Hati-hati Velg Almunium (CW) Motor Kita Terkena Benturan Dari Samping


Velg CW Motor

Assalamua;alikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai tujuan.


Baru dapet info gambar dari FB mengenai kerusakan velg CW (casting wheel) yang agak aneh

velg cv patah aneh

Perhatika bagian2 yang dilingkari merah, hampir semua jeruji patah. Dan perhatikan lingkar velg yang tidak cacat sedikit pun. Dan jika diperhatikan posisi piringan cakram, maka jelaslah bahwa kerusakan jeruji velg karena tumbukan dari samping yang “cukup keras”

Bandingkan dengan insiden yang juga merusakkan velg CW berikut :

Perhatikan keadaan jerujinya

velg byson peyang

[Sumber iwanbanaran.com]

[velg-byson pecah

[Sumber :pertamax7.com]

velg-byson-pecah

[Sumber :pertamax7.com]

velg-nvl-pecah

[Sumber :pertamax7.com]

Dari gambar di atas, kerusakan velg akibat benturan yang sangat keras (terlihat dari bibir velg yang becah), tidak ada satu pun jeruji velg yang patah.

Artinya memang jeruji velg didisain untuk menahan benturan yang sangat kuat dari arah lingkar ban/roda. Hal ini disebabkan hampir semua kejadian kerusakan velg CW diakibatkan karena benturan dari depan (menabrak) atau pun dari bawah (kejeglong lobang).

Dan hal ini lumrah, jangankan velg dengan jeruji sekecil itu, beton bertulang yang digunakan sebagai alas jembatan saja akan patah jika terguling. Jika tegak beton akan memiliki kekuatan penuh untuk menahan beban yang sudah diperhitungkan. Tapi jika terguling, maka sisi beton tidak akan mampu menahan beban berat. Jangan beban berat, beban dirinya sendiri pun, tak mampu ia tahan, ini yang terjadi di Indonesia. Mungkin seharunya tidak demikian, mohon bantuan ahli teknik sipil untuk menjelaskan kejadian ini.

beton jembatan

dan ini

beton patah

Masa beton segitu gede nya, jatuh dgn ketinggian sgitu aja patah ???

Barangkali hanya terjadi di Indonesia. Karena kalau kita browsing di internet, jangankan beton jembatan yang merupakan kebutuhan orang banyak, dan jika rusak akan membahayakan orang banyak, velg motor yang hanya membahayakaan pemakainya didisain sedemikian kuatnya. Perhatikan akibat kecelakann hebat berikut.

motorbike-accident-cw ok motorbike-accident-cw ok2

Motor2 tersebut sampai hancur karena kecelakaan, tapi velgnya masih kelihatan utuh. Mungkin karena motor2 tsb adalah motor premium, jadi benar kata orang, “ono rego, ono rupo” alias “duit nggak bohong, bro”.

Sekian ulasan velg pecah kali ini, semoga dijadikan pelajaran, bukan black campaign (BC). Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wr wb.

Advertisements

24 responses to “Hati-hati Velg Almunium (CW) Motor Kita Terkena Benturan Dari Samping

  1. Memang velg aluminium tidak didesain untuk menerima beban aksial. Karena kena bentura dari samping ya tamat.

  2. dari pelek nyampe ke jembatan…. hahai gan…

  3. om kalao ente punya relasi di PT Enkei atau PT pembuat velg selaku vendor ATPM di indo… ente boleh tanya…ATPM mana yang berani bayar lebih mahal dibanding lainnya… dan perbandingan kualitas nya …. tiap ATPM pnya nilai sendiri utk hargaa dan nilai kualitas safety nya….

    perlu diingat juga om.. AHM juga punya plant casting wheel lhoo… suplai utk revo n blade..matik nya nyusul kayaknya..jadi mereka bisa langsung kontrol kualitas wheel nya…

  4. Wah ternyata… Berarti memang titik kekuatan bebannya

  5. Halah yang paling atas itu potoshop editan. Lihat background lingkar dalam velg tuh -_- ngerti potoshop gak

  6. di mari yg penting murah! Gak perlu terlalu kuat terhadap benturan keras, asal aman untuk pemakaian normal!

  7. Jleb. Patah semua gitu

  8. paling mungkin, di serempet waktu nyebrang jalan

  9. Apa itu velk ori klo iya berarti kwalitas kurang bagus apalagi klo variasi yang seharusnya lebih bagus daripada ori

  10. Untuk masalah jembatan terlalu panjang kalau dijelaskan mas. Yg pasti dimanapun girder jembatan precast yg sudah terangkai jatuh seperti gambar diatas baik di indonesia atau luar negeri akan patah karena merupakan segment2 yg untuk kekuatannya mengandalkan kabel2 prategang. Beton girder hanya untuk menahan gaya vertikal saja.

  11. bukannya memang seharusnya begitu yah… velg patah untuk menerima daya hasil tubrukan yang besar. trus larinya ke fork…kalo ga patah dan disalurkan langsung ke tangan rider bukannya lebih bahaya cmiiw

  12. yg paling atas, pulsar 200 ns di kolombia tuh. velg benar2 kuat dah..

  13. Ada yg tau vendor supplier velg Pulsar 200NS merek apa?

  14. sampai sejauh ini gak ada keluhan dari velg thunder di banding yg lain

  15. setuju.. IMHO rasanya ada 3 hal yg penting perlu diteliti jika terjadi patah pada velg, pertama bahan, kedua konstruksi, ketiga bagaimana benturan itu terjadi shg bisa patah/bengkok, sebagus apapun bahannya, sekuat apapun konstruksinya, pasti ada titik lemahnya, dan pada wkt yg tepat, kondisi yg tepat, serta benturan pada posisi yg tepat, sebuah benturan bisa mematahkan velg yg paling kuat jika pas pada titik lemahnya..

  16. pak gokil,jd selain kualitas,model palang jg jd penyebab valek cpt peang?sprti matic yamaha,palangnya bengkong dan tdk pas d tngah tp d pinggir.

  17. kalo velg CW stau ane dr org ahli kenteng velg yg paling kuat pny kaoskaki ninja yg palang 3,,perbandinganya utk skelas lho y,200cc kbwh.
    maap bkne ane fbk tp dr pengalaman liat sndr ahli kenteng velg&dikasi contohnya.

  18. MakaneOraTukuuveLgAxio…

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting