Komparasi Motor Sport Standar : Adu Fitur, Komparasi Riil Motor Sport Ya Adu Balap di Sirkuit

VS 250cc

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Tahun ini merupakan kebangkitan motor sport, selain market-share nya terus tumbuh, masing-masing pabrikan pun mulai berani menurunkan jagoan-jagoannya untuk bertarung, baik di kelas 150cc maupun 250cc. Beragam kelebihan yang ditawarkan oleh paberikan, mulai dari performa, keamanan, penampilan, kenyamanan dan lain sebagainya. Masing pabrikan punya aspek yang terkadang tidak sama untuk diunggulkan supaya menarik peminat pembeli. Karena memang motor didsain supaya juga nyaman digunakan sehari-hari di jalan umum, maka fitur yang ditwawarkan biasanya terkait dengan fitur yang dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari, misalnya :

  1. Torsi memadai untuk kondisi stop n go
  2. Kecepatan memadai untuk kondisi jalan kosong
  3. Nyaman tidak bikin lelah di badan
  4. PengendalianIrit
  5. Cakep penampilannya

Fitur-fitur seperti ini sangat umum diinginkan oleh user yang akan menggunakan motor sport. Masing2 pabrikan bisa saja “menonjolkan” sebagian atau seluruh fitur tersebut, untuk memberikan nilai lebih pada pembelinya. Kemudian fitur-fitur itulah yang kemudian dibanding-bandingkan oleh user, blogger dan para pengunjungnya/komentetor-silent reader.

Jika motor bebek dan matic yang diutamakan adalah masalah irit dan nyaman dikendarai, maka untuk motor sport biasanya yang diutamakan adalah performa. Karenanya setelah suatu motor sport dikomparasikan dengan motorsport lainnya dalam kondisi standar, maka sangat wajar jika komparasi selanjutnya adalah performa saat dilintasan balap resmi. Karena motor sport high performance adalah jenis motor yang identik dengan motor balap, paka pengujian akhirnya adalah dilintasan balap.

Pada pengujian di lintasan balap dengan regulasi yang mengedepankan penggunaan motor standar pabrik dengan oprekan yang menjamin balap motor murah (sebahagian besar komponen pentingnya harus standar), para calon pembeli akan dapat mengukur dan mengkomparasikan beberapa hal yaitu :

  1. Kualitas dan durabilitas dari komponen2 yang disematkan dalam mesinnya
  2. Sifat aerodinamis bodinya
  3. Sifat ergonomi
  4. dll

Jika motor bebek dan matic saja menggunakan sarana “balapan” resmi untuk mengetahui kekuatan mesinnya dan menjadi bahan promosi, masa motor sport “takut balapan” ?

Tapi harus resmi lho dengan regulasi yang jelas dan mengutamakan keselamatan.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

 

 

0 responses to “Komparasi Motor Sport Standar : Adu Fitur, Komparasi Riil Motor Sport Ya Adu Balap di Sirkuit

  1. wa’alaikumsalam wr. wb.

  2. Yap,dalam penggunaan harian lebih suka make cbr250 drpd ninja y dl beli cm krn penasaran aja,mungkin ane org y g mentingin prestis,tp y penting enjoy,easy to ride,sesuai peruntukan,efisien(irit),efektif(cukup mumpuni buat harian). Sedang trkadang ngikuti info race di sentel,pikiran ane kalo motor juara cepat n tahan,maka akan lebih bagus buat harian akan makin awet.

    • Yap, kekurangan old cbr250 cm kurang ganteng,makanya kdng selingkuh ma ninja wkwk. R25 jg ganteng dr dpan.cm blm tau nyaman pa gak,ada y mau tukeran testride? Wkwkwk

  3. benar banget….
    kalau perlu diadu disirkuit dalam kondisi stock…
    atau oprek juga boleh…, yang penting jangan minta regulasi tambahan “barbel”.
    karena dengan minta regulasi yang “bebeda”, berarti anda sendiri udah mengaku kalah, anda udah mengakui lawan anda lebih juoss…..

    bukan begitu pak dosen…?

  4. Kalo irit pertamax makin asik ,kenceng boros mah biasa,kenceng irit br cangih
    Kelas 150 vote vixion kelas 250vote cb250

  5. Tiger gampang dikasih makan terus perawatan juga,ga susah sekelas puskesmas aja bisa nanganin penyakitnya

  6. Balapan ya honda jagonya…

    yamaha balap bebek aja :mrgreen:

  7. Siap2 gerombolan ayan bakalan kejang2 kalo ngomongin balap di sirkuit :mrgreen:

  8. bekas raider jalanan medan

    marquezh baru membuktikan ketangguhan mesin honda dan adik nya juga juara di cataluya pakai mesin honda soal irit dan confort utk honda jgn di tanya lg sudah di buktikan so gimana menurut rekan2

    • menurut saya, baik honda atau yamaha yg juara, motor yg mereka gunakan di motogp emang motor terbaik dengan part2 terbaik. tapi motor yg mereka jual utk kita disini tetep aja motor yg diciptakan 5 tahun rusak sana sini agar kita beli lagi, mereka untung lagi.

