Produk Masal Cacat ? Apakah Berarti Produk Itu Jelek ?

produk cacat

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Baru-baru ini tersiar kabar yang tidak mengenakkan bagi rider cb150r, mengenai gigi gir elektrik starter yang rompal, juga pada celah spi pengikat magnet rompal juga. Wah… cb150r rider musti periksa nih motornya, jangan2 senasib lagi.

“Terus kalo ada beberapa cb150r yang cacat kaya gitu, atau yang lainnya, kemudian cb150r di “CAP” sebagai produk yang jelek ?”

Menurut ane, yang namanya produk masal, biasa terdapat sebagian produk yang cacat meskipun dalam kondisi “baru” beli. Hal ini bersifat umum pada semua produk, dan bagi yang pernah masuk ke pabrik dan terlibat dalam proses produksi, faham betul dengan kondisi ini. Kalau ente masuk pabrik, ada tuh yang bertindak sebagai Quality Assurance (QA) / Quality Control (QC), di ujung line (Conveyor) tempat keluarnya produk sebelum masuk kardus, atau masuk gudang. Dan Seorang yang bertiindak sebagai QA tidak akan memeriksa satu-satu semua produk tersebut, akan tetapi diambil secara acak. Dan inilah yang akan terjadi pada seksi tersebut :

  1. Jika tidak terjadi cacat, maka serombongan produk tersebut masuk gudang untuk dikirimkan ke pembeli.
  2. Akan tetapi jika ada cacat, maka sebagian besar produk yang sudah masuk gudang sebelumnya akan dibongkar untuk diperiksa apakah ada terdapat cacat tersebut.

Dan ini adalah metode standar dalam QA/QC dimanapun, apapun pabriknya. Kebetulan ane dulu pernah kerja di parik di bagian FAL (Final Assembly Line) di pabrik monitor LG EDDI, di Cikarang.

Oleh karena itu, sebelum barang sampai ke konsumen selalu ada pengecekan kembali. Bahkan pabrikan memberikan garansi jika ada cacat yang “luput” dari pemantauan. Hal ini karena terjadinya cacat setelah barang/produk di tangan konsumen ada banyak sebab, diantaranya masalah bahan/metalurgi, salah penggunaan, salah penanganan dll. Selama kondisinya masih masuk dalam “batasan” garansi, seharusnya pabrikan/deler harus menggantinya secara gratis, bahkan jika terkait dengan kendaraan yang digunakan sehari-hari, maka deler harus memberikan kendaraan pengganti, agar konsumen tetep bisa beraktifitas.

Terkait dengan gigi gir elektrik starter cb150r yang rompal, maka AHM harus melakukan investigasi :

  1. Jika kendaraan memang masih standar dan digunakan sewajarnya, maka AHM harus segera mengganti bagian yang cacat tersebut. AHM juga harus komplen ke sub-kontraktor yang menangani produksi spare-part tsb.
  2. Jika cacat tersebut karena penggunaan yang nggak wajar, maka hal tersebut segera di-publish agar masalah yang sam tidak terjadai pada konsumen yang lain.

Rompalnya gigi gir elektrik starter tersebut bisa terjadi akibat beberapa sebab :

  1. Metalurgi yang jelek, tidak homogen dll. Dan ini tanggung jawab AHM.
  2. Ada modif  mesin yang dilakukan sehingga mesin powernya naik drastis dan CR juga tinggi, sehingga ketika di-starter, kompresi mesin yang harus dilawan sangat besar, sementara motor starter kuat tetapi  giginya girnya nggak kuat, akhirnya rompal. Dan ini tanggung jawab konsumen

Jadi jangan dulu memvonis produk tsb secara keseluruhan jelek, hanya karena ada beberapa produk yang ada (setelah digunakan) konsumen cacat. Akan tetapi perlu di investigasi, diverifikasi dll, gampaangnya diperiksa dulu beritanya, sumbernya, orangnya baru di-jastifikasi.

