahahahahaha.

    • Yap bisa kok unggulin ninja 250 dan R25. ane pake R25, temen ane R15 dah ganti busi iridium, filter, koil ultra, knalpot Sakura, setting CO sama pengapian. Trek 500 – 700m R15 di depan tapi tipis ya setengah motor paling. Selebihnya udah goodbye (ane masuk gigi 5 dah ilang dibelakang R15 temen ane) ahahaha.

  29. mantap pak artikelnya, kalau motor yang sudah closed loop tetep harus disetting CO nya atau menyesuaikan sendiri pak?

  30. 1 telunjuk jari nunjuk 4 jari nunjuk diri sendiri <<< buat yg suka menjudge dirinya pintar membodohkan orang lain tapi sebenarnya dia sendiri sebaliknya, action nol

  31. beda om gokil indoprix (IP 150) pke sirkuit sentul kecil, klw IRS 150 (Indospeed Race Series) pake sirkuit sentul besar

  32. CB ane pake R9, busi irridium, filter Ferox, coil kawahara, tp putaran bawah kok kayaknya kalah ama yg standar ya..? (Ban depan 90/80 belakang 120/70) memang sih belum setel CO…kira2 kenapa ya bro..dan satu hal: boros bro…

  33. Salam 10km..
    Aaaaaaakkkakakakakkk!

  34. beeuuhhh manteebbh ampe n250 dilibas….n250 std?atau yg di upgrade setara?pastilaahhh…standart yaa

    beda dasarnya beda karakter….kedua rival ini ya pak…jadi…maaf ajja klo upgrade dicoba juga ke cbr150r…ketinggalan lagi donk tuh r15 ya???

    tapi sygnya pngguna sport injection.. mereka itu cuma ganti knalpot doaank c…jgnkan cbr150r….cs1 stdart ente paling juga unggul khan yaaa

  35. HIDT itu FIDT nya punyanya ahass bro, bisa setel CO juga, idle rpm, tpi bukan utk remap ecu!

  36. Mungkin kerasa kalo turun di sentul ya, klo buat harian mah, yang penting tampilan

    http://www.indoniaga.co.id

  37. ARMORED RIDER GAIM

    standart aj lah lbih enak

    org2 yg beli r15 pasti jg mikir ny sm ky gue

    150cc 4tak sekenceng apa sih, cc 4tak sgini diciptain buat efisiensi bahan bakar

    kyak ford fiesta yg 1500cc jd 1000cc turbo demi efisiensi bahan bakar

    klo mau kenceng beli 200cc ke atas

    eh tp ga jg deh klo kata om gokil kan:
    4tak 150cc itu power, 4tak 250cc itu harus irit

    😀 😀

  38. selisih nya cm deket kok om…10 km,blm 1 kecamatan….msh aman….

  39. Apapun motornya filter udaranya mesti pake Ferrox..dijamin tarikan motor makin Josss…..

  40. Kalo knalpotnya selain r9 usah bagus belum? Kaya akrapovic gitu?

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting