Jangan Bilang Biker Sejati Kalau Belum Pernah Mudik Naik Motor


mudik naik motor

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Mudik adalah istilah bagi orang Jakarta yang berasal dari luar Jakarta (pendatang) yang akan melakukan pejalanan ke “udik” (kampung). Jadi yang dianggap kota adalah Jakarta dan yang dianggap udik adalah yang di luar Jakarta. Bagi pendatang yang berasal dari daerah dekat jakarta tentunya mudik dapat sering dilakukan, tapi bagi yang berasal dari sumatra, jawa tengah atau jawa timur, mudik merupakan perjalanan yang cukup jauh, sehingga mudik (setahun sekali) di hari lebaran merupakan pilihan waktu yang paling tepat.

Fenomena yang ada saat ini adalah, banyak pendatang di jakarta yang yang ingin mudik dengan segala keterbatasannya. Mau naik bis, ongkos kurang, adanya motor, kalo ditinggal takut ilang dicolong maling atau kebakaran. Lebih lagi mudik dengan motor akan lebih fleksibel, bisa berenti di mana saja, juga bisa digunakan untuk jalan-jalan di kampung halaman. Sehingga biker yang mudik dengan motor saat hari-hari menjelang lebaran luar biasa banyaknya, mungkin jutaan motor keluar dari jakarta menuju sumatra, jawa barat, jawa tengah bahkan banyak juga yang jawa timur.

Jika ada bro yang pernah mudik dari Jakarta ke (misalnya) Malang Jawa Timur, tentunya perjuangan yang harus dilakukan dari persiapan sampai kembali pulang sangatlah berat. Dari mulai berangkat saja, hati agak gentar, memperhitungkan jarak yang sangat jauh 850 km bro, apalagi harus melawan ganasnya bis dan truk, juga harus waspada dengan jalan yang tidak bersahabat. Dan ketika memasuki perbatasan jawa barat-jawa tengah , sudah lelah, siang yang panas berdebu, macet, benar-benar seperti berada di neraka jalan raya…

Perhatikan gambar ini, bayangkan jika kita berada di sana dalam keadaan lelah, karena sudah menempuh ratusan kilometer.

tips-mudik-lebaran8

Ketika beristirahat di spbu atau tempat peristirahatan yang disediakan oleh ATPM seperti honda, yamaha atau suzuki, kemudian sambil melihat peta mudik jawa-bali

PETA MUDIK 2013 oke

Masya Allah masih jauh ya, 450 km lagi,….

Jadi yang mudik naik motor, apalagi yang kampungnya di jawa timur, pastilah biker sejati. Dan sebaliknya jangan bilang biker sejati jika belum pernah mudik naik motor.

Yang mau mudik, mulai disiapkan motornya, bekalnya, kesehatannya dan lain-lain, supaya lancar di perjalanan.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

Advertisements

$where = 0;

59 responses to “Jangan Bilang Biker Sejati Kalau Belum Pernah Mudik Naik Motor

  1. klo dr surabaya ke jateng btarti gk trmasuk mudik donk..!!
    ngahahaha..

  2. suwwun wae aku lek, mudik ra masalah, mudik rame2 ngono kui nggak kuat aku macete :v

  3. saya naik bus aja pak, lebih nyaman hehehehe
    hati2 dengan kipas angin gan
    http://ferboes.com/2014/07/04/hati-hati-dengan-kipas-angin/

  4. dari masih bujangan thn 2006 nyampe sekarang dah anak satu mudik pake motor pak dosen.
    dari bebek,matic,bebek super dan terakhir sport. dah ngrasain semua.

    tp yg bikin semangat ketemu sanak keluarga di kampung.

  5. pernah h-3 dari meruya- ke jateng kampung istri. berangkat jam 12malem jam 5 pagi masih di cikampek. padahal sendirian loh… coba bayangin tuh yg bawa anak-bini? cukup 2x mudik lebaran pake sepeda motor, sekarang ga la yau… kalo hari biasa okelah…

  6. Enggak dibilang biker sejati aku rapopo…

  7. Padahal pemerintah lagi gencar2nya mengalihakn pemudik motor ke kendaraan umum

  8. Sahuur Sahhuurrr kang motogokil … Prancis kalah :p

  9. setuju ma pak dosen,,,,,,

  10. kampungku perbatasan karo ngawi pak cakil

  11. Aku pertama mudik th 2006 dari bekasi ke banjar negara, pertama langsung merasa kapok, tapi malahan thn depan nya di ulang lagi, sampe 3x

  12. Walaupun capai tapi rasa puas mudik tak tergambarkan puas tes motor stamina segalanya lulus uji mudik adalah suatu kebanggaan bagiku pribadi gimana bro semua,mungkin ada yang beranggapan ngapain capai kehujanan kepanasan tapi itulah mudik pakai motor banyak suka duka dan kenangan

  13. sebenarnya terpaksa tu pak sebab naik kreta jg dh pada hbs tiketnya naik bis bisa g nyampe2 kampung pak

  14. Dulu pas masih sendiri selalu mudik pake motor dari Denpasar-Bojonegoro kurang lebih 500 km, tapi sekarang sudah nggak sanggup apalagi sudah ada mobil…
    Berarti saya masih termasuk biker sejati nggak kan syaratnya yang penting pernah mudik naik motor…

  15. aku dari 2007 sampai 2013 pakai motor cikarang – jogja pak .. dari supra x 125, CS1 Vixion , CB150R dari 12 jam sampai 22 jam pernah :mrgreen:

    http://sijidewe.com/2014/07/05/berbagi-internet-dengan-sinyal-wifi-24-ghz/

  16. ARMORED RIDER GAIM

    yaahh ane ga punya kampung lgi om -___-

    udah pada dijakarta semua

    -___-

  17. Dari jaman mudik motoran masih sepi th 2002 sampe sekarang, jarak 400km an. Blm lagi diluar hari lebaran, dr yg single, double sampe tripel.

  18. Jangan Lupa :

    Kalau membeli motor / kendaraan baru (Khusus Cash) minta harga OFF THE ROAD saja jangan mau / tolak bila dikasih harga On The Road.

    Karena tidak ada kewajiban konsumen membeli kendaraam On The Road.

    Bila Main dealer atau Dealer ybs menolak agar diadukan kepada Produsen kendaraan tsb.

    Karena tidak ada instruksi produsen kepada Main Dealer dan Dealer untuk menjual On The Road.

    Pengurusan dan pembuatan BPKB dan STNK di Samsat kepolisian sangat mudah sekali, dalam waktu 3 – 5 hari BPKB dan STNK sudah jadi.

    Dan yang pasti harga kendaraan dapat dihemat antara Rp 500,000 – Rp 1000,000.

    Ayo kesadaraan konsumen harus di perkuat !!! IMHO.

  19. laksanakan pak ! 😀


    Helm Unik ala Orang Indonesia 😀
    http://rpmsuper.com/2014/07/04/helm-terunik-ala-indonesia/

  20. Cita2 smnjak bujang pgn mudik pake motor br trlaksana bln kmrn palembang-tasik jarak 900km an tp ngeri2 sedap

  21. udah 3x ane mudik Om jakarta – Jombang walaupun ane msih bocah 19thn hhehhheh

    terakhir kali mudik sendiri mokat (modal nekat) bwa duit bensin doang pulang balik, makan roti doang diperjalanan yang pas beli dirumah and safety gear lengkap lumayan 21 jam perjalanan hehhhehh

    emang mudik Itu pengalaman yang ngak terlupakan Om 😀

  22. Mantap, yang dari jakarta barat menuju madiun merapat

  23. ane dah 2 kali gan…..jakarta probolinggo naik pespa, sendirian pula. 32 jam…..jari tangan sampe keriting gak bisa dilurusin….wkwkwkwkwk

  24. Sering om dari Tahun 2009 jakarta surabaya lewat bandung mudik naik motor vixion.cuma pas perbatasan jateng jatim kok satu persatu temannya hilang.tinggal dewekan bae…. ya udah biar cepet balapan aja sama bus jatim.

  25. .
    neh sejarah ane naik motor dari jakarta :

    tahun 1991, ane naik motor GL-100 ke Bandung, masih kelas 3 SMA, sendirian.
    tahun 1991 – 2000, udah puluhan kali keluar kota seperti Bandung, Cirebon, Sukabumi, Pelabuhan Ratu. Sendirian naik GL-Pro.
    tahun 1998 – 2006, naik motor Vespa bulet 1964 touring 15 kali ke Subang, Sumedang, Pelabuhan ratu, Sukabumi, dll.
    2007, ke Kediri Jawa Timur naik Yamaha Scorpio, ane ga sempet cek kondisi tuh motor, berangkat masih temen ane yg nyetir, sampai Cikarang baru ane yg nyetir dan baru 20 km berjalan, tangan ane sukses kesemutan dan sakit, tapi ane teruskan ke Kediri dengan teknik tidak menggenggam erat stang motor (diluweskan). Terasa kondisi baut mesin kendor tangan kesemutan, tarikan ngempos.

    Sesampai Kediri, ane masukin ke bengkel, hasilnya : 1 baut mesin hilang dan lainnya baut mesin kendor, stang motor dibuat kaku, untuk menikung berat (alasan teman enak buat jalan lurus, ga perlu dumper stang, tolol), spuyer bensin dipasang lebih besar, tarikan awal ngempos, alasan temen untuk ngebut kencang enak, tolol lagi kan.
    Tuh montir bengkel nanya darimana nyetir motor kacau gini, ane jawab dari jakarta sejauh 800 kilometer.
    Montirnya jawab, hebat banget mas kalo gitu, saya mah ogah banget disuruh nyetir kediri nganjuk 25 kilometer dengan motor kayak gitu, beneran temen saya tolol bin bloon.

    Kalo teman ane memang orang tidak paham mesin motor seh ga papa bagi ane, ane maklum, tapi temen ane ini di jakarta gabung YaMaha Scorpio Club dan sering balapan liar taruhan gede di Taman Mini. Berarti dia paham mesin motor tapi tolol bukan main punya motor kondisi kacau gitu. Di Kediri aje ane paksa temen ane untuk masukin motor ke bengkel, kalo nolak maka ane pulang naik kereta api. akhirnya dia ngalah dan terbuktilah ketololan temen ane tersebut.

    2009, ane naik motor Supra X 125 karburator Jakarta ke Palembang lalu sebulan kemudian Palembang – Jakarta, sukses, motor irit banget, ane hitung tembus 60 kilometer per liter bensin.
    Lebaran 2009, ane ke Cirebon, saat pulang berbarengan dengan puncak arus balik ke Jakarta malam senin. Magrib ane masih di Cirebon, jam 10.30 ane sudah di Jakarta Timur, Cirebon ke Jakarta ane tembus 4,5 jam melewati rangkain macet kendaraan arus balik lebaran. Itu karena tengah malam ane ditunggu di Slipi untuk pergi ke Palembang dengan mobil saat tengah malam jam 12. Panik lah ane maka ane ngebut sebuasnya, hahahahha…

    Kalo naik mobil tahun 1998, ane tembus kecepatan 200 kilometer perjam dengan mobil Hyundai Elantra automatic 1600 cc di tol tomang – tangerang, selepas bayar tol kebun jeruk langsung ngebut. (sekarang pintu tol di meruya)

    tahun 2014, selain Jakarta Palembang, ane sudah tembus Jakarta Cirebon selama 2,5 jam saat ibu teman ane wafat di kediri. Jakarta Kediri ane tembus 10 jam non stop. Tol cikapali belum jadi tahun 2014 pertengahan.

    Kalo sekarang mah enak, jalan tol dimana-mana.

  26. .
    ralat dikit, ane yang naik motor Cirebon Ke jakarta, itu bukan jam 10.30 tapi 22.30 sudah sampai di jakarta. jadi jam 6 sore / 18.00 masih di cirebon, jam 22.30 sudah di jakarta melewati arus balik yg mencapai titik puncaknya..

  27. ane mudik magelang jakarta udah 6x naik motor,, klo hari biasa enak naik mobil,,, tp klo musim mudik lebih cepet naik motor,,, ga tau neh skrg ada cipali,, semoga banyak membantu…

  28. ane biker sejati tapi mudik mtoran kapok gan

  29. Ane setiap tahun mudik pake motor sukabumi malang jarak tempuh 900km apakah riders sejati

  30. mudik ….. gresik purwokerto, pakai suprafit … lumayan pegel, 14 jam

  31. Jundi Robbani

    Kalo msh bujang sih enak… Lah kalo yg udh punya anak Bini ane saranin JANGAN ! Sayangi anak Balita…
    Yuk, naik Transportasi umum karena sepeda motor bukan kendaraan jarak jauh… 🙂

  32. tiap libur lebaran, saya ga mudik. tp solo touring.tahun kemarin crb surabaya pp..
    insyallah sekarang mo nyoba crb bali pp..

  33. Gue ampe bosen yg namanya touring/mudik. Gmna ndk bosen tiap akhir bulan naik si bohay karisma th 2004 ke cianjur selatan. Ndk peduli musim mudik atw ndk ya hajar terus hehehehe…..,

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan