[VE] "Volocity Stack"…Ada Gunanya Nggak Sih????


Picture 159

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Pernah mendengar sebuah benda yang namanya velocity stack (VS)? atau bahkan pernah mengaplikasikannya? Seperti yang ada di gambar judul, VS adalah sebuah perangkat berbentuk corong yang dipasang di moncong karbu atau throttle body. Katanya bisa menaikkan power 2 s/d 3%, apa bener ? Lalu kalau bener, kok bisa ya, cuma pasang alat sederhana begitu saja powernya bisa naik???? Mari kita diskusikan bersama….

Velocity Stack (VS) memang merupakan alat tambahan berbentuk corong trompet yang berguna untuk mengarahkan udara yang akan masuk ke dalam saluran intake. Di luar negeri sana, VS kadang disebut trumpet atau bellmouth (mulut bell), dimana jika konstruksi yang berbeda, maka performa yang yang dihasilkan juga berbeda, perhatikan gambar beberapa macam mulut intake

Picture 159

Dan ternyata setelah diuji dengan menggunakan flow bench, menunjukkan bahwa konstruksi seperti gambar (A) menghasilkan mass-flow (aliran udara) yang paling besar.

Picture 159

Hal ini dikarenakan konstruksi “A” menghasilkan friksi dan turbulensi yang paling kecil ketika udara memasuki saluran intake. Sehingga udara bisa mengalir dengan sangat cepat menuju ruang bakar, jika demikian maka volumetric efficiency juga akan meningkat. Jadi penerapan VS merupakan salah satu cara sederhana dalam meningkatkan VE selain tunning panjang saluran runner. Dan hal inilah yang diharapkan untuk dapat meningkatkan torsi dan power engine. Besarnya friksi dan turbulensi dari suatu VS dapat dilihat dalam gambar berikut

trumpetinflow

Terlihat dalam gambar, bahwa terjadi turbulensi di dinding VS (warna merah) yang mengakibatkan kecepatan aliran pada daerah tsb berkurang. Sedang pada daerah yang berwarna biru, turbulensinya mendekati “nol” sehingga kecepatan alirannya maksimum. Dalam gambar berikut menjelaskan bahwa perbedaan konstruksi dan penempatan VS mempengaruhi kecepatan aliran udara yang memasukinya.

pengaruh konstruksi VS

Wana merah menunjukkan aliran udara paling kencang, sedangkan yg paling lambat warna biru. Gambar 1 dan 2 menunjukkan saluran tanpa VS, sedangkan gambar 3 sudah menggunakan VS dengan bentuk sederhana. Gambar 4 dan menggunakan VS dengan desain eliptik, yang mana pada gambar 5 bibir VS ditempelkan pada dinding air box. Dari gambar di atas terlihat bahwa gambar 5 menunjukkan performa terbaik, karena daerah yang memiliki kecepatan aliran yg kuat (merah), terlihat hampir di seluruh saluran.

Jadi terbukti bahwa VS memberikan peningkatan aliran udara, otomatis ikut berkontribusi dalam meningkatkan VE, torsi dan power engine. Apalagi ditambah dengan beberapa pembuktian seperti grafik berikut

velocity stack performance

Kalo mau membuat sendiri, gampang kok. Lihat skala dari konstruksi bellmouth velocity stack yang paling baik di bawah ini.

bellmouth vs eliptic

Kalau nggak mau ngitung yang susah2, ikuti saja skala ini

bellmouth eliptic

Karena efek positifnya terhadap performa engine, maka VS ini banyak diaplikasikan oleh rider dari kelas bawah sampai atas, lihat tampilan berikut

122_0702_08_z+2007_yamaha_r1+velocity_stacks

Aplikasi di R1

VelocityStacks di GSR 600

Aplikasi di GSR600

VS di harley

Aplikasi di harley

VS di mobil

Aplikasi di mobil

vs di carbu motor

Aplikasi di karbu motor kita2

Sampai disini obrolan kita tentang volocity stack berbentuk bellmouth, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

25 responses to “[VE] "Volocity Stack"…Ada Gunanya Nggak Sih????

  1. juozzz gandozz njotozz njotozzz

  2. untuk motor std keknya sudah ada di dalam filter gitu lupa motor apa 😀 tapi kalau modip biasanya buat balap2 bebek itu, kalau harian Vl tanpa filter bikin galau,, takut 😀

  3. Dari dulu pengen bikin corong kaya gitu trus dikasih selang kaya snorkle trus disambungin ke filter orinya… Tapi smp sekarang belum dapet ide untuk posisi dan selang yg bisa digunakan.
    Kalau nggak salah, lobang angin di motor-motor sport berfairing itu khan ada jalur udara yg menuju filter udara y…
    Nah… itulah yg menjadi sumber inspirasinya… 🙂

  4. Oohh… iya…
    Berarti variasi yang sering dipasang di moncong knalpot itu bisa juga dipakai buat ginian y… :-d

  5. Mirip punya toreto.

  6. nenek moyang kita sudah lbh tahu mngenai ini tp dg fungsi berbeda. itu pd saat memasak dtungku api nenek moyang kita meniup tungku api dg menggunakan pipa dari bambu dan meniupnya hasilnya hembusan udaranya bisa focus dan bertekanan lbh tinggi (padat) ingat mniupnya jg dtempelkan k mulut nanti justru tekanannya udara brkurang, jd kasih jarak jk mniupnya biar udara dr luar deras masuk dan volume mningkat. ini sgt sederhana tp bisa buat contoh saja

  7. ya seharusnya seseorang jk mnjelaskan theory/materi apapun se simple n se practical mgkn spy bisa dpahami scr mudah bro..jk seseorang itu mnerima pnjelasan yg merasa berbelit n sulit dpahami itu ada 2 factor , 1. participant mmg loadingnya sgt lambat, 2. Yg mmberikan pnjelasan krg paham/tdk mnguasai sepenuhnya materi tsb. cuma 2 factor itu saja, make simple and easiest for you self dan ini butuh pengalaman yg mumpuni bro..tdk asal2an yg akn mnjerumuskan. blog MOKIL ini enak untuk blajar bg bro..semua untuk mnambah pngetahuan/wawasan (lumayan kuliah trbuka n gk bayar). ya gk bro..

  8. Nitip Ngaji ya Gan:

    JANGAN MEREMEHKAN ORANG LAIN

    Ketika seorang pengusaha sedang memotong rambutnya di sebuah salon, mereka melihat ada seorang anak kecil yg sedang bermain di depan mereka. Lalu si Tukang cukur berkata, “Itu si Bejo, dia anak paling bodoh di dunia”. “Ahh apa iya?” jawab pengusaha.

    Kemudian si tukang cukur memanggil si Bejo, lalu ia merogoh kantongnya dan
    mengeluarkan lembaran uang Rp.2000 dan Rp.1000, lalu menyuruh si Bejo bebas untuk memilihnya, dengan cepat si Bejo tangannya bergerak mengambil uang Rp.1000.

    Tukang cukur dengan perasaan benar dan menang lalu berbalik kepada sang pengusaha dan berkata,”Benar kan yg saya katakan tadi, Bejo itu memang anak terbodoh yg pernah saya temui. Sudah tak terhitung berapa kali saya lakukan tes seperti itu tadi dan ia selalu mengambil uang yg nilainya lebih kecil.”

    Setelah sang pengusaha selesai memotong rambutnya, lalu ia menemui si Bejo karena merasa penasaran dengannya. Kemudian bertanya, “Bejo, kenapa kamu ambil uang yg Rp.1000, kenapa tidak ambil yg Rp.2000? nilainya kan lebih besar 2 kali lipat dari yg Rp.1000?”

    Bejo pun menjawab singkat,”tukang cukur itu selalu penasaran kenapa saya selalu ambil uang yg nilainya lebih kecil. Dan kalau sampai saya ambil uang yg nilainya lebih besar, maka permainannya akan selesai dan saya tidak akan dapat uang lagi darinya setiap saat…”

    Kawan, banyak orang yg merasa dirinya lebih pintar di bandingkan orang lain, sehingga mereka sering meremehkan orang lain. Ukuran kepintaran seseorang hanyalah Tuhan yg tahu. Sehingga alangkah bijaksananya jika kita tidak merasa lebih pintar daripada orang lain.

    Ingatlah, jika Anda merasa bahwa Anda adalah orang yg paling pintar dan sukses di kelompok Anda, maka kelompok Anda itu bukanlah apa2. Karena hakikatnya diatas langit pasti ada langit lagi dan begitulah seterusnya..

  9. oot mas bro semuanya. Mau tanya nich. Kenapa ya mesin motor buatan eropa [contoh ducati, mv agusta dll] suaranya lbh kasar drpd mesin motor buatan jepang ? Padahal mesin motor jepang cc’nya sama/lbh besar drpd mesin motor eropa. Trim’s pentjerahannja..

    • ducati kmrosak kasar rata2 mnggunakan system kopling kering, klu motor jpn biasanya pakai system kopling basah, kmungkinan %tage plg besarnya itu

    • kayaknya bukan mesine bro melainkan knalpotnya . regulasi jepang super ketat . ducati panigale under cowl muffler berisik disuruh ganti jadi long muffler . kalo mesin kemrosak memang gitu konversi mesinya biasanya . v itu kasar inline itu ga kasar . ducati v mesinya cuman 2 silin padahal cc gaban . gsx 600 misal 4 silinder inline jadi halus . hampir semua moge pake kopling kering meningkatkan power dan mengurangi slip kopling . makanya itu pada berat kopling nya kalo ga pake hidrolik . INTINYA suara mesin kemrosak itu berdasarkan konversi mesin nya biasanya . tau muscle car suaranya edan kan karena mesinya v8 kalo inline nanti kayak civic halus walaupun dah ganti knalpot

  10. wah kenapa gak buat buku aja mas buat anak otomotif nih 😀
    rajin pisan mas iki

  11. Pingback: [VE] Aplikasi Runner yang Fleksibel untuk Mendapatkan Power Band yang Luas | motorgoodness

  12. Bro Iwan Mokil, apakah penempatan injector BBM di mulut / bibir permukaan velocity stack yg di dlm air box (seperti pada umumnya moge sport fairing) mempengaruhi aliran udara yg masuk ke slinder mesin? (desain runner-nya agak vertikal)

    Umumnya moge sport fairing kan menerapkan double injector (1 di mulut VS & 1 lagi di dekat klep in) agar power mesin yg dihasilkan lebih besar.
    Maka, agar tidak mengganggu aliran udara yg dihisap silinder mesin, penempatan injector yg terbaik di mana?

  13. cuma cocok buat motor Honda… biar makin panas jadi makin kencang….

  14. Pingback: CB150R Racing… “Sang Penakluk”… Bertenaga Lebih dari 32 HP | motorgoodness

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting