ganti-oli-bloger

Aplikasi Paket Bore-Up pada Vixion dan Pengaruhnya Terhadap Performa

Diposting pada

x1r-mx-vixion piston

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Vixion sebagai raja motor sport sejak beberapa tahun yang lalu (setelah menumbangkan mega pro), merupakan sosok yang fenomenal pada saat itu. Disaat yang lain masih menggunakan sistem pengabutan karburator dan rangka tubular, vixion sudah berani menyajikan sistem injeksi dengan rangka deltabox-nya. Yang paling mempengaruhi penampilannya adalah “rangka deltabox-nya”. Selanjutnya sampai saat ini vixion yang telah berevolusi menjadi New Vixion Lightning, masih tetap berkuasa di singgasana motor sport Tanah Air.

Salah satu faktor yang menyebabkan vixion menarik untuk dipinang adalah, melimpahnya paket2 upgrade performa, begitu pula dengan asesorisnya. Untuk paket upgrade performa, tersedia mulai dari camsahft racing, knalpot racing, injektor racing, kampas+per kopling racing, paket bore-up mulai dari diameter piston 60,61,62 samapi 63, juga nggak ketinggalan peket head bore-up ber-klep lebar. Pokoknya banyak racun2 yang bertebaran di pasaran lokal. Nah yang ingin ane bahas pada artikel ini adalah “Aplikasi paket bore-up dan pengaruhnya”, ayo kita diskusikan bersama2.

Setelah paket bore-up diterapkan pada vixion, maka harus ada beberapa perhitungan yang tidak boleh dilupakan. Perhitungan2 ini harus diperhatikan dan diantisipasi segala efek sampingnya. Perhitungan2 tersebut adalah akibat naiknya volume silinder yang berdampak pada;

  1. CR akan naik, jika combustion chamber (ruang bakar) tidak diubah dan bentuk piston bore-up sama persis dengan std (tidak ada coakan untuk menyesuaikan CR-nya)
  2. Karena volume silinder bertambah, maka luas-an logam dalam silinder yang akan menerima transfer panas juga bertambah, sehingga suhu silinder dan head akan naik. Jika CR tidak di standarkan lagi (10.4) maka kenaikkan suhu akan lebih tinggi lagi.

paket boreup vixion x1r dan dampaknya

Oleh karena itu para pengguna vixion jika sudah menerapkan paket bore-up ini harus juga melakukan modifikasi diantaranya :

  1. Jika tidak ingin mempengaruhi penyimpangan dalam pengapian yang sudah di-setting untuk CR std (10.4) maka harus dilakukan pembesaran volume ruang bakar, dengan membetuk ulang kubah head silinder dan/atau mencoak piston. Lakukan dengan hati2 dengan menggunakan bantuan burret, untuk mengukur volume ruang bakar hasil modifikasi.
  2. Jika membiarkan CR naik, PnP saja, maka harus dilakukan pemunduran waktu pengapian untuk mencegah knocking. Karena kenaikan CR akan mempersingkat waktu pembakaran, sehingga jika tidak dimundurkan, posisi tekanan puncak (PPP) pembakaran berada di dekat TDC, hal ini yang menyebabkan knocking. Jika dimundurkan dengan tepat maka PPP akan berada disekitar 15 ATDC, dan pada kondisi ini diperoleh power yang paling besar. Jangan lupa menggunakan bbm dengan oktan yg lebih tinggi, tidak ada pilihan lain selain pertamax+, shell super dll (oktan 95)
  3. Karena volume membengkak, untuk menjaga AFR tetap setimbang, maka paket bore-up harus diikuti dengan mengganti injector racing, dengan volume semprotan permenitnya lebih besar dari std. Kalo mau murah ya tinggal ganti karbu bervebturi 28-30 (PE28 modif main jet dan pilot jet)
  4. Karena suhunya meningkat, maka cara paling baik adalah dengan menambah volume radiator (ganti radiator std dengan milik motor yang lebih besar). Atau dengan mem-bypass jalur radiator yang ada (pada paket bore-up tertentu sudah tersedia), tapi menurut ane ini masih kurang optimal, akan riskan jika melewati daerah macet, padat merayap.
  5. Yang terlarang adalah mengurangi packing di head cylinder, hal ini akan berdampak pada kualitas penyekatan ruang bakar yg kurang optimum, kompresi bisa bocor. Dan yang lebih berbahaya adalah akan turut berkontribusi dalam meningkatkan CR menjadi lebih tinggi lagi.

Jika aplikasi paket bore-up ini dilakukan baik dan benar, maka power yang disajikan juga sangat besar. Perhatikan kondisi awal performa old vixion dan NVL

power old vixion std

power NVL std

Kemudian setelah menggunakan pake bore-up, baik yang old vixion maupun NVL akan mengalami kenaikan power yang signifikan, terutama yang membiarkan CR ikut naik. Perhatika tabel berikut

power boreup vixion

Mantaf kan, tinggal plek-plek-plek, nggak pake repot2 PnP dll, power dah naik secara signifikan. Sampai disini ulasan paket bore-up vixion series ini, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.