Geber NMax Turbo Sampe Puas di Jalur Pasuruan-Probolinggo

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Alchamdulillah iwf mendapat kesempatan mencoba nmax turbo yang merupakan undangan dari Yamaha STSJ. Dan tentu saja kesempatan ini tidak disia-siakan karena memang nmax yang satu ini benar-benar spesial. Sensasi turbo yang sering disuarakan oleh media tanah air perlu mendapatkan pengujiannya di jalur ini.

Beranjak dari dealer Yamaha Dupak Surabaya, rombongan memecah keramaian lalulitas surabaya menuju Sidoarjo, tidak bisa berbbuat banyak karena lalulintas sangat padat. Memasuki jalur di kota Sidoarjo pun masih kurang bisa mengexplore performa nmax turbo ini, karena lintasan lagi-lagi begitu padatnya, padaha hari sudah cukup siang. Nah memasuki lintasan jalur sebelah lumpur lapindo, barula iwf bisa mencoba shifting mode S, 1-2-3, tapi yang masih nggak bisa optimal merasakan sensasi turbonya karena road captain nya memang pelan, nggak samp2 50 kpj.

Masuk jalur bangil sampai dealer yamaha di Kota Pasuruan, motor malah sulit mendapatkan trek yang optimal untuk menguji keganasan performa nmax turbo ini. Maklum selain memang road captain nya memimpin dengan “cukup lambat”, jalan aspalnya juga tegolong not good, alias bergelombang dan keriting. Justru di  jalur ini performa sokbreker nmax turbo yang mendapatkan ujian. Memang getaran menjadi terasa lembut di badan, tidak seperti nmax generasi pertama. Tapi rebound-nya terasa masih kurang, sehingga jumlah getaran dari jalan yang sangat rusak masuh cukup terasa di tangan dan kaki.

Setelah cukup beristirahat di dealer Yamaha Pasuruan, kita melanjutkan perjalanan yang cukup menggairahkan. Karena road captain mengijinkan kita untuk meng-explore habis-habisan performa engine dan juga pengeraman nmax turbo ini. Dan yang iwf rasakan adalah memang performa standarnya lebih besar dibandingkan nmax sebelumnya, dan ketika turbo diaktifkan, akselerasinya benar-benar terasa, nyuut-nyuuut wuuusss.

Pada tahapan awal iwf merasa kok agak susah mengejar rombongan yang ada di depan. Ternyata turbo yang iwf aktifkan masih mode T, dan ketika mode S diaktifkan barulah performa nmax turbo “nyentak” turbonya, kenceng banget lah untuk matic seukuran nmax. Akselerasi “turbo” lebih nendang dibandingkan mode T, dan menjadi sangat menyenangkan mennunggangi nmax turbo ini, terutama ketika mengaktifkan mode S untuk menyalip kendaraan besar di jalan raya, cepet banget, membuat ridernya lebih percaya diri.

Dalam beberapa percakapan saat makan malam, ternyata konstruksi v-belt nmax turbo berbeda dengan nmax lainnya. Lebih tebal dan lebih tangguh, hal ini kemungkinan besar merupakan antisipasi dari kerja yang lebih berat, dan juga konstruksi dari puli YCVT yang ada d nma turbo tersebut. Jadi jangan khawatir dengan adanya mode Turbo pada nmax turbo ini, v-belt akan “menderita” dan berumur pendek.

Sementara itu dulu cerita singkat iwf menunggangi nmax turbo sampae puas, di jalur yang memang mantab, lurus, panjang dan lebar. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.