Apalagi mengenai adanya beberapa produk yang cacat dari sekian ribu produk masal, adalah biasa dalam proses produksi. Kalo nggak percaya coba buka situs tentang recall produk2 yang menurut kita adalah produk “ajib”, mahal, no.1, yang sangat kecil kemungkinannya cacat. Coba buka situs berikut ini ;

  1. Recall Yamaha—YZF-R1Z-2010
  2. Recall Yamaha Vino Classic
  3. Recall Rhino

Merek lain seperti honda, kawasaki, suzuki dll, sama saja ada dalam daftar tersebut, silahkan dilihat sendiri. Jadi hal seperti ini biasa saja, harus disikapi dengan bijaksana.

Kiranya sampai disini apa yang bisa ane sampaikan, semoga bermanfaat, Wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

88 responses to “Produk Masal Cacat ? Apakah Berarti Produk Itu Jelek ?

  1. Yang penting tindakan dari pabrikan aja biar g di cap jelek

  2. g usah diributin,jika motor masih garansi langsung claim saja,

  3. qcnya bener2 error.. biasanya masalah pada batch awal tapi ini sudah lewat batch 2 masih aja ada errornya. entah qc yang keseringan asal kerja atau memang downgrade sampai 2 tingkat.
    kalo menurut saya… downgrade bahan…

  4. Yahh biasa kak, ada celah dikit ya jadi pancingan hehe..
    Namanya juga divisi BC, Sama aja sana sini. Mana duluan yg BC? Itu sih sama aja kaya telor atau ayam..
    http://kobayogas.com/2014/01/02/2013-two-wheels-award-versi-kby/

  5. Lha, GL 125ku itu udh di bore-up jadi 250cc ( CB blar-blar ). Tetep gak apa2 biarpun pake elctric starter.
    Ah, ini sih ahm harus turun tangan komplen sm suppliernya tuh

  6. kayaknya di down grade habis nih cb.. tenaga gede,tapi material di kurangi..

  7. Motor saya jg cb150r, alhamdulillah untuk urusan mesin gak ada masalah.Tp yang saya sayangkan kenapa hampir semua las rangka finishingnya kasar&tajam?Masa tukang lasnya kalah hebat sm tukang las pinggir jalan?? Tiap nyuci motor kalau ga ati2 tangan slalu tergores.Rasanya cuma itu minusnya.

  8. Betul! AHM harus segera investigasi dan klarifikasi masalah ini sebelum meluas kemana-mana. Semoga segera clear masalahnya dan masyarakat gak ragu untuk membeli motor sport Honda. Matic sudah sangat jos, bebek juga jos, giliran sportnya harus jos juga. Kutunggu kehebatan dan kejayaan motor sport Honda seperti era 90 an. Ganbate!

  9. Memang smua poroduk masal pasti pernah mengalami yg namanya cacat produksi…namun seiring dengan kemajuan sarana komunikasi dan informasi semakin menyadarkan konsumen akan hak2nya.

    Hal ini mestinya ditanggapi secara cepat dan bijak oleh pihak principal, sebab kalo salah dalam mengambil dicision bisa berakibat fatal paling tidak dari sisi sales.

    Seharusnya principal bisa melakukan penanganan yg koprehensip, contohnya melakukan recall smua produk yg sudah beredar, tidak hanya yg sudah melakukan claim ke bengkel. Langkah ini merupakan sesuatu yg lumrah di negara maju, tp sepertinya ini belum populer di Indonesia.

    Tentu kita akan angkat jempol tuk pabrikan yg bisa melakukan hal tersebut, yg pd gilirannya akan meningkatkan rasa kepercayaan konsumen atas produk tersebut.

    Hayo sopo wani…

  10. yg mau recall kan cuma pabrikan yg jantan,,,
    emang di indonesia ini ada pabrikan yg jantan
    service gratis saja fungsinya buat mencari barang dg kode produksi “xyz” yg terindikasi cacat utk segera di silent recall
    atau utk mengecek apakah bagian “abc” masih bekerja sesuai fungsinya krn bagian tersebut telah diturunkan kualitasnya utk menambah keuntungan
    😉

  11. Kerupuk
    salam 3,5bulan
    ekekekeke

  12. Yang penting ATPMnya bertanggungJawab, dan tidak berbelit…masih bisa ditolerir 😀

    • betul sih bro ..cma ga lucu aja ahm ngelurin produk minusnya susul menyusul..ga inget apa ama nama besar??? ..parahnya kasusnya mirip2 lagi .

  13. Nining pantes aja lho milih yamaha nvl klo cb harus nunggu 2015 baru sempurna keburu tua sayanya,qc ahm payah pantes konsumen lari nyari yang lebih sempurna

  14. pengguna shincan

    ah elah… motor high teknologi blm tentu high quality… contoh nih ye….

    -kakak ane punya satria f ckd th 2006 sampe sekarg masih bandel tuh mesin…. tp kalian coba tuh satria fu keluaran terbaru… beda banget performa mesinya, lebih irit sih,tp jg lebih lelet tarikanya….

    -vixion kluaran 2007 top speed 140+ standart, tp skrg shincan aja jalan 127kpj aja susah bngt, cm skrg komstir gak oblak kayak generasi dulu, model mangkok komstirnya beda…

    -megapro engine gl vs new megapro…. irit nya cm beda dikit, tp bandelnya itu lho, paling kendala cm tangki bocor aja ama model jadul… lah new megapro punya bokap aja th 2011 udah sobek itu karet vakum karbunya harganya mahal lagi, blm lagi tangki pasti ke isi air waktu abis kehujanan…

    -lah sekarang ente liat aja satria fu model ayago tp karbu otr malang 21jt++ vs cb150 model batangan injeksi 23jtan… udah jelas kan harga jg menentukan kualitas, pasti ada part yg dikurangin abis2an…

    • mudah2an gak lagi mabok ya gan….hhehehe sedikit menggelitik hati situ bandingin topspeed old vixion vs new vixion….loh kok ane jadi geli….hheheheh cuma mengingatkan …bro oldvixion 140 kpj itu on spido analog…..sedangkan NvL 127 itu on spido digital…bahkan nvl on gps bisa 124 kpj..buka2 aja blog iwb ada kok sumbernya…..klo spido analog penyimpangannya besar bro karena parameeternya putaran roda depan….nah klo spido digital penyimpangannya lebih kecil drpada yg analog karena parameternya adalah langsung keputaran mesin IMHO ya….hehheheh…. Balik lagi ke 140kpj versi ente…….140 kpj on analog spido…paling 118-119 kpjan on gps bro…. Silakan dikunyah2…..asal jgn kalap….wkwkwkwkwk

  15. ♠ mb@h d@rmo ♠

    Yaa

    Namanya aja motor dewa .

    32dk ..

    Giginya rontok semua .

    😀

  16. biasa om gokil, sales itu klo ga jelekin produk lawan dapurnya ga ngebul…
    maaf apalagi sales” Y ” yg kadang berkamuflase jd komentator sangat memprihatinkan…

    😀

    hampir semua produk lawan diserang dan dibuat opini negatif terhadap publik/pembaca…

    😀

    miris nyari duit sampe kaya gitu…

    • 2-ul jangan begitu
      nanti kalau pernyataan ente salah, bisa2 ente dihukumi “fitnah”
      pertanggung jawabannya berat lho di akhirat

      • hehehehe kang mas, kadang geli kalo ada koment nyerang koment lain trus diibilang itu dosa, ntar yang punya komen rusuh bilagn gini: masalah dosa itu urusan ane..bukan urusan ente ..:( padahal tujuannya ngingetin tapi itulah orang kalo udah gede sombongnya dinasehatin kebaikan ga terima piss ..IMHO

  17. nah ini yang bikin bingung bro, meskipun sampling nya random, tp kan sudah ada SOP produksi katakanlah untuk gir yang rompal itu, apa SOP nya g jalan sehinggu gir itu harus dicek satu-satu biar g kjadian rompal gitu? kl SOP nya jalan kan seharusnya tidak ada kejadian kyak gini. lagian kasus2 recal pada pabrikan besar itu karena ada indikasi part yg tidak bekerja dengan seharusnya shingga memungkinkan untuk terjadinya bahaya, jadi keadaannya blm terjadi bahaya itu, nah ini udah trjadi rompalnya…

  18. Kecuali merk Yahomo…
    merk lain cacat dan produk gagal..
    sumber: FB smart

    kwek kwek kwek

    • semua merek punya cacat, namanya juga bikinan manusia
      tuh sdh ada link-nya untuk produk global yamaha yg di-recall, disitu juga terdaftar merek2 lain

      • Maaf om..
        ane cuma mengutip dari sumber fb smart
        kalau yang om lampirin,itu pasti cuma perkasus doang…lagi2 saya dapat info dari fb yang katanya smart…

        kwek kwek kwek

  19. ♠ mb@h d@rmo ♠

    Kualitas sampah ..

    😀

  20. ♠ mb@h d@rmo ♠

    Hanya fbh yg beli

    😀

  21. ♠ mb@h d@rmo ♠

    Dohc penyakitan kok di jual

    Hadooohhh …

    😀

  22. ♠ mb@h d@rmo ♠

    Gak heran kalo dikamplengi sohc mesin bebek !

    😀

  23. ♠ mb@h d@rmo ♠

    Baru 3,5 bulan ..

    Genep 3thn paling yg utuh cm tutup tangkinya doang ..

    Lainya rontok bin ambrol ..

    😀

  24. ninja ane jg cacat kang iwan,tuh striping gk presisi&sein blkg gk tegak,,,,pie jal iso di klaim gk??
    :mrgreen:

    • sama NVL ane juga baru beli rante udah ceng-dor , nggak bisa distel

      • klo rante mgkn msh wajar kang,lha klo sein blkg gk tegak (agk sengkleh) kn y jelek,lgpl cm 1 doank,gk presisi sm sein satunya.
        itu bs di klaim gk? kn bs dr faktor distribusi/pengangkutan yg gk hati2??

    • bisa bos cacat produksi juga ntu .. sein nya gak center… stripe nya gak sesuai MAL nya bos….
      cuma kalo ente claim tu sein bisa di benerin mekanik.kalo stripe nya… alasannya masih dalam toleransi..biaaaasa nya gitu bos….hehhehe kalo gak parah2 bgt cacat produksinya…stahu saya begitu
      gak puas????coba klaim saat service rutin iseng2 tanya deh bos

  25. ♠ mb@h d@rmo ♠

    Untuk mencari untung gede itu material di campurin tepung terigu kali ..

    😀

  26. Maz bro ikut komen yach,selama ini cuma membaca az, N komen dikit,kadang malas nanya yang punya warung sibuk ga bs mbalas hehehe

    Saya setuju kata abang yang komen,yg berani recall cuma atpm yang jantan n tanggung jawab. Contohnya HPM (Honda Prospect Motor) ATPM mobil jazz ,mereka berani rugi sedikit me Recall produk yang sdh habis masa garansi nya yang penting kepuasan n keselamatan pelanggan, contoh nya hpm me recall air bag penumpang depan kiri taon 2003 (udah 10 taon bro masih direcall) kalo kaya all new jazz recall spring lost motion ampe ribuan unit,padahal mobil bar salah satu bukti mereka perduli ama konsumen.

    Ga tau Kalo AHM,kayanya merka sama merk Honda tapi ga berani seperti Honda mobil, padahal dah banyak keluhan bunyi cam kotok kotok
    Kalo gear ini dah pernah denger maZ bro<karna saya punya temen didealer yang pernah menangani masalah ini,bahkan parahnya gearnya pecah sampe kena rumahan mesin<tapi ga ada bukti jadi ga brani bagi keteman2 (nanti dituduh fby)

    makasih dulu infonya
    Maz bro Kalo bisa artikel ringannya masalah waranty dong…..
    hak dan kewajiban konsumen

  27. Kadang QC-nya ada yg meleng om..gara2 cepetnya line produksi..tau sendiri lah..hehe makanya yg jadi QC mesti jago legowo klo di tegur atasan gara2 meleng