  9. Fby pada ngumpet dimana nih? :mrgreen:

  10. salam 6 detik cebong main aer aja dah

  11. Biar EmEs Yang Bicara

    Tenang saja pakdosen artikel anda memang sesuai fakta koq,Cebong150sf nyatanya lebih kompetitip dibanding Nvl diIRS 150,CBR 250 jg lebih superior dibanding ninja250..fbynya aja yg ngga mau nerima realita

  12. bener om iwan,,,,drpd tes top spit djln ry sgt berbahaya,contohnya tuh di aripitstop yg postingan r15 celaka gr2 tes top spit djln,,mtr barunya smp rusak parah….sereemm deh..

  13. Salam kabel kebakar aka DNS :mrgreen:

  14. betul om,masa sport dohc bala-bala takut balapan..malu maluin y om…

  15. Pendekar Syair Berdarah

    sangat setuju sekali, jangan kaya motor sebelah tuh, ngakunya pake teknologi moto jepeh, taunya baru turun balap lansung meleduk…

    ๐Ÿ˜€

    kasus seperti itu sangat memalukan karena apa yg digembor-gembor pake fitur bla-bla, kencang……etc..

    ๐Ÿ˜€

    taunya bohong besar…
    sungguh sangat menjijikan ulah pabrikan yang sebelah itu…

  16. Pendekar Syair Berdarah

    motor sampah kw mocin, yg kenceng iklannya doang, aslinya ngebul, eh meleduk, eh ngibul…

    ๐Ÿ˜€

    Ko ane jd latah gini ya…
    satu fakta lagi, sirkuit-sirkuit yg selama ini diklaim karakternya punya sebelah habis dibombardir honda…
    hingga 7seri ini dominasi honda semakin menakutkan…

  17. Pendekar Syair Berdarah

    sekarang ane faham kenapa fby begitu gencar gencar kampanye hitam disetiap warung…

    ๐Ÿ˜€

    karena mereka tau produk mereka itu tidak lebih baik dari mocin yg cuma jualan casing…
    ๐Ÿ˜€

    kenceng dikit duk…duk…duk… meleduk
    panas dikit bul…bul…bul… ngebul
    bore up dikit brol…brol…brol… ambrol

    ๐Ÿ˜€

    ngoahahahaha…

  18. yamaha yamaha .. malang sekali nasibmu :(( ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜›

  19. Honda jualan mesin yamaha jualan plastik

  20. Wkwkwkwkwkwk…… Adu balap yg satu suruh ngangkat karung gabah !! ___ irs ato balapan karung yo ?? ๐Ÿ˜€ jlueb !

  21. Jadi inget cebong rompal 1500 ekor !! _____ # padahal cuma jejer di gudang ___ *belum dipakai balap pastinya ๐Ÿ˜€ ____ salah QC ยปQuality Cangcut !! Akakakakakakak…

  22. Kalo adu standar sih cebong punya rekor !! ____ dohc rompal pastinya !! 1500 ekor untuk wilayah jakarta …. Wilayah lain lebih ngeri pastinya !! ๐Ÿ˜€ akakakakakakakak….

    • @vikri ndak usah diambil hati, klo menurut info dari warung ikan sebelah, mbah darmotdar itu motore cbr 150 lawas. dia sebetulnya seneng dg segala kelebihan Honda, tapi susah untuk berterusterang .imho.

      • Biar EmEs Yang Bicara

        Mb@hmodh@r pitmongstornya cbr150r lawas?brarti pinter jg ini simbah yg dijual mongstor tipu2 (ayanmaha)yg dipake mongstor ngondah…soale klo yg dipake ayanmaha cepet ambrol

  23. Ojo ngapusi lho mbah? Aku mari dolan tulungagung jogja liwat pacitan ngetutne kancaku sing nggawe cb150r aku nggawe vixione adikku, aku kok keponthal ponthal mbah, kudu ketinggalan ae, mangkat mulih montere kancaku kui yo ira protol blas.

    • Mbah Dharmo itu user honda yg nyamar jadi hatters nya honda, supaya fihak honda khususnya AHM mau kritis terhadap apa yg di inginkan konsumen, pengamatan saya sih begitu :mrgreen:
      Betul kan mbah ๐Ÿ˜€ ??
      *kaboooorrrr

    • Btul bro..saya punya NVL tarikan enak nyut merasa tarikan plg jago, stelah bareng2 ama temen brangkat kerja ajak adu speed pas jln lapang trnyata motor q keog bro ama cb150r jgnkan 2,2km yg digembor2kan cuma 200m dah ktinggalan..jengkel saya kmakan promosi ngibul langsung jrk 1bln saya lego buat beli cbr150 th 2009,,lega saya bawa motor ini meski second skrg gnti cebong tk kamplengi..

  24. semoga kdpnnya bisa dibanggakan dkancah balap internasional, bangsa ini penduduknya ratusan juta tp masih kalah dg negara yg brpenduduk cuma puluhan juta,,krn kt tdk konsisten dan selalu negatif thinking..
    http://m.news.viva.co.id/news/read/513127-4-pembalap-indonesia-raih-podium-di-asia-road-race

Leave a Reply