  28. memang benar apa yang dikatakan motogokil prihal metode sampling yang dilakukan oleh QC/QA. Dalam pengambilan sample tersebut (random sampling) tapi perlu dicatat harus bersifat representatif dan hasil kesimpulan 99% mendekati kebenaran. Jika tidak maka kompetensi dan kualitas sang QC/./QA dipertanyakan. biasanya untuk menjaga kepercayaan konsumen terkait dengan kualitas yang harus capable kita sering mengimplementasikan planing zero defect, teknik analysis datanya menggunakan six sigma. yang mana ada 3 proses analisa alam hal ini. vendor management quality, process management quality, human management Quality dan distribution management quality. Apabila keempat ini sudah capable maka bisa dikatakan QC approved dan target zero defect 100% final. Sehingga prosentasenya sangat kecil bahkan 0% produk cacat produksi. untuk kasus yang terjadi di CBSF kesimpulan dini saya adalah pada poin vendor managemen Quality nya belum capable sehingga terjadi kerusakan part sebelum motor berusia lebih dari standard patokan dari pabrikan. hal ini disebebkan oleh pertimbangan AHM untuk menekan costing produksi dengan program down grade dari CBR150 menjadi CB150R. Artinya part yang dipesan di vendor juga sesuai dengan costing yang sudah direncanakan oleh AHM. Ujungnya pada under price yang implikasinya pada penggunaan bahan primer baik dari metallurgi atau kualitas yang lain. Tujuanya adalah konsumen dapat memiliki motor dengan mesin turunan dari CBR150 dengan under price dan limits price dengan target saingan dari produk Y (NVL), strategi pasar. kualitasnya baru akan teruji setelah 2 – 3 tahun berjalan mengenai reliability dan durability test nya.
    soale ane kerja sebagai Head of QC juga motogokil. urun rembug.

    http://nivikoko.wordpress.com/2014/01/03/goyang-oplosan-memang-sangat-wow/

    • menurut ane nggak tepat juga memastikan bahwa vendor yg memproduk gir yang salah. investigasi harus dilakukan di ke-2 fihak, baik konsumen, maupun vendor.
      jika motor dalam kondisi normal (tanpa modifikasi), pemakaian juga normal (bukan buat freestyle dll), maka yang harus bertanggung jawab adalah AHM+vendor
      begitu pula sebaliknya

      • vendor quality managemen system itu kan bagaimana kualitas vendor ditentukan oleh 2 kebijakan. pertaman adalah kebijakan AHM dengan misi downgrade implikasi under price akan tetapi reliability masih membutuhkan waktu 2 – 3 tahun dan kedua adalah kebijakan Vendor akan mengikuti AHM sesuai dengan Mou standard raw material dan harga. itu sudah biasa dalam hal industri ujungnya penekanan cost. boleh dibilang konsumen mendapat paket dari kebijakan pabrikan. Baik kasus NVL yang ngebul dan CBSF yang rompal. Makanya untuk motor baru biasanya kekuatanya akan teruji setelah 2 – 3 tahun. karena durabilitinya langsung yang makek konsumen. pola data semaikin baik dan representatif. artinya ada konsumen perkotaan, pegunungan dan desa yang mana pola berkendara dan medanya juga berbeda. Jika selang waktu 2 – 3 tahun data menunjukan kompalin dibawah standard prosentase yang ditentukan di master plan …nah disitu baru pabrikan bisa bilang durability dan reliability nya approved. sembari melakukan pembenahan di vendor. CMIIW 😀

  29. bgmn ya kualitasnya??? atau jgn2 pernah dbongkar tuh mesinnya. mmg QC dah cek tp scara random n biasanya cuma visual aja. penilaian QC jelek pd range limit tertentu (prosentase) brarti tdk 100% bagus semua. itu brlaku semua merk. spt n250 seal shock dpn gmpang bocor, nvl ngebul, cb150 gigi starter jd bogang n msh byk contoh yg lain. tp semua dhitung dg percentage n pd batasan/limit trtentu masih dbilang normal. entah untuk pnilaian anda semua

    • P haji,
      untuk kasus nvl ngebul,kesalahan ada pada ownernya..
      dia yakin betul,dengan DS+FP tanpa oli mesin masih kuat…makanya oli mesinnya di buang semua…

      just kidding

      kwek kwek kwek

  30. vario 125 ane juga ad grejel2 di 40-50km/jam.udah bolak balik ahass tetep aja.ampe mls ke bengkel…menyita waktu, tenaga dan pikiran…cuma itu si keluhan ane atas wtf.

    • ngegasnya ngurut ga? motor kakak gw juga ngeden di speed 50-60 abis tu meluncur. kalo diurut agak berkurang gejalanya. udah ganti busi masih juga. gw saranin pake pertamax dia bilang dealer aja bilang bisa premium.. agustus 2012 sih motornya..

  31. penggemar ninja

    Bukannya ada decompresi..? apa di CB150 tidak ada..?

  32. sama kaya pulsar 135 ane,material paling jelek dan mesin paling rewel di banding pulsar tipe lain.. tp ane puas,dngn irit dan kencangnya ni piee. hehe

  33. Pada dsrnya ane se7 ama om motogokil…namuan,herannya itu cbsf lagi cbsf lg. Dr rangka emas 24karat,mika leleh,knalpot br 1 bln udah nguning,klotok2,pompa bensin konslet,air masuk tengki,gear stater rompal,pengikat magnet rompal,etc… Dan blm ada indikasi recall…. Menurut ane udah terlalu banyak masalah motor 1 ini…bukannya ane benci,tapi kasian yg beli…seperti buat uji coba…

    • ah masa sih om..?

      saya sendiri pengguna CBSF, sudah 7 bulan, tidak pernah menemukan hal tersebut meski hujan dijalan sambil ngebut, tetap sering gas pol meski waktunya service, tapi tak ditemukan gejala yang aneh”…

      saya juga jelajahin blogger sama grup CBSF tak menemukan hal tersebut, kalau permasalahan klotok” juga mulai berkurang…

      bisa tunjukkan bukti”nya

    • Ane kaga ngeliat per 1 produk.. Tapi secara holistik..keseluruhan dr line produk..sama kaya pabrik yg produksi scr masal..ah ane kaga perlu ngasi bukti..udah byk kan berita dr fp cbsf,blog2 dll.. Dr kacamata pembeli aja ane udah keder… Kalo dr opini ane org awam sih pangkal prmasalahannya adl pihak oahem yg tll kejam thd vendor mslh harga #cmiiw…udah dibilang,ini bukan berarti semua cbsf bermasalah,cuman utk yg mau beli kan jd sport jantung….dg bergam mslh yg udah terjadi,bikin tdk tenang…jgn2 kejadian juga …itu saja…ndak ada tendensi bc,kaga ngaruh dlm keidupan ane…pecaya monggo,ngga juga ngga bikin ane panuan..

      • tapi dari pembahasan yang anda timpalkan sebelumnya sangat bermakna keseluruhan, jika hanya beberapa produk sebaiknya berkomen dengan sangat hati-hati lain kali, karena komen terlalu keluar berarti anda bisa dicap black campaigh…

        jika dari masalah vendor saya masih meragukan, karena saya sendiri juga masih bingung terhadap vendornya…

        jika anda membeli masih terhadap tentang ketakutan terhadap masalah, itu malah menjadi momok buat diri anda, jika sebuah produk terjadi masalah tetapi pusat masih berani memberikan ganti rugi apa permasalahannya, yang menjadi masalah adalah ketika terjadi problem tentang produknya tetapi tak ditanggapi oleh produsen…

        tapi inilah indonesia, sekali ada kejelekan langsung dicap sampah

  34. ane user CBSF keluaran Feb 2013 , berarti dah 11 bulan hingga kini gak ada masalah tuh. Nurut ane semua itu tergantung perawatannya aja, contoh : gear starter rompal bisa jadi disebabkan user yg terlalu memaksakan memakainya ketika masih dingin padahal sebaiknya pakai kick starter ketika mesin msh dingin . memang cara ini sih terkesan kuno n capek tapi sangat efektif utk mencegah keausan part nya.

    • mungkin belom waktunya gan…..sabar aja menunggu rompalnya….atau suara helinya….wkwkwkkwkw(becanda)… sampe2 dikaskus jdi ajang candaan klo ga klotok2 ga asli cibi…..berdoa aja enggak gan…mudah2an cbsfnya sehat terus…..

  35. setuju pak dosen, produk masal pasti ada yg cacat produksi. kebetulan ane juga pengguna yamaha kebagian produk cacat, baru seminggu blok mesin meler olinya, pakingnya cacat. alhamdulillah klaim ke beres yamaha hari itu juga langsung ditangani n beres dalam hitungan jam.

    so mau honda yamaha suzuki kawasaki dll sama aja, pasti ada yg cacat produksi, buatan manusia mana ada yg sempurna

    mungkin kebetulan honda cb150 sering di blow up oleh blogger2 indonesia, padahal produk baru yamaha pun ga luput dari eror. seperti di jupiter z1 ga pernah ada yg bahas masalah nih motor. padahal di forum ternyata masalah yg ane alamin sama juga kaya pemilik z1 yg lain, kaya mesin ngedadak mati, getaran mesin di rpm tinggi, lemot di tanjakan. komstir oblak (baru ane yg alamin), mesin gampang panas. tapi kenapa hanya produk honda yg sepertinya di blow up n menjadi stigma di kalangan pembaca blog?

    • Krn merk hando sbg status quo penjualan,diharapkan produknya lebih baik dibanding kompetitor….itu saja…cuman penyampaiannya dg bahasa yg beragam…

  36. Kudunya pihak kumpeni itu meminimalisir kejadian2 spt ini sbb ini produk utk menggoyang yg sdh ada (kalo kumpeni niat)…dulu ane tertarik tp dg rentetan kejadian tsb ane memutuskan ambil produk walo tdk populis. Krn ane udah tahu,paling masalah di part agak ribet,rembes oli krn kualitas karet packing jelek,ama kelistrikannya advance shg ga blh kena air bcunya…dg tahu kelemahannya cuma bbrp,n tahu ngatasinnya ane berani ambil tu produk…lain cerita kalo permaslahannya beruntun ke part2 yang lain… Sekali lg ini sudut pandang sy sbg pembeli biasa,bukan fanboy,bkn sales,bkn org pabrikan,bkn org yg kerjaannya berhubungan dg industri motor..

  37. Krn merk hando sbg status quo penjualan,diharapkan produknya lebih baik dibanding kompetitor….itu saja…cuman penyampaiannya dg bahasa yg beragam…

  38. yach intinya sich ahm salah juga.

    cuma emnag konsumen ahm tuh umunya nrimo dan pengertian

    dan ini dimanfaatkan oknum tertentu u/ ambil keuntungan dari dunia maya yg sangat cepet berkembang.

    itu saja

  39. Ya maklum lah, nama’a jg buatan manusia, Nga luput dari kesalahan masbro.. Smoga bs lebih baek lg ke depan’a.

  40. ngeri bro……
    kalau lagi diperjalanan jauh (touring) nyesek dah
    ahm seharusnya segera bikin peryataan resmi nech, biar pengguna maupun calon pembeli merasa aman kalau produknya bebas masalah

  41. Pro hondon ya bang, jgan membodohi konsumen bang dgan artikel penggiringan opini sprti ini. Nitip http://www.pertamax7.com/2014/01/04/ompongnya-gear-starter-honda-cb150r-juga-dibahas-di-tabloid-otomotif-segera-klaim-saja/

  42. Klw gk slah ada yg kena cranksaftnya juga? Klw crancksaft kan vital jga! rompal gear starterny gk usah diapa2 in jg aman (gak dipke motorny) he2,

    Emang klw bandingin metalurgi motor ngahaem yg jaman dulu, gl max, pro, tiger d bwah th 2000, grand astrea ane akuin top2 deh, setelah itu kyakny sdh dterapin down cost spya untung tetep sesuai target, ngalir ke ngahaem, ckck.. Klw ini gk ada ketegasan pihak ngahaem buat penjelasan, ya..

    Hati2 sja ms sport ya bgitu, dbwah sebelah, konsumen bakal beli suatu produk biasanya dia konsultasi ke orng yg sdh beli motor sport duluan, nh klw mayoritas bilang ada hal gak ngenakin saran pilihan dri temennya bisa sja suruh beli merk sebelah sja

    • betul bro, apesnya buat ahm, kalo yang ditanya pas yang motornya trobel

      • 1.000 % tul mAz Bro,
        temen aq pemake beat,pernah istirahat dari perjalanan jaauh,ketemu pemake cibi dianya nanya sama bikers tentang cibinya (kebetulan dia minat ama cibi ) jawabannya “jgn beli bro suara mesin agak kasar apalagi pagi”
        mungkin ga ada yang nrima bagi aq cerita ini,tapi ni kenyataan bila ahm tidak merespon cepat,ruginya ya di honda.konsumen mabur ke tetangga,apalagi byk pilihan taon 2014

Silahkan komen, anda sopan ..kami segan